RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KURTILAS KELAS 3 PEMBELAJARAN 3 TEMA 4 SUBTEMA 4



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :     SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester          :     III (Tiga) / 1
Tema 4                            :     Kewajiban dan Hakku
Sub Tema 4                   :     Kewajiban dan Hakku sebagai Warga Negara
Pembelajaran                :     3
Alokasi Waktu               :     1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan:    ..................... / ........................

A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
BAHASA INDONESIA
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.10  Mencermati ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) dalam teks tulis.
3.10.1Menemukan ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana)
2
4.10Memeragakan ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) sebagai bentuk ungkapan diri menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif yang dibuat sendiri
4.10.1Menyatakan secara lisan ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana)

MATEMATIKA
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.3 Menyatakan suatu bilangan sebagai jumlah, selisih, hasil kali, atau hasil bagi dua bilangan cacah
3.3.1Menentukan dua bilangan cacah yang hasil baginya diketahui
2
4.3 Menilai apakah suatu bilangan dapat dinyatakan sebagai jumlah, selisih, hasil kali, atau hasil bagi dua bilangan cacah
4.3.1Membuat pembagian dua bilangan cacah yang hasilnya ditentukan sendiri

SBdP
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.4 Mengetahui teknik potong, lipat, dan sambung
3.4.1Menyebutkan prosedur membuat hasil karya dengan menggunakan teknik lipat
2
4.4Membuat karya dengan teknik potong, lipat, dan sambung
4.4.1Membuat karya sesuai dengan prosedur dan waktu yang ditentukan.

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Dengan mengamati masalah dalam cerita, siswa dapat menentukan dua bilangan cacah yang hasil baginya diketahui dengan tepat.
2.    Dengan mengamati contoh, siswa dapat membuat pembagian dua bilangan cacah yang hasilnya ditentukan sendiri dengan tepat.
3.    Dengan membaca teks, siswa dapat menemukan ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) dengan tepat.
4.    Dengan mengamati masalah, siswa dapat menyatakan secara lisan ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) dengan percaya diri.
5.    Dengan mengingat pelajaran yang lalu, siswa dapat menyebutkan prosedur membuat hasil karya dengan menggunakan teknik lipat dengan tepat.
6.    Dengan mengingat prosedur, siswa dapat membuat karya sesuai dengan prosedur dan waktu yang ditentukan.
7.    Dengan menyimpulkan apa yang telah mereka pelajari hari ini, siswa dapat memiliki pemahaman akan keberadaannya sebagai makhluk Tuhan yang saling bekerja sama dalam kebaikan dan perlu memiliki sikap saling menghargai, peduli dan bertanggung jawab.







v   Karakter siswa yang diharapkan   :
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas

D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
¡  Guru membuka pembelajaran dengan memberi kesempatan kepada siswa menyampaikan apa yang telah mereka pelajari sebelumnya. Religius.
¡  Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Satu Nusa Satu Bangsa”. Nasionalis
¡  Guru menyampaikan bahwa hari ini mereka akan belajar tentang pentingnya menjaga lingkungan tetap hijau dan sejuk. Communication
¡  Pembiasaan Membaca 15 menit. Literasi
¡  Siswa mendapat kesempatan memberikan pendapatnya tentang tema yang akan dibahas.
10 menit
Inti
§  Siswa membaca teks “Di Kantor Kelurahan” dengan suara nyaring secara bergantian.
§  Setiap siswa mendapat kesempatan masing-masing membaca satu paragraf.
§  Siswa menyimpulkan isi teks.
§  Siswa bertanya jawab tentang isi teks.
§  Guru memandu siswa menyampaikan apakah di tempat tinggalnya ada kelurahan? Apakah namanya juga kelurahan? Adakah yang berbeda nama? Communication
§  Siswa mengamati kembali teks “Di Kantor Kelurahan” dan mencari kalimat yang berisi saran.
§  Siswa menyebutkan kalimat saran yang ditemukannya.
§  Siswa menyampaikan pendapatnya apakah saran itu dapat mereka lakukan atau tidak. Communication
§  Jika siswa tidak dapat melakukan saran tersebut, siswa menyampaikan hal yang mungkin ia lakukan. Communication
§  Siswa menyebutkan masalah yang ada pada petunjuk pelaksanaan kegiatan.
§  Siswa menyampaikan akibat yang dapat ditimbulkan masalah tersebut. Communication
§  Siswa menyampaikan perasaaannya tentang masalah yang ada. Communication
§  Siswa menyampaikan saran memecahkan masalah. Critical Thinking and Problem Solving
§  Siswa mengamati saran yang disampaikan teman-temannya.
§  Jika memungkinkan siswa menuliskan masalah yang ada dan saran mengatasinya dengan bahasanya sendiri pada buku latihannya. Critical Thinking and Problem Solving
§  Siswa mengamati cerita pada buku. Tanyakan kepada siswa apakah mereka memahami maksud cerita? Ada kemungkian di daerah tempat tinggal siswa tidak ada kelurahan, tetapi desa. Tidak ada RT (Rukun Tetangga) tetapi RK (Rukun keluarga). Ajak siswa memahami perbedaan tetapi tujuannya sama.
§  Ajak siswa berlatih terlebih dahulu dengan bilangan yang kecil. Misalnya :
-     Jika di kelurahan tersebut ada ada 4 RT, tentukan banyaknya bibit pohon tersedia. Ambil bilangan yang dapat habis dibagi bilangan hasil pembagian ( 4 ), misalnya 40, 100, 120.
-     Jika banyaknya bibit pohon 100 maka setiap RT akan mendapat 25 bibit pohon. 25 didapat dari 100 dibagi 4 (banyak RT).
-     Jika banyak RT adalah 5, maka tentukan banyaknya bibit dengan bilangan yang habis dibagi 5, dan seterusnya.
§  Setelah beberapa kali berlatih, minta siswa mengerjakan soal pada buku.
§  Mintalah siswa mengamati kembali cerita. Lalu ajak mereka untuk membuat cerita seperti cerita tersebut dengan bilangan yang berbeda. Creativity and Innovation
§  Siswa mengerjakan beberapa alternatif permasalahan. Critical Thinking and Problem Solving
§  Setelah selesai mengerjakan tugas, siswa diingatkan untuk banyak berlatih di rumah dan bisa membuat cerita sendiri. Mandiri
§  Siswa mengingat kembali prosedur pembuatan topi dari kertas koran.
§  Siswa menyebutkan prosedur pembuatan topi dari kertas koran.
§  Siswa menyampaikan pendapatnya tentang kualitas topi yang dibuatnya dua hari lalu. Ada yang berpendapat masih belum rapi, topi kurang kuat, topi belum kelihatan bagus, dal lain-lain. Communication
§  Siswa menyampaikan pendapat apa saja yang dibutuhkan untuk membuat topi yang rapi, kuat dan indah. Siswa menyebutkan perlu kertas koran yang banyak agar bisa menggunakan dua lapis kertas, perlu karton untuk mengokohkan topi, perlu gunting, lem, gambar, daun-daun kering atau kertas warna untuk menghias, krayon, dan lain-lain. Communication
§  Guru menyiapkan koran bekas dan bahan-bahan lainnya untuk membuat topi. Sebagian siswa ada yang membawa barang-barang yang dibutuhkan untuk membuat topi dari rumah mereka. Mandiri
§  Siswa mulai bekerja dengan mengikuti prosedur pembuatan topi.
§  Dengan bantuan guru, siswa mengupayakan topi yang dibuatnya kokoh dan kuat. Mereka dapat menggunakan kardus bekas atau karton manila untuk memperkuat topi mereka. Gotong Royong
§  Setelah topi jadi, siswa menghias topi sesuai dengan kreasi mereka masing-masing.
35 Menit X  30 JP
Penutup
¡  Kegiatan diakhir dengan mengulas kembali apa yang sudah mereka lakukan sejak pagi dan ditutup dengan bersyukur kepada Tuhan atas kasih sayang-Nya. Siswa menyimpulkan bahwa Tuhan menciptakan manusia untuk bekerja sama dan saling tolong-menolong dan berbagi dalam menjaga segala yang sudah Tuhan beri. Rumah, sekolah, tetangga, semua lingkungan di sekitar adalah pemberian Tuhan. Manusia bertanggung jawab untuk merawat dan menjaganya. Religius
15 menit


E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Pedoman Guru Tema : Kewajiban dan Hakku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡  Buku Siswa Tema : Kewajiban dan Hakku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡  Gambar aneka pohon dari yang kecil sampai besar
¡  Gambar aneka topi dari kertas
¡  Kertas koran, karton manila, kardus bekas, gunting. Lem, kertas warna warni untuk menghias
¡  Buku teks


Mengetahui
Kepala Sekolah




......................................
…………, ………….2018
Guru Kelas III




...................................


Comments