RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KURTILAS KELAS 3 PEMBELAJRAN 2 TEMA 4 SUBTEMA 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
      (RPP)


Satuan Pendidikan      :     SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester          :     III (Tiga) / 1
Tema 4                            :     Kewajiban dan Hakku
Sub Tema 1                   :     Kewajiban dan Hakku di Rumah
Pembelajaran                :     2
Alokasi Waktu               :     1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan:    ..................... / ........................

A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.


B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
BAHASA INDONESIA
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.10 Mencermati ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) dalam teks tulis.
3.10.1Mengidentifikasi saran yang mungkin diberikan untuk  Penyelesaian masalah (sederhana).
2
4.10 Memeragakan ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) sebagai bentuk ungkapan diri menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif yang dibuat sendiri
4.10.1Menuliskan saran penyelesaian masalah (sederhana) berkaitan dengan kewajiban dan hak dalam keluarga.
PPKn
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
1.2 Menghargai kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolah sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
1.2.1 Memahami kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga berkaitan dengan pakaian
2
2.2 Melaksanakan kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolahdibuat sendiri
2.2.1Mengerti tentang pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga berkaitan dengan pakaian
3
3.2 Mengidentifikasi kewajiban dan  hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolah
3.2.1 Mengidentifikasi kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga berkaitan dengan pakaian
4
4.2Menyajikan hasil identifikasi  kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolah
4.2.1Menceritakan pengalamannya tentang pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga berkaitan dengan pakaian

PJOK
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.8 Memahami bentuk dan manfaat istirahat dan pengisian waktu luang untuk menjaga kesehatan
3.8.1 Menyebutkan bentuk-bentuk aktivitas istirahat untuk menjaga kesehatan
2
4.8  Menceritakan bentuk dan manfaat istirahat dan pengisian waktu luang untuk menjaga kesehatan
4.8.1Menceritakan salah satu bentuk aktivitas istirahat untuk menjaga kesehatan

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Dengan membaca teks, siswa dapat mengidentifikasi kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga berkaitan dengan pakaian dengan tepat.
2.    Dengan mengamati kegiatan sehari-harinya, siswa dapat menceritakan pengalamannya tentang pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga berkaitan dengan pakaian dengan percaya diri.
3.    Dengan membaca masalah pada teks, siswa dapat mengidentifikasi saran yang mungkin diberikan untuk penyelesaian masalah (sederhana) dengan tepat.
4.    Setelah mengidentifikasi saran dari masalah yang ada, siswa dapat menuliskan saran penyelesaian masalah (sederhana) berkaitan dengan kewajiban dan hak dalam keluarga.
5.    Dengan membaca teks, siswa dapat menyebutkan bentuk-bentuk aktivitas istirahat untuk menjaga kesehatan.
6.    Dengan mengetahui bentuk aktifitas istirahat, siswa dapat menceritakan salah satu bentuk aktivitas istirahat untuk menjaga kesehatan.
7.    Dengan menyimpulkan apa yang telah mereka pelajari hari ini, siswa dapat mensyukuri atas apa yang telah mereka miliki serta memiliki pemahaman akan kewajiban dan haknya sebagai makhluk Tuhan.

v   Karakter siswa yang diharapkan   :
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
¡  Pembelajaran dibuka dengan doa bersama sesuai dengan agama masing-masing. Doa dipimpin oleh salah satu siswa. Religius
¡  Guru membuka pelajaran dengan memberi kesempatan kepada siswa untuk berbagi pengalaman belajarnya pada hari sebelumnya. Siswa menyebutkan bukti kasih sayang ayah-ibu kepada mereka dan apa yang sudah mereka lakukan untuk ayah-ibu mereka.
¡  Guru menyampaikan bahwa hari ini mereka akan belajar tentang kewajiban dan hak berkaitan dengan pakaian, kalimat saran, dan istirahat. Communication
¡  Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Tanah Airku”. Nasionalis
¡  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡  Pembiasaan Membaca 15 menit. Literasi
¡  Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangKewajiban dan Hakku”.
¡  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. Communication
10 menit
Inti
§  Siswa mengamati gambar. Guru meminta siswa berdiskusi dengan teman-teman terdekatnya tentang bagaimana mereka bisa menghadapi keadaan alam jika mereka tidak memiliki pakaian. Arahkan siswa untuk mendiskusikan hidup tanpa pakaian. Bagaimana jika mereka tidak berpakaian saat hujan dan di bawah terik matahari? Bagaimana jika mereka tidak berpakaian di malam hari? Mengapa mereka harus berpakaian? Beberapa siswa mendapat kesempatan menyampaikan pendapat kelompoknya. Melalui kegiatan ini diharapkan siswa dapat memahami arti penting pakaian dan akan mensyukuri pakaian yang mereka miliki. Collaboration
§  Setelah mengamati gambar, siswa diberi kesempatan membaca teks pada buku. Isi teks berkaitan dengan apa yang diamati siswa. Secara bergantian siswa diberi kesempatan untuk membaca teks dengan suara nyaring.
§  Usai membaca teks, siswa diberi waktu untuk menuliskan kalimat yang menyatakan kewajiban dan hak pada tabel yang telah disediakan. Ingatkan siswa untuk melakukannya secara mandiri dan menulis dengan rapi. Mandiri
§  Siswa mengamati tabel yang berisi daftar kewajiban dan hak terkait pakaian. Guru meminta siswa untuk mengingat-ingat pengalaman mereka tentang kewajiban dan hak terkait pakaian. Guru meminta siswa untuk menyiapkan cerita tentang pengalaman pelaksanaan kewajiban dan hak terkait pakaian di rumah mereka.
§  Beberapa siswa mendapat kesempatan bercerita tentang pengalaman pelaksanaan kewajiban dan hak berkaitan dengan pakaian di rumah masing-masing. Communication
§  Usai mendengarkan cerita beberapa siswa, guru mengingatkan agar siswa bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas pakaian yang mereka peroleh dari orang tua mereka. Siswa diingatkan untuk menerima pemberian orang tua dengan senang hati dan mengenakannya dengan gembira, karena tidak semua anak dapat memiliki pakaian seperti mereka. Selain itu, siswa diingatkan juga agar tidak berlebihan dalam berpakaian. Tuhan tidak menyukai orang-orang yang berlebihan. Milikilah pakaian secukupnya saja. Religius
§  Setelah mengetahui beberapa kewajiban dan hak berkaitan dengan pakaian, siswa diminta menyampaikan masalah yang mereka hadapi berkaitan dengan pakaian. Pancing siswa untuk mengemukakan pendapat sebanyak-banyaknya. Ambil beberapa masalah dan mintalah mereka memberikan pendapatnya bagaimana seharusnya mereka menyikapi masalah. Misalnya, pakaian kotor. Jawaban yang mungkin adalah : seharusnya pakaian tidak dikenakan atau seharusnya pakaian segera dicuci. Beri kesempatan siswa berpendapat tentang masalah yang pernah dihadapinya. Beri kesempatan siswa lain memberi saran untuk memecahkan masalahnya. Critical Thinking and Problem Solving
§  Siswa mengamati masalah-masalah yang ada pada buku dan mencoba memberi saran untuk pemecahan masalah yang ada. Siswa mengamati gambar dan menyampaikan apa yang mereka lihat pada gambar. Kemudian siswa membaca teks tentang istirahat siang. Siswa menidentifikasi bentuk istirahat yang mungkin dilakukan. Guru memancing siswa untuk menyebutkan bentuk istirahat lainnya yang tidak terdapat pada teks. Siswa juga diberi kesempatan menyampaikan pendapatnya tentang kegunaan istirahat siang. Critical Thinking and Problem Solving
§  Siswa menjawab pertanyaan terkait bentuk-bentuk atau cara istirahat yang mungkin dilakukan.
§  Siswa menyebutkan kebiasan istirahat yang mereka lakukan pada siang hari. Guru memancing siswa menyebutkan tidur siang sebagai salah satu bentuk istirahat untuk menjaga kesehatan. Mintalah siswa menyebutkan kebiasaan yang mereka lakukan berkaitan dengan tidur siang, kewajiban apa yang harus mereka lakukan sebelum dan setelah bangun dari tidur. Siswa mendapat kesempatan untuk berpendapat sesuai dengan pengalamannya masing-masing. Tidak tertutup kemungkinan ada siswa yang tidak biasa beristirahat siang. Guru mengapresiasi dan dapat menyarankan agar siswa meluangkan waktu untuk istirahat siang. Communication
§  Siswa menuliskan kewajiban berkaitan dengan tidur siang sesuai dengan gambar yang ada.
§  Setelah memahami beberapa kewajiban terkait tidur siang, siswa menceritakan pengalamannya tentang bentuk istirahat siang yang biasa dilakukan dan kewajiban-kewajibannya pada tempat yang telah disediakan secara tertulis. Communication
150 menit
Penutup
Kegiatan diakhiri dengan mengulas kembali apa yang sudah mereka lakukan sejak pagi dan ditutup dengan berdoa kepada Tuhan YME karena Tuhan sudah memberi mereka banyak nikmat yang harus disyukuri dengan menjaga apa yang telah dimiliki dengan sebaik-baiknya. Religius
15 menit

E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Pedoman Guru Tema : Kewajiban dan Hakku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡  Buku Siswa Tema : Kewajiban dan Hakku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡  Potongan kartu berisi gambar jenis-jenis pakaian
¡  Gambar anak yang berpakaian seadanya
¡  Jenis-jenis pakaian
¡  Buku teks
                          
Mengetahui
Kepala Sekolah




......................................
…………, ………….2018
Guru Kelas III




...........................................





Comments