RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KURTILAS KELAS 3 PEMBVELAJARAN 1 TEMA 4 SUBTEMA 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :     SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester          :     III (Tiga) / 1
Tema 4                            :     Kewajiban dan Hakku
Sub Tema 2                   :     Kewajiban dan Hakku di Sekolah
Pembelajaran                :     1
Alokasi Waktu               :     1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan:    ..................... / ........................


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.10Mencermati ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) dalam teks tulis.
3.10.1Mengidentifikasi ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) di sekolah.
2
4.10Memeragakan ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) sebagai bentuk ungkapan diri menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif yang dibuat sendiri
4.10.1Memberikan saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) di sekolah
MATEMATIKA
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.3 Menyatakan suatu bilangan sebagai jumlah, selisih, hasil kali, atau hasil bagi dua bilangan cacah
3.3.1Menentukan dua bilangan cacah yang selisihnya diketahui
2
4.3 Menilai apakah suatu bilangan dapat dinyatakan sebagai jumlah, selisih, hasil kali, atau hasil bagi dua bilangan cacah
4.3.1Membuat pengurangan dua bilangan cacah yang hasilnya ditentukan sendir

SBdP
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.3 Mengetahui dinamika gerak tari
3.3.1Mengidentifikasi gerakan kaki dalam suatu tari.
2
4.3 Meragakan dinamika gerak
4.3.1Membentuk gerakan kaki menjadi gerak tari yang dinamis dan energik

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Dengan mengamati teks, siswa dapat mengidentifikasi ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) di sekolah dengan tepat.
2.    Dengan mengamati masalah pada teks, siswa dapat memberikan saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) di sekolah dengan penuh kepedulian.
3.    Dengan menelaah permasalahan pada teks, siswa dapat menentukan dua bilangan cacah yang selisihnya diketahui dengan tepat.
4.    Dengan memperhatikan contoh masalah, siswa dapat membuat pengurangan dua bilangan cacah yang hasilnya ditentukan sendiri dengan benar.
5.    Dengan membaca teks siswa dapat mengidentifikasi gerakan kaki dalam suatu tari.
6.    Dengan memeragakan gerakan kaki, siswa dapat membentuk gerakan kaki menjadi gerak tari yang dinamis dan energik dengan semangat.
7.    Dengan menyimpulkan apa yang telah mereka pelajari hari ini, siswa dapat bersyukur dan memiliki pemahaman akan keberadaannya sebagai makhluk Tuhan yang saling membutuhkan satu sama lain dan perlu memiliki sikap saling menghargai, peduli, jujur, santun dan bertanggung jawab.





v   Karakter siswa yang diharapkan   :
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas

D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
¡  Guru membuka pembelajaran dengan doa dan memberi kesempatan kepada siswa menyampaikan apa yang telah mereka pelajari sebelumnya. Religius
¡  Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Dari Sabang Sampai Merauke”. Nasionalis
¡  Siswa mengamati gambar dan teks yang terdapat pada halaman pembuka. Minta mereka memberikan pendapat mengenai gambar tersebut.
¡  Guru menyampaikan bahwa dalam minggu ini mereka akan membahas beberapa permasalahan yang terkait dengan kewajiban dan hak di sekolah. Communication
¡  Siswa mengamati gambar ada siapa saja pada gambar dan apa yang tertulis pada gambar.
¡  Siswa membaca teks.
¡  Pembiasaan Membaca 15 menit. Literasi
¡  Siswa menyampaikan pendapatnya tentang kewajiban dan hak mereka di sekolah. Siswa dipancing untuk menyampaikan perasaannya apakah mereka senang di sekolah atau tidak dan mengapa. Communication
¡  Siswa menyampaikan apa yang menyebabkan mereka senang di sekolah. Communication
10 menit
Inti
§  Siswa menyampaikan pendapatnya tentang anak pintar. Guru memancing siswa bertanya jawab tentang anak pintar. Apa yang dimaksud dengan anak pintar? Pintar dalam hal apa? Apakah mereka ingin menjadi anak pintar? Apa yang harus dilakukan supaya menjadi anak pintar. Communication

§  Kemudian satu siswa membaca teks dengan nyaring dan yang lainnya menyimak.
§  Sekitar tiga orang siswa diberi kesempatan membaca teks.
§  Guru memberi masukan tentang cara membaca teks, dan memberi contoh cara membaca teks yang baik dan benar.
§  Siswa mengamati teks dan menggaris bawahi kalimat berupa saran atau masukan. Beri kesempatan kepada beberapa siswa untuk menyebutkan temuan mereka.
§  Siswa mengamati teks tentang beberapa masalah pada buku. Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok mendapat satu permasalahan untuk didiskusikan. Satu permasalahan sebaiknya dibahas oleh dua kelompok agar kelas mendapat jawaban yang bervariasi. Collaboration
§  Siswa berdiskusi di kelompoknya masing-masing menentukan saran yang akan diberikan. Setelah selesai siswa menyampaikan saran kelompok mereka di depan kelas secara bergilir. Setelah semua mendapat giliran, siswa menuliskan saran-saran di buku berdasarkan masukan dari teman-temannya. Collaboration
§  Siswa mengamati cerita tentang Beni yang peduli dengan masalah yang sedang dihadapi gurunya, Beni ingin tahu apakah mereka perlu berhemat?
§  Siswa menuliskan penyelesaian permasalahan Beni. Critical Thinking and Problem Solving
§  Siswa memberi ide kemungkinan penyelesaian yang lain.
§  Siswa kembali mengamati cerita guru Beni. Siswa mencoba membuat kemungkinan permasalahan lain terkait cerita Beni. Creativity and Innovation
§  Siswa mengamati gambar dan penjelasan pada teks tentang bentuk-bentuk gerakan kaki. Siswa mengamati arah gerakan kaki dan bagaimana kaki digerakkan, ada yang kuat dan lembut.
§  Siswa mencoba mempraktikkan beberapa gerak secara berulang-ulang sampai lancar.
§  Siswa berlatih gerakan kaki di depan kelas bersamasama. Siswa mencoba untuk membuat sebuah rangkaian gerakan berdasarkan jenis gerakan kaki yang sudah dipelajari, melakukan gerakan kaki sederhana ke depan dan ke samping kanan dan kiri membentuk tarian sederhana. Siswa mencoba menarikannya sambil menyanyikan lagu daerah setempat.
150 menit
Penutup
¡  Kegiatan diakhiri dengan mengulas kembali apa yang sudah mereka lakukan sejak pagi dan ditutup dengan bersyukur kepada Tuhan dan mengingatkan bahwa setiap anak berhak untuk pintar dan harus melaksanakan kewajibannya agar haknya bisa terpenuhi. Religius
15 menit

E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Pedoman Guru Tema : Kewajiban dan Hakku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡  Buku Siswa Tema : Kewajiban dan Hakku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡  Kaset/CD lagu daerah
¡  Radio tip atau CD Player
¡  Buku teks




Mengetahui
Kepala Sekolah




.......................................
…………, ………….2018
Guru Kelas III




.......................................








Comments