RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KELAS 3 PEMBELAJARAN 4 TEMA 3 SUBTEMA 3


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :     SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester          :     III (Tiga) / 1
Tema 3                            :    Benda di Sekitarku
Sub Tema 3                   :     Perubahan Wujud Benda
Pembelajaran                :     4
Alokasi Waktu               :     1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan:    ..................... / ........................

A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.1 Menggali informasi tentang konsep perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
3.1.1 Menemukan kata/istilah khusus berkaitan dengan perubahan wujud .

2
4.1 Menyajikan hasil informasi tentang konsep perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari dalam bentuk lisan, tulis, dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
4.1.1 Memahami konsep perubahan wujud.

PPKn
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
1.3  Mensyukuri keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
1.3.1  Memahami pokok-pokok informasi tentang perubahan wujud.

2
1.3   Menampilkan kebersamaan dalam keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar.


2.3.1  Mengerti daftar tugas individu berdasarkan perannya masing-masing dengan tepat.
3
3.3  Memahami makna keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari.
3.3.1  Menceritakan kembali pokok-pokok informasi tentang perubahan wujud.

4
4.3  Menceritakan makna keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan seharihari.
4.3.1  Membuat daftar tugas individu berdasarkan perannya masing-masing dengan tepat.

PJOK
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.3 Memahami kombinasi gerak dasar manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.

3.3.1 Mengidentifikasikan cara menendang bola.

2
4.3 Mempraktikkan kombinasi gerak dasar manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.3.1 Mempraktikkan cara menendang bolat.




C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Dengan membaca wacana, siswa dapat menemukan kata/istilah khusus berkaitan dengan perubahan wujud dengan tepat.
2.    Dengan melakukan percobaan, siswa dapat memahami konsep perubahan wujud dengan tepat.
3.    Setelah mengisi bagan percobaan, siswa dapat menceritakan kembali pokok-pokok informasi tentang perubahan wujud dengan tepat.
4.    Dengan melakukan wawancara, siswa dapat membuat daftar tugas individu berdasarkan perannya masing-masing dengan tepat.
5.    Dengan melakukan pemanasan sebelum olahraga, siswa dapat mengidentifikasikan cara menendang bola dengan tepat.
6.    Dengan melakukan praktik menendang bola, siswa dapat mempraktikkan cara menendang dengan tepat.

v   Karakter siswa yang diharapkan   :
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
 
D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
¡   Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
¡   Siswa berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa. Religius
¡   Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Ibu Kita Kartini”. Nasionalis
¡   Pembiasaan Membaca 15 menit. Literasi
¡   Guru membuka dengan menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini.
¡   Guru memperlihatkan gelas berisi air dingin.
10 menit
Inti
§  Siswa memerhatikan gelas berisi air dingin yang diletakkan guru di depan kelas. Siswa mengamati apa yang terjadi pada bagian luar gelas? Mengapa hal tersebut terjadi? Tanpa berdiskusi dengan teman, siswa menuliskan pendapatnya di Buku Siswa. Creativity and Innovation
§  Setelah siswa menuliskan pendapatnya di Buku Siswa, kegiatan dilanjutkan dengan membaca wacana yang ada.
§  Setelah membaca, guru kembali bertanya, apa yang menyebabkan permukaan gelas yang isinya air dingin menjadi basah? Guru memberikan kesempatan pada siswa untuk menjawab. Communication
§  Siswa menyimak penjelasan guru tentang mengembun.
§  Siswa memberikan contoh proses mengembun yang terjadi di sekitar kita.
§  Setelah itu siswa mendengarkan dan membandingkan jawaban yang mereka tulis di kegiatan awal, apakah sama? Jika berbeda, maka siswa diminta untuk menjelaskan perbedaan tersebut. Critical Thinking and Problem Solving
§  Siswa mengisi daftar kosakata baru yang didapatkan dari hasil pembahasan mengembun yang diperoleh dari wacana.
§  Siswa mencari arti di kamus.
§  Setiap siswa diminta untuk memilih satu kata baru, lalu membuat kalimat baru dengan kata tersebut.
§  Siswa lain boleh menyebutkan kata yang sama, namun kalimat yang digunakan tidak boleh sama.
§  Untuk melihat contoh perubahan wujud mengembun, siswa diminta untuk melakukan percobaan dalam kelompok. Collaboration
§  Dalam kelompok, siswa melakukan percobaan sesuai instruksi di Buku Siswa, yaitu sebagai berikut:
a.    Setiap kelompok diberikan air berisi air hangat/panas, guru membantu siswa menuangkan air panas ke dalam gelas.
b.    Kemudian gelas ditutup dengan tutup gelas, biarkan selama 1-2 menit.
c.    Setelah itu tutup gelas dibuka, siswa mengamati apa yang terjadi pada tutup gelas.
d.    Siswa menuliskan hasil pengamatanya di Buku Siswa.
e.    Siswa dibagi dalam kelompok yang terdiri dari 4 orang.
f.        Perwakilan kelompok melaporkan hasil pengamatannya di depan kelas.
§  Setelah melaporkan, siswa membuat kesimpulan bersama, yaitu mendefinisikan apa yang dimaksud dengan mengembun, sebutkan contoh mengembun dalam kehidupan sehari-hari. Critical Thinking and Problem Solving
§  Setelah membuat kesimpulan, siswa melengkapi bagan yang ada di Buku Siswa.
§  Siswa mengerjakan secara mandiri.
§  Guru mengajak siswa berdiskusi tentang peran yang ada di sekolah. Peran apa sajakah yang ada di sekolah?
§  Setelah itu siswa membentuk kelompok. Secara berkelompok siswa mewawancai setiap peran yang ada di sekolah. Siswa menuliskan hasil wawancara di Buku Siswa. Communication
§  Setelah itu kembali siswa berdiskusi di kelas tentang bagaimana setiap peran mempunyai fungsinya masing-masing. Andaikan guru tidak ada, apa yang akan terjadi? Andaikan kepala sekolah tidak ada, apa yang terjadi?
§  Guru menutup diskusi dengan menyimpulkan bahwa setiap peran mempunyai fungsi masing. Kita harus menghormati setiap peran yang ada di sekolah.
§  Kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan di luar ruangan.
§  Siswa diminta menyebutkan peran yang ada pada permainan bola, beserta tugasnya.
§  Siswa mengamati apa yang terjadi jika salah satu peran tidak ada.
§  Guru menyampaikan kegiatan hari ini kita akan bermain bola, namun sebelumnya akan berlatih menendang terlebih dahulu.
§  Kegiatan akan diawali dengan pemanasan. Siswa membentuk lingkaran. Tiga orang siswa berada di tengah lingkaran. Siswa yang membentuk lingkaran berlari searah atau kebalikan jarum jam. Ketika guru berteriak “searah”, maka kelompok yang membentuk lingkaran, berlari pelan searah jarum jam. Jika guru berteriak “berlawanan”, maka kelompok yang membentuk lingkaran, berlari berlawanan arah jarum jam. Creativity and Innovation
§  Siswa yang berdiri di tengah berusaha menembak atau menendang bola diarahkan ke siswa yang berlari. Siswa yang terkena bola pada bagian lutut ke bawah dianggap kalah dan permainan menggantikan posisi siswa yang mengenainya. Bola ditendang setelah mendengar bunyi peluit dari guru. (Gunakan bola plastik.)
§  Setelah pemanasan dilakukan, siswa mulai berlatih kembali teknik menendang.
§  Ingatkan kembali bahwa ada dua cara menendang yaitu menendang dengan kaki bagian dalam dan kaki bagian luar.
§  Siswa berbaris, satu siswa keluar dari barisan, menjadi penjaga gawang.
§  Siswa di baris pertama menendang bola, berusaha memasukkan ke gol yang dijaga oleh penjaga gawang. Setiap siswa mendapatkan kesempatan dua kali menendang. Setelah itu, siswa yang sudah menendang mendapat giliran menjaga. Lalu, yang sebelumnya menjaga kembali ke barisan dan berbaris paling belakang, begitu seterusnya.
§  Guru mengamati saat siswa menendang. Siswa diberikan kesempatan satu putaran untuk mencoba. Setelah itu mulai mengambil nilai.
§  Setelah kegiatan selesai, siswa dapat mulai bermain bola kaki. Bagi menjadi dua kelompok dan mulailah permainan. Collaboration
§  Setelah bermain bola selesai, siswa melakukan pendinginan dengan duduk membentuk lingkaran.
150 menit
Penutup
¡   Guru memberikan kesempatan pada siswa untuk menyatakan pendapatnya tentang kegiatan hari ini.
¡   Guru mengingatkan untuk selalu bersyukur atas nikmat yang diberikan oleh Tuhan atas kegiatan hari ini.
¡   Menyanyikan lagu daerah “Soleram”
¡   Kegiatan kelas diakhiri dengan doa bersama sesuai dengan agama dan  kepercayaan masing-masing oleh petugas. Religius

15 menit

E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Pedoman Guru Tema : Benda di Sekitarku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡  Buku Siswa Tema : Benda di Sekitarku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡  Gelas berisi air dingin.


Mengetahui
Kepala Sekolah




..........................................
…………, ………….2018
Guru Kelas III




........................................










Comments