RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KELAS 3 PEMBELAJARAN 6 TEMA 3 SUBTEMA 3


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :     SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester          :     III (Tiga) / 1
Tema 3                            :     Benda di Sekitarku
Sub Tema 3                   :     Perubahan Wujud Benda
Pembelajaran                :     6
Alokasi Waktu               :     1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan:    ..................... / ........................


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.1 Menggali informasi tentang konsep perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
3.1.1 Membuat laporan hasil penelitian.
2
4.1 Menyajikan hasil informasi tentang konsep perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari dalam bentuk lisan, tulis, dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
4.1.1 Menyusun laporan hasil pengamatan hasil percobaan.
PPKn
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
1.3  Mensyukuri keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
1.3.1  Memahami tugas masing-masing individu selama pelaksanaan pameran berlangsung.

2
1.3   Menampilkan kebersamaan dalam keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar.
2.3.1  Mengerti pengalaman melaksanakan tugas sesuai dengan peran masing-masing.
3
3.3  Memahami makna keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari.
3.3.1  Membandingkan tugas masing-masing individu selama pelaksanaan pameran berlangsung.

4
4.3  Menceritakan makna keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari.
4.3.1  Menceritakan pengalaman melaksanakan tugas sesuai dengan peran masing-masing.

Matematika
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.7 Mendeskripsikan dan menentukan hubungan antar satuan baku untuk panjang, berat, dan waktu yang umumnya digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

3.7.1 Mengidentifikasi satuan baku.

2
4.7 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan hubungan antarsatuan baku untuk panjang, berat, dan waktu yang umumnya digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
4.7.1 Memasangkan gambar jam dengan jarum jam.


C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Dengan membuat laporan hasil penelitian, siswa dapat menyusun laporan hasil pengamatan hasil percobaan dengan tepat.
2.    Dengan melakukan pameran, siswa dapat membandingkan tugas masing-masing individu selama pelaksanaan pameran berlangsung dengan baik.
3.    Dengan menuliskan pengalaman, siswa dapat menceritakan pengalaman melaksanakan tugas sesuai dengan peran masing-masing.
4.    Dengan menyimak penjelasan guru, siswa dapat mengidentifikasi satuan baku dengan tepat.
5.    Memasangkan gambar jam dengan jarum jam yang sesuai.

v   Karakter siswa yang diharapkan   :
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas

D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
¡   Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
¡   Siswa berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa. Religius
¡   Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Bendera Merah Putih”. Nasionalis
¡   Pembiasaan Membaca 15 menit. Literasi
¡   Guru membuka dengan pertanyaan: Pernahkah anak-anak melihat kapur, tapi bukan kapur untuk papan tulis? Bisa menyerap bau dan lama kelamaan bisa menghilang?
¡   Siswa memberikan jawabannya, beri kesempatan siswa untuk hanya menjawab satu kali dan memberi kesempatan kepada seluruh siswa.

10 menit
Inti
§  Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
§  Siswa berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa. Religius
§  Siswa menyimak penjelasan guru, tentang kegiatan pada hari ini, yaitu ingin memamerkan hasil penelitian. Siswa diberikan kesempatan untuk mempersiapkan laporan. Communication
§  Laporan ditempelkan di kertas karton kegiatan dapat disusun seperti berikut.
 
§  Jika memungkinkan siswa membawa contoh makanan yang sudah jadi selain laporan hasil pengamatan.
§  Siswa menyusun kelas dengan mengelompokkan kursi-kursi membentuk kelompok. Collaboration
§  Siswa memberikan kesempatan untuk pengunjung bertanya tentang materi yang dipamerkan. Communication
§  Siswa pun berkesempatan untuk melihat karya siswa lain dan bertanya.
§  Setelah selesai pameran, siswa berkumpul dan melakukan refleksi terhadap kegiatan yang telah dilakukan.
§  Siswa mengemukakan pendapatnya tentang perasaannya melaksanakan pameran tersebut, apakah merasa puas dengan hasil pekerjaan kelompok?
§  Apakah semua anggota kelompok telah melaksanakan kewajibannya.
§  Perwakilan kelompok menyampaikan di depan kelas.
§  Setelah itu setiap anak menuliskan pendapatnya di Buku Siswa.
§  Siswa menuliskan dengan menggunakan huruf besar dan tanda baca yang tepat. Siswa mengemukakan pendapatnya tentang berapa lama penelitian telah dilakukan? Siswa menuliskan di kotak yang disediakan. (Biarkan siswa menuliskan waktu sesuai pengetahuannya.) Critical Thinking and Problem Solving
§  Siswa memperhatikan gambar jam yang ada di Buku Siswa.
§  Siswa berdiskusi perbedaan dan persamaan jenis jam tersebut. Siswa menentukan mana yang merupakan alat pengukur satuan baku.
§  Guru menjelaskan bahwa jam analog dan digital adalah alat yang digunakan untuk mengukur satuan waktu baku. Communication
§  Siswa melingkari penulisan waktunya di Buku Siswa. Perhatikan cara siswa menuliskan waktu.
§  Guru menjelaskan cara penulisan waktu yang sesuai, yaitu:
Jam 9 dapat dituliskan dalam bentuk: 09.00.
Gunakan tanda titik untuk memisahkan jam, menit, dan detik.
§  Siswa memperhatikan kembali cara penulisan waktu yang mereka lakukan diawal. Siswa memperbaiki penulisan waktu jika keliru. Creativity and Innovation
§  Siswa menyimak penjelasan guru tentang membaca jam dengan tepat.
§  Setelah itu siswa berlatih memasangkan jam dengan waktu yang tepat. Mandiri
§  Kegiatan dilanjutkan dengan memasangkan waktu dengan jam yang tepat.
§  Siswa memeriksa hasil pekerjaannya bersama-sama. Gotong Royong
150 menit
Penutup
¡   Kegiatan berakhir dengan permainan. Permainan bisa dilakukan dengan guru menunjukkan jam. Lalu siswa menebak waktu yang ditunjukkan oleh jam tersebut. Bersama mengucapkan syukur dan guru mengingatkan siswa untuk selalu menggunakan waktu dengan manfaat.
¡   Siswa melakukan refleksi dengan mengevaluasi kegiatan hari ini melalui tanya jawab seperti: materi apa saja yang telah dipelajari, kendala yang dihadapi oleh siswa dalam memahami pelajaran, kegiatan yang paling menyenangkan pada hari ini, materi yang kurang dipahami, dan sebagainya.
¡   Menyanyikan lagu daerah “Yamko Rambe Yamko”
¡   Kegiatan kelas diakhiri dengan doa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing oleh petugas. Religius

15 menit





E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Pedoman Guru Tema : Benda di Sekitarku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡  Buku Siswa Tema : Benda di Sekitarku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡  Jam digital dan analog.




Mengetahui
Kepala Sekolah




......................................
…………, ………….2018
Guru Kelas III




.......................................
















Comments