RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KELAS 3 PEMBELAJARAN 4 TEMA 3 SUBTEMA 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan      :     SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester          :     III (Tiga) / 1
Tema 3                            :     Benda di Sekitarku
Sub Tema 1                   :     Aneka Benda di Sekitarku
Pembelajaran                :     4
Alokasi Waktu               :     1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan:    ..................... / ........................

A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.1 Menggali informasi tentang konsep perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.

3.1.1 Mengidentifikasi informasi tentang bahan pembentuk benda yang terbuat dari plastik
.

2
4.1 Menyajikan hasil informasi tentang konsep perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari dalam bentuk lisan, tulis, dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
4.1.1  Menggambarkan kondisi sampah plastik dalam bentuk tulisan.

PPKn
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
1.1  Menerima arti bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas pada lambang negara “Garuda Pancasila” sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.

1.1.1 Memahami arti penting dari bermusyawarah.
2
2.1  Bersikap jujur, peduli, kasih sayang sesuai dengan silasila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.

4.1.1   Mengerti sikap sesuai sila-sila pancasila dalam melakukan praktik musyawarah.
3
3.1 Memahami makna simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila” di kehidupan sehari-hari.

3.1.1 Mengetahui arti penting dari bermusyawarah.
4
4.1 Menceritakan perilaku sesuai makna simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila” di kehidupan sehari-hari.
4.1.1  Melakukan praktik musyawarah.
 4.1.2 Mengutarakan idenya tentang penanggulangan masalah sampah di sekolah dengan percaya diri.

PJOK
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.3 Memahami kombinasi gerak dasar manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.

3.3.1 Mengetahui teknik dalam melempar dan menangkap bola.

2
4.3 Mempraktikkan kombinasi gerak dasar manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.3.1 Mempraktikkan langsung melempar dan menangkap bola.


C.     TUJUAN PEMEBALAJARAN
1.    Dengan membaca wacana, siswa dapat mengidentifikasi informasi tentang bahan pembentuk benda yang terbuat dari plastik dengan benar.
2.    Dengan berdiskusi, siswa dapat memahami istilah yang terkait dengan materi pembentuk benda dengan tepat.
3.    Dengan melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitar, siswa dapat menggambarkan kondisi sampah plastik dalam bentuk tulisan dengan tepat.
4.    Dengan melakukan praktik musyawarah, siswa dapat terampil mengutarakan idenya tentang penanggulangan masalah sampah di sekolah dengan percaya diri.
5.    Dengan menuliskan pengalaman bermusyawarah di kelas, siswa mengetahui arti penting dari bermusyawarah dengan tepat.

v   Karakter siswa yang diharapkan   :
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas

D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
§  Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan memeriksa kehadiran siswa.
§  Siswa berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa. Religius
§  Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Berkibarlah Benderaku”. Nasionalis
§  Pembiasaan Membaca 15 menit. Literasi
§  Siswa diperlihatkan benda-benda yang terbuat dari plastik, kemudian ajukan pertanyaan tentang bahan pembentuk benda.
§  Siswa memberikan contoh benda-benda yang terbuat dari plastik di sekitar mereka.
10 menit
Inti
§  Siswa membaca wacana berjudul Plastik, Solusi dan Masalah. Communication
§  Siswa diberi kesempatan mengajukan pertanyaan yang terkait dengan wacana. Mandiri
§  Sebagai pengayaan guru dapat menginformasikan tentang kebijakan pemerintah tentang penggunaan kantong belanja plastik. Setelah itu siswa berdiskusi secara berkelompok tentang aktivitas reduce (mengurangi), reuse (memanfaatkan kembali), dan recycle (mendaur ulang). Collaboration
§  Siswa menuliskan apa saja yang merupakan contoh dari aktivitas reduce (mengurangi), reuse (memanfaatkan kembali), dan recycle (mendaur ulang). Critical Thinking and Problem Solving
§  Setelah menuliskan contoh, siswa menyebutkannya di depan kelas.
 
§  Kegiatan selanjutnya dilaksanakan di luar kelas, siswa mengamati bagaimana kondisi sampah plastik yang dihasilkan sehari-hari di sekolah.
§  Pengamatannya mulai dari kelas, antarkelas, dan lingkungan sekolah secara keseluruhan.
§  Siswa dapat membuat catatan dari hasil pengamatannya. Setelah melakukan pengamatan, siswa berdiskusi tentang hasil pengamatannya. Creativity and Innovation
§  Siswa melaporkan secara lisan, apa yang mereka amati, mengapa hal tersebut terjadi. Guru menggali dengan memberikan pertanyaan kepada siswa.
§  Setelah berdiskusi siswa menuliskan hasil pengamatannya di Buku Siswa.
§  Guru mengingatkan untuk menuliskan huruf besar dan tanda baca yang tepat.
§  Setelah siswa menuliskan hasil pengamatan mereka, kegiatan dilanjutkan dengan bermusyawarah.
§  Tema musyawarah adalah tindakan apa yang harus dilakukan untuk mengurangi sampah plastik di sekolah.
§  Siswa diminta untuk mencatat pendapat teman-temannya. Mandiri
§  Guru mengingatkan siswa untuk aktif dan percaya diri dalam menyampaikan pendapatnya.
§  Setelah itu siswa melakukan refleksi dari kegiatan musyawarah tersebut dengan menjawab pertanyaan di Buku Siswa.
§  Pada akhir kegiatan siswa menuliskan hasil keputusan di atas lembaran kertas karton besar sebagai pengingat hasil keputusan bersama dan ditempelkan di kelas.
§  Kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan di luar ruangan.
§  Siswa membuat barisan berbentuk lingkaran.
§  Guru menunjukkan pola plastik, siswa diminta untuk mengidentifikasi plastik terbuat dari bahan apa? (jawab Plastik)
§  Apa keuntungan dibuat dari plastik? Bagaimana jika bahan pembentuk bola diganti dengan kayu? Atau besi?
§  Setelah itu siswa diingatkan cara menangkap dan melempar bola.
§  Kegiatan diawali dengan pemanasan. Siswa melakukan pemanasan sebagai berikut:
 
§  Setelah melakukan pemanasan siswa kembali mempraktikkan cara melempar dan menangkap bola, guru melakukan observasi untuk penilaian. Creativity and Innovation
§  Setelah penilaian, kegiatan diakhiri dengan melakukan permainan bola tangan.
§  Aturan permainan bola tangan adalah sebagai berikut:
-       Siswa dibagi ke dalam dua kelompok.
-       Setiap pemain memasukkan bola ke gawang lawan. Bola harus dioperkan pada teman satu tim, setiap pemain harus mengoperkan bola setelah melangkah paling banyak lima langkah.
-       Kelompok yang bisa memasukkan bola ke gawang lawan paling banyak, itulah pemenangnya.
§  Guru harus mengarahkan siswa agar bersikap sportif pada permainan.
150 menit
Penutup
¡   Kegiatan diakhiri dengan pendinginan. Siswa kembali berbaris dalam bentuk lingkaran. Guru memberikan rangkuman kegiatan hari ini. Guru kembali mengingatkan tentang pentingnya manusia untuk menjaga keseimbangan alam. Menggunakan plastik dengan bijak, karena selain plastik memberikan solusi bagi kehidupan manusia, plastik juga dapat menimbulkan permasalahan di kemudian hari jika tidak dikurangi. Critical Thinking and Problem Solving
¡   Menyanyikan lagu daerah “Burung Tantina”
¡   Kegiatan kelas diakhiri dengan doa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing oleh petugas. Religius

15 menit

E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Pedoman Guru Tema : Benda di Sekitarku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡  Buku Siswa Tema : Benda di Sekitarku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡  Benda-benda yang terbuat dari plastik.


Mengetahui
Kepala Sekolah




..............................................

…………, ………….2018
Guru Kelas III




..............................................

Comments