RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester : III (Tiga) / 1
Tema 3 : Benda di Sekitarku
Sub Tema 1 : Aneka Benda di Sekitarku
Pembelajaran : 4
Alokasi Waktu : 1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan: ..................... / ........................
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.1 Menggali informasi tentang konsep perubahan
wujud benda dalam kehidupan sehari-hari yang disajikan dalam bentuk lisan,
tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
|
3.1.1
Mengidentifikasi informasi tentang bahan pembentuk benda yang terbuat dari
plastik
.
|
2
|
4.1 Menyajikan hasil informasi tentang konsep
perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari dalam bentuk lisan, tulis,
dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
|
4.1.1 Menggambarkan kondisi sampah plastik dalam
bentuk tulisan.
|
PPKn
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
1.1 Menerima arti bintang,
rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas pada lambang negara
“Garuda Pancasila” sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
|
1.1.1 Memahami arti penting dari bermusyawarah.
|
2
|
2.1 Bersikap jujur, peduli,
kasih sayang sesuai dengan silasila Pancasila dalam lambang negara “Garuda
Pancasila”.
|
4.1.1 Mengerti sikap sesuai sila-sila pancasila
dalam melakukan praktik musyawarah.
|
3
|
3.1 Memahami makna simbol sila-sila Pancasila dalam lambang
negara “Garuda Pancasila” di kehidupan sehari-hari.
|
3.1.1 Mengetahui arti penting dari bermusyawarah.
|
4
|
4.1 Menceritakan perilaku sesuai makna simbol sila-sila Pancasila
dalam lambang negara “Garuda Pancasila” di kehidupan sehari-hari.
|
4.1.1 Melakukan praktik musyawarah.
4.1.2 Mengutarakan
idenya tentang penanggulangan masalah sampah di sekolah dengan percaya diri.
|
PJOK
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.3 Memahami kombinasi gerak dasar manipulatif
sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai
bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
|
3.3.1
Mengetahui teknik dalam melempar dan menangkap bola.
|
2
|
4.3 Mempraktikkan kombinasi gerak dasar
manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam
berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
|
4.3.1
Mempraktikkan langsung melempar dan menangkap bola.
|
C. TUJUAN PEMEBALAJARAN
1.
Dengan membaca wacana, siswa dapat
mengidentifikasi informasi tentang bahan pembentuk benda yang terbuat dari
plastik dengan benar.
2.
Dengan berdiskusi, siswa dapat
memahami istilah yang terkait dengan materi pembentuk benda dengan tepat.
3.
Dengan melakukan pengamatan terhadap
lingkungan sekitar, siswa dapat menggambarkan kondisi sampah plastik dalam
bentuk tulisan dengan tepat.
4.
Dengan melakukan praktik musyawarah,
siswa dapat terampil mengutarakan idenya tentang penanggulangan masalah sampah
di sekolah dengan percaya diri.
5.
Dengan menuliskan pengalaman
bermusyawarah di kelas, siswa mengetahui arti penting dari bermusyawarah dengan
tepat.
v Karakter siswa yang
diharapkan :
|
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
|
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Guru
menyapa siswa, menanyakan kabar, dan memeriksa kehadiran siswa.
§ Siswa
berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin
oleh salah satu siswa. Religius
§ Menyanyikan
lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Berkibarlah
Benderaku”. Nasionalis
§ Pembiasaan
Membaca 15 menit. Literasi
§ Siswa
diperlihatkan benda-benda yang terbuat dari plastik, kemudian ajukan pertanyaan
tentang bahan pembentuk benda.
§ Siswa
memberikan contoh benda-benda yang terbuat dari plastik di sekitar mereka.
|
10 menit
|
Inti
|
§ Siswa
membaca wacana berjudul Plastik, Solusi dan Masalah. Communication
§ Siswa
diberi kesempatan mengajukan pertanyaan yang terkait dengan wacana. Mandiri
§ Sebagai
pengayaan guru dapat menginformasikan tentang kebijakan pemerintah tentang
penggunaan kantong belanja plastik. Setelah itu siswa berdiskusi secara
berkelompok tentang aktivitas reduce (mengurangi), reuse (memanfaatkan
kembali), dan recycle (mendaur ulang). Collaboration
§ Siswa
menuliskan apa saja yang merupakan contoh dari aktivitas reduce (mengurangi),
reuse (memanfaatkan kembali), dan recycle (mendaur ulang). Critical
Thinking and Problem Solving
§ Setelah
menuliskan contoh, siswa menyebutkannya di depan kelas.
![]()
§ Kegiatan
selanjutnya dilaksanakan di luar kelas, siswa mengamati bagaimana kondisi
sampah plastik yang dihasilkan sehari-hari di sekolah.
§ Pengamatannya
mulai dari kelas, antarkelas, dan lingkungan sekolah secara keseluruhan.
§ Siswa
dapat membuat catatan dari hasil pengamatannya. Setelah melakukan pengamatan,
siswa berdiskusi tentang hasil pengamatannya. Creativity and Innovation
§ Siswa
melaporkan secara lisan, apa yang mereka amati, mengapa hal tersebut terjadi.
Guru menggali dengan memberikan pertanyaan kepada siswa.
§ Setelah
berdiskusi siswa menuliskan hasil pengamatannya di Buku Siswa.
§ Guru
mengingatkan untuk menuliskan huruf besar dan tanda baca yang tepat.
§ Setelah
siswa menuliskan hasil pengamatan mereka, kegiatan dilanjutkan dengan
bermusyawarah.
§ Tema
musyawarah adalah tindakan apa yang harus dilakukan untuk mengurangi sampah
plastik di sekolah.
§ Siswa
diminta untuk mencatat pendapat teman-temannya. Mandiri
§ Guru
mengingatkan siswa untuk aktif dan percaya diri dalam menyampaikan pendapatnya.
§ Setelah
itu siswa melakukan refleksi dari kegiatan musyawarah tersebut dengan menjawab
pertanyaan di Buku Siswa.
§ Pada
akhir kegiatan siswa menuliskan hasil keputusan di atas lembaran kertas karton
besar sebagai pengingat hasil keputusan bersama dan ditempelkan di kelas.
![]()
§ Kegiatan
dilanjutkan dengan kegiatan di luar ruangan.
§ Siswa
membuat barisan berbentuk lingkaran.
§ Guru
menunjukkan pola plastik, siswa diminta untuk mengidentifikasi plastik terbuat
dari bahan apa? (jawab Plastik)
§ Apa
keuntungan dibuat dari plastik? Bagaimana jika bahan pembentuk bola diganti
dengan kayu? Atau besi?
§ Setelah
itu siswa diingatkan cara menangkap dan melempar bola.
§ Kegiatan
diawali dengan pemanasan. Siswa melakukan pemanasan sebagai berikut:
![]()
§ Setelah
melakukan pemanasan siswa kembali mempraktikkan cara melempar dan menangkap
bola, guru melakukan observasi untuk penilaian. Creativity and Innovation
§ Setelah
penilaian, kegiatan diakhiri dengan melakukan permainan bola tangan.
§ Aturan
permainan bola tangan adalah sebagai berikut:
- Siswa
dibagi ke dalam dua kelompok.
- Setiap
pemain memasukkan bola ke gawang lawan. Bola harus dioperkan pada teman satu
tim, setiap pemain harus mengoperkan bola setelah melangkah paling banyak
lima langkah.
- Kelompok
yang bisa memasukkan bola ke gawang lawan paling banyak, itulah pemenangnya.
§ Guru
harus mengarahkan siswa agar bersikap sportif pada permainan.
|
150 menit
|
Penutup
|
¡ Kegiatan
diakhiri dengan pendinginan. Siswa kembali berbaris dalam bentuk lingkaran. Guru
memberikan rangkuman kegiatan hari ini. Guru kembali mengingatkan
tentang pentingnya manusia untuk menjaga keseimbangan alam.
Menggunakan plastik dengan bijak, karena selain plastik memberikan solusi bagi
kehidupan manusia, plastik juga dapat menimbulkan permasalahan di kemudian
hari jika tidak dikurangi. Critical Thinking and
Problem Solving
¡ Menyanyikan lagu daerah “Burung
Tantina”
¡ Kegiatan kelas
diakhiri dengan doa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan
masing-masing oleh petugas. Religius
|
15 menit
|
E. SUMBER DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Pedoman Guru Tema : Benda
di Sekitarku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum
2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡ Buku Siswa Tema : Benda di
Sekitarku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡ Benda-benda yang terbuat dari plastik.
Mengetahui
Kepala Sekolah
..............................................
|
…………, ………….2018
Guru Kelas III
..............................................
|
Comments