RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2017 KURTILAS KELAS 4 PEMBELAJARAN 6 TEMA 1 SUBTEMA 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)



Satuan Pendidikan       :  SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester            :  IV (Empat) / 1
Tema 1                             :  Indahnya Kebersamaan
Sub Tema 2                    :  Kebersamaan dalam Keberagaman
Pembelajaran                 :  6
Alokasi Waktu                :  ........... x 150 menit


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.1 Menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual
4.1 Menata informasi yang didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antar gagasan ke dalam kerangka tulis.

Indikator:
3.1.1 Menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks tulis untuk membuat ringkasan.
4.1.1 Meringkas teks tulis berdasarkan gagasan pokok dan gagasan pendukung berdasarkan teks tulis.

PPKn
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
1.4 Menerima berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
2.4 Menerima berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
3.4 Memahami berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
4.4 Bekerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.

Indikator:
3.4.1 Menjelaskan kegiatan yang mencerminkan sikap kerja sama dalam keberagaman Agama
4.4.1 Menceritakan kegiatan yang mencerminkan sikap kerja sama dalam keberaga agama

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Dengan membaca teks tentang persahabatan Udin, Edo, dan Beni, siswa mampu menjelaskan kegiatan yang mencerminkan sikap kerja sama dalam keberagaman agama.
2.    Dengan membaca teks tentang persahabatanUdin, Edo, dan Beni, siswa mampu Menceritakan kegiatan yang mencerminkan sikap kerja sama dalam keberagaman agama.
3.    Setelah membaca teks tentang cerita Perbedaan Bukanlah Penghalang, siswa mampu menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang untuk membuat ringkasan secara terstruktur.
4.    Setelah membaca teks tentang cerita Perbedaan Bukanlah Penghalang, siswa mampu meringkas teks tulis berdasarkan gagasan pokok dan gagasan pendukung secara tertstruktur.

v   Karakter siswa yang diharapkan :
Ø  Bahasa Indonesia dan PPKn  :       Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas

D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
¡   Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius
¡   Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangIndahnya Kebersamaan”. Integritas
¡   Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
10 menit
Inti
§  Guru mengajukan pertanyaan:
- Apakah kamu pernah bekerja sama dengan orang yang berbeda-beda?
- Sikap apa yang perlu kamu tunjukkan ketika bekerja sama?
§  Siswa diminta mengamati gambar dan teks sederhana pada buku siswa. Communication
§  Siswa diminta menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa. Mandiri
§  Siswa menceritakan secara tertulis pengalaman mereka bekerja sama dengan teman-teman yang berbeda agama. Literasi
§  Guru mengajukan pertanyaan kepada siswa:
-       Apakah kamu masih ingat tentang cerita ‘Perbedaan Bukanlah Penghalang’?
-       Apa hal penting yang kamu ketahui dari cerita tersebut?
§  Siswa diminta mendiskusikan dengan teman secara berpasangan jawaban atas pertanyaan yang diajukan guru di atas. Collaboration
§  Siswa diminta membuat ringkasan dari cerita Perbedaan Bukanlah Penghalang. Mandiri
§  Siswa diminta kembali membaca cerita ‘Perbedaan Bukanlah Penghalang’. Literasi
§  Siswa melakukan perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa. Critical Thinking and Problem Solving
§  Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran di buku guru.
150 menit
Penutup
¡   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas
¡   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡   Melakukan penilaian hasil belajar
¡   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius

15 menit

E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Pedoman Guru Tema : Indahnya Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡   Buku Siswa Tema : Indahnya Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡  Teks Perbedaan Bukanlah Penghalang





Mengetahui
Kepala SDN SUKAHURIP 02




(............................................)
NIP. .......................................
…………, 17 Juli 2017
Guru Kelas IV




(..............................................)
NIP. .......................................


Comments