![]() |
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI
2017
(Disusun Berdasarkan
Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)
|
Satuan
Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas /
Semester : IV
(Empat) / 1
Tema 2 : Selalu
Berhemat Energi
Sub Tema 2 : Manfaat
Energi
Pembelajaran : 4
Alokasi Waktu : 1
Hari
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.4
Membandingkan teks petunjuk penggunaan dua alat yang sama dan berbeda.
4.4
Menyajikan teks petunjuk menggunakan alat dalam bentuk teks tulisan dan visual
menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif.
Indikator:
3.4.3
Membuat teks petunjuk tentang menghemat energi.
4.4.3
Menyajikan teks petunjuk dalam bentuk poster.
PPKn
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
1.2 Menerima hak dan kewajiban sebagai
amanah warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
2.2
Menerima hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan
sehari-hari.
3.2
Memahami hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan
sehari-hari.
4.2
Bekerjasama melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam
kehidupan sehari-hari.
Indikator :
4.2.4
Membuat poster tentang pentingnya menghemat energi (melaksanakan hak dan
kewajiban secara seimbang.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Setelah mengamati poster, siswa mampu
membuat teks petunjuk tentang menghemat energi dengan benar.
2.
Setelah berdiskusi, siswa mampu
menyajikan teks petunjuk dalam bentuk poster dengan benar.
3.
Setelah berdiskusi, siswa mampu
menyajikan poster yang menunjukkan pelaksanaan hak dan kewajiban secara
seimbang terhadap penggunaan energi dengan benar.
v
Karakter siswa yang diharapkan :
Ø Bahasa
Indonesia dan PPKn : Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡ Guru
memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing. Religius
¡
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar
kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan
kegiatan pembelajaran.
¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Selalu
Berhemat Energi”.
¡ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya,
mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
§
Siswa mengamati poster hemat
air yang ada di buku siswa. (Mengamati)
§
Berdasarkan poster tersebut,
siswa menjawab pertanyaan yang ada di buku siswa.
§
Siswa menyampaikan hasil
pekerjaannya kepada temanya. (Mengkomunikasikan)
§
Siswa mendiskusikan gambar,
kalimat dan penyajian. (Mempresentasikan)
§
Siswa akan membuat poster
menggunakan kalimat petunjuk dengan tema hemat energi. Mandiri
§
Awalnya siswa mengisi bagan
yang ada di buku siswa tentang petunjuk menghemat energi. Siswa juga
menuliskan topik, mengapa harus hemat energi dan kalimat ajakan.
(Mengeksplorasi)
§
Guru memeriksa pekerjaan
siswa, jika dirasa sudah benar siswa akan membuat poster. Siswa membuat
poster dengan menggunakan kalender bekas yang salah satu sisinya sudah
terpakai. Creativity and Innovation
§
Guru bisa menunjukkan
contoh-contoh lain tentang poster petunjuk menghemat energi. Communication
§
Siswa menggambar dan
menuliskan petunjuk yang akan dimasukkan ke dalam poster. Siswa membuat
poster sesuai kreasi. (Mengomunikasikan)
§
Siswa meminta pendapat
temannya akan poster yang sudah dibuatnya. Gotong Royong
§
Siswa mengomentari dari sisi
kalimat, gambar dan kerapian.
|
35 Menit X 30 JP
|
Penutup
|
¡
Bersama-sama siswa membuat
kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas
¡
Bertanya jawab tentang materi yang
telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡
Guru memberi kesempatan kepada siswa
untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡
Melakukan penilaian hasil belajar
¡
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius
|
15 menit
|
E. SUMBER DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
§ Buku Pedoman Guru Tema : Selalu
Berhemat Energi Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev 2017, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev 2017).
§ Buku Siswa Tema : Selalu Berhemat
Energi Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev 2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2013 Rev 2017).
Mengetahui
Kepala SDN
SUKAHURIP 02
............................................
NIP. .........................
|
....................., 17
Juli 2017
Guru Kelas
IV
..........................................
NIP. .........................
|
Comments