![]() |
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI
2017
(Disusun Berdasarkan
Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)
|
Satuan
Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas /
Semester : IV (Empat) / 1
Tema 1 : Indahnya Kebersamaan
Sub Tema 2 : Kebersamaan dalam Keberagaman
Pembelajaran : 2
Alokasi Waktu : ........... x 150 menit
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
PPKn
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
1.4 Menerima berbagai bentuk
keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat
persatuan dan kesatuan
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
2.4 Menerima berbagai bentuk keberagaman
suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan
kesatuan.
3.4 Memahami berbagai bentuk
keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat
persatuan dan kesatuan.
4.4 Bekerja sama dalam berbagai bentuk
keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat
persatuan dan kesatuan.
Indikator :
3.4.5 Menjelaskan bahwa keberagaman
akan memperkaya ketika bekerjasama.
4.4.5 Menceritakan pengalaman diri
bekerjasama dalam keberagaman.
SBdP
3.3 Memahami dasar-dasar gerak tari daerah.
4.3 Meragakan dasar-dasar gerak tari daerah.
Indikator:
4.3.3 Mempraktikkan tarian Bungong Jeumpa dengan formasi
dan iringan musik.
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Setelah mengamati contoh, siswa mampu
mengidentifikasi formasi berdiri tarian Bungong Jeumpa dengan benar.
2.
Setelah mengamati contoh, siswa mampu
mempraktikkan tarian Bungong Jeumpa formasi berdiri diiringi dengan musik dan
hitungan dengan tepat.
3.
Setelah membaca teks dan berdikusi,
siswa mampu menjelaskan pentingnya kerjasama dalam keberagaman dengan
terperinci.
4.
Setelah berdiskusi, siswa mampu
menceritakan satu contoh bentuk kerjasama dalam keberagaman dengan terperinci.
v
Karakter siswa yang diharapkan :
Ø PPKn
dan SBdP : Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡
Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing. Religius
¡
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan
dengan kegiatan pembelajaran.
¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Indahnya
Kebersamaan”. Integritas
¡
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya,
mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
§ Siswa membaca senyap teks
tentang Tong Sampah Gotong Royong. (Mengamati)
Literasi
§ Setelah membaca teks, siswa
secara individu mengidentifikasi keberagaman, kerjasama dan manfaatnya. Siswa
menuliskan hasilnya pada diagram yang ada di buku siswa.
§ Guru meminta siswa untuk
duduk berkelompok. Satu kelompok terdiri dari 5 siswa. Siswa akan menyampaikan
hasil pekerjaannya kepada teman dalam kelompok. Kelompok akan menghasilkan
satu produk yang merupakan kesepakatan setiap anggotanya. (Mengkomunikasikan)
§ Siswa menuliskan kembali
hasil kesepakatan mengenai identifikasi keberagaman, kerjasama dan manfaatnya
pada kertas kalender. Integritas
§ Hasil produk siswa di tempel
di dinding kelas.
§ Setiap anggota kelompok akan
melihat hasil pekerjaan temannya secara bergantian.
§ Guru dan siswa menyimpulkan
secara klasikal.
§ Guru bisa memberikan
pertanyaan kepada siswa:
- Apa itu kerjasama?
- Apa manfaat kerjasama?
- Bagaimana cara kita supaya
bisa bekerjasama dalam keberagaman.
§ Siswa secara individu
mengidentifikasi keberagaman dan kerjasama yang ada di lingkungannya. Siswa
juga menuliskannya di buku siswa. Produk ini akan dinilai dengan penilai
1. Guru menjelaskan rubrik yang diharapkan. Siswa bisa menuliskan dalam
bentuk grafik yang disiapkan. Mandiri
§ Hal-hal yang ada dalam
tulisan siswa adalah hal yang kamu tulis.
1. Keberagaman di lingkunganmu.
2. Satu contoh bentuk kerjasama
dan menjelaskannya.
3. Contoh 3 (tiga) sikap yang
menunjukkan persatuan dan kesatuan saat kerjasama.
4. Manfaat kerjasama.
5. Kesimpulan (apa pentingnya
persatuan dan kesatuan dalam keberagaman).
§ Siswa mengamati formasi
gerakan tarian Bungong Jeumpa yang ada di buku siswa.
§ Guru meminta 8 siswa untuk
maju ke depan. Guru mengarahkan delapan siswa tersebut untuk menari dengan
formasi. Guru memberikan aba-aba dengan hitungan. Siswa yang lain mengamati.
(Mengekplorasi)
§ Siswa dengan kelompoknya
akan mempraktikkan formasi gerakan. Guru memberikan aba-aba dengan
hitungan. Collaboration
§ Ketika sudah lancar, siswa
mempraktikkan formasi dengan dengan iringan musik dan hitungan dari
guru. Jika sudah sangat lancar hanya diiringi dengan musik. Mandiri
§ Guru menguatkan siswa untuk
menari dengan kompak dan gerakan yang benar.
§ Guru juga memotivasi siswa
untuk menghayati tarian.
§ Setiap kelompok diminta maju
ke depan untuk mempraktikkan formasi berdiri. Siswa kelompok lain
memberikan komentar. Gotong Royong
§
Setiap kelompok juga mendata keperluan menari misalkan
kostum dan aksesoris. Kostum diharapkan tidak beli atau menyewa
siswa bisa menggunakan baju yang sama dan diberi hiasan dari
barang-barang bekas atau yang sudah tersedia. Integritas
|
150 menit
|
Penutup
|
¡
Bersama-sama siswa membuat
kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas
¡
Bertanya jawab tentang materi yang
telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡
Guru memberi kesempatan kepada siswa
untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡
Melakukan penilaian hasil belajar
¡
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius
|
15 menit
|
E. SUMBER DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
¡
Buku Pedoman Guru Tema : Indahnya Kebersamaan Kelas 4 (Buku
Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡ Buku Siswa Tema : Indahnya
Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡ Musik lagu Bungong Jeumpa.
Mengetahui
Kepala SDN
SUKAHURIP 02
(............................................)
NIP.
.......................................
|
…………, 17 Juli 2017
Guru Kelas
IV
(............................................)
NIP.
.......................................
|
Comments