RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KELAS 3 PEMBELAJARAN 3 TEMA 4 SUBTEMA 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :     SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester          :     III (Tiga) / 1
Tema 4                            :     Kewajiban dan Hakku
Sub Tema 1                   :     Kewajiban dan Hakku di Rumah
Pembelajaran                :     3
Alokasi Waktu               :     1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan:    ..................... / ........................

A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
BAHASA INDONESIA
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.10 Mencermati ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) dalam teks tulis.
3.10.1Menemukan ungkapan penyelesaian masalah (sederhana) berkaitan dengan tubuh yang sehat melalui diskusi
2
4.10  Memeragakan ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) sebagai bentuk ungkapan diri menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif yang dibuat sendiri
4.10.1Menuliskan masalah dan  penyelesaian masalah (sederhana) berkaitan dengan tubuh yang sehat

MATEMATIKA
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.3 Menyatakan suatu bilangan sebagai jumlah, selisih, hasil kali, atau hasil bagi dua bilangan cacah
3.3.1Menentukan dua bilangan cacah yang jumlahnya diketahui
2
4.3 Menilai apakah suatu bilangan dapat dinyatakan sebagai jumlah, selisih, hasil kali, atau hasil bagi dua bilangan cacah
4.3.1Membuat penjumlahan dua bilangan cacah yang hasilnya ditentukan sendiri

SBdP
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.2 Mengetahui bentuk dan variasi pola irama dalam lagu
3.2.1Mengidentifikasi bentuk pola irama sederhana dalam lagu dengan tepukan
2
4.2 Menampilkan bentuk dan variasi irama melalui lagu
4.2.1Memeragakan pola irama sederhana dalam lagu dengan tepukan

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Dengan membaca teks, siswa dapat menemukan ungkapan penyelesaian masalah (sederhana) berkaitan dengan tubuh yang sehat melalui diskusi dengan tepat.
2.    Dengan mengamati teks siswa dapat menuliskan masalah dan penyelesaian masalah (sederhana) berkaitan dengan tubuh yang sehat dengan tepat.
3.    Dengan mengamati cerita, siswa dapat menentukan dua bilangan cacah yang jumlahnya diketahui dengan tepat.
4.    Dengan mengamati contoh, siswa dapat membuat penjumlahan dua bilangan cacah yang hasilnya ditentukan sendiri dengan tepat.
5.    Dengan mengamati guru bernyanyi, siswa dapat mengidentifikasi bentuk pola irama sederhana dalam lagu dengan tepukan.
6.    Dengan berlatih, siswa dapat memeragakan pola irama sederhana dalam lagu dengan tepukan.
7.    Dengan menyimpulkan apa yang telah mereka pelajari hari ini, siswa dapat memiliki pemahaman akan keberadaannya sebagai makhluk Tuhan yang saling membutuhkan satu sama lain dan perlu memiliki sikap saling menghargai, peduli, jujur, santun dan bertanggung jawab.





v   Karakter siswa yang diharapkan   :
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas

D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
§  Pembelajaran dibuka dengan berdoa bersama dipimpin siswa. Guru mengawali pembelajaran dengan bertanya kabar siswa, apakah semua sehat dan adakah yang sakit. kemudian memberi kesempatan kepada siswa menyampaikan apa yang telah mereka pelajari sebelumnya. Religius
§  Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Maju Tak Gentar”. Nasionalis
§  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§  Pembiasaan Membaca 15 menit. Literasi
§  Guru menyampaikan bahwa hari ini mereka akan belajar tentang hak memiliki tubuh sehat dan kewajiban-kewajiban yang harus dilakukan agar dapat memperoleh hak tersebut. Communication
§  Siswa mendapat kesempatan memberikan pendapatnya tentang topik yang akan dibahas.
10 menit
Inti
§  Siswa bertanya jawab tentang tubuh yang sehat dipandu guru. Beri kesempatan siswa berpendapat. Minta siswa membuat kesimpulan tentang arti tubuh sehat. Lalu siswa menyebutkan kembali arti tubuh yang sehat dan apa yang harus dilakukan agar tubuh sehat. Apa yang dimaksud tubuh sehat? Yaitu tubuh yang kuat dan tidak mudah sakit. Communication
§  Seorang siswa membaca teks dan yang lain menyimak. Minta siswa untuk mencari masalah yang ada pada teks dan menggaris bawahinya. Minta siswa untuk menggaris bawahi cara penyelesaian masalah pada teks. Critical Thinking and Problem Solving
§  Minta siswa kembali mengamati teks lalu menuliskan jawaban pertanyaan pada buku.
§  Guru meminta siswa menyimak teks pengantar pada buku. Guru mengajak siswa menyampaikan pendapatnya tentang teks pengantar. Arahkan siswa berpendapat tentang pentingnya makan yang teratur. Dapat dipancing dengan pertanyaan siapa yang pernah mengalami terlambat makan? Siswa menyebutkan waktu-waktu makan yang berlaku umum, mulai dari sarapan pagi hingga makan malam. Communication
§  Siswa menuliskan beberapa menu sarapan pagi di rumahnya. Siswa menyimak cerita tentang kebiasaan sarapan pagi keluarga Siti. Siswa berlatih menyelesaikan permasalahan dengan berbagai alternatif. Mintalah siswa membaca cerita panen kentang Ayah Dayu. Critical Thinking and Problem Solving
§  Mintalah siswa menyelesaikan soal-soal penjumlahan yang hasilnya sudah diketahui. Sebelumnya ajaklah siswa berlatih penjumlahan dengan menentukan dua bilangan yang hasilnya sudah diketahui. Mulailah dari angka yang kecil. Misalnya, hasil penjumlahan dari dua bilangan ini adalah 55, bilangan apakah aku? Buatlah beberapa kali latihan seperti ini sampai siswa mengerti dengan permainan itu. Creativity and Innovation
§  Siswa mengamati kembali cerita tentang panen kentang ayah Siti. Siswa berdiskusi secara berpasangan dan membuat permasalahan baru dengan pola cerita yang sama. Siswa menuliskan alternatif pemecahan masalah pada buku siswa. Guru bertanya apa saja yang dilakukan orang tua agar anak-anaknya sehat? Siswa menjawab sesuai dengan pengalamannya masing-masing. Collaboration
§  Ajaklah siswa bersyukur dan berterima kasih kepada kedua orang tuanya dengan menyanyi. Siswa mengingat kembali lagu yang baru dipelajarinya dua hari lalu.
§  Mintalah siswa menyebutkan lagu-lagu yang bercerita tentang rasa syukur kepada orang tua. Mintalah mereka menyanyikannya bersama-sama. Mereka dapat menyanyi sambil bertepuk. Gotong Royong
150 menit
Penutup
§  Kegiatan diakhiri dengan mengulas kembali apa yang sudah mereka lakukan sejak pagi dan ditutup dengan bersyukur kepada Tuhan atas kasih sayang-Nya.Siswa menyimpulkan bahwa Tuhan memberi kita tubuh yang sehat dan kita berkewajiban menjaganya. Religius
15 menit

E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Pedoman Guru Tema : Kewajiban dan Hakku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡  Buku Siswa Tema : Kewajiban dan Hakku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡  Gambar anak bertubuh sehat dan tidak sehat
¡  Gambar bentuk-bentuk kegiatan untuk membuat tubuh sehat
¡  Buku teks



Mengetahui
Kepala Sekolah




....................................
…………, ………….2018
Guru Kelas III




.......................................











Comments