RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KELAS 3 PEMBELAJARAN 6 TEMA 3 SUBTEMA 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :     SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester          :     III (Tiga) / 1
Tema 3                            :     Benda di Sekitarku
Sub Tema 1                   :     Aneka Benda di Sekitarku
Pembelajaran                :     6
Alokasi Waktu               :     1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan:    ..................... / ........................

A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.1 Menggali informasi tentang konsep perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
3.1.1 Melakukan penelitian terhadap bahan terbaik untuk benda.
2
4.1 Menyajikan hasil informasi tentang konsep perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari dalam bentuk lisan, tulis, dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
4.1.1 Menuliskan informasi tentang deskripsi benda
4.1.2 Menyusun informasi terkait bahan pembentuk benda.
PPKn
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
1.1  Menerima arti bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas pada lambang negara “Garuda Pancasila” sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.

1.1.1  Memahami pentingnya menghargai pendapat orang lain.

2
2.1  Bersikap jujur, peduli, kasih sayang sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.

2.1.1 Mengerti menuliskan pengalaman melakukan musyawarah.
3
3.1 Memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.

3.1.1 Memahami pentingnya menghargai pendapat orang lain.

4
4.1 Menceritakan arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.
4.1.1 Menuliskan pengalaman melakukan musyawarah.

Matematika
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.7 Mendeskripsikan dan menentukan hubungan antar satuan baku untuk panjang, berat, dan waktu yang umumnya digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
3.7.1 Berlatih mengerjakan soal konversi satuan m ke cm.
2
4.7 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan hubungan antarsatuan baku untuk panjang, berat, dan waktu yang umumnya digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
4.7.1  Mengkonversikan satuan m ke cm dengan tepat.


C.     TUJUAN PEMEBALAJARAN
1.    Dengan melakukan musyawarah, siswa dapat memahami pentingnya menghargai pendapat orang lain dengan tepat.
2.    Dengan menuliskan pengalaman melakukan musyawarah, siswa dapat menceritakan pengalamannya bermusyawarah secara tertulis dengan rinci.
3.    Dengan melakukan penelitian terhadap bahan terbaik untuk benda, siswa dapat menggunakan kata/istilah pembentuk benda dengan tepat.
4.    Dengan menuliskan informasi tentang deskripsi benda, siswa dapat menyusun informasi terkait bahan pembentuk benda dengan tepat.
5.    Dengan berlatih mengerjakan soal konversi satuan m ke cm, siswa dapat mengkonversikan satuan m ke cm dengan tepat.

v   Karakter siswa yang diharapkan   :
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas

D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
¡   Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
¡   Siswa berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa. Religius
¡   Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Indonesia Pusaka”. Nasionalis
¡   Pembiasaan Membaca 15 menit. Literasi
10 menit
Inti
§  Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
§  Siswa berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa. Religius
§  Kegiatan diawali dengan tanya jawab terhadap aneka bahan pembentuk benda yang telah dipelajari.
§  Siswa diingatkan kembali tentang apa saja bahan pembentuk benda disertai dengan contohnya.
§  Siswa menyimak penjelasan guru, tentang kegiatan hari ini, yaitu menyelidiki bahan yang sesuai untuk benda-benda tertentu. Communication
§  Siswa membentuk kelompok yang terdiri dari 2-3 siswa. Collaboration
§  Kelompok tersebut menentukan benda apa yang akan diselidiki oleh masing-masing kelompok.
§  Setelah menentukan keputusan, siswa diminta untuk menuliskan hasil keputusan musyawarah pada kotak yang disediakan. Mandiri
§  Siswa menuliskan pengalaman bermusyawarah pada lembar yang telah disediakan.
§  Setelah selesai menuliskan, siswa mendapat kesempatan untuk menceritakan secara lisan pengalamannya melaksanakan musyawarah. Creativity and Innovation
§  Setelah menentukan benda yang akan diselidiki, siswa berdiskusi tentang bahan yang tepat untuk membuat benda.
§  Selidikilah bahan terbaik dan pilihlah alternatif bahan lainnya.
§  Diskusikan tentang kelebihan dan kekurangan dari bahan tersebut.
§  Tuliskanlah seperti contoh yang diberikan di Buku Siswa.
§  Setelah itu siswa memilih satu benda yang akan mereka jelaskan dalam bentuk tertulis.
§  Siswa harus menjelaskan tentang ciri benda, fungsi, bahan yang baik untuk membuat benda tersebut, kelebihan dan kekurangan menggunakan bahan tersebut sebagai bahan dasar pembentuk. Critical Thinking and Problem Solving
§  Siswa menuliskannya pada kotak yang telah disediakan.
§  Setelah anak-anak menyelesaikan tugas menulisnya, siswa diminta untuk mengamati meteran gulung yang ada di Buku Siswa.
§  Jika memungkinkan lebih baik jika guru memperlihatkan bentuk meteran panjang ini.
§  Siswa menjawab pertanyaan di manakah mereka sering melihat meteran tersebut? Mandiri
§  Siswa menyelesaikan konversi ukuran m ke cm, dilanjutkan dengan menyelesaikan soal cerita. (Soal latihan ini akan dinilai oleh guru)
150 menit
Penutup
¡   Kegiatan diakhiri dengan mengucapkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena kuasanya bumi begitu kaya bahan-bahan pembentuk benda, yang memudahkan manusia melaksanakan tugasnya sehari-hari.
¡   Menyanyikan lagu daerah “Yamko Rambe Yamko”
¡   Kegiatan kelas diakhiri dengan doa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing oleh petugas. Religius
15 menit

E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Pedoman Guru Tema : Benda di Sekitarku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡  Buku Siswa Tema : Benda di Sekitarku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡  Alat ukur meteran




Mengetahui
Kepala Sekolah




.............................................

…………, ………….2018
Guru Kelas III




..............................................











Comments