RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester : III (Tiga) / 1
Tema 3
: Benda di Sekitarku
Sub Tema 1 : Aneka Benda di Sekitarku
Pembelajaran : 2
Alokasi Waktu : 1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan: ..................... / ........................
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.1
Menggali informasi tentang konsep
perubahan wujud benda dalam
kehidupan sehari-hari yang
disajikan dalam bentuk lisan,
tulis, visual, dan/atau eksplorasi
lingkungan.
|
3.1.1
Membaca wacana berjudul Benda Terbuat dari Kayu.
|
2
|
4.1
Menyajikan hasil informasi tentang
konsep perubahan wujud
benda dalam kehidupan sehari-hari
dalam bentuk lisan, tulis, dan
visual menggunakan kosakata
baku dan kalimat efektif.
|
4.1.1
Menceritakan kembali informasi secara lisan tentang benda-benda di sekitarnya
yang terbuat dari kayu.
|
PPKn
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
1.1 Menerima arti bintang, rantai, pohon
beringin, kepala banteng, dan padi kapas pada lambang negara “Garuda
Pancasila” sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
|
1.1.1
Memahami arti penting melakukan musyawarah untuk menyelesaikan musyawarah.
|
2
|
2.1 Bersikap
jujur, peduli, kasih sayang sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang
negara “Garuda Pancasila”.
|
4.1.1 Mengerti sikap sesuai sila-sila pancasila
dalam melakukan musyawarah.
|
3
|
3.1 Memahami arti gambar pada lambang
negara “Garuda Pancasila”.
|
3.1.1
Mengetahui arti penting melakukan musyawarah untuk menyelesaikan musyawarah.
|
4
|
4.1 Menceritakan arti gambar pada
lambang negara “Garuda Pancasila”.
|
4.1.1 Menceritakan pengalamannya dalam melakukan
musyawarah.
|
PJOK
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
1.3 Memahami
kombinasi gerak dasar
manipulatif sesuai dengan
konsep tubuh, ruang, usaha, dan
keterhubungan dalam
berbagai bentuk permainan
sederhana dan atau tradisional.
|
3.3.1
Mengetahui teknik dalam melempar dan menangkap bola.
|
2
|
4.3
Mempraktikkan kombinasi gerak
dasar manipulatif sesuai dengan
konsep tubuh, ruang, usaha, dan
keterhubungan dalam berbagai
bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
|
4.3.1
Mempraktikkan langsung melempar dan menangkap bola.
|
C. TUJUAN PEMEBALAJARAN
1.
Dengan membaca wacana berjudul Benda
Terbuat dari Kayu, siswa dapat menemukan kosakata baru yang terdapat dalam wacana.
2.
Dengan menjawab pertanyaan pada
persiapan bercerita, siswa mampu menceritakan kembali informasi secara lisan
tentang benda-benda di sekitarnya yang terbuat dari kayu dengan percaya diri.
3.
Dengan melakukan praktik musyawarah,
siswa mengetahui arti penting melakukan musyawarah untuk menyelesaikan
musyawarah dengan tepat.
4.
Dengan menjawab pertanyaan seputar
musyawarah, siswa dapat menceritakan pengalamannya dalam melakukan musyawarah
dengan tepat.
5.
Dengan memerhatikan praktik yang
dilakukan guru, siswa mampu mengetahui teknik dalam melempar dan menangkap bola
dengan tepat.
6.
Dengan berlatih melempar dan menangkap
bola, siswa dapat mempraktikkan langsung melempar dan menangkap bola dengan
tepat.
v Karakter siswa yang
diharapkan :
|
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
|
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡ Guru menyapa siswa, menanyakan
kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
¡ Siswa berdoa bersama sesuai dengan
agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa. Religius
¡ Menyanyikan
lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Bagimu Negeri
(Padamu Negeri)”. Nasionalis
¡ Pembiasaan
Membaca 15 menit. Literasi
¡ Kelas di buka dengan guru mengajukan
pertanyaan, terbuat dari apakah benda-benda di sekitarmu? Apakah benda
terbuat dari bahan yang sama? Guru menuliskan alternatif jawaban siswa di
papan tulis.
¡
Sampaikan bahwa pada hari ini kita akan mempelajari
benda-benda yang terbuat dari kayu. Communication
|
10 menit
|
Inti
|
§ Guru mengajukan
pertanyaan bagian pohon mana yang diambil untuk dijadikan benda-benda
tersebut? (Jawab: bagian kayu.) Communication
§ Siswa
menyebutkan contoh benda-benda di sekitar yang terbuat dari kayu.
§ Siswa membaca
wacana yang ada di Buku Siswa.
§ Siswa menjawab
pertanyaan yang ada di Buku Siswa. Mandiri
§ Diskusikan
jawaban pertanyaan tersebut bersama. Collaboration
§ Kegiatan
dilanjutkan dengan siswa mengulang kembali proses pembuatan kayu.
§ Perwakilan
siswa dapat memberikan contoh penjelasan tentang proses pembuatan perlengkapan
dari kayu, mulai dari penebangan pohon sampai diolah di
pabrik dengan kalimat sendiri. Critical Thinking and
Problem Solving
§ Siswa
menuliskan urutan proses pembuatan benda-benda dari kayu di selembar kertas. Guru
berkeliling untuk memeriksa ketepatan urutan yang dibuat oleh siswa.
§ Setelah itu
siswa menggambarkan urutan pembuatan benda dari kayu di Buku Siswa dan
melengkapi dengan keterangan di bawahnya.
§ Jika waktu
memungkinkan siswa dapat menambahkan warna agar lebih indah.
§ Kegiatan
selanjutnya siswa memerhatikan benda-benda di sekitar kelas.
§ Siswa mencari
benda-benda yang terbuat dari kayu.
§ Siswa mencari
tahu kegunaan benda tersebut.
§ Siswa
menuliskan nama benda serta kegunaan benda tersebut di Buku Siswa.
Setelah selesai, setiap siswa diberikan kesempatan untuk mengemukakan
satu contoh benda
yang terbuat dari kayu dan kegunaannya. Siswa giliran selanjutnya harus
memberikan contoh benda yang tidak sama dengan teman sebelumnya. Creativity and
Innovation
§ Setelah siswa
bercerita, guru mengingatkan kembali proses pengolahan kayu melalui
pertanyaan berikut.
-
Bagaimana cara memperoleh kayu?
(Dengan menebang pohon).
-
Bagian pohon manakah yang digunakan
untuk membuat benda-benda? (Bagian batang).
-
Apa yang dilakukan setelah
penebangan pohon dilakukan? (Pohon didistribusikan ke pabrik, kemudian dipotong dan dijemur,
setelah itu baru diolah).
§ Siswa membaca
wacana yang ada di Buku Siswa terkait apa yang terjadi di desa Siti.
§ Siswa membentuk
kelompok untuk membahas solusi mengatasi penebangan yang terjadi di
desa Siti melalui musyawarah. Collaboration
§ Tugas kelompok
adalah mencari jawaban dari pertanyaan yang diajukan, yaitu sebagai
berikut.
-
Apa yang harus dilakukan oleh
masyarakat di desa Siti untuk mengatasi penebangan liar?
-
Apa yang terjadi jika penebangan
liar tidak dihentikan?
-
Bagaimana cara mengembalikan kondisi
hutan seperti semula?
§ Guru
menyampaikan ciri musyawarah yang baik, yaitu sebagai berikut.
![]()
§ Siswa
menuliskan hasil musyawarah di kotak yang telah disediakan. Perwakilan kelompok
mempresentasikan hasil musyawarah kelompok.
§ Setelah
perwakilan kelompok mempresentasikan hasil musyawarah, siswa memberikan
pendapatnya bagaimana proses musyawarah yang dilakukan bersama
kelompok. (Apakah berjalan dengan lancar, apakah keputusan yang diambil sesuai
dengan usulan mereka?) Critical Thinking and
Problem Solving
§ Siswa melakukan
refleksi kegiatan musyawarah kelompok dengan menjawab pertanyaan yang
ada di buku paket.
§ Siswa
menuliskan pengalamannya melalui proses musyawarah di tempat yang telah
disediakan.
§ Guru memperlihatkan
bola (boleh bola kaki/basket/voli) kepada siswa.
§ Siswa menjawab
pertanyaan guru terkait bahan pembuat bola tersebut (kulit/plastik/kulit
sintesis). Mandiri
§ Siswa
memerhatikan wacana yang ada di buku teks. Siswa diperkenalkan tentang bola
yang terbuat dari kayu. Ada permainan bola kayu, yang mungkin jarang ditemui
di Indonesia.
§ Siswa
memerhatikan penjelasan guru tentang kegiatan yang akan dilakukan hari ini yaitu
kegiatan melempar dan menangkap bola dengan menggunakan bola yang
terbuat dari plastik ataupun kulit sintetis. Communication
§ Kegiatan
dilakukan di luar ruangan. Sebelumnya melakukan pemanasan.
Pemanasan dilakukan sembari bermain.
-
Siswa dibagi kedalam 3 kelompok,
masing-masing kelompok diberikan nama Kelompok Api, Air, dan Kayu.
-
Kelompok membuat barisan
masing-masing. Guru memberikan aba-aba kepada siswanya.
-
Ketika guru memberi aba-aba “Api”,
maka kelompok Kayu harus berlari menghindar kejaran kelompok Api, sedangkan kelompok Air
tetap diam di tempat.
(Jelaskan, hal ini karena jika kayu terkena api, maka kayu akan terbakar habis)
-
Setiap kelompok yang mengejar harus
berusaha untuk menangkap anggota kelompok yang dikejarnya. Jika tertangkap maka siswa
tersebut harus pindah dan
menjadi anggota dari kelompok yang menangkapnya.
-
Ketika guru memberi aba-aba “Air”,
maka Kayu diam di tempat dan kelompok Air mengejar kelompok Api. Kelompok Kayu diam di
tempat (kembali ke
barisan). (Jelaskan, hal ini karena jika api terkena air, maka api akan mati)
-
Ketika gurumu menyebutkan “Kayu”,
maka Kayu yang akan mengejar Air, kelompok Api tetap diam di tempat. (Jelaskan, hal ini
karena sifat kayu yang dapat menyerap air)
-
Kelompok yang paling banyak
mendapatkan tangkapan itulah pemenangnya.
§ Kegiatan
selanjutnya adalah berlatih teknik dasar melempar di kombinasikan dengan
menangkap.
Perhatikan dasar teknik melempar dan menangkap bola di bawah ini!
Gerakan Dasar Melempar Bola
![]()
Gerakan Dasar
Menangkap Bola
![]()
§ Siswa berlatih
untuk melempar dan menangkap bola secara berpasangan. Collaboration
§ Gerakan
melempar dapat dikombinasikan dengan gerakan lempar bawah maupun muka.
§ Selesai
berlatih, kegiatan dapat ditutup dengan melakukan permainan bola tangan ataupun
bermain lainnya.
|
150 menit
|
Penutup
|
¡ Siswa untuk
melakukan refleksi tentang kegiatan hari ini. Mereka diberikan kesempatan
untuk bertanya jika ada hal yang masih perlu didiskusikan. Communication
¡ Tutup kegiatan
hari ini dengan mengucapkan rasa syukur untuk aktifitas yang telah berjalan
pada hari ini.
¡ Menyanyikan lagu daerah “Anak
Kambing Saya”
¡ Kegiatan kelas
diakhiri dengan doa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan
masing-masing oleh petugas. Religius
|
15 menit
|
E. SUMBER DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
¡
Buku Pedoman Guru Tema : Benda di Sekitarku Kelas III (Buku
Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2018).
¡
Buku Siswa Tema : Benda di Sekitarku Kelas III (Buku
Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡ Benda-benda
yang terbuat dari kayu
¡ Bola
Mengetahui
Kepala Sekolah
.............................................
|
…………, ………….2018
Guru Kelas III
..............................................
|
Comments