![]() |
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI
2017
(Disusun Berdasarkan
Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)
|
Satuan
Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas /
Semester : IV (Empat) / 1
Tema 1 : Indahnya Kebersamaan
Sub Tema 2 : Kebersamaan dalam Keberagaman
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : ........... x 150 menit
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.1 Menunjukkan gagasan pokok dan
gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual.
4.1 Menata informasi yang didapat dari
teks berdasarkan keterhubungan antar gagasan ke dalam kerangka tulis.
Indikator:
3.1.2 Mengidentifikasi gagasan pokok
dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis.
3.1.2 Menyajikan gagasan utama dan
gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dalam bentuk peta pikiran.
IPA
3.6 Memahami sifat-sifat bunyi dan
keterkaitannya dengan indera pendengaran.
4.6 Menyajikan laporan hasil
pengamatan percobaan tentang sifat-sifat bunyi.
Indikator:
3.6.4 Mengidentifikasi sumber bunyi.
4.6.3 Menyajikan laporan percobaan
tentang sumber bunyi.
IPS
3.2 Memahami keragaman sosial,
ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa
Indonesia.
4.2 Menceritakan keragaman sosial,
ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa
Indonesia.
Indikator:
3.2.1 Mengidentifikasi keragaman
budaya, etnis, dan agama dari teman-teman di kelas sebagai identitas bangsa
Indonesia
4.2.1 Mengomunikasikan secara lisan
dan tulisan keragaman budaya, etnis, dan agama dari teman-teman di kelas
sebagai identitas bangsa Indonesia.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Setelah membaca, siswa mampu
mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks
tulis dengan mandiri.
2.
Setelah membaca, siswa mampu
menyajikan gagasan utama dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis
dalam bentuk peta pikiran dengan tepat.
3.
Setelah percobaan, siswa mampu
menjelaskan proses terjadinya bunyi dari sumber bunyi hingga ke indera
pendengaran dengan runtut.
4.
Setelah percobaan, siswa mampu
menyajikan laporan tentang proses terjadinya bunyi dari sumber bunyi hingga ke
indera pendengaran dengan sistematis.
5.
Setelah diskusi dan membaca, siswa
mampu menjelaskan pengalaman sikap toleransi dan kerja sama antar teman berbeda
agama sebagai identitas bangsa Indonesia dengan sistematis.
6.
Setelah diskusi dan membaca, siswa
mampu mengomunikasikan pengalaman sikap toleransi dan kerja sama antar teman
berbeda agama sebagai identitas bangsa Indonesia dengan sistematis.
v Karakter siswa yang diharapkan :
|
|
Ø Bahasa Indonesia dan IPA :
|
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
|
Ø IPS :
|
Religius
Toleransi
Rasa Ingin Tahu
Semangat Kebangsaan
Cinta Tanah Air
Bersahabat/Komunikatif
Cinta Damai
|
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡
Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing. Religius
¡
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan
dengan kegiatan pembelajaran.
¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Indahnya
Kebersamaan”. Integritas
¡ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya,
mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
§ Siswa diingatkan kembali
tentang keragaman budaya dan suku yang menjadi identitas bangsa Indonesia. (Mengamati)
§ Guru mengajukan pertanyaan
pembuka. (Menanya)
- Siapa di antara kalian yang
beragama Islam? Kristen Protestan? Katolik?Hindu? Budha? Kong Hu Chu?
- Bagaimana sikap kalian
kepada teman-teman yang berbeda agama?
§ Siswa diminta untuk saling
menginformasikan pengalaman mereka saat berinteraksi dengan teman yang
memiliki agama yang berbeda dalam kelompok. (Mengkomunikasikan)
§ Siswa diminta untuk membaca
senyap teks yang tersedia dan menemukan gagasan utama dan gagasan pendukung
dari paragraf kesatu, kedua, dan ketiga, kemudian menuliskannya pada diagram
yang tersedia. Literasi
§ Siswa diingatkan kembali
pada pembelajaran sebelumnya tentang sifat rambat bunyi.
§ Guru mengajukan pertanyaan
sebagai kegiatan pembuka. (Menanya)
- Bagaimana
kita dapat mengetahui asal sumber bunyi?
§ Siswa secara berpasangan
akan melakukan percobaan sederhana untuk membuktikan tentang asal
sumber bunyi hingga sampai ke telinga pendengar. Collaboration
§ Siswa melakukan percobaan
sederhana untuk membuktikan tentang sumber bunyi berdasarkan instruksi yang
terdapat di buku. (Mengekplorasi)
§ Siswa kemudian menuliskan
laporan tentang sumber bunyi berdasarkan hasil percobaan. Critical
Thinking and Problem Solving
§ Siswa diingatkan kembali
tentang keragaman agama yang menjadi identitas bangsa Indonesia. Perbedaan
agama tersebut menuntut para pemeluknya untuk melaksanakan sikap toleransi,
saling menghargai, dan tetap bekerja sama guna menjaga persatuan dan kesatuan
NKRI. Integritas
§ Siswa membaca senyap teks
tentang sikap toleransi dan kerja sama antar pemeluk agama yang berbeda. Literasi
§ Siswa secara berpasangan
atau dalam kelompok kecil mendiskusikan sikap yang bisa ditauladani dari isi
cerita Gotong Royong
§ Memberikan penguatan tentang
pentingnya mempraktikkan sikap toleransi dan kerja sama
antar teman yang berbeda agama. Integritas
§ Siswa kemudian menjawab
pertanyaan tentang sikap toleransi dan kerja sama mereka selama ini, di dalam
buku yang tersedia. (Menanya)
|
150 menit
|
Penutup
|
¡ Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas
¡ Bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian
materi)
¡ Guru memberi
kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran
yang telah diikuti.
¡ Melakukan
penilaian hasil belajar
¡ Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius
|
15 menit
|
E. SUMBER DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Pedoman Guru Tema : Indahnya
Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013
Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡ Buku Siswa Tema : Indahnya
Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡ Beragam alat musik tradisional
daerah setempat untuk percobaan sumberbunyi.
Mengetahui
Kepala SDN
SUKAHURIP 02
(............................................)
NIP. .......................................
|
…………, 17 Juli 2017
Guru Kelas
IV
(............................................)
NIP.
.......................................
|
Comments