RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KURTILAS KELAS 3 PEMBELAJARAN 6 TEMA 4 SUBTEMA 4


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan      :     SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester          :     III (Tiga) / 1
Tema 4                            :     Kewajiban dan Hakku
Sub Tema 4                   :     Kewajiban dan Hakku sebagai Warga Negara
Pembelajaran                :     6
Alokasi Waktu               :     1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan:    ..................... / ........................


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
BAHASA INDONESIA
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.10 Mencermati ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) dalam teks tulis.
3.10.1Menjelaskan maksud ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana)
2
4.10Memeragakan ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) sebagai bentuk ungkapan diri menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif yang dibuat sendiri
4.10.1Menyatakan secara lisan ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana)
PPKn
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
1.2 Menghargai kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolah sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
 1.2.1 Memahami kewajiban dan hak sebagai warga negara terkait gambar
2
2.2 Melaksanakan kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolah
 2.2.1Mengerti tentang pengalamannya melaksanakan kewajiban dan hak sebagai warga negara
3
3.2  Mengidentifikasi kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolah
3.2.1Menuliskan kewajiban dan hak sebagai warga negara terkait gambar
4
4.2Menyajikan hasil identifikasi kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan wargasekolah
4.2.1Menuliskan cerita tentang pengalamannya melaksanakan kewajiban dan hak sebagai warga negara.

MATEMATIKA
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.3 Menyatakan suatu bilangan sebagai jumlah, selisih, hasil kali, atau hasil bagi dua bilangan cacah
3.3.1Menentukan dua bilangan cacah yang hasil baginya ditentukan sendiri
2
4.3 Menilai apakah suatu bilangan dapat dinyatakan sebagai jumlah, selisih, hasil kali, atau hasil bagi dua bilangan cacah
4.3.1Membuat pembagian dua bilangan cacah yang hasilnya diketahui

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.         Dengan mengamati gambar, siswa dapat menuliskan kewajiban dan hak sebagai warga negara terkait gambar dengan tepat.
2.         Dengan menuliskan kewajiban dan hak, siswa dapat menuliskan cerita tentang pengalamannya melaksanakan kewajiban dan hak sebagai warga negara dengan percaya diri.
3.         Dengan mengamati masalah dalam cerita, siswa dapat menentukan dua bilangan cacah yang hasil baginya ditentukan sendiri dengan tepat.
4.         Dengan mengamati contoh, siswa dapat membuat pembagian dua bilangan cacah yang hasilnya diketahui dengan tepat.
5.         Dengan membaca teks, siswa dapat menjelaskan maksud ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) dengan tepat.
6.         Dengan memahami masalah, siswa dapt menyatakan secara lisan ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) dengan percaya diri.
7.         Dengan menyimpulkan apa yang telah dipelajari hari ini, siswa dapat bersyukur kepada Tuhan dan memahami keberadaannya sebagai makhluk Tuhan di tengah makhluk Tuhan lainnya sehingga memiliki sikap saling menghargai, peduli, jujur, santun, dan bertanggung jawab.

v   Karakter siswa yang diharapkan   :
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas


D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
¡  Guru membuka pembelajaran dengan doa bersama dan memberi kesempatan kepada siswa menyampaikan apa yang telah mereka pelajari sebelumnya. Religius
¡  Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Indonesia Pusaka”. Nasionalis
¡  Guru menyampaikan bahwa hari ini mereka akan belajar tentang kewajiban dan hak sebagai warga negara dan pentingnya menghargai perbedaan. Communication
¡  Pembiasaan Membaca 15 menit. Literasi
¡  Siswa mendapat kesempatan berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang perbedaan yang ada di sekitar rumahnya seperti berbeda dalam suku dan agama.
10 menit
Inti
§  Siswa mengamati gambar pada buku.
§  Siswa menyebutkan apa yang dilihat pada buku. Communication
§  Siswa menjelaskan apa yang dilihatnya pada buku dengan bahasanya sendiri.
§  Siswa menceritakan perbedaan yang ada di sekitar rumahnya. Dari mana sajakah asal tetangga mereka, dan apa agamanya. Communication
§  Siswa menceritakan bagaimana perasaan mereka terhadap adanya perbedaan. Communication
§  Siswa mengingat kembali tentang berbagai kewajiban dan hak yang telah dipelajari.
§  Siswa mengingat kewajiban dan hak di rumah, di sekolah, dalam bertetangga, dan sebagai warga Negara. Setiap siswa mendapat kesempatan menyebutkan satu kewajiban dan hak.
§  Siswa menuliskan contoh kewajiban dan hak pada buku. Ingatkan siswa untuk menulis dengan rapi dan tulisan dapat terbaca dengan mudah. Mandiri
§  Siswa dapat menuliskan kewajiban dan hak pada buku latihan mereka atau di atas selembar kertas jika hasil karya mereka ingin dipajang.
§  Siswa menyebutkan contoh perbuatan baik sebagai warga negara. Upayakan setiap siswa menyebutkan satu contoh. Bantu siswa memberi alasan mengapa perbuatan itu adalah perbuatan baik sebagai warga negara. Apa yang akan terjadi jika mereka tidak melakukan itu? Communication
§  Siswa menuliskan cerita tentang pengalamannya melaksanakan perbuatan baik untuk negara. Ingatkan mereka untuk bercerita dengan percaya diri, melihat kepada semua teman-teman, suara terdengar semua teman, dan bercerita dengan lancar.
§  Siswa mengamati cerita pada buku. Tanyakan kepada siswa apakah mereka memahami maksud cerita? Ajak siswa berlatih terlebih dahulu dengan bilangan yang kecil.
Misalnya :
-     Jika di sekolah tersebut ada ada 6 kelas, tentukan banyaknya bendera yang dibutuhkan, dan berapa jatah setiap kelasnya. Ambil bilangan yang dapat habis dibagi banyaknya kelas ( 6 ), misalnya 36, 42, 60.
-     Jika banyaknya bendera 60 maka setiap kelas akan mendapat 10 bendera. 10 diperoleh dari 60 di bagi 6 (banyak kelas).
-     Jika banyak kelas adalah 12, maka tentukan banyaknya bendera dengan bilangan yang habis di bagi 12, dan seterusnya.
§  Setelah beberapa kali berlatih, minta siswa mengerjakan soal cerita pada buku. Mandiri
§  Mintalah siswa mengamati kembali cerita. Lalu ajak mereka untuk membuat cerita seperti cerita tersebut dengan bilangan yang berbeda. Creativity and Innovation
§  Siswa mengerjakan beberapa alternatif permasalahan. Critical Thinking and Problem Solving
§  Setelah selesai mengerjakan tugas, siswa diingatkan untuk banyak berlatih di rumah dan bisa membuat cerita sendiri. Mandiri
§  Guru menyampaikan keberagaman suku bangsa, bahasa dan agama yang dimiliki Indonesia. Communication
§  Siswa mengamati gambar pada buku dan menyampaikan pengetahuannya terkait gambar.
§  Siswa menyebutkan pulau-pulau yang sudah diketahui pada peta, buku tentang Indonesia yang pernah dibaca, dan museum yang pernah dikunjungi. Communication
§  Siswa membaca teks “Bangga Menjadi Orang Indonesia” dengan suara nyaring secara bergantian.
§  Setiap siswa mendapat kesempatan masing-masing membaca satu paragraf.
§  Siswa menyimpulkan isi teks.
§  Siswa bertanya jawab tentang isi teks.
§  Guru memandu siswa menyampaikan apakah memiliki pengalaman khusus berkaitan dengan isi teks. Communication
§  Siswa membaca petunjuk pelaksanaan kegiatan.
§  Siswa kembali mengamati teks dan menemukan masalah yang sedang Edo hadapi.
§  Siswa menemukan cara Edo mengatasi masalahnya.
§  Siswa menjelaskan cara Edo mengatasi masalahnya dengan bahasanya sendiri. Critical Thinking and Problem Solving
35 Menit X  30 JP
Penutup
¡  Kegiatan diakhiri dengan mengulas kembali apa yang sudah mereka lakukan sejak pagi dan ditutup dengan bersyukur kepada Tuhan dan menyimpulkan bahwa Tuhan menciptakan manusia berbeda-beda untuk saling menghargai dan saling tolong menolong dan menyadari keberadaannya sebagai makhluk Tuhan di tengah keragaman suku, agama, dan adat istiadat. Religius
15 menit

E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Pedoman Guru Tema : Kewajiban dan Hakku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡  Buku Siswa Tema : Kewajiban dan Hakku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡  Peta Indonesia
¡  Gambar pakaian adat, rumah adat, makanan khas daerah
¡  Buku teks



Mengetahui
Kepala Sekolah





........................................
…………, ………….2018
Guru Kelas III





...................................... 

 








Comments