RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KURTILAS KELAS 3 PEMBELAJARAN 5 TEMA 4 SUBTEMA 4


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan      :     SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester          :     III (Tiga) / 1
Tema 4                            :     Kewajiban dan Hakku
Sub Tema 4                   :     Kewajiban dan Hakku sebagai Warga Negara
Pembelajaran                :     5
Alokasi Waktu               :     1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan:    ..................... / ........................

A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
BAHASA INDONESIA
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.10  Mencermati ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) dalam teks tulis.
3.10.1Menjelaskan maksud ungkapan atau kalimat saran
2
4.10 Memeragakan ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) sebagai bentuk ungkapan diri menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif yang dibuat sendiri
4.10.1Menuliskan ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) sebagai warga negara
PPKn
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
1.2 Menghargai kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolah sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
1.2.1 Memahami kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga yang merupakan bagian dari warga negara dalam kehidupan sehari-hari
2
2.2 Melaksanakan kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolah
2.2.1Mengerti pengalamannya melaksanakan kewajiban dan haknya dalam kehidupan sehari-hari
3
3.2 Mengidentifikasi kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolah
3.2.1Menyebutkan kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga yang merupakan bagian dari warga negara dalam kehidupan sehari-hari
4
4.2 Menyajikan hasil identifikasi kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan wargasekolah
4.2.1Menceritakan pengalamannya melaksanakan kewajiban dan haknya dalam kehidupan sehari-hari

MATEMATIKA
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.3 Menyatakan suatu bilangan sebagai jumlah, selisih, hasil kali, atau hasil bagi dua bilangan cacah
3.3.1Menentukan dua bilangan cacah yang hasil baginya ditentukan sendiri
2
4.3 Menilai apakah suatu bilangan dapat dinyatakan sebagai jumlah, selisih, hasil kali, atau hasil bagi dua bilangan cacah
4.3.1Membuat pembagian dua bilangan cacah yang hasilnya diketahui

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.         Dengan membaca ungkapan saran pada teks, siswa dapat menjelaskan maksud ungkapan atau kalimat saran dengan tepat.
2.         Dengan membaca teks, siswa dapat menuliskan ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) sebagai warga negara dengan tepat.
3.         Dengan membaca teks, siswa dapat menyebutkan kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga yang merupakan bagian dari warga negara dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.
4.         Dengan mengetahui kewajiban dan hak sebagai warga negara berkaitan dengan agama, siswa dapat menceritakan pengalamannya melaksanakan kewajiban dan haknya dalam kehidupan sehari-hari dengan percaya diri.
5.         Dengan mengamati masalah dalam cerita, siswa dapat menentukan dua bilangan cacah yang hasil baginya ditentukan sendiri dengan tepat.
6.         Dengan mengamati contoh, siswa dapat membuat pembagian dua bilangan cacah yang hasilnya diketahui dengan tepat.
7.         Dengan menyimpulkan apa yang telah dipelajari hari ini, siswa dapat bersyukur kepada Tuhan dan memahami keberadaannya sebagai makhluk Tuhan di tengah makhluk Tuhan lainnya sehingga memiliki sikap saling menghargai, peduli, jujur, santun dan bertanggung jawab.


v   Karakter siswa yang diharapkan   :
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas

D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
¡  Guru membuka pembelajaran dengan memberi kesempatan kepada siswa menyampaikan apa yang telah mereka pelajari sebelumnya. Religius
¡  Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Himne Guru”. Nasionalis
¡  Guru menyampaikan bahwa hari ini mereka akan belajar tentang pentingnya saling menghargai dalam kehidupan beragama. Communication
¡  Pembiasaan Membaca 15 menit. Literasi
¡  Siswa mendapat kesempatan berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang menghargai orang lain dalam menjalankan agamanya.
10 menit
Inti
§  Siswa mengamati gambar pada buku.
§  Siswa menyampaikan hasil pengamatannya dan mengaitkannya dengan pengalaman pribadinya, apakah mereka suka jajan kue pada gambar, bagaimana kue itu biasa dikemas. Communication
§  Siswa juga berbagi pengalaman tentang jajanan kesukaannya. Diharapkan setiap siswa mengetahui jajanan kesukaan teman-teman sekelasnya.
§  Siswa membaca teks pada buku secara bergantian.
§  Siswa mengamati isi teks dan menemukan kalimat yang menunjukkan masalah dan saran pada teks. Critical Thinking and Problem Solving
§  Siswa secara bergantian menjelaskan maksud kalimat saran yang ditemukan pada teks. Gotong Royong
§  Siswa menuliskan saran tentang kehidupan beragama.
§  Siswa mnyebutkan kembali kewajiban yang harus dilakukan berkaitan dengan agama. Communication
§  Siswa menyebutkan hak-hak dalam beragama. Beri kesempatan kepada setiap siswa untuk menyebutkan satu hak.
§  Siswa menuliskan kewajiban dan hak berkaitan dengan kehidupan beragama dengan bahasanya sendiri.
§  Siswa diberi kesempatan menceritakan pengalamannya berteman dengan teman yang berbeda agama. Siswa juga dapat bercerita tentang pengalamannya bertetangga atau bersaudara yang berbeda agama dengannya. Siswa menceritakannya kepada teman di sebelahnya. Mereka berbagi cerita pengalaman masing-masing. Communication
§  Beberapa siswa mendapat kesempatan menceritakan pengalaman temannya yang baru saja didengarnya tadi kepada teman kelasnya. Communication
§  Siswa mengamati cerita pada buku. Tanyakan kepada siswa apakah mereka memahami maksud cerita? Ajak siswa berlatih terlebih dahulu dengan bilangan yang kecil.
Misalnya :
-        Jika banyaknya peserta pengajian 10 anak, tentukan banyaknya kue yang harus ibu buat. Ambil bilangan yang dapat habis dibagi bilangan hasil pembagian (10), misalnya 40, 100, 120.
-        Jika banyaknya kue 40, maka setiap peserta pengajian akan mendapat 4 kue. 4 didapat dari 40 di bagi 10 (banyak peserta pengajian).
-        Jika banyak peserta pengajian adalah 20, maka tentukan banyaknya kue dengan bilangan yang habis di bagi 20, dan seterusnya.
§  Setelah beberapa kali berlatih, minta siswa mengerjakan soal cerita pada buku.
§  Mintalah siswa mengamati kembali cerita. Lalu ajak mereka untuk membuat cerita seperti cerita tersebut dengan bilangan yang berbeda.
§  Siswa mengerjakan beberapa alternatif permasalahan. Critical Thinking and Problem Solving
§  Setelah selesai mengerjakan tugas, siswa diingatkan untuk banyak berlatih di rumah dan bisa membuat cerita sendiri
35 Menit X  30 JP
Penutup
¡  Kegiatan diakhir dengan mengulas kembali apa yang sudah dilakukan sejak pagi dan ditutup dengan bersyukur kepada Tuhan menyimpulkan bahwa manusia memiliki banyak perbedaan salah satunya beda agama. Setiap orang hendaknya saling menghargai, menghormati dan bekerja sama antar pemeluk agama. Religius
15 menit

E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Pedoman Guru Tema : Kewajiban dan Hakku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡  Buku Siswa Tema : Kewajiban dan Hakku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡  Gambar aneka tempat ibadah
¡  Buku teks


Mengetahui
Kepala Sekolah





.......................................
…………, ………….2018
Guru Kelas III





.....................................

Comments