![]() |
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI
2017
(Disusun Berdasarkan
Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)
|
Satuan
Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas /
Semester : IV
(Empat) / 1
Tema 2 : Selalu
Berhemat Energi
Sub Tema 3 : Energi
Alternatif
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 1
Hari
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.4
Membandingkan teks petunjuk penggunaan dua alat yang sama dan berbeda.
4.4
Menyajikan teks petunjuk penggunaan alat dalam bentuk teks tulis dan visual
menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
Indikator:
3.4.1
Mempraktikkan teks petunjuk yang dibaca.
3.5 Memahami berbagai sumber
energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternative (angin, air,
matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan
sehari-hari.
4.5 Menyajikan laporan hasil
pengamatan dan penelusuran informasi tentang berbagai perubahan bentuk energi.
Indikator:
3.5.5
Mengidentifikasi manfaat sumber energi alternative dalam kehidupan sehari-hari.
4.5.5
Menuajikan laporan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energi alternative
dalam kehidupan sehrai-hari.
IPS
3.1
Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk
kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/ kabupatensampai tingkat provinsi.
4.1
Menyajikan hasil identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya
alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/ kabupaten sampai tingkat
provinsi.
Indikator :
3.1.1
Mengidentifikasi sumber daya alam dan pemanfaatannya.
4.1.1
Menyajikan hasil identifikasi sumber daya alam dan pemanfaatannya dalam bentuk
tulisan.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Dengan mengamati gambar dan membaca
teks petunjuk tertulis, siswa mampu mengidentifikasi langkah-langkah pembuatan
layang-layang dengan tepat.
2.
Dengan mengamati gambar dan membaca
teks petunjuk tertulis, siswa mampu membuat layang-layang dengan tepat.
3.
Dengan pengamatan, siswa mampu
mengidentifikasi manfaat energi alternatif dalam kehidupan sehari-hari dengan
tepat.
4.
Setelah pengamatan, siswa mampu
menyajikan laporan dalam bentuk peta pikiran hasil pengamatan tentang perubahan
bentuk energi alternatif dalam kehidupan sehari-hari dengan sistematis.
5.
Dengan mengolah informasi, siswa mampu
mengidentifikasi tanaman jarak sebagai sumber daya alam alternatif dan
pemanfaatannya dengan tepat.
6.
Dengan mengolah informasi, siswa mampu
menyajikan hasil identifikasi tanaman jarak sebagi sumber daya alam alternatif
dan pemanfaatannya dalam bentuk tulisan dengan sistematis.
v Karakter siswa yang
diharapkan :
|
|
Ø Bahasa Indonesia dan
IPA :
|
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
|
Ø IPS :
|
Religius
Jujur
Disiplin
Kreatif
Demokratif
Rasa Ingin Tahu
Cinta Tanah Air
|
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡ Guru
memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing. Religius
¡
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar
kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan
kegiatan pembelajaran.
¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Selalu
Berhemat Energi”.
¡ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya,
mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
§
Siswa diingatkan kembali
tentang sumber energi terbarukan dan tidak terbarukan. Communication
§
Siswa membaca teks singkat
untuk mengingat kembali materi tentang energi
yang telah dipelajari. (Mengamati)
§
Siswa dibagi dlam kelompok
kecil. Collaboration
§
Siswa menyiapkan alat dan
bahan.
§
Siswa membuat layang-layang
berdasarkan teks petunjuk yang terdapat di buku. (Mengekplorasi)
•
Siswa dapat menerbangkan
layang-layang buatan mereka di waktu luang, dan mendiskusikan sumber energi
yang membuat layang-layang bisa terbang di udara. Critical Thinking
and Problem Solving
§
Siswa membaca senyap teks
tentang energi alternatif. Literasi
§
Siswa menuliskan jenis-jenis
energi alternatif, ciri- ciri dan keberadaannya saat ini berdasarkan teks,
kedalam bentuk peta pikiran yang tersedia. (Mengkomunikasikan)
§
Siswa saling menceritakan
peta pikiran mereka kepada seorang teman. Literasi
§
Siswa membaca senyap teks
tentang tanaman jarak yang dapat digunakan sebagi energi alternatif.
§
Siswa menuliskan pendapat
mereka tentang pemanfaatan tanaman jarak.
§
Tulisan
siswa harus memenuhi kriteria berikut:
- Manfaat,
- kegiatan ekonomi
yang bisa dilakukan,
- dampak pemanfaatan
yang berlebihan serta solusinya.
§
Siswa
diingatkan untuk menulis dengan rapi. Siswa diperbolehkan untuk memberi ilustrasi untuk mendukung tulisan mereka.
§
Siswa
diingatkan untuk menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif.
|
35 Menit X 30 JP
|
Penutup
|
¡ Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas
¡ Bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian
materi)
¡ Guru memberi
kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran
yang telah diikuti.
¡ Melakukan
penilaian hasil belajar
¡ Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius
|
15 menit
|
E. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
§ Buku Pedoman Guru Tema : Selalu
Berhemat Energi Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev 2017, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev 2017).
§ Buku Siswa Tema : Selalu Berhemat
Energi Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev 2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2013 Rev 2017).
§
Buluh bambu, kertas atau kantong
plastik bekas, tali kasur, untuk membuat layangan
Mengetahui
Kepala SDN
SUKAHURIP 02
...............................................
NIP. .........................
|
........................., 17
Juli 2017
Guru Kelas
IV
..........................................
NIP. .........................
|
Comments