RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester : III (Tiga) / 1
Tema 3 : Benda di Sekitarku
Sub Tema 3 : Perubahan
Wujud Benda
Pembelajaran : 5
Alokasi Waktu : 1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan: ..................... / ........................
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama
yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.1 Menggali informasi tentang konsep perubahan wujud benda dalam
kehidupan sehari-hari yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual,
dan/atau eksplorasi lingkungan.
|
3.1.1
Menemukan kata/istilah khusus berkaitan dengan perubahan wujud .
|
2
|
4.1 Menyajikan hasil informasi tentang konsep perubahan wujud benda
dalam kehidupan sehari-hari dalam bentuk lisan, tulis, dan visual menggunakan
kosakata baku dan kalimat efektif.
|
4.1.1
Memahami konsep perubahan wujud.
|
PPKn
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
1.3 Mensyukuri keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar
sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
|
1.3.1
Memahami informasi tentang perubahan wujud.
|
2
|
2.3 Menampilkan kebersamaan dalam keberagaman karakteristik individu di
lingkungan sekitar.
|
2.3.1 Mengerti daftar tugas individu berdasarkan perannya
masing-masing dengan tepat.
|
3
|
3.3 Memahami makna keberagaman karakteristik individu dalam
kehidupan sehari-hari.
|
3.3.1
Menceritakan kembali pokok-pokok informasi tentang perubahan wujud.
|
4
|
4.3 Menceritakan makna keberagaman karakteristik individu
dalam kehidupan seharihari.
|
4.3.1 Membuat daftar tugas individu berdasarkan perannya
masing-masing dengan tepat.
|
Matematika
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.7 Mendeskripsikan dan menentukan hubungan antar satuan baku untuk
panjang, berat, dan waktu yang umumnya digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
|
3.7.1
Memahami konversi satuan baku dengan tepat.
|
2
|
4.7 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan hubungan antarsatuan
baku untuk panjang, berat, dan waktu yang umumnya digunakan dalam kehidupan
sehari-hari.
|
4.7.1
Menyelesaikan masalah sehari-hari yang terkait dengan konversi berat.
|
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Dengan menyusun paragraf menjadi
cerita yang runtut, siswa dapat menyusun informasi tertulis tentang perubahan
wujud dengan berurutan.
2.
Dengan memasangkan kata dengan arti
yang sesuai, siswa dapat menjelaskan makna atau istilah yang sesuai yang
berkaitan dengan perubahan wujud dengan tepat.
3.
Dengan melakukan diskusi dalam
kelompok, siswa dapat membuat daftar tugas individu berkaitan dengan perannya
di sekolah dengan tepat.
4.
Dengan menyimak penjelasan guru, siswa
dapat memahami konversi satuan baku dengan tepat.
5.
Dengan menyelesaikan soal cerita,
siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari yang terkait dengan konversi
berat.
v Karakter siswa yang
diharapkan :
|
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
|
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡ Guru menyapa siswa, menanyakan
kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
¡ Siswa berdoa bersama sesuai dengan
agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa. Religius
¡
Menyanyikan lagu
“Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Maju Tak Gentar”. Nasionalis
¡ Pembiasaan
Membaca 15 menit. Literasi
¡ Guru membuka dengan pertanyaan:
Pernahkah anak-anak melihat kapur, tapi bukan kapur untuk papan tulis? Bisa
menyerap bau dan lama kelamaan bisa menghilang?
¡ Siswa memberikan jawabannya, beri
kesempatan siswa untuk hanya menjawab satu kali dan memberi kesempatan kepada
seluruh siswa.
|
10 menit
|
Inti
|
§
Guru menunjukkan contoh kapur barus dan siswa mengamati
kapur barus tersebut.
Tanyakan apakah siswa pernah melihat kapur barus ini sebelumnya? Creativity and
Innovation
§
Apa fungsi dari kapur barus. (Alternatif Jawaban: kapur
barus berfungsi untuk mengharumkan
ruangan, kapur barus umumnya diletakkan di lemari pakaian atau kamar mandi.)
§
Siswa menyimak penjelasan guru, tugas selanjutnya adalah
menyusun kalimat menjadi
sebuah cerita. Nomor satu telah diberikan. Siswa melanjutan nomor berikutnya. Communication
§
Berikut adalah nomor urut yang tepat:
![]()
§
Setelah mengurutkan perwakilan siswa membaca nyaring
urutan yang sudah siswa buat,
sekaligus memeriksa urutan yang dibuat.
§
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
tentang materi tersebut.
§
Selanjutnya siswa menyimak penjelasan guru tentang
menyublim.
![]()
§
Siswa memberikan contoh lain dari menyublim yang ia
ketahui.
§
Kegiatan selanjutnya siswa menyebutkan kembali perubahan
wujud yang telah ia pelajari.
§
Siswa menghubungkan kata dengan arti yang sesuai.
§
Setelah bersama memeriksa hasil pekerjaan bersama-sama. Gotong Royong
§
Siswa memerhatikan wacana tentang menghablur dan
mengkristral. Siswa membaca
dengan saksama.
§
Perwakilan siswa diminta memberikan pernyataan satu
kalimat tentang apa yang
dipahaminya dari bacaan tersebut.
§
Guru memberikan kesempatan siswa untuk bertanya. Bagi
siswa yang bias menjawab
diberikan kesempatan untuk menjawab. Communication
![]()
§
Guru kembali mengulangi istilah perubahan wujud yang
telah dipelajari seperti berikut.
- Mencair
adalah perubahan wujud padat menjadi cair.
- Membeku
adalah perubahan wujud cair menjadi padat.
- Menguap
adalah perubahan wujud cair menjadi gas.
- Menyublim
adalah perubahan wujud padat menjadi gas.
- Mengembun
verubahan wujud gas menjadi cair.
- Mengkristal
adalah perubahan wujud gas menjadi padat.
§
Selanjutnya guru mengajak siswa untuk mensyukuri
perubahan yang ada di alam,
bagaimana alam dengan perubahannya membuat kehidupan di bumi seimbang.
§
Kegiatan selanjutnya adalah persiapan untuk mengerjakan
proyek diakhir pembelajaran.
§
Guru menginformasikan bahwa kegiatan selanjutnya adalah
merencanakan proyek untuk
akhir pembelajaran.
![]()
§
Siswa dibagi ke dalam kelompok. Setiap kelompok terdiri
dari 4-5 orang. Collaboration
§
Secara berkelompok, siswa berdiskusi dan menentukan jenis
makanan yang akan mereka
masak dan menuliskannya di Buku Siswa. Communication
§
Setelah itu mereka membagi tugas setiap kelompok.
§
Siswa menuliskan tugas setiap anggota kelompok di Buku
Siswa.
§
Siswa mencari tahu bahan yang akan digunakan, cara
memasak, dan perubahan wujud yang
terjadi.
§
Di rumah siswa mencari gambar makanan yang dimaksud atau
memfotonya.
§
Tugas tersebut disalin kembali di kertas dan diberi
hiasan.
§
Kegiatan selanjutnya siswa diperkenalkan dengan es kering.
Peristiwa menyublim
juga terjadi pada es kering. Jika es kering diletakkan di udara terbuka, lama-kelamaan es kering
akan berubah wujud menjadi gas. Es kering adalah CO2 yang dibekukan. Es kering bisa berfungsi
sebagai pendingin. (Akan lebih baik
jika guru dapat menunjukkan wujud es kering kepada siswa.) Critical Thinking
and Problem Solving
![]()
§
Siswa menyimak cerita guru tentang es kering.
![]()
§
Siswa memberikan pendapatnya untuk menyelesaikan soal
tersebut.
§
Siswa menyimak penjelasan guru tentang bagaimana
penyelesaian dari tema tersebut.
-
Berat awal adalah 1 kg
-
Berat akhir setelah 3 jam adalah 400 gram
-
Langkah 1.
Samakan satuan berat 1 kg = 1000 gram
-
Langkah 2.
Hal yang ditanya adalah berapa es kering yang telah
berubah menjadi gas.
Maka, lakukan operasi pengurangan:
1 kg – 400 gram = 1000 gram – 400 gram
= 600 gram
§
Guru mengingatkan siswa untuk mengubah satuan terlebih
dahulu jika dalam operasi
perhitungan ditemukan satuan yang berbeda.
§
Guru memberikan contoh soal lain yang siswa kerjakan.
§
Contoh soal yang diberikan adalah sebagai berikut:
-
Siti membeli buah jeruk sebanyak 2 kg, 500 gram diberikan
kepada Edo.
-
Berapa Jeruk yang masih dimiliki oleh Siti?
-
Ibu membeli gula sebanyak 3,5 kg, setelah itu ibu membeli
lagi 750 gram untuk
persiapan. Berapa jumlah gula yang dimiliki ibu sekarang?
§
Kegiatan dilanjutkan dengan menyelesaikan soal konversi
kilogram ke gram.
§
Siswa memasangkan satuan kilogram ke satuan gram yang
sesuai.
§
Setelah itu siswa menyelesaikan soal cerita yang ada di
Buku Guru:
a.
Untuk membuat kue
tart cokelat, ibu Dayu membeli 2 kg 500 gram cokelat.
Cokelat yang dicairkan sebanyak 1 kg 200 gram. Berapa
sisa cokelat yang belum
dicairkan?
Berat cokelat diawal
2 kg 500 gram = 2000 gram + 500 gram
= 2500 gram
Berat cokelat yang dicairkan
1 kg 200 gram = 1000 gram + 200 gram
= 1200 gram
Banyak cokelat yang tersisa = 2500 gram – 1200 gram =
1300 gram
b.
Untuk membuat ikan tetap segar, nelayan membutuhkan 750
kg es kering setiap harinya.
Berapa kilogram es kering yang dibutuhkan dalam seminggu?
Es yang dibutuhkan setiap hari 750 kg
Es yang dibutuhkan selama seminggu (7 hari) 7 x 750 kg =
5250 gram
c.
Ibu Dayu
membeli tepung terigu sebanyak 2 kg. Persediaan tepung terigu di rumah ada sebanyak 550 gram. Berapa
gram jumlah seluruh tepung terigu Ibu Dayu sekarang?
Banyak tepung terigu Ibu Dayu 2 kg
Persediaan tepung di rumah 550 gram
Jumlah seluruh tepung terigu 2 kg + 550 gram = 2000 gram
+ 550 gram
= 2550 gram
d.
Siti membeli 4 kg cokelat, kemudian cokelat itu
dicairkan. Cokelat cair itu dibagi ke
dalam bungkus lebih kecil yang memuat 500 gram cokelat. Berapa bungkus yang dihasilkan dari 4 kg
cokelat itu?
Berat cokelat: 4 kg = 4000 gram
Cokelat dibagi ke bungkus kecil, setiap bungkus 500 gram.
Banyak bungkus yang dihasilkan = 4000 gram : 500 gram = 8
bungkus
e.
Berat kemasan A yang berisi kapur barus seberat 1 kg 200
gram. Berat kemasan B
lebih ringan 400 gram dari kemasan A. Berapa berat kapur barus pada kemasan B?
Berat kemasan A = 1 kg 200 gram = 1000 gram + 200 gram =
1200 gram
Kemasan B lebih ringan 400 gram dari dari kemasan A.
Kemasan B = 1200 gram – 400 gram = 800 gram
§
Setelah siswa menyelesaikan soal, penyelesaian soal
dibahas satu per satu.
|
150 menit
|
Penutup
|
¡ Setelah itu
kegiatan diakhiri dengan mengucapkan syukur atas segala nikmat yang diberikan
oleh Tuhan Yang Maha Esa.
¡ Siswa diminta
untuk merefleksi apa yang sudah dipelajari kesulitan apa yang dihadapi, guru
mencatat masukan dari siswa.
¡ Siswa
menyebutkan contoh menyublim dan menghablur yang ia ketahui.
¡ Menyanyikan lagu daerah “Kicir-Kicir”
¡ Kegiatan kelas
diakhiri dengan doa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan
masing-masing oleh petugas. Religius
|
15 menit
|
E. SUMBER DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Pedoman Guru Tema : Benda
di Sekitarku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum
2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡ Buku Siswa Tema : Benda di
Sekitarku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡ Kapur barus
Mengetahui
Kepala Sekolah
................................................
|
…………, ………….2018
Guru Kelas III
........................................
|
Comments