RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester : III (Tiga) / 1
Tema 3 : Benda di Sekitarku
Sub Tema 2 : Wujud
Benda
Pembelajaran : 5
Alokasi Waktu : ........... x
150 menit
Hari / Tgl Pelaksanaan: ..................... / ........................
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.1 Menggali
informasi tentang konsep perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari yang
disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
|
3.1.1
Membaca petunjuk percobaan.
|
2
|
4.1 Menyajikan
hasil informasi tentang konsep perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari
dalam bentuk lisan, tulis, dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
|
4.1.1
Menuliskan teks informatif tentang sifat benda gas.
4.1.2
Menjelaskan makna/istilah yang berkaitan dengan perubahan wujud.
|
PPKn
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
1.1 Menerima arti bintang, rantai,
pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas pada lambang negara “Garuda Pancasila”
sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
|
1.1.1
Memahami kegiatan gotong royong di lingkungan sekitar dengan beragam.
|
2
|
1.1
Bersikap jujur, peduli, kasih sayang
sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
|
2.1.1
Mengerti sikap sesuai dengan sila-sila pancasila dalam bercerita pengalaman
kegiatan gotong royong yang telah dilaksanakan.
|
3
|
3.1 Memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.
|
3.1.1
Memahami arti penting bergotong royong.
|
4
|
4.1 Menceritakan arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.
|
4.1.1
Bercerita pengalaman kegiatan gotong royong yang telah dilaksanakan.
|
Matematika
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.7
Mendeskripsikan dan menentukan hubungan antar satuan baku untuk panjang, berat,
dan waktu yang umumnya digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
|
3.7.1
Mengamati aneka jenis timbangan.
|
2
|
4.7 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan hubungan antarsatuan baku untuk panjang, berat,
dan waktu yang umumnya digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
|
4.7.1 Berlatih soal.
4.7.2 Membaca timbangan dengan tepat.
|
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Dengan membaca petunjuk percobaan,
siswa dapat melakukan percobaan secara runut.
2.
Dengan melakukan menuliskan teks
informatif tentang sifat benda gas, siswa dapat menyusun informasi secara
lisan/tulis/visual dengan kalimat efektif.
3.
Dengan membuat teka-teki silang siswa
dapat menjelaskan makna/istilah yang berkaitan dengan perubahan wujud.
4.
Dengan kegiatan pengamatan terhadap
timbangan, siswa dapat menentukan satuan berat baku baku dengan tepat.
5.
Dengan mengamati aneka jenis
timbangan, siswa dapat menyesuaikan jenis timbangan dengan benda yang diukur
dengan tepat.
6.
Dengan berlatih soal, siswa dapat
membaca timbangan dengan tepat.
7.
Dengan mengerjakan soal latihan, siswa
dapat memahami arti penting bergotong royong.
v Karakter siswa yang
diharapkan :
|
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
|
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡ Guru menyapa siswa, menanyakan
kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
¡ Siswa berdoa bersama sesuai dengan
agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa. Religius
¡
Menyanyikan lagu
“Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Desaku”. Nasionalis
¡ Pembiasaan
Membaca 15 menit. Literasi
¡ Guru memperlihatkan balon, guru
bertanya siapa yang suka bermain dengan balon?
¡ Dua siswa meniup masing-masing satu
balon. Beri waktu 30 detik untuk meniup balon. Siswa mengamati kedua balon
tersebut, dan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru:
- Mana balon yang lebih besar atau
lebih kecil?
- Apa yang menyebabkan satu balon
lebih besar atau lebih kecil?
- Apa isi dari balon? Apa wujud dari
materi pengisi balon?
¡
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini yaitu ingin
mengetahui sifat dari materi pengisi balon, yaitu gas.
|
10 menit
|
Inti
|
§
Siswa memberi contoh benda
dari gas yang mereka ketahui.
§
Siswa menyimak penjelasan
guru, tentang langkah percobaan hari ini. Communication
- Balon
ditiup sampai mengembang. Kemudian mulut balon diikat dengan karet.
- Kantong
plastik ditiup sampai mengembang. Selanjutnya, mulut plastik diikat
dengan karet.
- Bentuk
balon dan kantong plastik tersebut diamati. Bagaimanakah bentuk balon
dan kantong plastik tersebut?
§
Secara berkelompok siswa
melakukan percobaan sederhana seperti yang tertera pada
Buku Siswa. Collaboration
§
Siswa mencatatkan hasil
pengamatan dalam bukunya.
§
Siswa membuat kesimpulan dari
percobaan tersebut
§
Setelah membuat kesimpulan,
perwakilan kelompok mengemukakan kesimpulan yang
didapatkan dari percobaan tersebut. Critical Thinking and
Problem Solving
§
Guru membuka kegiatan diskusi
tentang manfaat benda gas di sekitar kita.
![]()
§
Setelah berdiskusi, siswa
menuliskan apa yang telah mereka ketahui tentang benda
gas.
§
Siswa menuliskan pendapatnya
di lembar menulis yang telah tersedia di Buku Siswa. Mandiri
§
Guru memberikan pengarahan
kepada siswa untuk memerhatikan penggunakan huruf
besar dan ketelitian dalam menulis. Kegiatan dilanjutkan dengan
membuat teka-teki silang.
§
Siswa mengingat kembali
kata-kata baru yang telah dipelajari dalam minggu ini. Setelah
itu siswa merangkai teka-teki silang seperti yang ada di Buku Siswa.
§
Siswa membuat minimal lima
pertanyaan mendatar dan lima pertanyaan menurun.
§
Pekerjaan ini dapat dilakukan
secara berkelompok.
§
Guru berkeliling untuk
memeriksa pekerjaan siswa.
§
Setelah selesai, siswa dapat
saling bertukar untuk menjawab teka teki silang yang
dibuat oleh temannya.
§
Jika sudah selesai, hasil
pekerjaan dapat dikumpulkan kepada guru untuk diperiksa.
§
Kegiatan selanjutnya siswa
diingatkan kembali hasil percobaan sebelumnya bahwa
gas mempunyai massa.
§
Sampaikan bahwa walaupun tidak
terlihat udara di sekitar kita yang tidak terlihat
mempunyai massa.
§
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran selanjutnya adalah kita akan menimbang
berat benda. Ingatkan kembali bahwa massa benda sebenarnya berbeda
dengan berat benda. Namun karena dalam keseharian kita sudah lebih umum
menggunakan kata berat untuk menggambarkan massa benda, maka istilah
beratpun akan dipakai untuk dalam pembelajaran ini.
§
Siswa diperlihatkan gambar
timbangan yang ada di Buku Siswa. Siswa mengamati dan berbagi
pengalaman apakah pernah melihat atau menggunakan timbangan
ini sebelumnya.
§
Guru menjelaskan kegunaan
masing-masing timbangan. Sampaikan bahwa semua
timbangan digunakan untuk menimbang berat, namun timbangan dirancang
untuk kegunaan tertentu, misalkan, timbangan untuk mengukur beras tidak
akan sama dengan timbangan untuk mengukur bayi, timbangan untuk mengukur
bayi memerlukan bentuk khusus karena bayi perlu untuk dibaringkan, selain
itu timbangan bayi biasanya hanya untuk menimbang sampai kisaran 20 kilogram,
sedangkan timbangan beras bisa sampai ratusan kilogram. Critical
Thinking and Problem Solving
§
Guru memperlihatkan contoh
kartu yang berisi gambar timbangan berat. (Lihat
lampiran)
§
Alternatif kegiatan, akan
lebih baik lagi diperlihatkan langsung aneka jenis timbangan.
§
Siswa mengerjakan latihan di
Buku Siswa dengan memasangkan benda dengan alat
ukur yang tepat.
§
Selanjutnya siswa menyimak
penjelasan guru cara membaca timbangan dengan satuan
kg dan gram.
§
Siswa mengerjakan latihan di
buku soal. Mandiri
§
Setelah selesai, siswa
menyimak tentang gas LPG, apakah siswa menggunakan gas
tersebut di rumah? Apakah pernah melihat berat tabung LPG?
§
Guru dapat menambahkan manfaat
penggunaan LPG dibandingkan kayu bakar atau minyak tanah, yaitu
sebagai berikut.
Kelebihan pemakaian LPG sebagai bahan bakar
bila dibandingkan dengan bahan bakar lainnya (misalnya
kayu bakar ataupun minyak tanah) yaitu mudah dalam
penggunaan, lebih bersih, dan lebih praktis.
§
Siswa diberikan kesempatan
untuk bertanya.
§
Kegiatan dilanjutkan dengan
membaca ulasan di Buku Siswa tentang kebakaran hutan.
§
Siswa mengajukan pertanyaan
seputar wacana yang dibaca. Communication
§
Siswa lain dapat menanggapi
pertanyaan temannya.
§
Siswa berdiskusi tentang
ajakan presiden tentang gotong royong, mengapa gotong
royong itu penting? Apakah gotong royong masih berjalan saat ini.
§
Siswa menjawab pertanyaan di
Buku Siswa.
§
Setelah itu guru membuka
diskusi tentang kegiatan gotong royong pada diri siswa.
Apakah sejauh ini siswa sudah melakukannya? Apakah merasa perlu untuk
melakukan kegiatan gotong royong? Critical Thinking and
Problem Solving
|
150 menit
|
Penutup
|
¡ Setelah
berdiskusi, siswa melakukan refleksi dengan mengisi pernyataan di Buku Siswa
¡ Kegiatan
diakhiri dengan mengucapkan syukur untuk kegiatan hari ini. Ajak siswa untuk
melaksanakan kegiatan gotong royong di rumah, saling membantu dengan tetangga
sekitar. Dengan saling bantu akan memperkuat persatuan dan memudahkan kita
dalam melewati masalah.
¡ Menyanyikan lagu daerah “Kicir-Kicir”
¡ Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius
|
15 menit
|
E. SUMBER DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Pedoman Guru Tema : Benda
di Sekitarku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum
2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡ Buku Siswa Tema : Benda di
Sekitarku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡
Timbangan, akan lebih baik jika bisa menampilkan aneka jenis timbangan.
¡
Balon
¡ Kantong plastik
Mengetahui
Kepala Sekolah
.............................................
|
…………, ………….2018
Guru Kelas III
............................................
|
Comments