RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester : III (Tiga) / 1
Tema 3 : Benda di Sekitarku
Sub Tema 1 : Aneka Benda di Sekitarku
Pembelajaran : 3
Alokasi Waktu : 1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan: ..................... / ........................
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.1
Menggali informasi tentang konsep
perubahan wujud benda dalam
kehidupan sehari-hari yang
disajikan dalam bentuk lisan,
tulis, visual, dan/atau eksplorasi
lingkungan.
|
3.1.1
Mengidentifikasi informasi yang terdapat di dalam teks.
3.1.2 Mengidentifikasi benda-benda yang berbahan
dasar dari kertas.
|
2
|
4.1
Menyajikan hasil informasi tentang
konsep perubahan wujud
benda dalam kehidupan sehari-hari
dalam bentuk lisan, tulis, dan
visual menggunakan kosakata
baku dan kalimat efektif.
|
4.1.1
Memaparkan hasil diskusi dalam bentuk tulisan dengan terstruktur.
4.1.2
Memahami arti kata baru dengan tepat.
|
Matematika
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.7
Mendeskripsikan dan menentukan
hubungan antar satuan
baku untuk panjang, berat, dan
waktu yang umumnya
digunakan dalam kehidupan
sehari-hari.
|
3.7.1
Mengidentifikasi satuan panjang yang ada di alat ukur tersebut dengan tepat.
|
2
|
4.7
Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan hubungan antarsatuan
baku untuk panjang,
berat, dan waktu yang umumnya
digunakan dalam kehidupan
sehari-hari.
|
4.7.1 Melakukan praktik pengukuran tinggi badan
teman.
4.7.2 Melakukan pengukuran dengan satuan
|
SBdP
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.2
Mengetahui bentuk dan variasi pola irama
dalam lagu.
|
3.2.1 Mengiringi lagu.
|
2
|
4.2
Menampilkan bentuk dan variasi
irama melalui lagu.
|
4.2.1
Mempraktikkan pola irama lagu dengan tepukan yang tepat.
|
C. TUJUAN PEMBALAJARAN
1.
Dengan membaca teks mengenai benda
yang terbuat dari kertas, siswa dapat mengidentifikasi informasi yang terdapat
di dalam teks dengan tepat.
2.
Dengan mengamati benda-benda dari
kertas, siswa dapat mengidentifikasi benda-benda yang berbahan dasar dari
kertas dengan tepat.
3.
Dengan kegiatan berdiskusi dalam
kelompok, siswa dapat memaparkan hasil diskusi dalam bentuk tulisan dengan
terstruktur.
4.
Dengan mencari arti kata dari kosakata
yang diberikan, siswa dapat memahami arti kata baru dengan tepat.
5.
Dengan mengiringi lagu, siswa dapat
mempraktikkan pola irama lagu dengan tepukan yang tepat.
6.
Dengan mengamati alat ukur, siswa
dapat mengidentifikasi satuan panjang yang ada di alat ukur tersebut dengan
tepat.
7.
Dengan melakukan praktik pengukuran
tinggi badan teman, siswa dapat melakukan pengukuran dengan satuan yang tepat.
v Karakter siswa yang
diharapkan :
|
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
|
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡ Guru menyapa siswa, menanyakan
kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
¡ Siswa berdoa bersama sesuai dengan
agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa. Religius
¡ Menyanyikan
lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Bangun Pemudi
Pemuda”. Nasionalis
¡ Pembiasaan
Membaca 15 menit. Literasi
¡ Guru memperlihatkan benda-benda yang
terbuat dari kertas. Siswa diminta untuk menentukan apa kesamaan dari
benda-benda yang diperlihatkan (terbuat dari kertas).
|
10 menit
|
Inti
|
§ Siswa diberi
kesempatan untuk memberikan contoh-contoh benda yang terbuat dari kertas.
§ Siswa membaca
wacana di Buku Siswa yang berjudul Kertas di Sekitar Kita. Siswa diberi
kesempatan memberikan pertanyaan jika ada hal yang tidak dipahami kepada
guru. Communication
§ Siswa diminta
untuk menandai kata-kata yang kurang dipahami pada wacana tersebut.
§ Siswa diminta
untuk mengamati benda-benda di sekitar mereka dan mendata benda-benda di
sekitar mereka yang terbuat dari kertas.
§ Kegiatan
dilanjutkan dengan guru mengarahkan siswa untuk menjawab pertanyaan yang
ada di Buku Siswa tentang bagaimana cara menghemat kertas? Mandiri
§ Siswa
mendengarkan penjelasan guru tentang cara pembuatan kertas memerlukan
banyak kayu, sehingga penebangan terus menerus dilakukan untuk memenuhi
kebutuhan kertas di dunia. Critical Thinking and
Problem Solving
§ Siswa
berdiskusi dalam kelompok tentang upaya menghemat kertas. Setiap siswa harus
memberikan pendapatnya masing-masing. Collaboration
§ Setelah itu
siswa menuliskan hasil diskusi pada kotak yang telah disediakan di Buku Siswa.
§ Siswa
diingatkan untuk memerhatikan penulisan huruf besar dan tanda baca.
![]() ![]()
§ Kegiatan
dilanjutkan dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
tentang materi benda terbuat dari kertas.
§ Siswa
mendiskusikan pertanyaan yang muncul, mengajak siswa lain memberikan
pendapatnya. Mandiri
§ Siswa
menuliskan kata-kata yang baru dikenalnya di Buku Siswa.
§ Siswa mencari
arti dari kata-kata tersebut, dapat mencarinya melalui kamus.
§ Setelah itu
siswa membuat kalimat dengan menggunakan kata tersebut.
§
Setelah itu kegiatan beralih kepada kegiatan bermusik.
Bersama-sama menyanyikan lagu Teka-Teki.
§
Setelah itu siswa mengingat kembali, alat musik apa yang
biasa digunakan untuk mengiringi lagu, khususnya alat musik ritmis.
§
Siswa membentuk kelompok (kelompok yang sama dengan
pembelajaran sebelumnya). Dalam kelompok siswa berlatih untuk mengiringi lagu
Teka-Teki dengan tepukan mengikuti pola irama lagu. Setiap kelompok
menggunakan media yang sama dengan pertemuan sebelumnya.
§
Setelah diberi kesempatan latihan, setiap kelompok maju ke
depan kelas untuk mempraktikkan mengiringi lagu dengan alat musik
ritmis/tepukan sesuai pola irama lagu. Creativity and
Innovation
§ Setelah itu semua siswa bernyanyi
bersama lagu teka-teki dengan diiringi tepukan pola irama lagu.
§ Selanjutnya,
siswa diminta untuk mengamati pohon di sekeliling sekolah.
§ Sampaikah
apakah siswa mengenali jenis pohon yang ditampilkan di buku?
§ Apakah siswa
pernah melihat pohon tersebut sebelumnya?
§ Sampaikan
informasi bahwa pohon-pohon tersebut adalah pohon yang biasa digunakan untuk
bahan baku pembuatan kertas, yaitu Pohon Pinus, Akasia, dan Pohon Jati.
Berdasarkan gambar, pohon manakah yang paling tinggi? Bagaimana mengukur tinggi
batang batang pohon tersebut?
§ Siswa
mengemukakan beberapa alternarif jawabannya. Mandiri
§ Siswa
memerhatikan alat ukur yang ada di Buku Siswa. Memilih mana yang paling tepat
untuk mengukur batang pohon.
§ Siswa
mengerjakan tugas di Buku Siswa, tentang alat ukur apa yang paling cocok untuk mengukur
benda yang dimaksud.
§ Setelah
menyelesaikan tugas memilih alat ukur yang cocok, siswa diminta untuk berkelompok, satu
kelompok terdiri dari 5 siswa. Collaboration
§ Siswa diminta
untuk mengukur tinggi badan dari setiap anggota kelompoknya, siswa dalam
kelompok harus berkesempatan untuk mengukur tinggi badan temannya.
§ Hasil dari
pengukuran dituliskan pada kolom yang tersedia.
§ Setelah selesai
pengukuran, siswa mengurutkan ukuran tinggi badan mulai dari yang paling
tinggi sampai yang paling rendah. Critical Thinking and
Problem Solving
|
150 menit
|
Penutup
|
¡ Kegiatan
diakhiri dengan mengadakan refleksi tentang kegiatan hari ini. Apa yang sudah
anak-anak kuasai dan apa yang masih belum mereka kuasai.
¡ Siswa
diingatkan lagi tentang pentingnya menjaga alam ini dengan melakukan penghematan
penggunaan kertas. Lakukan dari hal yang paling sederhana, yaitu memanfaatkan
kertas yang masih bisa digunakan.
¡ Menyanyikan lagu daerah “Apuse”
¡ Kegiatan kelas
diakhiri dengan doa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan
masing-masing oleh petugas. Religius
|
15 menit
|
E. SUMBER DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Pedoman Guru Tema : Benda
di Sekitarku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum
2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡ Buku Siswa Tema : Benda di
Sekitarku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡ Alat musik ritmis
Mengetahui
Kepala Sekolah
..............................................
|
…………, ………….2018
Guru Kelas III
................................................
|
Comments