RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KURTILAS KELAS 3 PEMBELAJARAN 2 TEMA 4 SUBTEMA 4


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :     SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester          :     III (Tiga) / 1
Tema 4                            :     Kewajiban dan Hakku
Sub Tema 4                   :     Kewajiban dan Hakku sebagai Warga Negara
Pembelajaran                :     2
Alokasi Waktu               :     1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan      :        ..................... / ........................

A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
BAHASA INDONESIA
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.10 Mencermati ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) dalam teks tulis
3.10.1  Mengidentifikasi ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana)
2
4.10Memeragakan ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) sebagai bentuk ungkapan diri menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif yang dibuat sendiri
4.10.1 Menuliskan masalah dan cara mengatasinya menggunakan bahasanya sendiri
PPKn
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
1.2 Menghargai kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolah sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
1.2.1 Memahami kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga yang merupakan bagian dari warga negara
2
2.2 Melaksanakan kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolah
2.2.1 Mengerti tentang kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga yang merupakan bagian dari warga negara
3
3.2 Mengidentifikasi kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolah
3.2.1Menemukan kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga yang merupakan bagian dari warga negara
4
4.2Menyajikan hasil identifikasi kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolah
4.2.1mendiskusikan tentang kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga yang merupakan bagian dari warga negara

PJOK
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.9 Memahami perlunya memilih makanan bergizi dan jajanan sehat untuk menjaga kesehatan tubuh
3.9.1Menuliskan manfaat memilih jajanan sehat untuk menjaga kesehatan tubuh
2
4.9  Menceritakan perlunya memilih makanan bergizi dan jajanan sehat untuk menjaga kesehatan tubuh
4.9.1Menceritakan manfaat memilih jajanan sehat untuk menjaga kesehatan tubuh

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Dengan membaca teks, siswa dapat menemukan kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga yang merupakan bagian dari warga negara dengan tepat.
2.    Dengan menemukan kewajiban dan hak pada teks, siswa dapat berdiskusi tentang kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga yang merupakan bagian dari warga negara dengan percaya diri
3.    Dengan mengamati teks, siswa dapat mengidentifikasi ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) dengan tepat
4.    Dengan menemukan ungkapan saran pada teks, siswa dapat menuliskan masalah dan cara mengatasinya menggunakan bahasanya sendiri dengan tepat.
5.    Dengan kegiatan wawancara, siswa dapat menuliskan manfaat memilih jajanan sehat untuk menjaga kesehatan tubuh dengan tepat
6.    Dengan mengetahui manfaat memilih jajanan untuk kesehatan, siswa dapat menceritakan manfaat memilih jajanan sehat untuk menjaga kesehatan tubuh dengan percaya diri
7.    Dengan menyimpulkan apa yang telah mereka pelajari hari ini, siswa dapat memiliki pemahaman akan keberadaannya sebagai makhluk Tuhan yang saling membutuhkan satu sama lain dan perlu memiliki sikap saling menghargai, peduli, jujur, santun dan bertanggung jawab.

v   Karakter siswa yang diharapkan   :
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
  D.   KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
¡  Guru membuka pelajaran dengan berdoa bersama dan memberi kesempatan kepada siswa untuk berbagi pengalaman belajarnya pada hari sebelumnya. Religius
¡  Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Maju Tak Gentar”. Nasionalis
¡  Guru memperlihatkan gambar anak yang sehat dan sedang sakit serta gambar jajanan sehat. Guru menyampaikan bahwa hari ini mereka akan belajar tentang pentingnya menjaga kesehatan dan kemana siswa dapat pergi jika sakit. Communication
¡  Pembiasaan Membaca 15 menit. Literasi
¡  Siswa mendapat kesempatan berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang menggunakan fasilitas yang disediakan negara misalnya saat sehat bermain di taman bermain dan sakit pergi ke Puskesmas.
10 menit
Inti
§  Siswa membaca teks “Siti Demam” secara bergantian.
§  Siswa menggaris bawahi bagian-bagian pada teks yang dianggap penting atau yang belum dipahami.
§  Siswa bertanya jawab tentang kata-kata yang baru diketahuinya.
§  Siswa juga dapat menanyakan hal-hal yang ingin diketahuinya lebih dalam tentang permasalahan yang ada pada teks.
§  Siswa kembali mengamati teks pada buku dan mencari kalimat yang menunjukkan kewajiban dan hak.
§  Siswa menyampaikan hasil temuannya di depan kelas. Communication
§  Siswa mendiskusikan kewajiban dan hak lain berkaitan dengan kesehatan yang sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, setiap orang berhak mendapatkan air bersih, apa kewajibannya? Gotong Royong
§  Mintalah siswa menuliskan hasil diskusi kelompoknya di kertas dengan rapi. Jika perlu di hias.
§  Guru mengingatkan agar siswa menulis dengan menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif.
§  Hasil diskusi mereka dapat ditempel di papan pajangan kelas.
§  Siswa membaca hasil diskusi kelompok lain.
§  Mintalah siswa menyalin hasil diskusi kelasnya pada tempat tersedia atau pada buku tulis mereka.
§  Siswa mengamati kembali teks “Siti Demam”.
§  Siswa mencari kalimat yang menunjukkan masalah.
§  Siswa menuliskan kalimat yang menunjukkan masalah yang dijumpainya pada teks.
§  Siswa menuliskan cara mengatasi masalah yang ditemukan. Sampaikan bahwa satu masalah dapat memiliki beberapa kemungkinan cara mengatasinya. Critical Thinking and Problem Solving
§  Bantu siswa menemukan bahwa hidup sehat adalah salah satu hak sekaligus kewajiban sebagai warga negara. Setiap warga negara harus menjaga kesehatannya. Seorang siswa juga berkewajiban menjaga kesehatannya. Salah satu yang dapat dilakukan adalah dengan memilih jajanan yang baik untuk kesehatan mereka.
§  Siswa mencari jawaban atas pertanyaan pada teks petunjuk kegiatan.
Siswa mencari jawaban dengan cara bermain peran. Ada siswa yang berperan menjadi wartawan yang bertugas bertanya, dan ada siswa yang berperan sebagai nara sumber yang bertugas menjawab pertanyaan. Siswa bekerja secara berpasangan. Mereka akan memainkan peran secara bergantian. Siswa yang berperan menjadi wartawan harus mencatat semua jawaban nara sumber. Jawaban dari kedua siswa dalam tim tersebut dijadikan satu dan dijadikan bahan membuat kesimpulan hasil wawancara. Collaboration
§  Setelah siswa selesai menjalankan perannya, siswa menyimpulkan hasil wawancaranya dan menuliskannya pada tempat tersedia. Siswa juga dapat menuliskannya pada buku tulis mereka masing-masing.
§  Guru mengingatkan agar siswa menulis dengan rapi.
§  Siswa membaca petunjuk kegiatan.
§  Beberapa siswa mendapat kesempatan menceritakan hasil wawancaranya tentang manfaat memilih jajanan kepada teman sekelasnya. Communication
§  Siswa melakukannya dengan penuh percaya diri.
35 Menit X  30 JP
Penutup
¡  Kegiatan diakhiri dengan mengulas kembali apa yang sudah mereka lakukan sejak pagi dan ditutup dengan bersyukur kepada Tuhan dan menyimpulkan bahwa Tuhan menciptakan manusia untuk bertanggung jawab atas segala karunia yang telah diberi, bekerja sama dan saling tolong menolong untuk memelihara semua karunia Tuhan. Religius
15 menit

E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Pedoman Guru Tema : Kewajiban dan Hakku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡  Buku Siswa Tema : Kewajiban dan Hakku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡  Gambar anak sehat dan sakit
¡  Gambar jajanan sehat
¡  Buku teks


Mengetahui
Kepala Sekolah




..........................................
…………, ………….2018
Guru Kelas III




......................................






Comments