![]() |
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI
2017
(Disusun Berdasarkan
Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)
|
Satuan
Pendidikan : SDN
SUKAHURIP 02
Kelas /
Semester : IV
(Empat) / 1
Tema 2 : Selalu
Berhemat Energi
Sub Tema 2 : Manfaat
Energi
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 1
Hari
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.4
Membandingkan teks petunjuk penggunaan dua alat yang sama dan berbeda.
4.4
Menyajikan teks petunjuk penggunaan alat dalam bentuk teks tulis dan visual
menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
Indikator:
3.4.1
Mempraktikkan teks petunjuk yang dibaca.
4.4.1
Menyajikan teks petunjuk untuk membuat kipas.
IPA
3.5
Memahami berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi
alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir)
dalam kehidupan sehari-hari.
4.5
Menyajikan laporan hasil pengamatan dan penelusuran informasi tentang berbagai
perubahan bentuk energi.
Indikator:
3.5.3
Mengidentifikasi manfaat perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari
4.5.3
Menuajikan laporan hasil .pengamatan tentang berbagai perubahan bentuk energi
dalam kehidupan sehari-hari.
IPS
3.1
Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk
kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/ kabupatensampai tingkat provinsi.
4.1
Menyajikan hasil identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya
alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/ kabupaten sampai tingkat
provinsi.
Indikator :
3.1.1
Mengidentifikasi sumber daya alam dan pemanfaatannya
4.1.1
Menyajikan hasil identifikasi sumber daya alam dan pemanfaatannya dalam bentuk
tulisan.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Setelah mengamati gambar dan membaca
teks petunjuk tertulis, siswa mampu mempraktikkannya untuk membuat produk
(kipas) dengan langkah yang benar.
2.
Setelah berdiskusi, siswa mampu
menyajikan teks petunjuk tertulis tentang cara membuat kipas dengan tepat.
3.
Dengan pengamatan, siswa mampu
mengidentifikasi manfaat perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari
dengan tepat.
4.
Setelah pengamatan, siswa mampu
menyajikan laporan hasil pengamatan tentang berbgai perubahan bentuk energi
dalam kehidupan sehari-hari dengan sistematis.
5.
Dengan diskusi dan pemecahan masalah,
siswa mampu mengidentifikasi sumber daya alam dan pemanfaatannya dengan tepat.
6.
Dengan diskusi dan pemecahan masalah,
siswa mampu menyajikan hasil identifikasi sumber daya alam dan pemanfaatannya
dalam bentuk tulisan dengan sistematis.
v Karakter siswa yang
diharapkan :
|
|
Ø Bahasa Indonesia dan
IPA :
|
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
|
Ø IPS :
|
Religius
Jujur
Disiplin
Kreatif
Demokratif
Rasa Ingin Tahu
Cinta Tanah Air
|
D. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡ Guru
memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing. Religius
¡
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar
kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan
kegiatan pembelajaran.
¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Selalu
Berhemat Energi”.
¡ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya,
mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
§
Siswa diingatkan kembali materi
tentang berbagai sumber energi pada pembelajaran sebelumnya. (Mengamati)
§
Sebagai kegiatan pembuka,
siswa secara berpasangan dapat diminta untuk menceritakan kembali pemahaman
mereka tentang beberapa jenis sumber energi yang telah dipelajari. (Mengkomunikasikan)
§
Siswa diminta untuk
menuliskan beragam benda elektronik di rumah yang menggunakan energi listrik
dan seberapa sering menggunakan benda-benda tersebut. (Mengumpulkan data)
§
Siswa secara berpasangan
saling mendiskusikan jawaban. (Mengkomunikasikan)
§
Siswa membaca teks singkat
yang berisi himbauan untuk melakukan hemat energi.
§
Siswa membuat kipas kertas
berdasarkan teks petunjuk tulis dan petunjuk gambar/visual yang tersedia.
(Mengekplorasi)
§
Siswa saling membandingkan
kipas buatan mereka untuk mengidentifikasi perbedaannya. Critical
Thinking and Problem Solving
§
Siswa menuliskan cara
pembuatan satu jenis kipas yang berbeda dengan miliknya.(Mengkomunikasikan)
§
Siswa mengamati gambar
beragam aktifitas, dan mengidentifikasi sumber energi dan perubahan bentuk
energi yang terjadi. (Mengamati)
§
Siswa menuliskan dalam tabel
yang tersedia. Mandiri
§
Siswa melakukan percobaan
berdasarkan teks petunjuk yang tersedia. Creativity and
Innovation
§ Siswa
menganalisis kondisi yang terjadi dan mengidentifikasi penyebabnya.
(Menganalisa)
§ Siswa
menuliskan hasil analisis berdasarkan fakta.
§ Siswa
menuliskan laporan berdasarkan hasil percobaan.
§ Jika percobaan
gagal, siswa mengidentifikasi faktor penyebab dan solusinya, dan
menuliskannya.
§ Siswa membaca senyap teks
tentang beberapa jenis tanaman obat sebagai bagian dari sumber daya alam yang
dimiliki bangsa Indonesia. Literasi
§ Siswa menemukan informasi
tentang beberapa jenis sumber daya alam, manfaat, dan tempat pemasarannya. Mandiri
§ Siswa menuliskan informasi
dalam tabel yang tersedia.
|
35 Menit X 30 JP
|
Penutup
|
¡ Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas
¡ Bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian
materi)
¡ Guru memberi
kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran
yang telah diikuti.
¡ Melakukan
penilaian hasil belajar
¡ Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius
|
15 menit
|
E. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
§ Buku Pedoman Guru Tema : Selalu
Berhemat Energi Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev 2017, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev 2017).
§
Buku Siswa Tema : Selalu Berhemat Energi Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev 2017, Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev 2017).
§ Beragam jenis plastik bekas dan kertas
bekas.
§ Korek api dan lilin.
Mengetahui
Kepala SDN
SUKAHURIP 02
...............................................
NIP. .........................
|
...................., 17
Juli 2017
Guru Kelas
IV
.........................................
NIP. .........................
|
Comments