RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KELAS 3 PEMBELAJARAN 2 TEMA 3 SUBTEMA 4


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :     SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester          :     III (Tiga) / 1
Tema 3                            :     Benda di Sekitarku
Sub Tema 4                   :     Keajaiban Perubahan Wujud di Sekitarku
Pembelajaran                :     2
Alokasi Waktu               :     1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan:    ..................... / ........................

A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.1 Menggali informasi tentang konsep perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
3.1.1 Mengidentifikasi informasi tentang perubahan wujud pada proses memasak makanan.

2
4.1 Menyajikan hasil informasi tentang konsep perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari dalam bentuk lisan, tulis, dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
4.1.1 Mengidentifikasi informasi yang berdasarkan wacana dengan tepat.

PPKn
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
1.4 Mensyukuri makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
1.4.1 Memahami kegiatan tolong-menolong.

2
2.4 Menampilkan sikap kerja sama sebagai wujud bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar.
2.4.1 Mengerti tentang aktivitas tolong menolong.
3
3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar.
3.4.1 Mengidentifikasi kegiatan tolong-menolong.

4
4.4 Menyajikan bentukbentuk kebersatuan dalam keberagaman di lingkungan sekitar.
4.4.1 Bercerita tentang aktivitas tolong menolong.

PJOK
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.3 Memahami kombinasi gerak dasar manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
3.3.1 Mengidentifikasi cara mengiring bola.

2
4.3 Mempraktikkan kombinasi gerak dasar manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.3.1  Mempraktikkan cara menggiring bola.

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Dengan membaca wacana, siswa dapat mengidentifikasi informasi tentang perubahan wujud pada proses memasak makanan.
2.    Dengan membuat pertanyaan, siswa dapat mengidentifikasi informasi yang berdasarkan wacana dengan tepat.
3.    Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi kegiatan tolong-menolong dengan tepat.
4.    Dengan memerhatikan contoh, siswa dapat bercerita tentang aktivitas tolong menolong dengan percaya diri.
5.    Dengan mencoba menggiring bola, siswa dapat mengidentifikasi cara mengiring bola dengan tepat.
6.    Dengan mengamati contoh, siswa dapat mempraktikkan cara menggiring bola dengan benar.

v   Karakter siswa yang diharapkan   :
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas

D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
¡   Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
¡   Siswa berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa. Religius
¡   Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Berkibarlah Benderaku”. Nasionalis
¡   Pembiasaan Membaca 15 menit. Literasi
¡   Guru membuka pelajaran dengan bercerita tentang aneka penganan tempo dulu yang sekarang sudah jarang ditemui. Contoh penganan tersebut salah satu contohnya adalah gulali. Gulali adalah sejenis permen yang dibuat dari gula putih. Ada proses perubahan wujud yang terjadi pada pembuatan gulali. Guru mengajak siswa untuk melihat praktik pembuatan gulali (jika bahan mencukupi, siswa dapat mempraktikkan sendiri. Namun, bila bahan tidak mencukupi, kegiatan cukup mengamati proses pembuatan gulali. Critical Thinking and Problem Solving
¡   Jika bahan mencukupi, kegiatan dapat dilakukan dengan berkelompok.
10 menit
Inti
§  Siswa membaca terlebih dahulu tentang proses membuat gulali di Buku Siswa.
§  Siswa menyampaikan langkah pembuatan gulali berdasarkan bacaan di atas. Communication
§  Setelah itu siswa mempraktikkan cara membuat gulali (atau memerhatikan guru mempraktikkan membuat gulali jika peralatannya terbatas). Creativity and Innovation
§  Siswa mencatat apa yang terjadi pada gula pasir selama proses pembuatan gulali dilakukan.
§  Setelah selesai memasak gulali bersama-sama menikmati gulali tersebut sambil berdiskusi tentang apa yang terjadi selama proses membuat gulali.
§  Guru dapat mengggali pengetahuan siswa dengan beragam pertanyaan, di antaranya adalah sebagai berikut. Communication
-       Apa yang terjadi pada gula ketika dipanaskan? (Berubah warna menjadi gelap dan berubah wujud dari padat menjadi cair).
-       Apa yang terjadi pada gula setelah dibentuk? (Lama kelamaan gula menjadi membeku).
-       Apakah gula dapat dapat berubah kembali seperti semula? Menjadi putih dan butiran (tidak bisa, perubahan yang tidak bisa kembali ke wujud semula, disebut perubahan wujud yang tidak dapat kembali atau disebut perubahan kimia, contoh perubahan kimia lainnya adalah kertas yang terbakar, jika kertas sdh terbakar ia tidak dapat balik kembali).
§  Kegiatan selanjutnya adalah membuat pertanyaan. Siswa diminta untuk membuat pertanyaan dari wacana dan mencari jawabannya.
§  Siswa diarahkan untuk memerhatikan tanda baca dan huruf besar ketika menulis.
§  Siswa dapat memberikan pertanyaannya kepada teman yang lainnya.
§  Setelah membuat pertanyaan, siswa mengisi jenis perubahan wujud yang terjadi selama proses pembuatan gulali, dan menuliskannya di Buku Siswa. Critical Thinking and Problem Solving
§  Bersama guru mendiskusikan peristiwa yang terjadi dan guru memeriksa hasil pekerjaan siswa.
Kunci jawaban:
 
§  Kegiatan selanjutnya guru menyampaikan pertanyaan, bagaimana kondisi kelompok ketika menyelesaikan tugas mempraktikkan membuat gulali?
§  Apakah setiap anggota keluarga mengerjakan dengan baik?
§  Apa yang terjadi jika setiap anggota keluarga tidak melaksanakan tugasnya dengan baik?
§  Bagaimana jika anggota kelompok hanya ingin mengerjakan tugasnya sendiri dan tidak ingin bekerja sama dengan anggota kelompok lainnya?
§  Siswa menyampaikan pendapatnya tentang pertanyaan tersebut.
§  Setelah itu, siswa menyimak penjelasan guru tentang makna sikap bersatu.
 
§  Setelah itu, siswa diminta untuk mendiskusikan contoh sikap bersatu dalam kehidupan sehari-hari. Siswa menuliskan hasil diskusi di Buku Siswa. Communication
§  Setelah selesai, siswa menyampaikan penjelasan guru tentang pentingnya bersatu di dalam keluarga. Siswa menyebutkan kegiatan yang menunjukkan sikap bersatu di rumah. Siswa mengamati gambar yang ada di Buku Siswa dan memilih kegiatan yang menunjukkan sikap bersatu dalam keluarga. Critical Thinking and Problem Solving
§  Kegiatan dilanjutkan dengan bercerita tentang pengalamannya di keluarga masing-masing terkait menunjukkan sikap bersatu dalam keluarga.
§  Siswa menyimak penjelasan guru bahwa bersatu adalah contoh dari kegiatan bersatu. Siswa mendengarkan penjelasan guru bahwa tolong-menolong adalah salah satu contoh sikap bersatu. Communication
§  Siswa membaca contoh cerita Edo.
§  Setelah itu siswa bersiap untuk menceritakan pengalamannya saling tolong-menolong di rumah. Arahkan siswa untuk membicarakan kebiasaaan sehari-hari di rumah, pada peristiwa apa yang akhirnya siswa mendapat pertolongan anggota keluarga. Peristiwa apa yang mengharuskan mereka menolong anggota keluarga. Apa manfaat saling tolong dalam keluarga?
§  Setelah siap, siswa satu per satu menceritakan pengalamannya. Siswa yang lain dapat menyimak cerita temannya.
§  Bersama guru menyimpulkan tentang pentingya persatuan dalam keluarga.
§  Kegiatan selanjutnya dilakukan di luar ruangan.
§  Siswa menyimak penjelasan guru tentang pentingnya persatuan tidak hanya di lingkungan keluarga di rumah, bahkan dalam permainan olahraga seperti sepak bola, mempunyai sikap bersatu dalam tim adalah penting.
§  Sebelum masuk ke latihan, guru menanyakan olahraga sepak bola yang merupakan idola siswa? Tanyakan alasannya.
§  Siswa menyimak penjelasan guru tentang tujuan kegiatan hari ini yaitu berlatih menggiring bola.
§  Ingatkan pembelajaran minggu sebelumnya tentang menendang bola. Sekarang kegiatan akan dikombinasikan dengan menggiring bola.
§  Lakukan pemanasan terlebih dahulu. Pemanasan dilakukan dengan bermain estafet bola. Siswa dibagi ke dalam kelompok yang terdiri dari 4 siswa. Collaboration
§  Setiap kelompok membentuk barisan seperti pelari estafet. Ketika diberikan aba-aba oleh guru, siswa pertama berlari menggiring bola menuju siswa kedua. Creativity and Innovation
§  Selanjutnya siswa kedua menggiring bola menuju siswa ketiga, setelah itu kepada siswa keempat. Siswa keempat menggiring bola sampai batas yang ditentukan. Setelah sampai siswa keempat menendang bola menuju titik ataupun gawang yang ditentukan.
§  Kelompok yang mencatat waktu tercepat, itu yang menang. Jika bola mencukupi, kelompok dapat dikompetisikan secara bersamaan.
§  Setelah selesai pemanasan, siswa membentuk barisan. Siswa diminta memerhatikan bagaimana teman yang paling mahir menggiring bola. (kelompok pemenang saat pemanasan dengan menggiring bola.) Selanjutnya guru menjelaskan cara menggiring bola yang tepat.
 
§  Guru mencontohkan cara menggiring bola dengan menggunakan teknik tersebut.
§  Siswa mencoba ketiga teknik yang diajarkan.
§  Siswa menentukan gerakan dengan teknik apa yang paling mudah untuk dilakukan. Siswa berlatih secara berpasangan kegiatan mengiring dan menendang bola. Collaboration
§  Siswa berlatih dengan bimbingan guru.
150 menit
Penutup
¡   Setelah selesai berlatih, siswa melakukan pendinginan dengan duduk melingkar.
¡   Siswa melakukan refleksi tentang kegiatan hari ini. Perwakilan siswa menceritakan kegiatan yang dilakukan satu hari ini dan memberikan kesannya.
¡   Guru menutup pelajaran dengan mengajak siswa untuk mensyukuri semua nikmat yang telah Tuhan berikan. Guru mengingatkan siswa untuk selalu menjaga sikap persatuan di manapun mereka berada. Terutama dalam keluarga.
¡   Sikap bersatu dapat ditunjukkan oleh seorang anak dengan melakukan kegiatan tolong-menolong di lingkungan rumah.
¡   Menyanyikan lagu daerah “Butet”
¡   Kegiatan kelas diakhiri dengan doa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing oleh petugas. Religius

15 menit

E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Pedoman Guru Tema : Benda di Sekitarku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡  Buku Siswa Tema : Benda di Sekitarku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡  Bahan membuat gulali: 500 gr gula pasir, 250 ml air matang, pewarna makanan (jika ada), dan tusuk sate.
¡  Kompor
¡  Panci




Mengetahui
Kepala Sekolah




........................................
…………, ………….2018
Guru Kelas III




...........................................







Comments