RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KELAS 3 PEMBELAJARAN 3 TEMA 3 SUBTEMA 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :     SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester          :     III (Tiga) / 1
Tema 3                            :     Benda di Sekitarku
Sub Tema 1                   :     Aneka Benda di Sekitarku
Pembelajaran                :     3
Alokasi Waktu               :     1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan:    ..................... / ........................


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia

NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.1 Menggali informasi tentang konsep perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
3.1.1 Mengidentifikasi informasi yang terdapat di dalam teks.
3.1.2  Mengidentifikasi benda-benda yang berbahan dasar dari kertas.

2
4.1 Menyajikan hasil informasi tentang konsep perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari dalam bentuk lisan, tulis, dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
4.1.1 Memaparkan hasil diskusi dalam bentuk tulisan dengan terstruktur.
4.1.2 Memahami arti kata baru dengan tepat.

Matematika
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.7 Mendeskripsikan dan menentukan hubungan antar satuan baku untuk panjang, berat, dan waktu yang umumnya digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
3.7.1 Mengidentifikasi satuan panjang yang ada di alat ukur tersebut dengan tepat.

2
4.7 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan hubungan antarsatuan baku untuk panjang, berat, dan waktu yang umumnya digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
4.7.1  Melakukan praktik pengukuran tinggi badan teman.
4.7.2  Melakukan pengukuran dengan satuan

SBdP
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.2 Mengetahui bentuk dan variasi pola irama dalam lagu.

3.2.1  Mengiringi lagu.

2
4.2 Menampilkan bentuk dan variasi irama melalui lagu.
4.2.1 Mempraktikkan pola irama lagu dengan tepukan yang tepat.


C.     TUJUAN PEMBALAJARAN
1.    Dengan membaca teks mengenai benda yang terbuat dari kertas, siswa dapat mengidentifikasi informasi yang terdapat di dalam teks dengan tepat.
2.    Dengan mengamati benda-benda dari kertas, siswa dapat mengidentifikasi benda-benda yang berbahan dasar dari kertas dengan tepat.
3.    Dengan kegiatan berdiskusi dalam kelompok, siswa dapat memaparkan hasil diskusi dalam bentuk tulisan dengan terstruktur.
4.    Dengan mencari arti kata dari kosakata yang diberikan, siswa dapat memahami arti kata baru dengan tepat.
5.    Dengan mengiringi lagu, siswa dapat mempraktikkan pola irama lagu dengan tepukan yang tepat.
6.    Dengan mengamati alat ukur, siswa dapat mengidentifikasi satuan panjang yang ada di alat ukur tersebut dengan tepat.
7.    Dengan melakukan praktik pengukuran tinggi badan teman, siswa dapat melakukan pengukuran dengan satuan yang tepat.

v   Karakter siswa yang diharapkan   :
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
¡   Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
¡   Siswa berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa. Religius
¡   Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Bangun Pemudi Pemuda”. Nasionalis
¡   Pembiasaan Membaca 15 menit. Literasi
¡   Guru memperlihatkan benda-benda yang terbuat dari kertas. Siswa diminta untuk menentukan apa kesamaan dari benda-benda yang diperlihatkan (terbuat dari kertas).
10 menit
Inti
§  Siswa diberi kesempatan untuk memberikan contoh-contoh benda yang terbuat dari kertas.
§  Siswa membaca wacana di Buku Siswa yang berjudul Kertas di Sekitar Kita. Siswa diberi kesempatan memberikan pertanyaan jika ada hal yang tidak dipahami kepada guru. Communication
§  Siswa diminta untuk menandai kata-kata yang kurang dipahami pada wacana tersebut.
§  Siswa diminta untuk mengamati benda-benda di sekitar mereka dan mendata benda-benda di sekitar mereka yang terbuat dari kertas.
§  Kegiatan dilanjutkan dengan guru mengarahkan siswa untuk menjawab pertanyaan yang ada di Buku Siswa tentang bagaimana cara menghemat kertas? Mandiri
§  Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang cara pembuatan kertas memerlukan banyak kayu, sehingga penebangan terus menerus dilakukan untuk memenuhi kebutuhan kertas di dunia. Critical Thinking and Problem Solving
§  Siswa berdiskusi dalam kelompok tentang upaya menghemat kertas. Setiap siswa harus memberikan pendapatnya masing-masing. Collaboration
§  Setelah itu siswa menuliskan hasil diskusi pada kotak yang telah disediakan di Buku Siswa.
§  Siswa diingatkan untuk memerhatikan penulisan huruf besar dan tanda baca.
 
  
§  Kegiatan dilanjutkan dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang materi benda terbuat dari kertas.
§  Siswa mendiskusikan pertanyaan yang muncul, mengajak siswa lain memberikan pendapatnya. Mandiri
§  Siswa menuliskan kata-kata yang baru dikenalnya di Buku Siswa.
§  Siswa mencari arti dari kata-kata tersebut, dapat mencarinya melalui kamus.
§  Setelah itu siswa membuat kalimat dengan menggunakan kata tersebut.
§  Setelah itu kegiatan beralih kepada kegiatan bermusik. Bersama-sama menyanyikan lagu Teka-Teki.
§  Setelah itu siswa mengingat kembali, alat musik apa yang biasa digunakan untuk mengiringi lagu, khususnya alat musik ritmis.
§  Siswa membentuk kelompok (kelompok yang sama dengan pembelajaran sebelumnya). Dalam kelompok siswa berlatih untuk mengiringi lagu Teka-Teki dengan tepukan mengikuti pola irama lagu. Setiap kelompok menggunakan media yang sama dengan pertemuan sebelumnya.
§  Setelah diberi kesempatan latihan, setiap kelompok maju ke depan kelas untuk mempraktikkan mengiringi lagu dengan alat musik ritmis/tepukan sesuai pola irama lagu. Creativity and Innovation
§  Setelah itu semua siswa bernyanyi bersama lagu teka-teki dengan diiringi tepukan pola irama lagu.
§  Selanjutnya, siswa diminta untuk mengamati pohon di sekeliling sekolah.
§  Sampaikah apakah siswa mengenali jenis pohon yang ditampilkan di buku?
§  Apakah siswa pernah melihat pohon tersebut sebelumnya?
§  Sampaikan informasi bahwa pohon-pohon tersebut adalah pohon yang biasa digunakan untuk bahan baku pembuatan kertas, yaitu Pohon Pinus, Akasia, dan Pohon Jati. Berdasarkan gambar, pohon manakah yang paling tinggi? Bagaimana mengukur tinggi batang batang pohon tersebut?
§  Siswa mengemukakan beberapa alternarif jawabannya. Mandiri
§  Siswa memerhatikan alat ukur yang ada di Buku Siswa. Memilih mana yang paling tepat untuk mengukur batang pohon.
§  Siswa mengerjakan tugas di Buku Siswa, tentang alat ukur apa yang paling cocok untuk mengukur benda yang dimaksud.
§  Setelah menyelesaikan tugas memilih alat ukur yang cocok, siswa diminta untuk berkelompok, satu kelompok terdiri dari 5 siswa. Collaboration
§  Siswa diminta untuk mengukur tinggi badan dari setiap anggota kelompoknya, siswa dalam kelompok harus berkesempatan untuk mengukur tinggi badan temannya.
§  Hasil dari pengukuran dituliskan pada kolom yang tersedia.
§  Setelah selesai pengukuran, siswa mengurutkan ukuran tinggi badan mulai dari yang paling tinggi sampai yang paling rendah. Critical Thinking and Problem Solving
150 menit
Penutup
¡   Kegiatan diakhiri dengan mengadakan refleksi tentang kegiatan hari ini. Apa yang sudah anak-anak kuasai dan apa yang masih belum mereka kuasai.
¡   Siswa diingatkan lagi tentang pentingnya menjaga alam ini dengan melakukan penghematan penggunaan kertas. Lakukan dari hal yang paling sederhana, yaitu memanfaatkan kertas yang masih bisa digunakan.
¡   Menyanyikan lagu daerah “Apuse”
¡   Kegiatan kelas diakhiri dengan doa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing oleh petugas. Religius
15 menit

E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Pedoman Guru Tema : Benda di Sekitarku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡  Buku Siswa Tema : Benda di Sekitarku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡  Alat musik ritmis

Mengetahui
Kepala Sekolah




..............................................

…………, ………….2018
Guru Kelas III




................................................


Comments