RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KURTILAS KELAS 3 TEMA 4 SUBTEMA 3


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :     SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester          :     III (Tiga) / 1
Tema 4                            :     Kewajiban dan Hakku
Sub Tema 3                   :     Kewajiban dan Hakku dalam Bertetangga
Pembelajaran                :     6
Alokasi Waktu               :     1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan:    ..................... / ........................

A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
BAHASA INDONESIA
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.10 Mencermati ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) dalam teks tulis.
3.10.1Menjelaskan maksud ungkapan atau kalimat penyelesaian masalah (sederhana)
2
4.10Memeragakan ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) sebagai bentuk ungkapan diri menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif yang dibuat sendiri
4.10.1Menyatakan secara lisan ungkapan penyelesaian masalah (sederhana)
PPKn
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
1.2 Menghargai kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolah sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
 1.2.1Memahami ungkapan yang menyatakan kewajiban dan hak dalam bertetangga
2
2.2 Melaksanakan kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolah
 2.2.1Mengerti pengalaman pelaksanaan kewajiban dan hak
3
3.2  Mengidentifikasi kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolah
3.2.1Menemukan ungkapan yang menyatakan kewajiban dan hak dalam bertetangga
4
4.2Menyajikan hasil identifikasi kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan wargasekolah
4.2.1Memeragakan pengalaman pelaksanaan kewajiban dan hak

MATEMATIKA
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.3 Menyatakan suatu bilangan sebagai jumlah, selisih, hasil kali, atau hasil bagi dua bilangan cacah
3.3.1Menentukan dua bilangan yang hasil kalinya diketahui
2
4.3 Menilai apakah suatu bilangan dapat dinyatakan sebagai jumlah, selisih, hasil kali, atau hasil bagi dua bilangan cacah
4.3.1Membuat perkalian dua bilangan cacah yang hasilnya ditentukan sendiri

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Dengan membaca teks, siswa dapat menemukan ungkapan yang menyatakan kewajiban dan hak dalam bertetangga dengan tepat.
2.    Dengan mengetahui kewajiban dan hak dalam bertetangga, siswa dapat memeragakan pengalaman pelaksanaan kewajiban dan hak dengan tepat.
3.    Dengan memahami permasalahan dalam cerita, siswa dapat menentukan dua bilangan yang hasil kalinya diketahui dengan tepat.
4.    Dengan melihat contoh permasalahan dalam cerita siswa dapat membuat perkalian dua bilangan cacah yang hasilnya ditentukan sendiri dengan tepat.
5.    Dengan membaca teks, siswa dapat menjelaskan maksud ungkapan atau kalimat penyelesaian masalah (sederhana) dengan tepat.
6.    Dengan memahami masalah, siswa dapat menyatakan secara lisan ungkapan penyelesaian masalah (sederhana) dengan tepat.
7.    Dengan menyimpulkan apa yang telah mereka pelajari hari ini, siswa dapat bersyukur kepada Tuhan dan menyadari kewajiban dan hak sebagai makhluk Tuhan di tengah kebersamaan dengan lingkungan.

v   Karakter siswa yang diharapkan   :
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas


D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
¡  Guru membuka pembelajaran dengan doa bersama dan memberi kesempatan kepada siswa menyampaikan apa yang telah mereka pelajari sebelumnya. Religius
¡  Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Indonesia Pusaka”. Nasionalis
¡  Guru menyampaikan bahwa hari ini mereka akan belajar tentang pentingnya menghargai saling membantu sesama tetangga. Communication
¡  Pembiasaan Membaca 15 menit. Literasi
¡  Siswa mendapat kesempatan berbagi pengalaman tentang membantu tetangga.
10 menit
Inti
§  Siswa membaca teks “ Wabah Demam Berdarah”. Literasi
§  Siswa menyebutkan isi teks yang dibacanya.
§  Siswa menyampaikan pendapatnya tentang isi masalah pada teks dan cara penyelesaiannya. Communication
§  Siswa menjelaskan maksud kalimat penyelesaian masalah deangan cara menjawab pertanyaan-pertanyaan pada teks. Critical Thinking and Problem Solving
§  Siswa mengamati kembali isi teks.
§  Siswa menggaris bawahi kalimat yang menunjukkan kewajiban.
§  Siswa menyampaikan hak yang mungkin diterimanya ketika melaksanakan kewajiban di depan kelas. Communication
§  Siswa membaca teks pengantar kegiatan.
§  Siswa membentuk kelompok untuk berdiskusi. Collaboration
§  Siswa mendiskusikan apa yang dapat Lani lakukan untuk Dayu. Gotong Royong
§  Siswa membuat percakapan antara Lani dengan Dayu dan menuliskannya pada buku latihan mereka
§  Siswa memeragakan percakapan antara Lani dan Dayu.
§  Siswa mengamati permasalahan yang ada dalam cerita.
§  Siswa mencoba menyelesaikan masalah yang ada. Critical Thinking and Problem Solving
§  Mintalah siswa mengamati kembali cerita. Lalu ajak mereka untuk membuat permasalahan lain berdasarkan cerita tersebut. Gunakan bilangan yang berbeda. Creativity and Innovation
§  Siswa menentukan bilangan hasil perkalian.
§  Siswa menentukan dua bilangan yang hasil perkaliannya sama dengan bilangan yang ditentukan.
§  Jika memungkinkan siswa membuat beberapa alternatif pemecahannya.
§  Setelah selesai mengerjakan tugas, siswa diingatkan untuk banyak berlatih di rumah dan bisa membuat cerita sendiri.
35 Menit X  30 JP
Penutup
¡  Kegiatan diakhiri dengan mengulas kembali apa yang sudah mereka lakukan sejak pagi dan ditutup dengan bersyukur kepada Tuhan dan menyimpulkan bahwa Tuhan menciptakan manusia untuk saling tolong menolong. Religius
15 menit

E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Pedoman Guru Tema : Kewajiban dan Hakku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡  Buku Siswa Tema : Kewajiban dan Hakku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡  Poster 3 M (Menguras, Menutup, Mengubur)
¡  Buku teks



Mengetahui
Kepala Sekolah




..............................................

…………, ………….2018
Guru Kelas III




.................................................













Comments