![]() |
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI
2017
(Disusun Berdasarkan
Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)
|
Satuan
Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas /
Semester : IV (Empat) / 1
Tema 1 : Indahnya Kebersamaan
Sub Tema 1 : Keberagaman Budaya Bangsaku
Pembelajaran : 6
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
guru, dan tetangganya
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.1 Menunjukkan gagasan pokok dan
gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual.
4.1 Menata informasi yang didapat dari
teks berdasarkan keterhubungan antar gagasan ke dalam kerangka tulis.
Indikator:
3.1.1 Menemukan gagasan pokok dan
gagasan pendukung yang diperoleh dari teks tulis.
4.1.1 Menyajikan gagasan pokok dan
gagasan pendukung yang diperoleh dari teks tulis dalam bentuk diagram.
PPKn
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.4 Menerima berbagai bentuk
keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat
persatuan dan kesatuan
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
2.4 Menerima berbagai bentuk
keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat
persatuan dan kesatuan
3.4 Memahami berbagai bentuk
keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat
persatuan dan kesatuan.
4.4 Bekerja sama dalam berbagai bentuk
keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat
persatuan dan kesatuan.
Indikator:
3.4.1 Menjelaskan rencana kegiatan
yang mencerminkan sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman agama.
4.4.1 Membuat rencana kegiatan yang
mencerminkan sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman agama.
C. TUJUAN
PEMEBALAJARAN
1.
Dengan membaca teks tentang suku
Minang, siswa mampu menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang
diperoleh dari teks tulis tentang keragaman sosial dan budaya suku Minang
secara dengan benar.
2.
Dengan membaca teks tentang suku
Minang, siswa mampu menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang
diperoleh dari teks tulis tentang keragaman sosial dan budaya suku Minang
dengan benar.
3.
Setelah membaca teks tentang suku
Minang, siswa mampu menjelaskan rencana kegiatan yang mencerminkan sikap
persatuan dan kesatuan dalam perbedaan di lingkungan sekolah dengan Buatlah
rencana kegiatan yang mencerminkan sikap persatuan dan kesatuan dalam perbedaan
di lingkungan sekolah secara terstruktur.
4.
Setelah membaca teks tentang suku
Minang, siswa mampu membuat rencana kegiatan yang mencerminkan sikap persatuan
dan kesatuan dalam perbedaan di lingkungan sekolah dengan Buatlah rencana
kegiatan yang mencerminkan sikap persatuan dan kesatuan dalam perbedaan di
lingkungan sekolah secara terstruktur.
v
Karakter siswa yang diharapkan :
Ø Bahasa
Indonesia dan PPKn : Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡
Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius
¡
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan
dengan kegiatan pembelajaran.
¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Indahnya
Kebersamaan”. Integritas
¡ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya,
mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
§ Guru menyampaikan bahwa
warga yang baik adalah warga yang mampu memahami dan menghargai keragaman
serta perbedaan yang ada di sekitar mereka, baik keragaman sosial, ekonomi,
budaya, etnis, dan agama.(Mengkomunikasikan)
§ Siswa membaca informasi di
buku siswa. Literasi
§ Siswa membaca kembali teks
tentang Suku Minang. (Mengamati)
§ Siswa menemukan dan
menuliskan gagasan pokok dan gagasan pendukung untuk setiap
paragraf pada diagram yang terdapat dalam buku siswa Mandiri
§ Siswa menuliskan kesimpulan
tentang perbedaan gagasan pokok dan gagasan pendukung di buku siswa.
§ Siswa membuat rencana
kegiatan yang mencerminkan sikap persatuan dan kesatuan dalam perbedaan di
lingkungan sekolah mereka. Integritas
|
150 menit
|
Penutup
|
¡ Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas
¡ Bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian
materi)
¡ Guru memberi
kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran
yang telah diikuti.
¡ Melakukan
penilaian hasil belajar
¡ Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religiu
|
15 menit
|
E. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Pedoman Guru Tema : Indahnya
Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013
Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡ Buku Siswa Tema : Indahnya Kebersamaan Kelas 4 (Buku
Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013
Rev.2017).
Mengetahui
Kepala SDN
SUKAHURIP 02
(...........................................)
NIP.
.......................................
|
…………, 17 Juli 2017
Guru Kelas
IV
(.............................................)
NIP.
.......................................
|
Comments