![]() |
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI
2017
(Disusun Berdasarkan
Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)
|
Satuan
Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas /
Semester : IV (Empat) / 1
Tema 2 : Selalu Berhemat Energi
Sub Tema 1 : Sumber Energi
Pembelajaran : 5
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
IPS
3.1
Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk
kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.
4.1
Menyajikan hasil identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya
alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/ kabupaten sampai tingkat
provinsi.
Indikator:
3.2.2
Menjelaskan karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk
kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.
4.2.2
Mengomunikasikan karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk
kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/ kabupaten sampai tingkat provinsi.
SBdP
3.2
Memahami tanda tempo dan tinggi rendah nada.
4.2
Menampilkan tempo lambat, sedang, dan cepat melalui lagu.
Indikator:
3.3.2
Mengidentifikasi tinggi rendah nada dari teks lagu Menanam Jagung.
4.3.2
Menyanyikan notasi lagu Menanam jagung sesuai dengan tinggi rendah nada.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Dengan mengamati contoh yang diberikan
guru, siswa mampu memahami tempo dan tinggi rendah nada dalam menyanyikan lagu
Menanam Jagung dengan nada dan tempo yang tepat.
2.
Dengan mengamati contoh yang diberikan
guru, siswa mampu menyanyikan lagu Menanam jagung dengan tempo dan tinggi
rendah nada dalam menyanyikan lagu Menanam Jagung dengan nada dan tempo yang
tepat.
3.
Setelah mengamati gambar dan membaca
teks, siswa mampu menjelaskan karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya
alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat
provinsi.
4.
Setelah mengamati gambar dan membaca
teks, siswa mampu mengomunikasikan karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber
daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai
tingkat provinsi dengan percaya diri.
v
Karakter siswa yang diharapkan :
Ø SBdP : Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
Ø IPS : Religius
Jujur
Disiplin
Kreatif
Demokratif
Rasa Ingin Tahu
Cinta Tanah Air
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡ Guru
memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing. Religius
¡
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar
kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan
kegiatan pembelajaran.
¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Selalu
Berhemat Energi”.
¡ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya,
mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
§
Siswa diinformasikan bahwa
mereka akan menyanyikan lagu Menanam Jagung secara berkelompok yang terdiri
atas 5 sampai 6 orang. (Mengkomunikasikan)
§
Siswa diminta memperhatikan
penjelasan dari guru.
§
Setiap kelompok akan tampil
secara bergiliran.
§
Siswa melakukan penampilan
secara bergiliran. Collaboration
§
Siswa mengamati gambar yang
terdapat dalam buku siswa. (Mengamati)
§
Siswa mendiskusikan tentang
sumber energi yang digunakan untuk mengeringkan ikan. (Mengekplorasi)
§
Siswa menulis kesimpulan
berdasarkan hasil diskusi. Mandiri
§
Siswa membaca teks yang
terdapat dalam buku siswa dalam hati Literasi
§
Siswa menjawab pertanyaan
berdasarkan teks. (Menanya)
§
Siswa memperhatikan
informasi yang diambil dari bacaan.
|
35 Menit X 30 JP
|
Penutup
|
¡
Bersama-sama siswa membuat
kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas
¡
Bertanya jawab tentang materi yang
telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡
Guru memberi kesempatan kepada siswa
untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡
Melakukan penilaian hasil belajar
¡
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius
|
15 menit
|
E. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
§ Buku Pedoman Guru Tema : Selalu
Berhemat Energi Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev 2017, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev 2017).
§ Buku Siswa Tema : Selalu Berhemat
Energi Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev 2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2013 Rev 2017).
Mengetahui
Kepala SDN
SUKAHURIP 02
..............................................
NIP. .........................
|
....................., 17
Juli 2017
Guru Kelas
IV
........................................
NIP. .........................
|
Comments