RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester : III (Tiga) / 1
Tema 4 : Kewajiban
dan Hakku
Sub Tema 3 : Kewajiban dan Hakku dalam Bertetangga
Pembelajaran : 6
Alokasi Waktu : 1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan: ..................... / ........................
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
BAHASA INDONESIA
NO
|
KOMPETENSI DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.10 Mencermati ungkapan atau kalimat saran,
masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) dalam teks tulis.
|
3.10.1Menjelaskan
maksud ungkapan atau kalimat penyelesaian
masalah (sederhana)
|
2
|
4.10Memeragakan ungkapan atau kalimat saran,
masukan, dan
penyelesaian masalah (sederhana)
sebagai bentuk ungkapan
diri menggunakan kosa
kata baku dan kalimat efektif
yang dibuat sendiri
|
4.10.1Menyatakan secara lisan
ungkapan penyelesaian
masalah (sederhana)
|
PPKn
NO
|
KOMPETENSI DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
1.2 Menghargai kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolah sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan
Yang Maha
Esa
|
1.2.1Memahami ungkapan
yang menyatakan kewajiban
dan hak dalam bertetangga
|
2
|
2.2 Melaksanakan kewajiban dan hak sebagai anggota
keluarga dan
warga sekolah
|
2.2.1Mengerti pengalaman
pelaksanaan kewajiban dan hak
|
3
|
3.2 Mengidentifikasi kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolah
|
3.2.1Menemukan
ungkapan yang menyatakan kewajiban
dan hak dalam bertetangga
|
4
|
4.2Menyajikan hasil identifikasi kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan
wargasekolah
|
4.2.1Memeragakan pengalaman
pelaksanaan kewajiban dan hak
|
MATEMATIKA
NO
|
KOMPETENSI DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.3 Menyatakan suatu bilangan sebagai jumlah, selisih,
hasil kali,
atau hasil bagi dua bilangan
cacah
|
3.3.1Menentukan
dua bilangan
yang hasil kalinya diketahui
|
2
|
4.3 Menilai apakah suatu bilangan dapat dinyatakan sebagai jumlah, selisih, hasil
kali, atau hasil
bagi dua bilangan cacah
|
4.3.1Membuat perkalian dua bilangan cacah yang hasilnya
ditentukan sendiri
|
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Dengan membaca teks, siswa dapat
menemukan ungkapan yang menyatakan kewajiban
dan hak dalam bertetangga dengan tepat.
2.
Dengan mengetahui kewajiban dan hak
dalam bertetangga, siswa dapat memeragakan
pengalaman pelaksanaan kewajiban dan hak dengan tepat.
3.
Dengan memahami permasalahan dalam
cerita, siswa dapat menentukan dua bilangan
yang hasil kalinya diketahui dengan tepat.
4.
Dengan melihat contoh permasalahan
dalam cerita siswa dapat membuat perkalian dua bilangan cacah yang hasilnya
ditentukan sendiri dengan tepat.
5.
Dengan membaca teks, siswa dapat
menjelaskan maksud ungkapan atau kalimat penyelesaian
masalah (sederhana) dengan tepat.
6.
Dengan memahami masalah, siswa dapat
menyatakan secara lisan ungkapan penyelesaian
masalah (sederhana) dengan tepat.
7.
Dengan menyimpulkan apa yang telah
mereka pelajari hari ini, siswa dapat bersyukur
kepada Tuhan dan menyadari kewajiban dan hak sebagai makhluk Tuhan di tengah kebersamaan dengan
lingkungan.
v Karakter siswa yang diharapkan :
|
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
|
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡
Guru membuka pembelajaran dengan doa bersama dan memberi
kesempatan kepada siswa menyampaikan apa yang telah mereka pelajari sebelumnya. Religius
¡
Menyanyikan lagu
“Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Indonesia Pusaka”. Nasionalis
¡
Guru menyampaikan bahwa hari ini mereka akan belajar tentang pentingnya menghargai
saling membantu sesama tetangga. Communication
¡
Pembiasaan Membaca 15
menit. Literasi
¡ Siswa mendapat kesempatan berbagi pengalaman tentang
membantu tetangga.
|
10 menit
|
Inti
|
§
Siswa membaca teks “ Wabah
Demam Berdarah”. Literasi
§
Siswa menyebutkan isi teks
yang dibacanya.
§
Siswa menyampaikan
pendapatnya tentang isi masalah
pada teks dan cara penyelesaiannya. Communication
§
Siswa menjelaskan maksud
kalimat penyelesaian masalah deangan cara menjawab pertanyaan-pertanyaan pada
teks. Critical Thinking and Problem Solving
§
Siswa mengamati kembali isi
teks.
§
Siswa menggaris bawahi
kalimat yang menunjukkan kewajiban.
§
Siswa menyampaikan hak yang
mungkin diterimanya ketika
melaksanakan kewajiban di depan kelas. Communication
§
Siswa membaca teks pengantar
kegiatan.
§
Siswa membentuk kelompok
untuk berdiskusi. Collaboration
§
Siswa mendiskusikan apa yang
dapat Lani lakukan untuk
Dayu. Gotong Royong
§
Siswa membuat percakapan
antara Lani dengan Dayu
dan menuliskannya pada buku latihan mereka
§
Siswa memeragakan percakapan
antara Lani dan Dayu.
§
Siswa mengamati permasalahan
yang ada dalam cerita.
§
Siswa mencoba menyelesaikan
masalah yang ada. Critical Thinking and
Problem Solving
§
Mintalah siswa mengamati
kembali cerita. Lalu ajak
mereka untuk membuat permasalahan lain berdasarkan
cerita tersebut. Gunakan bilangan yang berbeda.
Creativity and Innovation
§
Siswa menentukan bilangan
hasil perkalian.
§
Siswa menentukan dua
bilangan yang hasil perkaliannya
sama dengan bilangan yang ditentukan.
§
Jika memungkinkan siswa
membuat beberapa alternatif
pemecahannya.
§
Setelah selesai mengerjakan
tugas, siswa diingatkan untuk
banyak berlatih di rumah dan bisa membuat cerita sendiri.
|
35 Menit X 30 JP
|
Penutup
|
¡ Kegiatan
diakhiri dengan mengulas kembali apa yang sudah mereka lakukan sejak pagi dan
ditutup dengan bersyukur kepada Tuhan dan menyimpulkan bahwa Tuhan menciptakan
manusia untuk saling tolong menolong. Religius
|
15 menit
|
E. SUMBER DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Pedoman Guru Tema : Kewajiban
dan Hakku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2018).
¡ Buku Siswa Tema : Kewajiban dan
Hakku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡ Poster 3 M (Menguras, Menutup, Mengubur)
¡ Buku teks
Mengetahui
Kepala Sekolah
..............................................
|
…………, ………….2018
Guru Kelas III
.................................................
|
Comments