RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester : III
(Tiga) / 1
Tema 3 : Benda
di Sekitarku
Sub Tema 4 : Keajaiban
Perubahan Wujud di Sekitarku
Pembelajaran : 3
Alokasi Waktu : 1
Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan : .....................
/ ........................
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.1 Menggali informasi tentang konsep perubahan wujud benda dalam
kehidupan sehari-hari yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual,
dan/atau eksplorasi lingkungan.
|
3.1.1
Membaca wacana.
3.1.2
Menemukan kata atau istilah baru yang terkait perubahan wujud.
|
2
|
4.1 Menyajikan hasil informasi tentang konsep perubahan wujud benda
dalam kehidupan sehari-hari dalam bentuk lisan, tulis, dan visual menggunakan
kosakata baku dan kalimat efektif.
|
4.1.1
Bercerita tentang langkah mengurangi pemanasan global dengan.
|
Matematika
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.7
Mendeskripsikan dan menentukan hubungan antar satuan baku untuk panjang, berat,
dan waktu yang umumnya digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
|
1.7.1 Melakukan
permainan “BINGO”.
1.7.2 Berlatih
mengkonversi satuan waktu baku ke satuan waktu baku lainnya.
|
2
|
4.7 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan hubungan antarsatuan baku untuk panjang, berat,
dan waktu yang umumnya digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
|
4.7.1
Mengerjakan soal latihan.
4.7.2
Melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan yang terkait dengan waktu.
|
SBdP
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.4 Mengetahui teknik
potong, lipat, dan sambung.
|
3.4.1
Mengidentifikasi teknik melipat kain.
|
2
|
4.4 Membuat karya
dengan teknik potong, lipat, dan sambung
|
4.4.1 Mempraktikkan cara melipat baju.
4.4.2 Menggunakan bermacam teknik melipat kain
dengan minimal menggunakan satu teknik.
|
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Dengan membaca wacana, siswa dapat
menemukan kata atau istilah baru yang terkait perubahan wujud dengan tepat.
2.
Dengan kegiatan bercerita tentang
topik pemanasan global, siswa dapat bercerita tentang langkah mengurangi
pemanasan global dengan percaya diri.
3.
Dengan melakukan permainan “BINGO”,
siswa dapat berlatih mengkonversi satuan waktu baku ke satuan waktu baku
lainnya.
4.
Dengan mengerjakan soal latihan, siswa
dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan yang terkait dengan waktu
dengan benar.
5.
Dengan memerhatikan penjelasan guru,
siswa dapat mengidentifikasi teknik melipat kain dengan benar.
6.
Dengan mempraktikkan cara melipat
baju, siswa dapat menggunakan bermacam teknik melipat kain dengan minimal
menggunakan satu teknik.
v Karakter siswa yang
diharapkan :
|
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
|
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡ Guru menyapa siswa, menanyakan
kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
¡ Siswa berdoa bersama sesuai dengan
agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa. Religius
¡
Menyanyikan lagu
“Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Satu Nusa Satu
Bangsa”. Nasionalis
¡ Guru membuka pelajaran dengan memberikan
informasi tentang kegiatan hari ini. Sampaikan bahwa pada hari ini kita akan
mempelajari perubahan wujud yang terjadi pada es di kutub utara dan selatan
karena efek pemanasan global.
¡ Pembiasaan
Membaca 15 menit. Literasi
¡ Guru mengajukan pertanyaan tentang
pemanasan global, apakah ada siswa yang tahu tentang apa itu pemanasan
global. Berikan kesempatan siswa untuk menjawab, biarkan siswa
mengemukakannya walaupun jawabannya mungkin masih keliru. Communication
|
10 menit
|
Inti
|
§
Setelah mendengarkan jawaban siswa tentang pemanasan
global. Siswa membaca
penjelasan tentang pemanasan global di Buku Siswa.
§
Setelah membaca siswa diberi kesempatan untuk
mengemukakan pertanyaan seputar
pemanasan global.
![]()
§
Guru memberikan beberapa pertanyaan untuk memancing
kedalaman pemahaman
siswa. Beberapa contoh pertanyaan yang dapat diajukan adalah sebagai berikut.
a. Apa yang
menyebabkan pemanasan global?
b. Apa yang
terjadi pada es di wilayah kutub ketika pemanasan global terjadi?
c. Perubahan
wujud apa yang terjadi saat es mencair?
d. Apa yang
terjadi jika es di kutub terus menerus mencair?
e. Bagaimana
mengurangi laju pemanasan global?Apa yang dapat kalian lakukan?
§
Setelah itu siswa berefleksi apakah pendapat mereka di
awal tentang pemanasan global sama dengan yang ada di
wacana? Siswa mengemukakan pendapatnya.
§
Selanjutnya siswa mencatatkan kosakata baru yang belum
diketahuinya. Siswa dapat
mencari arti kosakata tersebut di kamus. Siswa dapat berdiskusi dengan teman.
§
Setelah itu siswa membuat kalimat dari kosakata baru
tersebut.
§
Guru mengarahkan siswa untuk membentuk kelompok diskusi.
§
Dalam kelompok siswa mendiskusikan pertanyaan yang ada di
Buku Siswa, pertanyaan
yang harus dijawab oleh siswa adalah sebagai berikut: Communication
a. Apa yang
dimaksud pemanasan global?
b. Bencana apa
yang akan terjadi di bumi jika pemanasan global terus dibiarkan?
c. Apa yang
dapat kita lakukan untuk mengurangi laju pemanasan global?
§
Siswa dapat menggunakan referensi seperti buku yang ada
di perpustakaan, ataupun
informasi melalui internet (jika ada akses internet). Jika menggunakan akses internet dalam menggali
informasi, arahkan siswa untuk selalu:
a. Menuliskan
sumber (alamat website dari data yang diambil),
b. Membaca
secara utuh, tidak langsung copy-paste.
§
Setelah itu siswa menuliskan hasil diskusi kelompok di
lembar yang tersedia di Buku Siswa.
Guru mengarahkan siswa untuk menulis dengan huruf besar dan tanda baca yang benar. Guru
memastikan siswa menuliskan masing-masing.
§
Diskusi kelompok diperkenankan untuk menggali informasi,
namun untuk kegiatan
menulis adalah tugas individu.
§
Setelah siswa menuliskan hasil diskusi kelompok, guru
meminta siswa untuk
menyebutkan apa yang akan mereka lakukan untuk menggurangi laju pemanasan global. Siswa diarahkan
untuk menyampaikan secara bergantian dan mendengarkan pendapat temannya.
§
Siswa mencari tahu apa yang dilakukan oleh Siti untuk
mengurangi pemanasan global.
§
Siswa mengemukakan pendapatnya, apakah mereka senang
bersepeda seperti Siti?
§
Pernahkah siswa menghitung waktu yang ditempuh untuk naik
sepeda dari satu tempat ke
tempat lain? Jika waktu yang ditempuh Siti pergi ke sekolah adalah 90 menit, berapa lam waktu yang
ditempuh dalam satuan jam dan menit?
§
Siswa diberi kesempatan untuk menghitung dan menjawab
pertanyaan tersebut.
§
Siswa diberi kesempatan untuk maju ke depan menuliskan cara
menghitung dengan
benar. Siswa mendapatkan pengarahan dari guru jika masih ditemukan kekeliruan.
§
Setelah itu siswa berlatih untuk mengubah konversi waktu
dari satuan jam ke menit atau
selebihnya, melalui permainan “BINGO”.
§
Siswa membaca terlebih dahulu aturan yang ada Buku Siswa.
Setelah itu siswa dapat
mengajukan pertanyaan kepada guru yang terkait permainan tersebut. Critical Thinking
and Problem Solving
§
Langkah permainan “BINGO” adalah sebagai berikut: Creativity and
Innovation
a. Siswa
membentuk kelompok yang terdiri dari dua orang.
b. Siswa
menggunting kartu yang ada di Buku Siswa (karena masing-masing siswa mempunyai Buku Siswa, dapat
menggunakan salah satunya).
c. Setelah
digunting, kartu dikocok dan diletakkan di tengah pemain dalam keadaan tertutup.
d. Setiap anak
mendapatkan giliran untuk mengambil kartu secara bergantian.
e. Anak yang
mendapatkan kartu harus menyelesaikan soal pada kartu tersebut.
f. Temukan
jawaban yang cocok pada tabel, berilah tanda pada kota yang berisi jawaban itu. Anak pertama
dapat memberik tanda silang (x) dan anak kedua dapat memberi tanda lingkaran (o).
§
Guru berkeliling memerhatikan siswa dalam melakukan
permainan ini.
§
Setelah selesai permainan, siswa menyimak penjelasan guru
tentang bagaimana mengurangkan
dan menambah waktu.
§
Kegiatan diawali dengan bercerita tentang kegiatan Udin.
Udin menyalakan lampu kamar di pagi hari selama 1 jam 30
menit lalu dimalam hari selama
4 jam 45 menit.
Berapa lama Udin menyalakan lampu kamar?
![]()
§
Selanjutnya siswa mendengarkan cerita Edo.
Waktu yang dibutuhkan Edo ke rumah paman yang berada di
luar kota dengan menggunakan
motor adalah 1 jam 30 menit. Dengan menggunakan kendaraan umum, waktu yang dibutuhkan adalah 1
jam 55 menit. Berapa perbedaan waktu menggunakan motor dibandingkan dengan kendaraan umum?
§
Siswa diberi kesempatan untuk menjawab pertanyaan
tersebut. Setelah itu guru menjelaskan
operasi pengurangan satuan waktu.
![]()
§
Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya jika belum
memahami operasi penjumlahan
dan pengurangan satuan waktu baku.
§
Setelah itu siswa mengerjakan soal yang ada di Buku
Siswa. Alternatif kegiatan: Mandiri
§
Sebelum siswa mengerjakan soal latihan di Buku Siswa,
akan lebih baik jika guru memberikan
soal yang dapat dikerjakan siswa di papan tulis agar guru dapat memantau pemahaman siswa terhadap
penjelasan sebelumnya.
§
Bersama memeriksa hasil pekerjaan dan guru memberikan
penilaian.
§
Kegiatan dilanjutkan dengan siswa menyimak penjelasan
guru tentang fungsi matahari
bagi kehidupan manusia. Letak matahari yang sangat tepat sehingga kondisi di bumi tidak terlalu panas
ataupun tidak terlalu dingin. Manusialah yang mengakibatkan kondisi di bumi menjadi tidak nyaman.
Tuhan menciptakan segala
sesuatu di bumi nyaman untuk ditinggali. Manusia harus menjaga bumi agar terus nyaman untuk ditinggali. Critical Thinking
and Problem Solving
§
Siswa menyimak penjelasan guru tentang kegiatan melipat
pada pembelajaran kali ini.
Guru akan mengambil nilai dari kegiatan melipat baju yang telah dipelajari sebelumnya. Communication
§
Siswa menyimak cara guru melipat baju, dua cara
dipraktikkan oleh guru, baik cara biasa
ataupun cara cepat.
§
Siswa diberi waktu untuk latihan kembali selama 10 menit,
setelah itu siswa dipanggil
satu per satu untuk mempraktikkan cara melipat baju dengan benar.
§
Setelah siswa diambil nilainya untuk melipat baju, siswa
melakukan penilaian diri
terhadap keterampilan melipat yang dikuasainya. Siswa mengisi tabel yang telah disiapkan. Mandiri
|
150 menit
|
Penutup
|
¡ Guru mengulang
kembali beberapa materi pada hari ini, mulai dari pemanasan global sampai teknik
melipat. Siswa menyampaikan pendapatnya tentang penguasaan
materi, apakah ada hal yang masih kurang dipahami oleh siswa.
¡ Kegiatan
ditutup dengan mensyukuri segala nikmat yang Tuhan berikan pada hari ini
sehingga siswa dapat belajar dengan nyaman. Siswa diingatkan untuk selalu
peduli dengan Bumi tempat tinggal kita, ingatkan untuk menjaga lingkungan.
Lakukan hal sederhana untuk menahan laju pemanasan global, seperti
penghematan listrik, menggunakan sepeda untuk berangkat ke sekolah, memelihara
tumbuhan, menghemat listrik dan air.
¡ Menyanyikan lagu daerah “Apuse
¡ Kegiatan kelas
diakhiri dengan doa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan
masing-masing oleh petugas. Religius
|
15 menit
|
E. SUMBER DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Pedoman Guru Tema : Benda
di Sekitarku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum
2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡ Buku Siswa Tema : Benda di
Sekitarku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡ Kain, baju, handuk, atau sajadah (untuk praktik melipat kain).
Mengetahui
Kepala Sekolah
.........................................
|
…………, ………….2018
Guru Kelas III
.........................................
|
Comments