RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester : III (Tiga) / 1
Tema 3 : Benda di Sekitarku
Sub Tema 2 : Wujud
Benda
Pembelajaran : 2
Alokasi Waktu : ........... x
150 menit
Hari / Tgl Pelaksanaan: ..................... / ........................
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.1 Menggali informasi tentang konsep perubahan wujud benda dalam
kehidupan sehari-hari yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual,
dan/atau eksplorasi lingkungan.
|
3.1.1
Mengidentifikasi informasi tentang sifat wujud benda.
|
2
|
4.1 Menyajikan hasil informasi tentang konsep perubahan wujud benda
dalam kehidupan sehari-hari dalam bentuk lisan, tulis, dan visual menggunakan
kosakata baku dan kalimat efektif.
|
4.1.1 Membuktikan sifat benda.
4.1.2
Menuliskan pokok-pokok informasi yang berkaitan dengan konsep wujud benda.
|
PPKn
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
1.1 Menerima arti bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan
padi kapas pada lambang negara “Garuda Pancasila” sebagai anugerah Tuhan Yang
Maha Esa.
|
1.1.1
Memahami arti penting menolong.
|
2
|
2.1 Bersikap jujur, peduli, kasih sayang sesuai dengan sila-sila Pancasila
dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
|
21.1 Mengerti sikap sesuai dengan sila-sila
Pancasila dalam menceritakan pengalaman menolong orang lain dalam
bentuk tulisan.
|
3
|
3.1 Memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.
|
3.1.1
Menyebutkan arti penting menolong.
|
4
|
4.1 Menceritakan arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.
|
4.1.1
Menceritakan pengalamannya menolong orang lain dalam bentuk tulisan.
|
PJOK
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.3 Memahami kombinasi gerak dasar manipulatif sesuai dengan konsep
tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan
sederhana dan atau tradisional.
|
3.3.1
Menjelaskan prosedur kombinasi gerakan menangkap dan memantulkan bola.
|
2
|
4.3 Mempraktikkan kombinasi gerak dasar manipulatif sesuai dengan
konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan
sederhana dan atau tradisional.
|
4.3.1
Mempraktikkan prosedur kombinasi gerakan menangkap dan memantulkan bola.
|
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Dengan membaca wacana percakapan,
siswa dapat mengidentifikasi informasi tentang sifat wujud benda dengan benar.
2.
Dengan melakukan percobaan, siswa
dapat membuktikan sifat benda dengan tepat.
3.
Dengan membuat kesimpulan, siswa dapat
menuliskan pokok-pokok informasi yang berkaitan dengan konsep wujud benda
dengan tepat.
4.
Dengan memerhatikan contoh gerakan
melempar dan memantulkan, siswa dapat menjelaskan prosedur kombinasi gerakan
menangkap dan memantulkan bola dengan benar.
5.
Dengan berlatih melempar dan
memantulkan bola, siswa dapat mempraktikkan prosedur kombinasi gerakan
menangkap dan memantulkan bola dengan tepat.
6.
Dengan kegiatan bercerita, siswa dapat
menyebutkan arti penting menolong.
7.
Dengan kegiatan menulis pengalaman,
siswa dapat menceritakan pengalamannya menolong orang lain dalam bentuk
tulisan.
v Karakter siswa yang diharapkan :
|
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
|
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡ Guru menyapa siswa, menanyakan
kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
¡ Siswa berdoa bersama sesuai dengan
agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa. Religius
¡ Menyanyikan
lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Bendera Merah
Putih”. Nasionalis
¡ Guru memperlihatkan aneka jenis
bola, (jika ada bola basket, bola plastik, dan bola tenis atau bola pingpong)
¡ Pembiasaan
Membaca 15 menit. Literasi
¡ Siswa diminta untuk memberikan
tanggapannya, mana bola yang lebih besar, mana yang lebih kecil, mana yang
massanya lebih besar, dan mana yang massanya lebih kecil?
¡
Guru menanyakan apakah siswa mengerti apa yang dimaksud
dengan massa?
|
10 menit
|
Inti
|
§
Siswa diminta memerhatikan percakapan di Buku Siswa.
§
Siswa diberi kesempatan bertanya tentang isi percakapan
tersebut.
§
Bersama siswa mendiskusikan tentang massa dan berat. Sebagai
tambahan pengetahuan untuk guru, berikut adalah materi tentang
massa dan berat. Gotong Royong
![]()
§
Setelah kegiatan berdiskusi siswa menjawab pertanyaan di
Buku Siswa, terkait benda apa yang massanya lebih besar.
§
Mengkoreksi bersama jawaban pertanyaan di Buku Siswa.
§
Setelah itu siswa diingatkan kembali tentang perkataan massa
benda yang sering menggunakan kata berat.
§
Kegiatan dilanjutkan dengan guru mengingatkan kembali bahwa
ciri khas benda selain mempunyai massa juga mengisi ruang atau mempunyai
volume.
§
Siswa diminta memerhatikan gambar akuarium di Buku Siswa.
§
Siswa melakukan percobaan untuk membuktikan volume pada
benda. Creativity and Innovation
§
Siswa diminta memerhatikan langkah percobaan, bahan-bahan
sudah dipersiapkan oleh sekolah.
§
Secara berkelompok siswa melakukan percobaan tersebut.
§
Siswa menuliskan hasil pengamatannya di Buku Siswa.
§
Siswa menuliskan kesimpulan dari percobaannya.
§
Perwakilan siswa melaporkan hasil percobaannya. Siswa
memerhatikan bola yang ada di Buku Siswa. Critical
Thinking and Problem Solving
§
Siswa memberikan pendapatnya permainan apa saja yang
menggunakan bola-bola tersebut.
§
Guru memberikan kesempatan siswa untuk menceritakan
pengalaman mereka memainkan permainan ataupun olahraga yang menggunakan
bola tersebut.
§
Siswa mendengarkan penjelasan guru bahwa hari ini mereka
akan bermain bola dengan menggunakan bola basket.
§
Guru bertanya siapa yang suka dan bisa bermain bola basket?
§
Di luar kelas, siswa memerhatikan penjelasan guru tentang
bagaimana bermain bola basket, khususnya teknik melempar dan memantulkan
bola.
§
Sebelumnya lakukan pemanasan terlebih dahulu, siswa dapat
berlari keliling lapangan, atau melakukan senam pemanasan.
§
Gerakan pertama, guru mencontohkan gerakan memantulkan bola
di lantai. Gerakan ini diikuti oleh siswa. Berbaris saling
berhadapan berpasangan. Siswa mempraktikkan cara memantulkan
bola ke lantai. Satu siswa memantulkan dan satu siswa lagi menangkap.
![]()
§
Setelah itu guru mencontohkan gerakan kedua yaitu
memantulkan bola ke lantai perorangan. Siswa
mempraktikkan hal tersebut.
§
Selanjutnya guru mencontohkan memantulkan bola sambil
berjalan. Setiap siswa mempraktikkan hal tersebut.
§
Kegiatan pengayaan dapat dilakukan dengan melakukan lomba.
Siswa berlomba memantulkan bola sambil berjalan (dribel). Tentukan
posisi mulai dan tujuan akhir. Siapa yang dapat mencapai tujuan akhir paling
cepat dengan cara mendribel bola tanpa bolanya lepas dari tangannya maka ia
yang menang.
§
Guru memerhatikan gerakan siswa dan mencatat kemampuan siswa
dalam dua keterampilan tersebut.
§
Siswa dapat mempraktikkan permainan basket yang dimodifikasi
dengan lebih sederhana sebagai pengayaan. Setelah
berlatih memantulkan bola, siswa diminta untuk bercerita bagaimana perasaan
mereka tentang permainan basket tersebut. Critical
Thinking and Problem Solving
§
Perwakilan siswa diminta untuk bercerita kondisi permainan
yang dilakukan tadi. Apakah ada yang jatuh? Apakah jatuhnya sampai
terluka? Apakah ada yang menolong? Atau cerita tentang pengalaman mereka,
pernahkah mereka mengalami cedera saat permainan berlangsung? Apa yang
dilakukan oleh orang-orang di sekeliling mereka saat mereka terjatuh?
§
Biarkan siswa menjelaskan dan berikan kesempatan
sebanyak-banyaknya untuk siswa bercerita.
§
Ajak siswa untuk memberikan alasannya mengapa kita harus
menolong orang lain dan ingatkan siswa untuk selalu santun dalam
menyampaikan pendapatnya, dan menyimak ketika teman
menjelaskan.
§
Setelah siswa menyatakan pendapatnya dan menyimak temannya
bercerita.
§
Sekarang gilirannya siswa untuk menuliskan pendapatnya di
lembar yang telah disediakan.
§
Siswa menyimak penjelasan guru untuk menuliskan pendapatnya
dengan memerhatikan penulisan huruf besar dan tanda baca.
§
Sampaikan untuk memberikan pendapatnya yang jujur dan
lengkap.
§
Perwakilan siswa membacakan pendapatnya di depan kelas. Jika
waktu memungkinkan setiap siswa dapat membacakan pendapatnya di
depan kelas. Mandiri
|
150 menit
|
Penutup
|
¡ Guru meminta
siswa untuk menjelaskan kembali apakah ciri dari benda? (mempunyai
massa dan volume, atau mengisi ruang).
¡ Setelah itu
siswa diberi kesempatan untuk menyampaikan pertanyaan ataupun kesannya
terhadap kegiatan hari ini.
¡ Menyanyikan lagu daerah “Jali-Jali”
¡ Kegiatan
kelas diakhiri dengan doa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing oleh
petugas. Religius
|
15 menit
|
E. SUMBER DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
¡
Buku Pedoman Guru Tema : Benda di Sekitarku Kelas III (Buku
Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2018).
¡ Buku Siswa Tema : Benda di
Sekitarku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡ Beraneka jenis bola
¡ Timbangan
¡ Gelas ukur
¡ Contoh benda padat yang berukuran lebih kecil dari gelas
ukur
¡ Balon 2 buah.
Mengetahui
Kepala Sekolah
.............................................
|
…………, ………….2018
Guru Kelas III
..............................................
|
Comments