RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2017 KURTILAS KELAS 4 PEMBELAJARAN 1 TEMA 2 SUBTEMA 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)



Satuan Pendidikan       :   SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester            :     IV (Empat) / 1
Tema 2                             :     Selalu Berhemat Energi
Sub Tema 2                    :     Manfaat Energi
Pembelajaran                 :     1
Alokasi Waktu                :     1 Hari


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.4 Membandingkan teks petunjuk penggunaan dua alat yang sama dan berbeda.
4.4 Menyajikan teks petunjuk penggunaan alat dalam bentuk teks tulis dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
Indikator:
3.4.1 Mempraktikkan teks petunjuk yang dibaca.
4.4.1 Menyajikan teks petunjuk untuk membuat kipas.

IPA
3.5 Memahami berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari.
4.5 Menyajikan laporan hasil pengamatan dan penelusuran informasi tentang berbagai perubahan bentuk energi.
Indikator:
3.5.3 Mengidentifikasi manfaat perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari
4.5.3 Menuajikan laporan hasil .pengamatan tentang berbagai perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari.

IPS
3.1 Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/ kabupatensampai tingkat provinsi.
4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/ kabupaten sampai tingkat provinsi.
Indikator :
3.1.1 Mengidentifikasi sumber daya alam dan pemanfaatannya
4.1.1 Menyajikan hasil identifikasi sumber daya alam dan pemanfaatannya dalam bentuk tulisan.

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Setelah mengamati gambar dan membaca teks petunjuk tertulis, siswa mampu mempraktikkannya untuk membuat produk (kipas) dengan langkah yang benar.
2.    Setelah berdiskusi, siswa mampu menyajikan teks petunjuk tertulis tentang cara membuat kipas dengan tepat.
3.    Dengan pengamatan, siswa mampu mengidentifikasi manfaat perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.
4.    Setelah pengamatan, siswa mampu menyajikan laporan hasil pengamatan tentang berbgai perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari dengan sistematis.
5.    Dengan diskusi dan pemecahan masalah, siswa mampu mengidentifikasi sumber daya alam dan pemanfaatannya dengan tepat.
6.    Dengan diskusi dan pemecahan masalah, siswa mampu menyajikan hasil identifikasi sumber daya alam dan pemanfaatannya dalam bentuk tulisan dengan sistematis.

v   Karakter siswa yang diharapkan   :

Ø  Bahasa Indonesia dan IPA       :         
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
 Integritas
Ø  IPS                                               :
Religius
Jujur
Disiplin
Kreatif
Demokratif
Rasa Ingin Tahu
Cinta Tanah Air
D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
¡   Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius
¡   Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangSelalu Berhemat Energi”.
¡   Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
10 menit
Inti
§  Siswa diingatkan kembali materi tentang berbagai sumber energi pada pembelajaran sebelumnya. (Mengamati)
§  Sebagai kegiatan pembuka, siswa secara berpasangan dapat diminta untuk menceritakan kembali pemahaman mereka tentang beberapa jenis sumber energi yang telah dipelajari. (Mengkomunikasikan)
§  Siswa diminta untuk menuliskan beragam benda elektronik di rumah yang menggunakan energi listrik dan seberapa sering menggunakan benda-benda tersebut. (Mengumpulkan data)
§  Siswa secara berpasangan saling mendiskusikan jawaban. (Mengkomunikasikan)
§  Siswa membaca teks singkat yang berisi himbauan untuk melakukan hemat energi.
§  Siswa membuat kipas kertas berdasarkan teks petunjuk tulis dan petunjuk gambar/visual yang tersedia. (Mengekplorasi)
§  Siswa saling membandingkan kipas buatan mereka untuk mengidentifikasi perbedaannya. Critical Thinking and Problem Solving
§  Siswa menuliskan cara pembuatan satu jenis kipas yang berbeda dengan miliknya.(Mengkomunikasikan)
§  Siswa mengamati gambar beragam aktifitas, dan mengidentifikasi sumber energi dan perubahan bentuk energi yang terjadi. (Mengamati)
§  Siswa menuliskan dalam tabel yang tersedia. Mandiri
§  Siswa melakukan percobaan berdasarkan teks petunjuk yang tersedia. Creativity and Innovation
§  Siswa menganalisis kondisi yang terjadi dan mengidentifikasi penyebabnya. (Menganalisa)
§  Siswa menuliskan hasil analisis berdasarkan fakta.
§  Siswa menuliskan laporan berdasarkan hasil percobaan.
§  Jika percobaan gagal, siswa mengidentifikasi faktor penyebab dan solusinya, dan menuliskannya.
§  Siswa membaca senyap teks tentang beberapa jenis tanaman obat sebagai bagian dari sumber daya alam yang dimiliki bangsa Indonesia. Literasi
§  Siswa menemukan informasi tentang beberapa jenis sumber daya alam, manfaat, dan tempat pemasarannya. Mandiri
§  Siswa menuliskan informasi dalam tabel yang tersedia.

35 Menit X  30 JP
Penutup
¡   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas
¡   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡   Melakukan penilaian hasil belajar
¡   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius

15 menit






E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
§  Buku Pedoman Guru Tema : Selalu Berhemat Energi Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev 2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev 2017).
§      Buku Siswa Tema : Selalu Berhemat Energi Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu   Kurikulum 2013 Rev 2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev 2017).
§     Beragam jenis plastik bekas dan kertas bekas.
§     Korek api dan lilin.

Mengetahui
Kepala SDN SUKAHURIP 02




...............................................
NIP. .........................
...................., 17 Juli 2017
Guru Kelas IV




.........................................
NIP. .........................

Comments