RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KELAS 3 PEMBELAJARAN 1 TEMA 3 SUBTEMA 4


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :     SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester          :     III (Tiga) / 1
Tema 3                            :     Benda di Sekitarku
Sub Tema 4                   :     Keajaiban Perubahan Wujud di Sekitarku
Pembelajaran                :     1
Alokasi Waktu               :     1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan:    ..................... / ........................

A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.1 Menggali informasi tentang konsep perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
3.1.1 Membaca wacana tentang proses membuat garam.

2
4.1 Menyajikan hasil informasi tentang konsep perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari dalam bentuk lisan, tulis, dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
4.1.1 Menceritakan kembali pokok informasi terkait wacana .
Matematika
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.7 Mendeskripsikan dan menentukan hubungan antar satuan baku untuk panjang, berat, dan waktu yang umumnya digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

3.7.1  Mengenal konversi waktu.

2
4.7 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan hubungan antarsatuan baku untuk panjang, berat, dan waktu yang umumnya digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
4.7.1  Berlatih soal mengkonversi waktu.

SBdP
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.4 Mengetahui teknik potong, lipat, dan sambung.

1.4.1    Mengamati teknik melipat.
1.4.2    Mengidentifikasi teknik melipat kain.

2
4.4 Membuat karya dengan teknik potong, lipat, dan sambung
4.4.1  Mempraktikkan teknik melipat baju
4.4.1  Menggunakan beberapa macam teknik melipat.

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Dengan membaca wacana tentang proses membuat garam, siswa dapat mengidentifikasi informasi yang terkait dengan wujud benda dengan tepat.
2.    Dengan membuat cerita bergambar, siswa dapat menceritakan kembali pokok informasi terkait wacana dengan tepat.
3.    Dengan memerhatikan penjelasan guru, siswa dapat mengenal konversi waktu dengan tepat.
4.    Dengan berlatih soal mengkonversi waktu, siswa dapat mengkonversi waktu dengan satuan waktu lainnya dengan tepat.
5.    Dengan mengamati teknik melipat, siswa dapat mengidentifikasi teknik melipat kain dengan tepat.
6.    Dengan mempraktikkan teknik melipat baju, siswa dapat menggunakan beberapa macam teknik melipat dengan tepat.




v   Karakter siswa yang diharapkan   :
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas

D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
¡   Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
¡   Siswa berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa.
¡   Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Bagimu Negeri”. Nasionalis
¡   Pembiasaan Membaca 15 menit. Literasi
¡   Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilaksanakan.
¡   Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
¡   Guru melakukan apersepsi dengan menebak benda yang dibawa oleh guru (upayakan siswa tidak melihat benda tersebut). Sampaikan petunjuknya bahwa benda tersebut digunakan di hampir semua masakan, berwarna putih dan banyak manfaatnya.
¡   Setelah siswa menebak, tunjukkan wujud benda tersebut kepada siswa. Siswa mengamati garam dan mencicipinya. Siswa menyimak pertanyaan guru, bagaimana cara memperoleh garam? Siswa mengemukakan pendapatnya.
10 menit
Inti
§  Siswa membaca wacana tentang garam yang ada di Buku Siswa.
§  Siswa berdiskusi dan menjawab pertanyaan seputar proses membuat garam yang diajukan oleh guru. Communication
§  Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya jika ada hal yang kurang dipahami dari wacana tersebut.
§  Kegiatan dilanjutkan dengan menjawab pertanyaan di Buku Siswa. Setelah selesai menjawab pertanyaan yang ada di Buku Siswa, bersama membahas jawaban. Guru mengambil nilai jawaban.
§  Kegiatan dilanjutkan dengan guru menggali pemahaman siswa tentang proses pembuatan garam. Siswa digali pemahamannya tentang tahapan membuat garam, misalnya sebagai berikut: (Biarkan siswa merangkai dengan kalimatnya sendiri, tahapan di bawah sebagai acuan urutan.) Critical Thinking and Problem Solving
-       Tahap pertama petani membuat petak-petak tambak di pinggiran pantai.
-       Tanah dalam tambak dipadatkan, kemudian diisi dengan air laut.
-       Diamkan air laut, kelamaan ia akan menguap dan meninggalkan kristalkristal garam.
-       Isi kembali dengan air laut, bila air laut dalam tambak mengering. Setelah lebih kurang 210 hari lapisan garam dalam tambak akan semakin tebal dan dapat dipanen.
-       Perubahan wujud yang terjadi adalah menguap.
§  Setelah siswa memahami tahapan membuat garam, siswa menggambarkan langkah tersebut ke dalam bentuk gambar. Beri keterangan singkat di bawah gambar.
§  Biarkan siswa berkreasi dengan menambahkan warna pada gambar. Creativity and Innovation
§  Siswa mempresentasikan hasil cerita bergambarnya di depan kelas.
§  Guru memberikan apresiasi kepada siswa yang telah maju menceritakan hasil karyanya di depan kelas.
§  Siswa menyimak soal yang disampaikan guru.
§  “Waktu yang dibutuhkan oleh seorang petani garam untuk mengisi 1 petak dengan air laut adalah dua jam. Berapa lama waktu yang diperlukan dalam satuan menit?”
§  Siswa mencoba membuktikan hubungan jam dan menit.
§  Biarkan siswa menemukan hubungan antarjam dengan menit.
§  Alternatif kegiatan adalah siswa diperlihatkan jam dinding yang mempunyai garis menit. Siswa memerhatikan jumlah ruas garis menit yang ada di jam tersebut, siswa mencoba menggali hubungan menit dengan jam.
§  Beri kesempatan setiap beberapa siswa untuk mengemukakan pendapatnya. Beri apresiasi untuk jawaban siswa. Mandiri
§  Setelah itu rangkum bersama hasil akhir yaitu 1 jam = 60 menit.
§  Dilanjutkan bermain tebak-tebakkan jam, seperti 1 jam = ... menit, 2 jam = ... menit, 5 jam = ... menit.
§  Guru memberi pengarahan menyelesaikan masalah keseharian yang ada di buku paket.
 
§  Setelah itu membahas contoh soal berikutnya, yaitu sebagai berikut.
§  Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang materi konversi. Communication
§  Siswa mengerjakan soal latihan di Buku Siswa.
§  Guru berkelilingi untuk mengarahkan siswa yang belum memahami.
§  Setelah selesai, guru memeriksa hasil pekerjaan siswa.
§  Selanjutnya guru menunjukkan aneka pakaian, seperti kaos, celana, sajadah, atau pun handuk.
§  Perwakilan siswa diminta untuk melipat masing-masing bahan. Beri waktu 1 menit.
§  Setelah selesai, perhatikan hasil lipatan siswa. Beri apresiasi bagi yang sudah dapat melipat dengan rapi.
§  Guru menyampaikan bahwa melipat pakaian dengan rapi adalah keterampilan yang harus dimiliki oleh siswa. Communication
§  Guru memperlihatkan cara melipat baju kaos atau lengan pendek dengan benar.
§  Perhatikan langkah-langkah yang ada di Buku Siswa.
 
§  Setelah memperlihatkan cara melipat baju, siswa mempraktikkan cara melipat Creativity and Innovation.
§  Lima orang siswa maju ke depan mempraktikkan. Guru memberikan masukan positif terhadap hasil lipatan siswa. Misalkan perlu ditingkatkan kerapian, perlu lebih berlatih lagi. Setelah itu bergantian lima siswa lagi mempraktikkan, begitu seterusnya.
§  Setelah praktik melipat, guru memperlihatkan teknik melipat cepat.
§  Guru memerhatikan teknik melipat cepat berikut ini:
 
§  Siswa mencoba untuk mengikuti cara melipat dengan cepat di bawah arahan guru.
§  Kegiatan alternatif, teknik melipat bisa dilombakan antarsiswa.

150 menit
Penutup
¡   Mengakhiri kegiatan dengan melakukan refleksi terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan hari ini. Guru dapat mengajukan pertanyaan sebagai berikut:
-       Perubahan wujud ada yang terjadi pada proses pembuatan garam?
-       Apakah siswa mengalami kesulitan dalam melipat baju dengan cara biasa?
Bagaimana dengan cara cepat, apakah masih ada siswa yang mengalami kesulitan?
-       Teknik melipat apa yang paling disukai?
-       Apakah masih ada kesulitan dalam mengubah satuan jam ke menit dan juga sebaliknya?
¡   Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk memberikan pendapatnya. Siswa dapat menyatakan pendapatnya secara lisan ataupun tertulis. Jika disampaikan secara lisan maka guru mencatat masukan siswa.
¡   Guru menginformasikan tugas yang harus dibawa keesokan harinya. Siswa dibagi ke dalam beberapa kelompok. Perlengkapan yang dibutuhkan adalah wadah dari kaca (bisa piring atupun mangkok), 500 gr gula pasir, 250 ml air matang, pewarna makanan (pilihan), dan tusuk sate.
¡   Menyanyikan lagu daerah “Ampar-Ampar Pisang”
¡   Kegiatan kelas diakhiri dengan doa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing oleh petugas. Religius

15 menit

E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡   Buku Pedoman Guru Tema : Benda di Sekitarku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡   Buku Siswa Tema : Benda di Sekitarku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡   Baju kaos untuk belajar melipat
¡   Garam
¡   Jam digital





Mengetahui
Kepala Sekolah




.........................................
…………, ………….2018
Guru Kelas III




...............................................






Comments