![]() |
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI
2017
(Disusun Berdasarkan
Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)
|
Satuan
Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas /
Semester : IV (Empat) / 1
Tema 1 : Indahnya Kebersamaan
Sub Tema 2 : Kebersamaan dalam Keberagaman
Pembelajaran : 6
Alokasi Waktu : ........... x 150 menit
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.1 Menemukan gagasan pokok dan
gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual
4.1 Menata informasi yang didapat dari
teks berdasarkan keterhubungan antar gagasan ke dalam kerangka tulis.
Indikator:
3.1.1 Menemukan gagasan pokok dan
gagasan pendukung yang diperoleh dari teks tulis untuk membuat ringkasan.
4.1.1 Meringkas teks tulis berdasarkan
gagasan pokok dan gagasan pendukung berdasarkan teks tulis.
PPKn
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
1.4 Menerima berbagai bentuk
keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat
persatuan dan kesatuan
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
2.4 Menerima berbagai bentuk
keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan
dan kesatuan.
3.4 Memahami berbagai bentuk
keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat
persatuan dan kesatuan.
4.4 Bekerja sama dalam berbagai bentuk
keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan
dan kesatuan.
Indikator:
3.4.1 Menjelaskan kegiatan yang
mencerminkan sikap kerja sama dalam keberagaman Agama
4.4.1 Menceritakan kegiatan yang
mencerminkan sikap kerja sama dalam keberaga agama
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Dengan membaca teks tentang
persahabatan Udin, Edo, dan Beni, siswa mampu menjelaskan kegiatan yang
mencerminkan sikap kerja sama dalam keberagaman agama.
2.
Dengan membaca teks tentang
persahabatanUdin, Edo, dan Beni, siswa mampu Menceritakan kegiatan yang
mencerminkan sikap kerja sama dalam keberagaman agama.
3.
Setelah membaca teks tentang cerita
Perbedaan Bukanlah Penghalang, siswa mampu menemukan gagasan pokok dan gagasan
pendukung yang untuk membuat ringkasan secara terstruktur.
4.
Setelah membaca teks tentang cerita
Perbedaan Bukanlah Penghalang, siswa mampu meringkas teks tulis berdasarkan
gagasan pokok dan gagasan pendukung secara tertstruktur.
v
Karakter siswa yang diharapkan :
Ø Bahasa
Indonesia dan PPKn : Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
D. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡
Guru memberikan salam dan
mengajak semua siswa berdo’a
menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius
¡
Guru mengecek
kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan
pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Indahnya
Kebersamaan”. Integritas
¡
Guru menyampaikan
tahapan kegiatan yang meliputi
kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan
menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
§
Guru mengajukan pertanyaan:
- Apakah
kamu pernah bekerja sama dengan orang yang berbeda-beda?
-
Sikap apa yang perlu kamu tunjukkan ketika bekerja sama?
§
Siswa diminta mengamati gambar
dan teks sederhana pada buku siswa. Communication
§
Siswa diminta menjawab
pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa. Mandiri
§
Siswa menceritakan secara
tertulis pengalaman mereka bekerja sama dengan teman-teman yang berbeda
agama. Literasi
§
Guru mengajukan pertanyaan
kepada siswa:
- Apakah
kamu masih ingat tentang cerita ‘Perbedaan Bukanlah Penghalang’?
- Apa
hal penting yang kamu ketahui dari cerita tersebut?
§
Siswa diminta mendiskusikan
dengan teman secara berpasangan jawaban atas pertanyaan yang diajukan guru di
atas. Collaboration
§
Siswa diminta membuat
ringkasan dari cerita Perbedaan Bukanlah Penghalang. Mandiri
§
Siswa diminta kembali membaca
cerita ‘Perbedaan Bukanlah Penghalang’. Literasi
§
Siswa melakukan perenungan
dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa. Critical
Thinking and Problem Solving
§
Guru dapat menambahkan
pertanyaan perenungan berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran di buku
guru.
|
150 menit
|
Penutup
|
¡
Bersama-sama siswa membuat
kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas
¡
Bertanya jawab tentang materi yang
telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡
Guru memberi kesempatan kepada siswa
untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡
Melakukan penilaian hasil belajar
¡
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius
|
15 menit
|
E. SUMBER DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
¡
Buku Pedoman Guru Tema : Indahnya Kebersamaan Kelas 4 (Buku
Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡ Buku Siswa Tema : Indahnya Kebersamaan Kelas 4 (Buku
Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013
Rev.2017).
¡ Teks Perbedaan
Bukanlah Penghalang
Mengetahui
Kepala SDN
SUKAHURIP 02
(............................................)
NIP.
.......................................
|
…………, 17 Juli 2017
Guru Kelas
IV
(..............................................)
NIP.
.......................................
|
Comments