RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester : III (Tiga) / 1
Tema 4 : Kewajiban
dan Hakku
Sub Tema 3 : Kewajiban dan Hakku dalam Bertetangga
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan: ..................... / ........................
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
BAHASA INDONESIA
NO
|
KOMPETENSI DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.10 Mencermati ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian
masalah (sederhana) dalam teks tulis.
|
3.10.1Mengidentifikasi
ungkapan atau kalimat saran,
dengan tepat
|
2
|
4.10Memeragakan ungkapan atau kalimat saran,
masukan, dan
penyelesaian masalah (sederhana)
sebagai bentuk ungkapan
diri menggunakan kosa
kata baku dan kalimat efektif
yang dibuat sendiri
|
4.10.1Menuliskan kalimat saran, dengan tepat
|
MATEMATIKA
NO
|
KOMPETENSI DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.3 Menyatakan suatu bilangan sebagai jumlah, selisih, hasil kali, atau hasil
bagi dua bilangan cacah
|
3.3.1Menentukan
dua bilangan cacah
yang hasil kalinya diketahui
|
2
|
4.3 Menilai apakah suatu bilangan dapat dinyatakan sebagai jumlah, selisih, hasil
kali, atau hasil
bagi dua bilangan cacah
|
4.3.1Membuat perkalian dua
bilangan cacah yang
hasilnya ditentukan sendiri
|
SBdB
NO
|
KOMPETENSI DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.1. Mengetahui unsur-unsur rupa dalam karya dekoratif
|
3.1.1Mengidentifikasi
bidang dan warna sebagai
unsur karya dekoratif
|
2
|
4.1 Membuat karya dekoratif
|
4.1.1Membuat karya dekoratif dengan tepat
|
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Dengan mengamati teks, siswa dapat
mengidentifikasi ungkapan atau kalimat saran,
dengan tepat
2.
Dengan mengamati teks tentang masalah,
siswa dapat menuliskan kalimat saran, dengan
tepat
3.
Dengan mengamati masalah dalam cerita,
siswa dapat menentukan dua bilangan cacah
yang hasil kalinya diketahui dengan tepat
4.
Dengan mengamati contoh, siswa dapat
membuat perkalian dua bilangan cacah yang
hasilnya ditentukan sendiri dengan tepat
5.
Dengan mengamati gambar, siswa dapat
mengidentifikasi bidang dan warna sebagai
unsur karya dekoratif dengan tepat
6.
Dengan mengenal bidang dan warna
dasar, siswa dapat membuat karya dekoratif dengan tepat
7.
Dengan menyimpulkan apa yang telah
mereka pelajari hari ini, siswa dapat bersyukur dan memiliki pemahaman akan
keberadaannya sebagai makhluk Tuhan yang saling membutuhkan satu sama lain dan perlu
memiliki sikap saling menghargai, peduli, jujur,
santun dan bertanggung jawab.
v Karakter siswa yang diharapkan :
|
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
|
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡
Guru membuka pembelajaran dengan doa dan memberi kesempatan
kepada siswa menyampaikan apa yang telah mereka pelajari sebelumnya. Religius
¡
Menyanyikan lagu
“Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Tanah Airku”. Nasionalis
¡
Siswa mengamati gambar dan teks yang terdapat pada halaman pembuka. Minta
mereka memberikan pendapat mengenai gambar tersebut.
¡
Pembiasaan Membaca 15
menit. Literasi
¡ Guru menyampaikan bahwa dalam minggu ini mereka akan
membahas beberapa permasalahan yang terkait
dengan hidup bertetangga. Communication
|
10 menit
|
Inti
|
§
Mintalah siswa menyebutkan
apa arti tetangga. Mintalah
siswa menyebutkan apa saja yang ada di
lingkungan rumah mereka. Tanyakan apakah tetangga selalu harus orang?
Misalnya Udin adalah
tetanggaku. Apakah gedung atau tempat-tempat tertentu yang berada di dekat tempat tinggal kita dapat disebut tetangga?
Mintalah siswa
menyebutkan arti tetangga. Jadikan definisi tetangga pada KBBI sebagai patokan,
yaitu orang (rumah)
yang rumahnya berdekatan atau sebelah menyebelah. Communication
§
Beri kesempatan beberapa
siswa berbagi cerita tentang
tetangga yang dikenalnya.
§
Mintalah siswa mengamati
teks percakapan pada buku.
§
Beri kesempatan beberapa
siswa membaca teks secara
berpasangan. Pastikan mereka membaca dengan
lancar dan percaya diri. Gotong Royong
§
Setelah kegiatan membaca
teks selesai, mintalah siswa menjawab pertanyaanpertanyaan pada buku.
§
Ajukan
contoh permasalahan dan mintalah siswa memberi
saran pemecahannya. Misalnya, Ibu hendak menyiapkan sarapan. Ibu tidak memiliki beras untuk dimasak. Apa saranmu? Bisa jadi sarannya memasak apa yang ada di rumah, seperti kentang atau telur. Atau pergi ke warung membeli sarapan siap makan. Atau bisa juga ke tetangga sebelah atau saudara yang berdekatan untuk meminjam beras. Ajari siswa bahwa satu permasalahan dapat diatasi dengan berbagai cara. Mereka dapat memilih cara yang paling tepat untuk mereka. Critical Thinking
and Problem Solving
§
Minta juga
siswa membuat masalah dan teman-temannya memberi alternatif pemecahannya.
§
Mintalah
siswa membaca teks singkat tentang masalah. Minta siswa
untuk menuliskan saran pemecahan dari setiap
masalah.
§
Jika
memungkinkan mintalah siswa berbagi saran yang diberikan. Saran-saran siswa kemungkinan akan sangat beragam. Dengan mendengarkan
saran teman-temannya siswa akan belajar
bahwa banyak cara untuk memecahkan satu permasalahan.
Critical Thinking and Problem Solving
§
Mintalah
siswa mengamati kembali cerita. Lalu ajak mereka untuk membuat cerita seperti cerita tersebut dengan bilangan yang berbeda.
Creativity and Innovation
§
Siswa
mengerjakan beberapa alternatif permasalahan.
§
Setelah
selesai mengerjakan tugas, siswa diingatkan untuk banyak berlatih di rumah dan bisa membuat cerita sendiri.
Mandiri
§
Mintalah
siswa mengamati ruang kelasnya. Tanyakan bentuk–bentuk bangun datar apa saja yang mereka temukan di kelas. Siswa diminta mengingat-ingat bentuk-bentuk bangun datar yang ada di rumah mereka atau rumah tetangga mereka.
§
Mintalah
siswa menyebutkan bentuk-bentuk bangun datar
dimaksud. Bantu siswa untuk menjawab dengan
menunjuk jendela, pintu, jam dinding dan bentuk lain yang ada di kelas.
§
Siswa
mengamati gambar bentuk-bentuk bangun datar pada
buku. Minta mereka menjawab pertanyaan pada buku
berkaitan dengan bentuk dan warna dasar.
§
Siswa
membaca teks pengantar kegiatan.
§
Minta
mereka menyiapkan peralatan menggambar.
§
Minta
mereka menggambar sesuai arahan yang ada pada buku siswa.
§
Siswa
menggambar bentuk-bentuk dan mewarnainya sesuai keinginannya.
§
Beri
kesempatan kepada siswa menggambar sesuai dengan
kreasinya sendiri berdasarkan tema pembelajaran hari itu.
|
35 Menit X 30 JP
|
Penutup
|
¡ Kegiatan
diakhiri dengan mengulas kembali apa yang sudah mereka lakukan sejak pagi dan
ditutup dengan bersyukur kepada Tuhan dan menyimpulkan bahwa Tuhan
menciptakan manusia untuk bekerja sama dan saling tolong-menolong dalam
menjaga semua pemberian Tuhan. Apa yang diberikan Tuhan adalah milik bersama
dan harus dijaga bersama-sama pula. Religius
|
15 menit
|
E. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Pedoman Guru Tema : Kewajiban
dan Hakku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2018).
¡ Buku Siswa Tema : Kewajiban dan
Hakku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡
Contoh
gambar karya dekoratif
¡
Buku teks
Mengetahui
Kepala Sekolah
..........................................
|
…………, ………….2018
Guru Kelas III
.......................................... |
Comments