RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KELAS 3 PEMBELAJARAN 2 TEMA 3 SUBTEMA 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan       :    SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester          :    III (Tiga) / 1
Tema 3                            :    Benda di Sekitarku
Sub Tema 1                   :    Aneka Benda di Sekitarku
Pembelajaran                 :    2
Alokasi Waktu               :    1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan:    ..................... / ........................


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.1 Menggali informasi tentang konsep perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.

3.1.1 Membaca wacana berjudul Benda Terbuat dari Kayu.

2
4.1 Menyajikan hasil informasi tentang konsep perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari dalam bentuk lisan, tulis, dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
4.1.1 Menceritakan kembali informasi secara lisan tentang benda-benda di sekitarnya yang terbuat dari kayu.

PPKn
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
1.1  Menerima arti bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas pada lambang negara “Garuda Pancasila” sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.

1.1.1 Memahami arti penting melakukan musyawarah untuk menyelesaikan musyawarah.

2
2.1 Bersikap jujur, peduli, kasih sayang sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
4.1.1   Mengerti sikap sesuai sila-sila pancasila dalam melakukan musyawarah.
3
3.1 Memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.

3.1.1 Mengetahui arti penting melakukan musyawarah untuk menyelesaikan musyawarah.

4
4.1 Menceritakan arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.
4.1.1   Menceritakan pengalamannya dalam melakukan musyawarah.

PJOK
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
1.3   Memahami kombinasi gerak dasar manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.

3.3.1 Mengetahui teknik dalam melempar dan menangkap bola.

2
4.3 Mempraktikkan kombinasi gerak dasar manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.3.1 Mempraktikkan langsung melempar dan menangkap bola.

C.     TUJUAN PEMEBALAJARAN
1.    Dengan membaca wacana berjudul Benda Terbuat dari Kayu, siswa dapat menemukan kosakata baru yang terdapat dalam wacana.
2.    Dengan menjawab pertanyaan pada persiapan bercerita, siswa mampu menceritakan kembali informasi secara lisan tentang benda-benda di sekitarnya yang terbuat dari kayu dengan percaya diri.
3.    Dengan melakukan praktik musyawarah, siswa mengetahui arti penting melakukan musyawarah untuk menyelesaikan musyawarah dengan tepat.
4.    Dengan menjawab pertanyaan seputar musyawarah, siswa dapat menceritakan pengalamannya dalam melakukan musyawarah dengan tepat.
5.    Dengan memerhatikan praktik yang dilakukan guru, siswa mampu mengetahui teknik dalam melempar dan menangkap bola dengan tepat.
6.    Dengan berlatih melempar dan menangkap bola, siswa dapat mempraktikkan langsung melempar dan menangkap bola dengan tepat.

v   Karakter siswa yang diharapkan   :
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas

D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
¡   Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
¡   Siswa berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa. Religius
¡   Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Bagimu Negeri (Padamu Negeri)”. Nasionalis
¡   Pembiasaan Membaca 15 menit. Literasi
¡   Kelas di buka dengan guru mengajukan pertanyaan, terbuat dari apakah benda-benda di sekitarmu? Apakah benda terbuat dari bahan yang sama? Guru menuliskan alternatif jawaban siswa di papan tulis.
¡   Sampaikan bahwa pada hari ini kita akan mempelajari benda-benda yang terbuat dari kayu. Communication

10 menit
Inti
§  Guru mengajukan pertanyaan bagian pohon mana yang diambil untuk dijadikan benda-benda tersebut? (Jawab: bagian kayu.) Communication
§  Siswa menyebutkan contoh benda-benda di sekitar yang terbuat dari kayu.
§  Siswa membaca wacana yang ada di Buku Siswa.
§  Siswa menjawab pertanyaan yang ada di Buku Siswa. Mandiri
§  Diskusikan jawaban pertanyaan tersebut bersama. Collaboration
§  Kegiatan dilanjutkan dengan siswa mengulang kembali proses pembuatan kayu.
§  Perwakilan siswa dapat memberikan contoh penjelasan tentang proses pembuatan perlengkapan dari kayu, mulai dari penebangan pohon sampai diolah di pabrik dengan kalimat sendiri. Critical Thinking and Problem Solving
§  Siswa menuliskan urutan proses pembuatan benda-benda dari kayu di selembar kertas. Guru berkeliling untuk memeriksa ketepatan urutan yang dibuat oleh siswa.
§  Setelah itu siswa menggambarkan urutan pembuatan benda dari kayu di Buku Siswa dan melengkapi dengan keterangan di bawahnya.
§  Jika waktu memungkinkan siswa dapat menambahkan warna agar lebih indah.
§  Kegiatan selanjutnya siswa memerhatikan benda-benda di sekitar kelas.
§  Siswa mencari benda-benda yang terbuat dari kayu.
§  Siswa mencari tahu kegunaan benda tersebut.
§  Siswa menuliskan nama benda serta kegunaan benda tersebut di Buku Siswa.
Setelah selesai, setiap siswa diberikan kesempatan untuk mengemukakan satu contoh benda yang terbuat dari kayu dan kegunaannya. Siswa giliran selanjutnya harus memberikan contoh benda yang tidak sama dengan teman sebelumnya. Creativity and Innovation
§  Setelah siswa bercerita, guru mengingatkan kembali proses pengolahan kayu melalui pertanyaan berikut.
-       Bagaimana cara memperoleh kayu? (Dengan menebang pohon).
-       Bagian pohon manakah yang digunakan untuk membuat benda-benda? (Bagian batang).
-       Apa yang dilakukan setelah penebangan pohon dilakukan? (Pohon didistribusikan ke pabrik, kemudian dipotong dan dijemur, setelah itu baru diolah).
§  Siswa membaca wacana yang ada di Buku Siswa terkait apa yang terjadi di desa Siti.
§  Siswa membentuk kelompok untuk membahas solusi mengatasi penebangan yang terjadi di desa Siti melalui musyawarah. Collaboration
§  Tugas kelompok adalah mencari jawaban dari pertanyaan yang diajukan, yaitu sebagai berikut.
-       Apa yang harus dilakukan oleh masyarakat di desa Siti untuk mengatasi penebangan liar?
-       Apa yang terjadi jika penebangan liar tidak dihentikan?
-       Bagaimana cara mengembalikan kondisi hutan seperti semula?
§  Guru menyampaikan ciri musyawarah yang baik, yaitu sebagai berikut.
§  Siswa menuliskan hasil musyawarah di kotak yang telah disediakan. Perwakilan kelompok mempresentasikan hasil musyawarah kelompok.
§  Setelah perwakilan kelompok mempresentasikan hasil musyawarah, siswa memberikan pendapatnya bagaimana proses musyawarah yang dilakukan bersama kelompok. (Apakah berjalan dengan lancar, apakah keputusan yang diambil sesuai dengan usulan mereka?) Critical Thinking and Problem Solving
§  Siswa melakukan refleksi kegiatan musyawarah kelompok dengan menjawab pertanyaan yang ada di buku paket.
§  Siswa menuliskan pengalamannya melalui proses musyawarah di tempat yang telah disediakan.
§  Guru memperlihatkan bola (boleh bola kaki/basket/voli) kepada siswa.
§  Siswa menjawab pertanyaan guru terkait bahan pembuat bola tersebut (kulit/plastik/kulit sintesis). Mandiri
§  Siswa memerhatikan wacana yang ada di buku teks. Siswa diperkenalkan tentang bola yang terbuat dari kayu. Ada permainan bola kayu, yang mungkin jarang ditemui di Indonesia.
§  Siswa memerhatikan penjelasan guru tentang kegiatan yang akan dilakukan hari ini yaitu kegiatan melempar dan menangkap bola dengan menggunakan bola yang terbuat dari plastik ataupun kulit sintetis. Communication
§  Kegiatan dilakukan di luar ruangan. Sebelumnya melakukan pemanasan.
Pemanasan dilakukan sembari bermain.
-       Siswa dibagi kedalam 3 kelompok, masing-masing kelompok diberikan nama Kelompok Api, Air, dan Kayu.
-       Kelompok membuat barisan masing-masing. Guru memberikan aba-aba kepada siswanya.
-       Ketika guru memberi aba-aba “Api”, maka kelompok Kayu harus berlari menghindar kejaran kelompok Api, sedangkan kelompok Air tetap diam di tempat. (Jelaskan, hal ini karena jika kayu terkena api, maka kayu akan terbakar habis)
-       Setiap kelompok yang mengejar harus berusaha untuk menangkap anggota kelompok yang dikejarnya. Jika tertangkap maka siswa tersebut harus pindah dan menjadi anggota dari kelompok yang menangkapnya.
-       Ketika guru memberi aba-aba “Air”, maka Kayu diam di tempat dan kelompok Air mengejar kelompok Api. Kelompok Kayu diam di tempat (kembali ke barisan). (Jelaskan, hal ini karena jika api terkena air, maka api akan mati)
-       Ketika gurumu menyebutkan “Kayu”, maka Kayu yang akan mengejar Air, kelompok Api tetap diam di tempat. (Jelaskan, hal ini karena sifat kayu yang dapat menyerap air)
-       Kelompok yang paling banyak mendapatkan tangkapan itulah pemenangnya.
§  Kegiatan selanjutnya adalah berlatih teknik dasar melempar di kombinasikan dengan menangkap.
Perhatikan dasar teknik melempar dan menangkap bola di bawah ini!
Gerakan Dasar Melempar Bola 
 
Gerakan Dasar Menangkap Bola
§  Siswa berlatih untuk melempar dan menangkap bola secara berpasangan. Collaboration
§  Gerakan melempar dapat dikombinasikan dengan gerakan lempar bawah maupun muka.
§  Selesai berlatih, kegiatan dapat ditutup dengan melakukan permainan bola tangan ataupun bermain lainnya.
150 menit
Penutup
¡   Siswa untuk melakukan refleksi tentang kegiatan hari ini. Mereka diberikan kesempatan untuk bertanya jika ada hal yang masih perlu didiskusikan. Communication
¡   Tutup kegiatan hari ini dengan mengucapkan rasa syukur untuk aktifitas yang telah berjalan pada hari ini.
¡   Menyanyikan lagu daerah “Anak Kambing Saya”
¡   Kegiatan kelas diakhiri dengan doa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing oleh petugas. Religius
15 menit

E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Pedoman Guru Tema : Benda di Sekitarku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡  Buku Siswa Tema : Benda di Sekitarku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡  Benda-benda yang terbuat dari kayu
¡  Bola







Mengetahui
Kepala Sekolah




.............................................

…………, ………….2018
Guru Kelas III




..............................................

 


Comments