RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KELAS 3 PEMBELAJARAN 5 TEMA 3 SUBTEMA 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :  SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester          :  III (Tiga) / 1
Tema 3                            :  Benda di Sekitarku
Sub Tema 2                   :  Wujud Benda
Pembelajaran                :  5
Alokasi Waktu               :  ........... x 150 menit
Hari / Tgl Pelaksanaan: ..................... / ........................

A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.1 Menggali informasi tentang konsep perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
3.1.1 Membaca petunjuk percobaan.

2
4.1 Menyajikan hasil informasi tentang konsep perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari dalam bentuk lisan, tulis, dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
4.1.1 Menuliskan teks informatif tentang sifat benda gas.
4.1.2 Menjelaskan makna/istilah yang berkaitan dengan perubahan wujud.


PPKn
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
1.1  Menerima arti bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas pada lambang negara “Garuda Pancasila” sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.

1.1.1 Memahami kegiatan gotong royong di lingkungan sekitar dengan beragam.

2
1.1         Bersikap jujur, peduli, kasih sayang sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.


2.1.1 Mengerti sikap sesuai dengan sila-sila pancasila dalam bercerita pengalaman kegiatan gotong royong yang telah dilaksanakan.
3
3.1 Memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.

3.1.1 Memahami arti penting bergotong royong.

4
4.1 Menceritakan arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.
4.1.1 Bercerita pengalaman kegiatan gotong royong yang telah dilaksanakan.


Matematika
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.7 Mendeskripsikan dan menentukan hubungan antar satuan baku untuk panjang, berat, dan waktu yang umumnya digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

3.7.1 Mengamati aneka jenis timbangan.

2
4.7 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan hubungan antarsatuan baku untuk panjang, berat, dan waktu yang umumnya digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
4.7.1 Berlatih soal.
 4.7.2 Membaca timbangan dengan tepat.





C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Dengan membaca petunjuk percobaan, siswa dapat melakukan percobaan secara runut.
2.    Dengan melakukan menuliskan teks informatif tentang sifat benda gas, siswa dapat menyusun informasi secara lisan/tulis/visual dengan kalimat efektif.
3.    Dengan membuat teka-teki silang siswa dapat menjelaskan makna/istilah yang berkaitan dengan perubahan wujud.
4.    Dengan kegiatan pengamatan terhadap timbangan, siswa dapat menentukan satuan berat baku baku dengan tepat.
5.    Dengan mengamati aneka jenis timbangan, siswa dapat menyesuaikan jenis timbangan dengan benda yang diukur dengan tepat.
6.    Dengan berlatih soal, siswa dapat membaca timbangan dengan tepat.
7.    Dengan mengerjakan soal latihan, siswa dapat memahami arti penting bergotong royong.

v   Karakter siswa yang diharapkan   :
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
¡   Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
¡   Siswa berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa. Religius
¡   Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Desaku”. Nasionalis
¡   Pembiasaan Membaca 15 menit. Literasi
¡   Guru memperlihatkan balon, guru bertanya siapa yang suka bermain dengan balon?
¡   Dua siswa meniup masing-masing satu balon. Beri waktu 30 detik untuk meniup balon. Siswa mengamati kedua balon tersebut, dan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru:
-       Mana balon yang lebih besar atau lebih kecil?
-       Apa yang menyebabkan satu balon lebih besar atau lebih kecil?
-       Apa isi dari balon? Apa wujud dari materi pengisi balon?
¡   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini yaitu ingin mengetahui sifat dari materi pengisi balon, yaitu gas.
10 menit
Inti
§  Siswa memberi contoh benda dari gas yang mereka ketahui.
§  Siswa menyimak penjelasan guru, tentang langkah percobaan hari ini. Communication
-       Balon ditiup sampai mengembang. Kemudian mulut balon diikat dengan karet.
-       Kantong plastik ditiup sampai mengembang. Selanjutnya, mulut plastik diikat dengan karet.
-       Bentuk balon dan kantong plastik tersebut diamati. Bagaimanakah bentuk balon dan kantong plastik tersebut?
§  Secara berkelompok siswa melakukan percobaan sederhana seperti yang tertera pada Buku Siswa. Collaboration
§  Siswa mencatatkan hasil pengamatan dalam bukunya.
§  Siswa membuat kesimpulan dari percobaan tersebut
§  Setelah membuat kesimpulan, perwakilan kelompok mengemukakan kesimpulan yang didapatkan dari percobaan tersebut. Critical Thinking and Problem Solving
§  Guru membuka kegiatan diskusi tentang manfaat benda gas di sekitar kita.
 
§  Setelah berdiskusi, siswa menuliskan apa yang telah mereka ketahui tentang benda gas.
§  Siswa menuliskan pendapatnya di lembar menulis yang telah tersedia di Buku Siswa. Mandiri
§  Guru memberikan pengarahan kepada siswa untuk memerhatikan penggunakan huruf besar dan ketelitian dalam menulis. Kegiatan dilanjutkan dengan membuat teka-teki silang.
§  Siswa mengingat kembali kata-kata baru yang telah dipelajari dalam minggu ini. Setelah itu siswa merangkai teka-teki silang seperti yang ada di Buku Siswa.
§  Siswa membuat minimal lima pertanyaan mendatar dan lima pertanyaan menurun.
§  Pekerjaan ini dapat dilakukan secara berkelompok.
§  Guru berkeliling untuk memeriksa pekerjaan siswa.
§  Setelah selesai, siswa dapat saling bertukar untuk menjawab teka teki silang yang dibuat oleh temannya.
§  Jika sudah selesai, hasil pekerjaan dapat dikumpulkan kepada guru untuk diperiksa.
§  Kegiatan selanjutnya siswa diingatkan kembali hasil percobaan sebelumnya bahwa gas mempunyai massa.
§  Sampaikan bahwa walaupun tidak terlihat udara di sekitar kita yang tidak terlihat mempunyai massa.
§  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran selanjutnya adalah kita akan menimbang berat benda. Ingatkan kembali bahwa massa benda sebenarnya berbeda dengan berat benda. Namun karena dalam keseharian kita sudah lebih umum menggunakan kata berat untuk menggambarkan massa benda, maka istilah beratpun akan dipakai untuk dalam pembelajaran ini.
§  Siswa diperlihatkan gambar timbangan yang ada di Buku Siswa. Siswa mengamati dan berbagi pengalaman apakah pernah melihat atau menggunakan timbangan ini sebelumnya.
§  Guru menjelaskan kegunaan masing-masing timbangan. Sampaikan bahwa semua timbangan digunakan untuk menimbang berat, namun timbangan dirancang untuk kegunaan tertentu, misalkan, timbangan untuk mengukur beras tidak akan sama dengan timbangan untuk mengukur bayi, timbangan untuk mengukur bayi memerlukan bentuk khusus karena bayi perlu untuk dibaringkan, selain itu timbangan bayi biasanya hanya untuk menimbang sampai kisaran 20 kilogram, sedangkan timbangan beras bisa sampai ratusan kilogram. Critical Thinking and Problem Solving
§  Guru memperlihatkan contoh kartu yang berisi gambar timbangan berat. (Lihat lampiran)
§  Alternatif kegiatan, akan lebih baik lagi diperlihatkan langsung aneka jenis timbangan.
§  Siswa mengerjakan latihan di Buku Siswa dengan memasangkan benda dengan alat ukur yang tepat.
§  Selanjutnya siswa menyimak penjelasan guru cara membaca timbangan dengan satuan kg dan gram.
§  Siswa mengerjakan latihan di buku soal. Mandiri
§  Setelah selesai, siswa menyimak tentang gas LPG, apakah siswa menggunakan gas tersebut di rumah? Apakah pernah melihat berat tabung LPG?
§  Guru dapat menambahkan manfaat penggunaan LPG dibandingkan kayu bakar atau minyak tanah, yaitu sebagai berikut.
Kelebihan pemakaian LPG sebagai bahan bakar bila dibandingkan dengan bahan bakar lainnya (misalnya kayu bakar ataupun minyak tanah) yaitu mudah dalam penggunaan, lebih bersih, dan lebih praktis.
§  Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya.
§  Kegiatan dilanjutkan dengan membaca ulasan di Buku Siswa tentang kebakaran hutan.
§  Siswa mengajukan pertanyaan seputar wacana yang dibaca. Communication
§  Siswa lain dapat menanggapi pertanyaan temannya.
§  Siswa berdiskusi tentang ajakan presiden tentang gotong royong, mengapa gotong royong itu penting? Apakah gotong royong masih berjalan saat ini.
§  Siswa menjawab pertanyaan di Buku Siswa.
§  Setelah itu guru membuka diskusi tentang kegiatan gotong royong pada diri siswa. Apakah sejauh ini siswa sudah melakukannya? Apakah merasa perlu untuk melakukan kegiatan gotong royong? Critical Thinking and Problem Solving
150 menit
Penutup
¡   Setelah berdiskusi, siswa melakukan refleksi dengan mengisi pernyataan di Buku Siswa
¡   Kegiatan diakhiri dengan mengucapkan syukur untuk kegiatan hari ini. Ajak siswa untuk melaksanakan kegiatan gotong royong di rumah, saling membantu dengan tetangga sekitar. Dengan saling bantu akan memperkuat persatuan dan memudahkan kita dalam melewati masalah.
¡   Menyanyikan lagu daerah “Kicir-Kicir”
¡   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius
15 menit

E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Pedoman Guru Tema : Benda di Sekitarku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡  Buku Siswa Tema : Benda di Sekitarku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡  Timbangan, akan lebih baik jika bisa menampilkan aneka jenis timbangan.
¡  Balon
¡  Kantong plastik



Mengetahui
Kepala Sekolah




.............................................
…………, ………….2018
Guru Kelas III




............................................




Comments