RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester : III (Tiga) / 1
Tema 3 : Benda di Sekitarku
Sub Tema 2 : Wujud
Benda
Pembelajaran : 6
Alokasi Waktu : ........... x
150 menit
Hari / Tgl Pelaksanaan: ..................... / ........................
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama
yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.1 Menggali informasi tentang konsep perubahan wujud benda dalam
kehidupan sehari-hari yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual,
dan/atau eksplorasi lingkungan.
|
1.1.1
Menjelaskan makna istilah
kata tentang perubahan wujud.
|
2
|
4.1 Menyajikan hasil informasi tentang konsep perubahan wujud benda
dalam kehidupan sehari-hari dalam bentuk lisan, tulis, dan visual menggunakan
kosakata baku dan kalimat efektif.
|
4.1.1
Mengidentifikasi wujud benda.
4.1.1
Menyusun informasi tetang wujud benda dengan kalimat efektif.
|
PPKn
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
1.1 Menerima arti bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan
padi kapas pada lambang negara “Garuda Pancasila” sebagai anugerah Tuhan Yang
Maha Esa.
|
1.1.1
Memahami arti penting hidup
sederhana dengan tepat.
|
2
|
1.1
Bersikap jujur, peduli, kasih sayang
sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
|
2.1.1 Mengerti refleksi diri tentang hidup sederhana.
|
3
|
3.1 Memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.
|
3.1.1
Memaparkan arti penting hidup sederhana dengan tepat.
|
4
|
4.1 Menceritakan arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.
|
4.1.1 Membuat refleksi diri tentang hidup sederhana.
|
Matematika
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.7
Mendeskripsikan dan menentukan hubungan antar satuan baku untuk panjang, berat,
dan waktu yang umumnya digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
|
1.7.1
Memasangkan satuan berat
1.7.2
Menyebutkan satuan berat baku
yang biasa digunakan.
|
2
|
4.7 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan hubungan antarsatuan baku untuk panjang, berat,
dan waktu yang umumnya digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
|
4.7.1
Menimbang berat dengan satuan baku.
|
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Dengan melengkapi peta konsep, siswa
dapat menjelaskan makna istilah kata tentang perubahan wujud dengan tepat.
2.
Dengan mengelompokkan benda, siswa
dapat mengidentifikasi wujud benda dengan tepat.
3.
Dengan kegiatan menulis, siswa dapat
menyusun informasi tetang wujud benda dengan kalimat efektif.
4.
Dengan memasangkan satuan berat, siswa
dapat menyebutkan satuan berat baku yang biasa digunakan dengan tepat.
5.
Dengan kegiatan menimbang, siswa dapat
menimbang berat dengan satuan baku.
6.
Dengan menuliskan pendapat tentang
hidup sederhana, siswa dapat memaparkan arti penting hidup sederhana dengan
tepat.
7.
Dengan membuat refleksi diri tentang
hidup sederhana, siswa dapat menceritakan pengalaman hidup sederhana.
v Karakter siswa yang
diharapkan :
|
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
|
D. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡ Guru menyapa siswa, menanyakan
kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
¡ Siswa berdoa bersama sesuai dengan
agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa. Religius
¡ Menyanyikan
lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Maju Tak
Gentar”. Nasionalis
¡ Pembiasaan
Membaca 15 menit. Literasi
¡ Guru dan siswa mengulang kembali
pelajaran sebelumnya mengenai tentang aneka wujud benda. Guru memberikan
pertanyaan sebagai berikut
- Apa saja wujud benda yang kamu
ketahui?
- Apa contoh wujud cair? Bagaimana
sifat benda berwujud cair?
- Apa contoh wujud padat? Bagaimana
sifat benda berwujud padat?
- Apa contoh wujud gas? Bagaimana
sifat benda berwujud gas?
¡ Siswa mendiskusikan apa yang terjadi
jika wujud hanya satu jenis? Siswa mengemukankan pendapatnya.
|
10 menit
|
Inti
|
§
Siswa menyimak penjelasan guru
tentang bagaimana mengisi peta konsep. Communication
§
Peta konsep perlu diisikan
wujud bendanya, sifatnya seperti apa, dan contohnya minimal
dua setiap wujud.
§
Setelah itu siswa mengisi peta
konsep tentang wujud benda. Mandiri
§
Guru berkeliling kelas dan
membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam mengerjakan
peta konsep. Setelah mengisi peta konsep siswa membentuk kelompok yang
terdiri dari 3-4 siswa. Collaboration
§
Siswa mengadakan pengamatan di
luar kelas, terkait bahan pembentuk wujud benda
dan fungsi benda.
§
Siswa harus mencari perwakilan
setiap wujud dalam pengamatannya.
§
Siswa menuliskan hasil
pengamatan di Buku Siswa, berupa nama benda, bahan pembentuk,
wujud benda, dan fungsi benda. Creativity and Innovation
§
Guru memeriksa hasil
pengamatan siswa. Perwakilan kelompok dapat mempresentasikan
hasil pengamatannya di depan kelas.
§
Selanjutnya siswa menulis
karangan tentang wujud benda di sekitarnya.
§
Guru memberikan arahan tentang
penulisan huruf besar dan tanda baca.
§
Siswa dapat membuat kerangka
karangan terlebih dahulu, setelah menuliskan konsep
awal di kertas terpisah. Mandiri
§
Guru mengoreksi konsep awal
penulisan, berikan masukan tentang alur karangan, huruf besar dan
tanda baca.
§
Setelah mendapatkan koreksi
dari guru, siswa menuliskan di Buku Siswa.
§
Kegiatan dilanjutkan dengan
guru memberi pertanyaan apakah wujud dari timbangan
(padat). Apakah ada wujud lain dari timbangan benda?
§
Siswa diminta menyebutkan
satuan berat yang ia ketahui.
§
Sampaikan bahwa satuan berat
saling berhubungan. Ajak siswa untuk menemukan dan membuktikan
berat benda. Critical Thinking and Problem Solving
§
Guru mempersiapkan benda
dengan berat 1 kg dan 1000 gram, minta siswa menimbang
benda dengan berat 1 kg dan 1000 gram.
§
Biarkan siswa menemukan
hubungan antarkonversi berat.
§
Ajak siswa mengemukakan hasil
pengamatannya.
§
Guru menjelaskan hubungan
antarsatuan
~ 1 kg = 10 ons
~ 1 kg = 1000 g
~ 1 ons = 100 g
§
Guru dapat memperkenalkan
konsep dengan tangga satuan berat baku.
![]()
§
Kegiatan selanjutnya adalah
memprediksi satuan berat yang dipakai dalam soal.
§
Mendiskusikan jawaban
bersama-sama. Gotong Royong
§
Kegiatan dilanjutkan dengan
berlatih menimbang badan.
§
Siswa dibagi dalam kelompok
yang terdiri dari 4-5 siswa. Collaboration
§
Dalam kelompok, siswa
menimbang berat seluruh anggota keluarga secara bergiliran.
§
Caranya adalah satu orang naik
ke timbangan dan teman-teman lainnya membaca timbangan.
§
Siswa mencatat hasilnya di
tabel.
§
Siswa mengurutkan berat badan
teman-teman dalam kelompok.
§
Kegiatan selanjutnya adalah
dengan membaca aktivitas Lani yang ada di Buku Siswa. Communication
§
Guru mengajukan pertanyaan
tentang hidup sederhana, contoh pertanyaan:
- Apakah
kamu mengetahui konsep hidup sederhana?
- Apakah
kamu sudah menjalani gaya hidup sederhana?
§
Berikan kesempatan untuk siswa
mendefinisikan arti hidup sederhana.
§
Setelah siswa merumuskan arti
sederhana, siswa melingkari kata yang sesuai dengan
definisi hidup sederhana.
§
Siswa dapat menjelaskan
pilihan katanya, jika ada kata lain siswa diperkenankan
untuk menambahkannya.
§
Selanjutnya siswa menuliskan
pendapatnya tentang pentingnya hidup sederhana diterapkan dalam
kehidupan sehari-hari. Creativity and Innovation
§
Dalam kelompok, setiap anak
berbagi cerita tentang sikap hidup sederhana yang mereka
telah lakukan.
§
Siswa secara bergiliran
mendengarkan pengalaman temannya.
§
Siswa menuliskan ceritanya
sendiri di Buku Siswa.
§
Setelah berdiskusi siswa
memilih cerita yang menurut kelompoknya cerita terbaik,
perwakilan siswa dalam kelompok menceritakannya di depan kelas. Communication
§
Setelah berbagi cerita, siswa
melakukan refleksi tentang penerapan hidup sederhana
yang dilakukan selama ini. Creativity and Innovation
§
Siswa membaca pernyataan yang
ada menentukan sikapnya, apakah setuju ragu-ragu ataukah tidak setuju
dengan pernyataan. Minta siswa menjawab dengan jujur.
|
150 menit
|
Penutup
|
¡ Kegiatan
diakhiri dengan mengucapkan syukur untuk nikmat yang telah diberikan
selama pembelajaran hari ini. Siswa menyimak pesan guru tentang pentingnya hidup
sederhana.
¡ Menyanyikan lagu daerah “Potong
Bebek”
¡ Kegiatan
kelas diakhiri dengan doa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing oleh
petugas. Religius
|
15 menit
|
E. SUMBER DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Pedoman Guru Tema : Benda
di Sekitarku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum
2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡ Buku Siswa Tema : Benda di
Sekitarku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡ Buku Siswa
Mengetahui
Kepala Sekolah
..........................................
|
…………, ………….2018
Guru Kelas III
..............................................
|
Comments