![]() |
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI
2017
(Disusun Berdasarkan
Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)
|
Satuan
Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas /
Semester : IV
(Empat) / 1
Tema 2 : Selalu
Berhemat Energi
Sub Tema 3 : Energi
Alternatif
Pembelajaran : 3
Alokasi Waktu : 1
Hari
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.4
Membandingkan teks petunjuk penggunaan dua alat yang sama dan berbeda
4.4
Menyajikan teks petunjuk penggunaan alat dalam bentuk teks tulis dan visual
menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif
Indikator:
4.4.1
Menyajikan teks petunjuk berdasarkan kegiatan
IPA
3.5
Memahami berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi
alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir)
dalam kehidupan sehari-hari.
4.5
Menyajikan laporan hasil pengamatan dan penelusuran informasi tentang berbagai
perubahan bentuk energi.
Indikator:
3.5.6
Mengidentifikasi manfaat kentangsebagai sumber energi alternative dalam
kehidupan sehari-hari.
4.5.6
Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energy pada
kentang.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Dengan percobaan, siswa mampu
mengidentifikasi manfaat Kentang sebagai sumber energi alternatif dengan tepat.
2.
Dengan percobaan menggunakan kentang,
siswa mampu menyajikan laporan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energi
dengan sistematis.
3.
Dengan melakukan percobaan, siswa
mampu menuliskan teks petunjuk tertulis tentang cara membuat arus listrik
sederhana menggunakan kentang dengan tepat.
v
Karakter siswa yang diharapkan :
Ø Bahasa
Indonesia dan IPA : Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡ Guru
memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing. Religius
¡
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran
dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Selalu
Berhemat Energi”.
¡ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya,
mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
¡ Minta satu/beberapa siswa untuk memimpin pemanasan di depan teman- teman yang lain. Communication
¡ Siswa dibagi dalam 2 /lebih kelompok sesuai kebutuhan. Collaboration
¡ Siswa melakukan permainan dengan mempraktikkan nilai
kerjasama, disiplin, dan sportivitas Gotong Royong
¡ Siswa membaca teks berisi informasi tentang sumber energi alternative dari kentang yang mampu menghasilkan arus listrik
bertegangan rendah. Literasi
¡ Siswa dalam kelompok kecil melakukan percobaan berdsarkan
teks dan gambar yang terdapat di buku. Critical Thinking
and Problem Solving
¡ Siswa mendiskusikan dan menganalisis hasil percobaan dengan
teman dalam satu kelompok.
¡ Siswa
menuliskan hasil percobaan dalam tabel yang tersedia. Gotong Royong
¡ Siswa
menuliskan teks petunjuk dari percobaan yang telah mereka lakukan.
|
35 Menit X 30 JP
|
Penutup
|
¡ Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas
¡ Bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian
materi)
¡ Guru memberi
kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran
yang telah diikuti.
¡ Melakukan
penilaian hasil belajar
¡ Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius
|
15 menit
|
E. SUMBER DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
§ Buku Pedoman Guru Tema : Selalu
Berhemat Energi Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev 2017, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev 2017).
§ Buku Siswa Tema : Selalu Berhemat
Energi Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev 2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2013 Rev 2017).
§ Pensil warna.
Mengetahui
Kepala SDN
SUKAHURIP 02
...........................................
NIP. .........................
|
........................., 17
Juli 2017
Guru Kelas
IV
............................................
NIP. .........................
|
Comments