RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KELAS 3 PEMBELAJARAN 4 TEMA 4 SUBTEMA 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :     SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester          :     III (Tiga) / 1
Tema 4                            :     Kewajiban dan Hakku
Sub Tema 1                   :     Kewajiban dan Hakku di Rumah
Pembelajaran                :     4
Alokasi Waktu               :     1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan:    ..................... / ........................


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
BAHASA INDONESIA
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.10 Mencermati ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) dalam teks tulis
3.10.1Memberi masukan untuk penyelesaian masalah (sederhana) dengan suara yang jelas
2
4.10Memeragakan ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) sebagai bentuk ungkapan diri menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif yang dibuat sendiri
4.10.1Memasangkan pernyataan masukan penyelesaian masalah (sederhana) dan permasalahannya dengan tepat.

PPKn
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
1.2 Menghargai kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolah sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
 1.2.1  Memahami kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga berkaitan dengan makanan
2
2.2 Melaksanakan kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolah
 2.2.1 Mengerti  tentang pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga berkaitan dengan makanan
3
3.2 Mengidentifikasi kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolah
3.2.1Mengidentifikasi kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga berkaitan dengan makanan
4
4.2Menyajikan hasil identifikasi kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolah
4.2.1Menceritakan pengalamannya tentang pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga berkaitan dengan makanan

PJOK
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.8 Memahami bentuk dan manfaat istirahat dan pengisian waktu luang untuk menjaga kesehatan
3.8.1Menyebutkan tiga manfaat istirahat untuk menjaga kesehatan
2
4.8 Menceritakan bentuk dan manfaat istirahat dan pengisian waktu luang untuk menjaga kesehatan
4.8.1Menceritakan pengalamannya tentang beristirahat untuk menjaga kesehatan.

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Dengan membaca teks tulis tentang permasalahan, siswa dapat memberi masukan untuk penyelesaian masalah (sederhana) dengan suara yang jelas.
2.     Dengan mengamati teks tulis tentang permasalahan, siswa dapat memasangkan pernyataan masukan penyelesaian masalah (sederhana) dan permasalahannya dengan tepat.
3.    Dengan mengamati teks, siswa dapat mengidentifikasi kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga berkaitan dengan makanan dengan tepat.
4.    Setelah mengidentifikasi kewajiban dan hak, siswa dapat menceritakan pengalamannya tentang pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga berkaitan dengan makanan dengan percaya diri.
5.    Dengan mengetahui bentuk-bentuk istirahat, siswa dapat menyebutkan tiga manfaat istirahat untuk menjaga kesehatan.
6.    Setelah mengetahui manfaat istirahat, siswa dapat menceritakan pengalamannya tentang beristirahat untuk menjaga kesehatan.
7.    Dengan menyimpulkan apa yang telah mereka pelajari hari ini, siswa dapat bersyukur kepada Tuhan dan memahami kewajibannya sebagai makhluk Tuhan, bersikap saling menghargai, peduli, jujur, santun, dan bertanggung jawab.

v   Karakter siswa yang diharapkan   :
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas

D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
¡  pembelajaran dengan memberi kesempatan kepada siswa menyampaikan apa yang telah mereka pelajari sebelumnya. Siswa menyebutkan cara menjaga tubuh agar tetap sehat. Communication
¡  Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Indonesia Pusaka”. Nasionalis
¡  Guru menyampaikan bahwa hari ini mereka akan belajar tentang makanan dan istirahat sebagai cara menjaga agar tubuh tetap sehat. Communication
¡  Pembiasaan Membaca 15 menit. Literasi
¡  Siswa mendapat kesempatan berbagi pengalaman tentang kebiasaan makan mereka dan istirahat untuk menjaga kesehatan.
10 menit
Inti
§  Siswa berdiskusi sesuai permasalahan yang didapat dan menyampaikan hasil diskusinya di depan kelas. Guru menyampaikan bahwa siswa akan belajar menyelesaikan masalah. Ada beberapa masalah yang perlu dicarikan jalan keluarnya. Anak-anak dibagi kelompok dengan anggota sekitar tiga orang. Lalu setiap kelompok mendapat bagian nomer masalah yang harus dicarikan solusinya. Beri waktu mereka berdiskusi. Kemudian setiap kelompok menyampaikan hasil diskusinya di depan kelas. Ajarkanlah mereka cara berbicara di depan kelas.
Pertama perkenalkan nama-nama anggota kelompok, menyampaikan masalah yang mereka cermati, lalu menyampaikan hasil diskusi kelompok mereka. Motivasi siswa agar percaya diri, berbicara jelas dan terdengar teman sekelasnya, serta santun menyampaikan pendapat. Sebaiknya setiap anak mendapat giliran berbicara di depan kelas untuk dilihat kemampuannya. Setiap ada kesempatan berbicara, hindari siswa tertentu saja yang mewakili kelompok. Siswa yang lain diminta mendengarkan dengan tertib. Mereka dilatih untuk menghargai orang lain.  Critical Thinking and Problem Solving
§  Setelah semua kelompok selesai memberikan hasil diskusinya guru menyampaikan penghargaannya atas pendapat-pendapat mereka. Guru mengingatkan bahwa siswa perlu memiliki pendapat sendiri tentang permasalahan yang ada di sekitarnya.
§  Siswa mengamati gambar dan berpendapat tentang gambar. Beri siswa waktu untuk menyampaikan apakah mereka melakukan hal yang sama dengan Udin di rumahnya. Apa bedanya dengan yang dilakukan Udin. Kesempatan ini melatih mereka berani berbicara dan berpendapat serta melatih rasa percaya diri. Communication
§  Siswa membaca kalimat pengantar pada buku, dan dapat mengajukan pertanyaan jika ada hal yang belum jelas.
§  Siswa mengamati kalimat demi kalimat yang berkaitan dengan kewajiban dan hak. Mereka harus memilah mana yang merupakan hak dan mana yang merupakan kewajiban.
§  Setelah mengamati kalimat-kalimat, siswa memilah dan menyalin kalimat yang merupakan hak maupun kewajiban pada tempat yang telah disediakan membaca aturan keluarga Udin tentang makanan.
Kewajiban apa yang harus dilakukan setelah kita mendapat hak makanan?
-        Bersyukur atas semua makanan yang ada.
-        Membaca doa sebelum dan sesudah makan.
-        Semua anggota keluarga makan makanan yang sudah disediakan.
-        Makan makanan yang sehat dan bersih.
-        Mengambil makanan secukupnya.
-        Menghabiskan makanan yang sudah diambil.
§  Setelah mengetahui kewajiban dan hak berkaitan dengan makanan, siswa menuliskan cerita tentang pengalaman mereka dalam melaksanakan kewajiban dan hak berkaitan dengan makanan di rumah pada tempat yang telah disediakan.
Guru mengingatkan siswa untuk menulis dengan
rapi. Tulisan harus jelas dan dapat dibaca dengan mudah. Sekurang-kurangnya mereka menulis lima kalimat. Sambil siswa menulis, guru dapat berkeliling kelas melihat-lihat jika ada siswa yang mengalami kesulitan. Mandiri
§  Siswa mengamati teks penjelasan pada buku. Setelah siswa memahami maksud teks, siswa menuliskan manfaat istirahat pada tempat yang telah disediakan.
§  Untuk memperkaya pemahaman siswa tentang manfaat istirahat, siswa dapat berbagi manfaat istirahat yang telah ditulisnya kepada teman-teman di kelasnya. Collaboration
§  Siswa membaca teks pengantar di buku. Siswa dapat bertanya kepada guru jika ada hal yang belum dipahami. Siswa sudah mengetahui bahwa setiap orang memiliki hak sekaligus kewajiban beristirahat. Beberapa siswa mendapat kesempatan bercerita tentang pengalaman mereka tentang istirahat di depan kelas. Guru membimbing siswa untuk bercerita dengan percaya diri dan suara jelas serta terdengar teman-temannya. Bercerita di depan kelas dapat melatih rasa percaya diri siswa. Guru meminta siswa yang lain mendengarkan temannya bercerita dengan tertib. Siswa yang lain berlatih menghargai temannya yang sedang bercerita. Communication
150 menit
Penutup
¡  Kegiatan diakhiri dengan mengulas kembali apa yang sudah mereka lakukan sejak pagi dan ditutup dengan bersyukur kepada Tuhan dan menyimpulkan bahwa Tuhan mengaruniai makanan dan waktu untuk beristirahat yang harus digunakan dengan baik. Religius
15 menit

E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Pedoman Guru Tema : Kewajiban dan Hakku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡  Buku Siswa Tema : Kewajiban dan Hakku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡  Gambar makanan sehat dan tidak sehat
¡  Aneka buah dan makanan sehat
¡  Buku teks





Mengetahui
Kepala Sekolah





....................................
…………, ………….2018
Guru Kelas III





...................................... 

 

Comments