RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2017 KURTILAS KELAS 3 TEMA 1 PEMBELAJARAN 4 TEMA 1 SUBTEMA 1
![]() |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun
Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)
|
Satuan
Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas /
Semester : IV (Empat) / 1
Tema 1 : Indahnya Kebersamaan
Sub Tema 1 : Keberagaman Budaya Bangsaku
Pembelajaran : 4
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
guru, dan tetangganya
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
Bahasa
Indonesia
3.1
Menunjukkan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan,
tulis, atau visual.
4.1 Menata
informasi yang didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antar gagasan ke
dalam kerangka tulis.
Indikator:
3.1.1
Menuliskan gagasan pokok dan gagasan pendukung dari setiap paragraf teks yang
dibaca.
4.1.1
Menyusun gagasan pokok dan gagasan pendung dari teks yang dibaca menjadi
kerangka tulisan.
PPKn
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
1.4
Menerima berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di
Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, dan guru
2.4
Menerima berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di
Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
3.4 Memahami
berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang
terikat persatuan dan kesatuan.
4.4
Bekerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya
di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
Indikator:
3.4.2
Menjelaskan pentingnya sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman.
4.4.2
Menemukan contoh-contoh sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman di
lingkungan.
C. TUJUAN PEMEBALAJARAN
1.
Setelah membaca teks, siswa mampu
menuliskan gagasan pokok dan gagasan pendukung dari setiap paragraf teks yang
dibaca dengan terstruktur.
2.
Setelah membaca teks, siswa mampu
menyusun gagasan pokok dan gagasan pendung dari teks yang dibaca menjadi
kerangka tulisan dengan sistematis.
3.
Setelah melakukan demontrasi, siswa
mampu menjelaskan pentingnya sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman
dengan terperinci.
4.
Setelah berdiskusi, siswa mampu
menemukan contoh-contoh sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman di
lingkungan dengan benar.
v Karakter
siswa yang diharapkan :
Ø
Bahasa Indonesia dan PPKn : Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong
Royong
Integritas
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Guru
memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing. Religius
§ Guru
mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa
kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan
pembelajaran.
§ Menginformasikan
tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Indahnya Kebersamaan”. Integritas
§ Guru
menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya,
mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
§ Guru membawa kain-kain tradisional yang
mempunyai pola segi banyak. Jika tidak ada, guru bisa membawa gambar-gambar
kain tradisional. Guru menyampaikan bahwa Indonesia kaya akan budaya termasuk
kain-kain tradisional. Kekayaan budaya tersebut adalah identitas bangsa. Setiap warga negara
harus bangga dengan keberagaman yang ada. Sebagai generasi penerus, siswa
harus meneruskan budaya yang ada. Communication
§ Siswa mengamati gambar kain tradisional yang ada di buku siswa.
Siswa mengidentifikasi bentuk segi banyak yang ada di buku siswa. Siswa
menuliskan hasilnya di kolom yang disediakan di buku siswa. (Mengamati)
§ Siswa membaca teks Tari Kipas Pakarena yang ada di buku siswa. Siswa
membaca teks tersebut dengan membaca senyap. (Mengamati) Literasi
§ Setelah membaca siswa mengidentifikasi
gagasan pokok dan gagasan pendukung dari teks. Guru memberikan bimbingan
kepada siswa untuk membaca teks dengan berlahan. Guru bisa memberikan
pertanyaan-pertanyaan berikut utuk membantu membimbing siswa. (Menanya)
-
Apa yang
dibicarakan di paragraf 1?
-
Apa inti
dari paragraf 1?
§ Siswa mengisi gagasan pokok dan gagasan pendukung dari diagram yang ada
di buku siswa. Mandiri
§ Setelah selesai, siswa saling menukar jawaban dengan temannya.
§ Salah satu siswa maju ke depan untuk menjawab gagasan pokok dan
gagasan pendung tiap paragraf.
§ Setelah siswa selesai, guru membahas dan memastikan bahwa setiap siswa
paham.
§ Siswa membaca teks dan melakukan simulasi tentang makna persatuan
dan kesatuan pada buku siswa. (Mengamati)
Literasi
§ Guru membawa sapu lidi ke dalam kelas untuk membantu siswa memahami
konsep makna bersatu dengan mengacu pada buku siswa. Communication
§ Guru meminta siswa mengamati apa yang
terjadi. Selanjutnya, guru meminta siswa menyapu sampah kertas tersebut
menggunakan sapu lidi, kemudian bertanya kepada siswa, apa perbedaan yang
kalian lihat?(Mengamati)
§ Guru memandu siswa untuk menyimpulkan bahwa persatuan dan kesatuan
memberi manfaat sebagai berikut. (Mengkomunikasikan)
§ Bersatu membuat sebuah keluarga, masyarakat, dan bangsa menjadi
kuat.
§ Bersatu dan bekerja sama dapat memudahkan dan mempercepat pekerjaan.
§ Secara individu siswa mengidentifikasi sikap-sikap yang menunjukkan persatuan
dan kesatuan. Siswa menuliskan hasilnya pada tabel. Integritas
|
150 menit
|
Penutup
|
¡ Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas
¡ Bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian
materi)
¡ Guru memberi
kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran
yang telah diikuti.
¡ Melakukan
penilaian hasil belajar
¡ Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius
|
15 menit
|
E. SUMBER DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Pedoman Guru Tema : Indahnya
Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013
Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡ Buku Siswa Tema : Indahnya Kebersamaan Kelas 4 (Buku
Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013
Rev.2017).
¡ Sapu lidi.
Mengetahui
Kepala
SDN SUKAHURIP 02
(..........................................)
NIP. .......................................
|
…………,
17 Juli 2017
Guru
Kelas IV
(...........................................)
NIP.
.......................................
|
Comments