![]() |
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI
2017
(Disusun Berdasarkan
Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)
|
Satuan
Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas /
Semester : IV
(Empat) / 1
Tema 2 : Selalu
Berhemat Energi
Sub Tema 2 : Manfaat
Energi
Pembelajaran : 3
Alokasi Waktu : 1
Hari
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
BAHASA
INDONESIA
3.4
Membandingkan teks petunjuk penggunaan dua alat yang sama dan berbeda.
4.4
Menyajikan teks petunjuk penggunaan alat dalam bentuk teks tulis dan visual
menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
Indikator:
3.4.1
Mempraktikkan teks petunjuk yang dbaca.
4.4.1
Menyajikan teks petunjuk tentang menggunakan listrik yang aman.
IPA
3.5
Memahami berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi
alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir)
dalam kehidupan sehari-hari.
4.5
Menyajikan laporan hasil pengamatan dan penelusuran informasi tentang berbagai
perubahan bentuk energi.
Indikator:
3.5.2
Mengidentifikasi manfaat perubahan berbagai bentuk energi dalam kehidupan
sehari-hari.
4.5.2
Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energi.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Dengan percobaan, siswa mampu
mengidentifikasi manfaat perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari
dengan tepat.
2.
Dengan percobaan, siswa mampu
menyajikan laporan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energi dengan
sistematis.
3.
Dengan mengamati dan membaca teks
petunjuk, siswa mampu mempraktikkan petunjuk yang dibacanya (permainan bola zig
zag) dengan benar.
4.
Setelah berdiskusi, siswa mampu
menyajikan teks petunjuk tertulis tentang cara aman menggunakan listrik dengan
sistematis.
v
Karakter siswa yang diharapkan :
Ø Bahasa
Indonesia dan IPA : Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡ Guru
memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing. Religius
¡
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar
kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan
kegiatan pembelajaran.
¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Selalu
Berhemat Energi”.
¡ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya,
mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
§
Siswa mengamati gambar seorang anak yang bermain layangan
di dekat tiang dan kabel listrik. (Mengamati)
•
Siswa menganalisis kegiatan
tersebut, kemudian menuliskan pendapatnya tentang perilaku tersebut serta
dampak negatif yang dapat terjadi. Critical Thinking
and Problem Solving
§
Guru memberikan penguatan tentang bahaya arus listrik.
§
Siswa mengamati gambar rumah dengan setiap bagian
ruangannya.
§
Siswa mengidentifikasi beragam benda elektronik yang
biasa terdapat dalam setiap ruangan dan bahaya yang dapat ditimbulkan dari
benda tersebut. Creativity and Innovation
§
Siswa menganalisis cara aman menggunakan benda-benda
elektronik tersebut.
§ Siswa menuliskan hasil
analisis dan mendiskusikannya bersama guru. Mandiri
§ Siswa membaca senyap teks yang
berisi tentang cara aman menggunakan listrik. Literasi
§ Siswa menuliska teks petunjuk
cara aman menggunakan listrik berdasarkan bacaan dan hasil
diskusi. Gotong Royong
|
35 Menit X 30 JP
|
Penutup
|
¡ Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas
¡ Bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian
materi)
¡ Guru memberi
kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran
yang telah diikuti.
¡ Melakukan
penilaian hasil belajar
¡ Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius
|
15 menit
|
E. SUMBER DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
§ Buku Pedoman Guru Tema : Selalu
Berhemat Energi Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev 2017, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev 2017).
§ Buku Siswa Tema : Selalu Berhemat
Energi Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev 2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2013 Rev 2017).
Mengetahui
Kepala SDN
SUKAHURIP 02
..............................................
NIP. .........................
|
......................, 17
Juli 2017
Guru Kelas
IV
.......................................
NIP. .........................
|
Comments