RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KELAS 3 PEMBELAJARAN 6 TEMA 4 SUBTEMA 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :     SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester          :     III (Tiga) / 1
Tema 4                            :     Kewajiban dan Hakku
Sub Tema 1                   :     Kewajiban dan Hakku di Rumah
Pembelajaran                :     6
Alokasi Waktu               :     1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan:    ..................... / ........................


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
BAHASA INDONESIA
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.10Mencermati ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) dalam teks tulis
3.10.1Menjelaskan maksud ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) dalam keluarga
2
4.10Memeragakan ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) sebagai bentuk ungkapan diri menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif yang dibuat sendiri
4.10.1Menyatakan secara lisan ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) dalam keluarga dengan menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif.

PPKn
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
1.2Menghargai kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolah sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
 1.2.1 Memahami kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga di rumah.
2
2.2Melaksanakan kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolah
 2.2.1 Melakukan kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga di rumah.
3
3.2 Mengidentifikasi kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolah
3.2.1Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga di rumah.
4
4.2Menyajikan hasil identifikasi kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolah
4.2.1Menceritakan pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga di rumah.

MATEMATIKA
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.3 Menyatakan suatu bilangan sebagai jumlah, selisih, hasil kali, atau hasil bagi dua bilangan cacah
3.3.1Menentukan dua bilangan cacah yang jumlahnya diketahui.
2
4.3Menilai apakah suatu bilangan dapat dinyatakan sebagai jumlah, selisih, hasil kali, atau hasil bagi dua bilangan cacah
4.3.1Membuat cerita penjumlahan dua bilangan cacah yang hasilnya ditentukan sendiri


C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Dengan membaca teks, siswa dapat menjelaskan maksud ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) dalam keluarga dengan percaya diri.
2.    Dengan mengamati teks masalah, siswa dapat menyatakan secara lisan ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) dalam keluarga dengan menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif.
3.    Dengan mengamati cerita, siswa dapat menentukan dua bilangan cacah yang jumlahnya diketahui.
4.    Dengan mencontoh isi cerita, siswa dapat membuat cerita penjumlahan dua bilangan cacah yang hasilnya ditentukan sendiri dengan tepat.
5.    Dengan berdiskusi, siswa dapat mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga di rumah.
6.    Setelah berdiskusi dengan teman, siswa dapat menceritakan pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga di rumah.
7.    Dengan menyimpulkan apa yang telah mereka pelajari hari ini, siswa dapat bersyukur atas karunia Tuhan karena mendapatkan tempat tinggal yang nyaman.

v   Karakter siswa yang diharapkan   :
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas


D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
¡  Kelas dibuka dengan doa bersama dipimpin siswa. Upayakan setiap anak mendapat giliran memimpin doa. Guru mengawali pembelajaran dengan memberi kesempatan kepada siswa menyampaikan apa yang telah mereka pelajari sebelumnya. Religius
¡  Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Syukur”. Nasionalis
¡  Guru menyampaikan bahwa hari ini mereka akan belajar rumah yang bersih.
¡  Pembiasaan Membaca 15 menit. Literasi
¡  Siswa mendapat kesempatan berbagi pengalaman dan pengetahuan tentanG menjaga kebersihan dan kenyamanan rumah mereka.
10 menit
Inti
§  Siswa membaca teks “ Rumahku Bersih dan Nyaman.”
§  Guru meminta siswa untuk membentuk kelompok. Setiap kelompok minimal terdiri dari tiga anggota. Masing-masing kelompok mendapatkan satu permasalahan untuk didiskusikan dalam kelompok. Siswa berdiskusi tentang saran yang dapat diberikan untuk menyelesaikan masalah. Salah satu anggota kelompok menjadi perwakilan kelompok untuk menyampaikan hasil diskusi mereka di depan kelas. Upayakan yang menjelaskan adalah mereka yang belum pernah maju ke depan kelas untuk menjelaskan sesuatu. Collaboration
§  Saat seorang siswa menjelaskan saran mereka, siswa yang lain menyimak dan boleh mencatat saran yang diberikan.
§  Siswa mengingat kembali saran-saran yang disampaikan temannya di depan kelas tadi. Siswa mengambil salah satu saran sesukanya. Siswa menuliskan saran yang dipilihnya di buku dan menjelaskan maksud dari saran tersebut.
§  Siswa mengamati cerita tentang Udin dan kakaknya yang ingin bermain kelereng. Siswa mendiskusikan penyelesaian permasalahan yang dialami Udin dan kakaknya. Siswa memberi ide kemungkinan penyelesaian yang lain dan menuliskannya pada buku. Critical Thinking and Problem Solving
§  Siswa kembali mengamati cerita Udin dan kakaknya. Kali ini siswa berlatih mengubah bilangan-bilangan pada cerita. Siswa menentukan sendiri bilangan hasil penjumlahannya. Kemudian siswa menyelesaikan lima alternatif permasalahan yang ada. Critical Thinking and Problem Solving
Siswa kembali mengamati teks “Rumahku Bersih dan Nyaman”. Siswa mengamati kalimat-kalimat tertentu yang menunjukkan hak. Kemudia n siswa menuliskan kewajiban dan hak terkait kebersihan rumah berdasarkan pemahamannya sendiri.
§  Siswa telah mempelajari kewajiban dan hak terhadap rumah sebagai tempat tinggal. Minta siswa untuk menceritakan pengalamannya berkaitan dengan pelaksanaan kewajiban dan hak terhadap rumah sebagai tempat tinggal. Beberapa siswa akan mendapat kesempatan bercerita tentang pengalamannya di depan kelas.
150 menit
Penutup
¡  Kegiatan diakhiri dengan mengulas kembali apa yang sudah mereka lakukan sejak pagi dan ditutup dengan bersyukur kepada Tuhan dan menyimpulkan bahwa segala yang dimiliki adalah karunia Tuhan yang harus disyukuri. Religius
15 menit




E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Pedoman Guru Tema : Kewajiban dan Hakku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡  Buku Siswa Tema : Kewajiban dan Hakku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡  Gambar-gambar bagian rumah
¡  Buku teks




Mengetahui
Kepala Sekolah




...........................................
…………, ………….2018
Guru Kelas III




..............................................





Comments