RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2017 KURTILAS KELAS 4 PEMEBELAJARAN 4 TEMA 2 SUBTEMA 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)



Satuan Pendidikan       :  SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester            :     IV (Empat) / 1
Tema 2                             :     Selalu Berhemat Energi
Sub Tema 2                    :     Manfaat Energi
Pembelajaran                 :     4
Alokasi Waktu                :     1 Hari

A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.4 Membandingkan teks petunjuk penggunaan dua alat yang sama dan berbeda.
4.4 Menyajikan teks petunjuk menggunakan alat dalam bentuk teks tulisan dan visual menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif.
Indikator:
3.4.3 Membuat teks petunjuk tentang menghemat energi.
4.4.3 Menyajikan teks petunjuk dalam bentuk poster.

PPKn
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
1.2 Menerima hak dan kewajiban sebagai amanah warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
2.2 Menerima hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
3.2 Memahami hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
4.2 Bekerjasama melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator :
4.2.4 Membuat poster tentang pentingnya menghemat energi (melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang.

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Setelah mengamati poster, siswa mampu membuat teks petunjuk tentang menghemat energi dengan benar.
2.    Setelah berdiskusi, siswa mampu menyajikan teks petunjuk dalam bentuk poster dengan benar.
3.    Setelah berdiskusi, siswa mampu menyajikan poster yang menunjukkan pelaksanaan hak dan kewajiban secara seimbang terhadap penggunaan energi dengan benar.

v   Karakter siswa yang diharapkan :
Ø  Bahasa Indonesia dan PPKn :     Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas

D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
¡   Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius
¡   Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangSelalu Berhemat Energi”.
¡   Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
10 menit
Inti
§  Siswa mengamati poster hemat air yang ada di buku siswa. (Mengamati)
§  Berdasarkan poster tersebut, siswa menjawab pertanyaan yang ada di buku siswa.
§  Siswa menyampaikan hasil pekerjaannya kepada temanya. (Mengkomunikasikan)
§  Siswa mendiskusikan gambar, kalimat dan penyajian. (Mempresentasikan)
§  Siswa akan membuat poster menggunakan kalimat petunjuk dengan tema hemat energi. Mandiri
§  Awalnya siswa mengisi bagan yang ada di buku siswa tentang petunjuk menghemat energi. Siswa juga menuliskan topik, mengapa harus hemat energi dan kalimat ajakan. (Mengeksplorasi)
§  Guru memeriksa pekerjaan siswa, jika dirasa sudah benar siswa akan membuat poster. Siswa membuat poster dengan menggunakan kalender bekas yang salah satu sisinya sudah terpakai. Creativity and Innovation
§  Guru bisa menunjukkan contoh-contoh lain tentang poster petunjuk menghemat energi. Communication
§  Siswa menggambar dan menuliskan petunjuk yang akan dimasukkan ke dalam poster. Siswa membuat poster sesuai kreasi. (Mengomunikasikan)
§  Siswa meminta pendapat temannya akan poster yang sudah dibuatnya. Gotong Royong
§  Siswa mengomentari dari sisi kalimat, gambar dan kerapian.

35 Menit X  30 JP
Penutup
¡   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas
¡   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡   Melakukan penilaian hasil belajar
¡   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius
15 menit

E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
§  Buku Pedoman Guru Tema : Selalu Berhemat Energi Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev 2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev 2017).
§  Buku Siswa Tema : Selalu Berhemat Energi Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev 2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev 2017).





Mengetahui
Kepala SDN SUKAHURIP 02




............................................
NIP. .........................
....................., 17 Juli 2017
Guru Kelas IV




..........................................
NIP. .........................







Comments