RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester : III (Tiga) / 1
Tema 3 : Benda di Sekitarku
Sub Tema 1 : Aneka Benda di Sekitarku
Pembelajaran : 6
Alokasi Waktu : 1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan: ..................... / ........................
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.1 Menggali informasi tentang konsep perubahan wujud benda dalam
kehidupan sehari-hari yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual,
dan/atau eksplorasi lingkungan.
|
3.1.1
Melakukan penelitian terhadap bahan terbaik untuk benda.
|
2
|
4.1 Menyajikan hasil informasi tentang konsep perubahan wujud benda
dalam kehidupan sehari-hari dalam bentuk lisan, tulis, dan visual menggunakan
kosakata baku dan kalimat efektif.
|
4.1.1
Menuliskan informasi tentang deskripsi benda
4.1.2
Menyusun informasi terkait bahan pembentuk benda.
|
PPKn
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
1.1 Menerima arti bintang,
rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas pada lambang negara
“Garuda Pancasila” sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
|
1.1.1 Memahami pentingnya menghargai pendapat
orang lain.
|
2
|
2.1 Bersikap jujur, peduli,
kasih sayang sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda
Pancasila”.
|
2.1.1 Mengerti menuliskan pengalaman melakukan musyawarah.
|
3
|
3.1 Memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.
|
3.1.1
Memahami pentingnya menghargai pendapat orang lain.
|
4
|
4.1 Menceritakan arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.
|
4.1.1 Menuliskan pengalaman melakukan musyawarah.
|
Matematika
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.7
Mendeskripsikan dan menentukan hubungan antar satuan baku untuk panjang, berat,
dan waktu yang umumnya digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
|
3.7.1
Berlatih mengerjakan soal konversi satuan m ke cm.
|
2
|
4.7 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan hubungan antarsatuan baku untuk panjang, berat,
dan waktu yang umumnya digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
|
4.7.1 Mengkonversikan satuan m ke cm dengan
tepat.
|
C. TUJUAN PEMEBALAJARAN
1.
Dengan melakukan musyawarah, siswa
dapat memahami pentingnya menghargai pendapat orang lain dengan tepat.
2.
Dengan menuliskan pengalaman melakukan
musyawarah, siswa dapat menceritakan pengalamannya bermusyawarah secara
tertulis dengan rinci.
3.
Dengan melakukan penelitian terhadap
bahan terbaik untuk benda, siswa dapat menggunakan kata/istilah pembentuk benda
dengan tepat.
4.
Dengan menuliskan informasi tentang
deskripsi benda, siswa dapat menyusun informasi terkait bahan pembentuk benda
dengan tepat.
5.
Dengan berlatih mengerjakan soal
konversi satuan m ke cm, siswa dapat mengkonversikan satuan m ke cm dengan
tepat.
v Karakter siswa yang
diharapkan :
|
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
|
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡ Guru menyapa siswa, menanyakan
kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
¡
Siswa berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan
masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa. Religius
¡
Menyanyikan lagu
“Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Indonesia Pusaka”. Nasionalis
¡ Pembiasaan
Membaca 15 menit. Literasi
|
10 menit
|
Inti
|
§ Guru menyapa
siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
§ Siswa berdoa
bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh
salah satu siswa. Religius
§ Kegiatan
diawali dengan tanya jawab terhadap aneka bahan pembentuk benda yang telah
dipelajari.
§ Siswa
diingatkan kembali tentang apa saja bahan pembentuk benda disertai dengan
contohnya.
§ Siswa menyimak
penjelasan guru, tentang kegiatan hari ini, yaitu menyelidiki bahan yang
sesuai untuk benda-benda tertentu. Communication
§ Siswa membentuk
kelompok yang terdiri dari 2-3 siswa. Collaboration
§ Kelompok
tersebut menentukan benda apa yang akan diselidiki oleh masing-masing kelompok.
§ Setelah
menentukan keputusan, siswa diminta untuk menuliskan hasil keputusan
musyawarah pada kotak yang disediakan. Mandiri
§ Siswa
menuliskan pengalaman bermusyawarah pada lembar yang telah disediakan.
§ Setelah selesai
menuliskan, siswa mendapat kesempatan untuk menceritakan secara lisan
pengalamannya melaksanakan musyawarah. Creativity and Innovation
§ Setelah
menentukan benda yang akan diselidiki, siswa berdiskusi tentang bahan yang tepat
untuk membuat benda.
§ Selidikilah
bahan terbaik dan pilihlah alternatif bahan lainnya.
§ Diskusikan
tentang kelebihan dan kekurangan dari bahan tersebut.
§ Tuliskanlah
seperti contoh yang diberikan di Buku Siswa.
§ Setelah itu
siswa memilih satu benda yang akan mereka jelaskan dalam bentuk tertulis.
§ Siswa harus
menjelaskan tentang ciri benda, fungsi, bahan yang baik untuk membuat benda
tersebut, kelebihan dan kekurangan menggunakan bahan tersebut
sebagai bahan dasar pembentuk. Critical Thinking and
Problem Solving
§ Siswa
menuliskannya pada kotak yang telah disediakan.
§ Setelah anak-anak
menyelesaikan tugas menulisnya, siswa diminta untuk mengamati
meteran gulung yang ada di Buku Siswa.
§ Jika
memungkinkan lebih baik jika guru memperlihatkan bentuk meteran panjang ini.
§ Siswa menjawab
pertanyaan di manakah mereka sering melihat meteran tersebut? Mandiri
§ Siswa
menyelesaikan konversi ukuran m ke cm, dilanjutkan dengan menyelesaikan
soal cerita. (Soal latihan ini akan dinilai oleh guru)
|
150 menit
|
Penutup
|
¡ Kegiatan
diakhiri dengan mengucapkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena
kuasanya bumi begitu kaya bahan-bahan pembentuk benda, yang memudahkan
manusia melaksanakan tugasnya sehari-hari.
¡ Menyanyikan lagu daerah “Yamko
Rambe Yamko”
¡ Kegiatan kelas
diakhiri dengan doa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan
masing-masing oleh petugas. Religius
|
15 menit
|
E. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Pedoman Guru Tema : Benda
di Sekitarku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum
2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡ Buku Siswa Tema : Benda di
Sekitarku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡ Alat ukur meteran
Mengetahui
Kepala Sekolah
.............................................
|
…………, ………….2018
Guru Kelas III
..............................................
|
Comments