RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KURTILAS KELAS 3 PEMBELAJRAN 4 TEMA 3 SUBTEMA 4


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan      :     SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester          :     III (Tiga) / 1
Tema 3                            :     Benda di Sekitarku
Sub Tema 4                   :     Keajaiban Perubahan Wujud di Sekitarku
Pembelajaran                :     4
Alokasi Waktu               :     1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan:    ..................... / ........................

A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.1 Menggali informasi tentang konsep perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
1.1.1      Membaca syair lagu dengan tema Embun.
1.1.2      Menemukan kata/istilah khusus yang terkait perubahan wujud mengembun.
2
4.1 Menyajikan hasil informasi tentang konsep perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari dalam bentuk lisan, tulis, dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
4.1.1 Menceritakan kembali pokok-pokok informasi yang berkaitan dengan perubahan wujud mengembun dengan percaya diri.

PPKn
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
1.4 Mensyukuri makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
1.4.1 Memahami berbagai kegiatan yang menunjukkan sikap bersatu di sekolah.
2
2.4 Menampilkan sikap kerja sama sebagai wujud bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar.
2.4.1 Mengerti berbagai kegiatan yang menunjukkan sikap bersatu di sekolah.
3
3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman melalui penerapan kehidupan sehari-hari.
3.4.1 Mengidentifikasi berbagai kegiatan yang menunjukkan sikap bersatu di sekolah.
4
4.4 Menceritakan perilaku sesuai dengan makna bersatu dalam keberagaman melalui penerapan kehidupan  sehari-hari dalam kehidupan sehari-hari.
4.4.1 Mengidentifikasi berbagai kegiatan yang menunjukkan sikap bersatu di sekolah.

PJOK
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.3 Memahami kombinasi gerak dasar manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.

3.3.1 Mengidentifikasi prosedur gerakan kombinasi menggiring dan menendang bola.

2
4.3 Mempraktikkan kombinasi gerak dasar manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.3.1 Mempraktikkan gerakan menggiring bola.





C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Dengan membaca syair lagu dengan tema Embun, siswa dapat menemukan kata/istilah khusus yang terkait perubahan wujud mengembun dengan benar.
2.    Dengan mengelompokkan kata, siswa dapat menambah perbendaharaan kosakata dengan tepat.
3.    Dengan menuliskan pengalaman melihat embun, siswa dapat menceritakan kembali pokok-pokok informasi yang berkaitan dengan perubahan wujud mengembun dengan percaya diri.
4.    Dengan diskusi kelompok, siswa dapat mengidentifikasi berbagai kegiatan yang menunjukkan sikap bersatu di sekolah.
5.    Dengan memerhatikan guru, siswa dapat mengidentifikasi prosedur gerakan kombinasi menggiring dan menendang bola.
6.    Dengan melakukan gerakan menggiring bola, siswa dapat mempraktikkan gerakan menggiring bola.


v   Karakter siswa yang diharapkan   :
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
 
D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
¡   Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
¡   Siswa berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa. Religius
¡   Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Ibu Kita Kartini”. Nasionalis
¡   Guru memulai kelas dengan pertanyaan, apakah siswa pernah melihat embun di pagi hari? Di mana tempat biasanya ditemukan embun? Apakah bisa menemukan embun di dalam rumah?
¡   Pembiasaan Membaca 15 menit. Literasi
¡   Siswa menyampaikan pengalamannya melihat embun. Guru menyampaikan bahwa embun adalah salah satu perubahan wujud yang terjadi, siswa diminta untuk mencermati perubahan wujud apakah yang terjadi selama proses pengembunan. Siswa diminta mengikuti pembelajaran hari ini dengan bersemangat dan temukan jawabannya selama proses pembelajaran berlangsung.

10 menit
Inti
§  Siswa membaca syair lagu yang ada di Buku Siswa. Perwakilan siswa dapat membaca dengan nyaring syair tersebut. Jika mengetahui irama lagu tersebut siswa dapat bernyanyi bersama.
§  Siswa membaca kedua syair itu dengan saksama, guru mengajukan pertanyaan terkait kedua syair tersebut, di antaranya: Communication
-       Apa kesamaan dari kedua syair di atas?
-       Apa perbedaan dari kedua syair di atas?
§  Setelah itu siswa menjawab pertanyaan di Buku Siswa.
§  Membahas bersama jawaban.
§  Setelah menjawab pertanyaan siswa menyimak arahan guru dalam mengerjakan latihan selanjutnya.
§  Siswa mengisi tabel dengan ketentuan sebagai berikut: Mandiri
-       Ada tiga bagian dalam lingkaran, yaitu bagian I, II dan III.
-       Isilah bagian I dengan kata yang hanya ada di lagu Embun Pagi.
-       Isilah bagian II dengan kata yang ada di kedua lagu.
-       Isilah bagian III dengan kata yang hanya ada di lagu Embun.
§  Selanjutnya siswa mencari arti kata baru yang tertera di Buku Siswa.
§  Siswa diarahkan untuk melihat kamus. Diskusi perkelompok diperbolehkan.
§  Guru mengecek pemahaman siswa terhadap arti kalimat dengan meminta siswa untuk membuat kalimat dari kata-kata beru tersebut.
§  Kegiatan dilanjutkan dengan mencari padanan kata yang sama dari bahasa daerah masing-masing.
§  Kegitan dilanjutkan dengan siswa memerhatikan penjelasan guru tentang perubahan wujud yang terjadi pada pengembunan.
 
§  Siswa menyebutkan peristiwa lain sebagai contoh pengembunan. (Contoh lain peristiwa mengembun adalah apa yang terjadi pada permukaan gelas saat diisi air es. Juga apa yang terjadi pada proses hujan).
§  Guru menjelaskan tugas pengamatan yang harus siswa lakukan keesokan harinya. Siswa mengamati saat pagi hari, mengamati lingkungan di sekitar rumah. Siswa mengamati sekitar pukul 06.00 pagi. Hasil pengamatan diceritakan dalam bentuk tulisan. Siswa harus memerhatikan penulisan huruf besar dan tanda baca yang tepat. Critical Thinking and Problem Solving
§  Kegiatan dilanjutkan dengan siswa menyimak penjelasan guru tentang aktivitas yang dilaksanakan oleh petugas kebersihan sekolah sehari-hari, seperti jam berapa ia harus sudah hadir di sekolah. Apa tugasnya dan tanggungjawabnya sehari-hari. (Aternatif lain adalah jika tidak ada petugas kebersihan, maka dapat dijelaskan peran lain yang ada di sekolah).
§  Siswa membaca cerita tentang petugas kebersihan yang ada di sekolah Siti.
§  Guru mengajukan pertanyaan awal, seperti: Siapa yang bertanggung jawab terhadap kebersihan di sekolah? Apa yang terjadi jika tanggung jawab menjaga kebersihan hanya pada petugas kebersihan saja? Communication
§  Siswa mengemukan pendapatnya tentang hal tersebut. Siswa menyimak penjelasan guru tentang pentingnya rasa persatuan di lingkungan sekolah.
§  Siswa diberi kesempatan untuk menyebutkan contoh sikap persatuan di sekolah. Mandiri
§  Siswa membentuk kelompok diskusi.
§  Bersama dalam kelompoknya siswa berdiskusi tentang contoh sikap bersatu di sekolah. Siswa menuliskan contoh sikap bersatu di Buku Siswa. Collaboration
§  Setelah itu perwakilan kelompok dapat menyampaikan hasil diskusinya di muka kelas.
§  Siswa dalam kelompok lain dapat memberikan tanggapannya terhadap pendapat kelompok lainnya. Guru mencatat keaktifan siswa dalam mengemukakan pendapatnya.
§  Setelah itu guru mengajukan pertanyaan, apakah sikap bersatu perlu diterapkan pada bidang lainnya, seperti olahraga? Guru memberikan contoh, apa yang terjadi bila pemain bola tidak menunjukkan sikap bersatu ketika menghadapi tim lawan.
§  Siswa mengemukakan pendapatnya.
§  Kegiatan selanjutnya adalah kegiatan di luar ruangan. Siswa membentuk barisan dan mendengarkan penjelasan guru tentang aktivitas latihan menggiring bola yang akan dilakukan pada hari ini. Guru menyampaikan bahwa menggiring bola adalah salah satu gerakan yang perlu dikuasai dalam permainan sepak bola. Creativity and Innovation
§  Siswa melakukan pemanasan terlebih dahulu. Pemanasan ini dalam bentuk permainan “Ikuti Saya”. Kegiatannya adalah sebagai berikut:
-       Carilah teman berpasangan.
-       Secara bergantian siswa dan pasangannya menggiring bola. Jika satu siswa menggiring bola, maka temannya berlari mengikuti, begitu sebaliknya.
-       Aktivitas dimulai setelah mendengar aba-aba dari guru.
§  Setelah pemanasan, siswa membuat dua barisan.
§  Siswa diingatkan pembelajaran sebelumnya tentang kombinasi menggiring dan menendang bola. Guru mencontohkan tiga gerakan menggiring bola.
§  Siswa berbaris memanjang dan mencoba satu per satu menggiring bola dengan ketiga teknik tersebut. Guru memberi arahannya jika ditemukan gerakan yang masih keliru. Mandiri
§  Selanjutnya latihan dengan menggunakan penghalang yang dikenal dengan kerucut, jika tidak memiliki kerucut dapat menggunakan benda lain sebagai penghalang.
§  Guru memberikan penilaian ketika siswa berlatih menggiring bola.
§  Setelah selesai menilai siswa dapat melanjutkan dengan kegiatan bermain bola.

150 menit
Penutup
¡   Siswa duduk dengan posisi kaki diluruskan (sambil melakukan pendinginan).
¡   Guru melakukan kegiatan tanya jawab seputar materi yang dipelajari pada hari ini (untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa).
¡   Siswa diingatkan untuk melakukan pengamatan embun keesokan paginya dan membuat laporan pengamatan dalam bentuk tulisan.
¡   Menyanyikan lagu daerah “Soleram”
¡   Kegiatan ditutup dengan mensyukuri segala nikmat yang Tuhan berikan pada hari ini dan doa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing oleh petugas. Religius

15 menit

E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Pedoman Guru Tema : Benda di Sekitarku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡  Buku Siswa Tema : Benda di Sekitarku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡  Bola kaki.


Mengetahui
Kepala Sekolah




...........................................
…………, ………….2018
Guru Kelas III




.........................................

Comments