RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2017 KURTILAS KELAS 4 TEMA 2 PEMBELAJARAN 3 SUBTEMA 3

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)



Satuan Pendidikan       :   SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester            :     IV (Empat) / 1
Tema 2                             :     Selalu Berhemat Energi
Sub Tema 3                    :     Energi Alternatif
Pembelajaran                 :     3
Alokasi Waktu                :     1 Hari


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.4 Membandingkan teks petunjuk penggunaan dua alat yang sama dan berbeda
4.4 Menyajikan teks petunjuk penggunaan alat dalam bentuk teks tulis dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif
Indikator:
4.4.1 Menyajikan teks petunjuk berdasarkan kegiatan

IPA
3.5 Memahami berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari.
4.5 Menyajikan laporan hasil pengamatan dan penelusuran informasi tentang berbagai perubahan bentuk energi.
Indikator:
3.5.6 Mengidentifikasi manfaat kentangsebagai sumber energi alternative dalam kehidupan sehari-hari.
4.5.6 Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energy pada kentang.

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Dengan percobaan, siswa mampu mengidentifikasi manfaat Kentang sebagai sumber energi alternatif dengan tepat.
2.    Dengan percobaan menggunakan kentang, siswa mampu menyajikan laporan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energi dengan sistematis.
3.    Dengan melakukan percobaan, siswa mampu menuliskan teks petunjuk tertulis tentang cara membuat arus listrik sederhana menggunakan kentang dengan tepat.

v   Karakter siswa yang diharapkan :
Ø  Bahasa Indonesia dan IPA :     Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas

D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
¡   Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius
¡   Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangSelalu Berhemat Energi”.
¡   Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
10 menit
Inti
¡  Minta satu/beberapa siswa untuk memimpin pemanasan di depan teman- teman yang lain. Communication
¡  Siswa dibagi dalam 2 /lebih kelompok sesuai kebutuhan. Collaboration
¡  Siswa melakukan permainan dengan mempraktikkan nilai kerjasama, disiplin, dan sportivitas Gotong Royong
¡  Siswa membaca teks berisi informasi tentang sumber energi alternative dari kentang yang mampu menghasilkan arus listrik bertegangan rendah. Literasi
¡  Siswa dalam kelompok kecil melakukan percobaan berdsarkan teks dan gambar yang terdapat di buku. Critical Thinking and Problem Solving
¡  Siswa mendiskusikan dan menganalisis hasil percobaan dengan teman dalam satu kelompok.
¡  Siswa menuliskan hasil percobaan dalam tabel yang tersedia. Gotong Royong
¡  Siswa menuliskan teks petunjuk dari percobaan yang telah mereka lakukan.

35 Menit X  30 JP
Penutup
¡   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas
¡   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡   Melakukan penilaian hasil belajar
¡   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius

15 menit

E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
§  Buku Pedoman Guru Tema : Selalu Berhemat Energi Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev 2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev 2017).
§  Buku Siswa Tema : Selalu Berhemat Energi Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev 2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev 2017).
§  Pensil warna.

Mengetahui
Kepala SDN SUKAHURIP 02




...........................................
NIP. .........................
........................., 17 Juli 2017
Guru Kelas IV




............................................
NIP. .........................

Comments