RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KELAS 3 PEMBELAJARAN 3 TEMA 3 SUBTEMA 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :  SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester          :  III (Tiga) / 1
Tema 3                            :  Benda di Sekitarku
Sub Tema 2                   :  Wujud Benda
Pembelajaran                :  3
Alokasi Waktu               :  ........... x 150 menit
Hari / Tgl Pelaksanaan: ..................... / ........................

A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.1 Menggali informasi tentang konsep perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
3.1.1  Membuat prediksi sifat benda padat.
2
4.1 Menyajikan hasil informasi tentang konsep perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari dalam bentuk lisan, tulis, dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
4.1.1 Mengidentifikasi sifat benda padat.


Matematika
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.7 Mendeskripsikan dan menentukan hubungan antar satuan baku untuk panjang, berat, dan waktu yang umumnya digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

3.7.1 Mengenal konversi satuan panjang baku.

2
4.7 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan hubungan antarsatuan baku untuk panjang, berat, dan waktu yang umumnya digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
4.7.1  Memecahkan soal cerita yang berkaitan dengan jarak.

SBdP
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.2 Mengetahui bentuk dan variasi pola irama dalam lagu.

3.2.1 Mengidentifikasi gerakan lambat kaki saat menari.

2
4.2 Menampilkan bentuk dan variasi irama melalui lagu.
4.2.1  Memeragakan gerak lambat kaki dalam suatu tari.

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Dengan membuat prediksi sifat benda padat, siswa terlatih untuk memberikan pendapatnya berdasarkan pengamatan dengan percaya diri.
2.    Dengan melakukan percobaan, siswa dapat mengidentifikasi sifat benda padat.
3.    Dengan kegiatan menulis, siswa menemukan kata/istilah khusus yang berkaitan dengan materi.
4.    Dengan memerhatikan penjelasan guru, siswa mengenal konversi satuan panjang baku.
5.    Dengan memecahkan soal cerita yang berkaitan dengan jarak, siswa dapat menggunakan pengetahuan yang dimiliki untuk menyelesaikan masalah seharihari dengan benar.
6.    Dengan memerhatikan tempo musik, siswa dapat mengidentifikasi gerakan lambat kaki saat menari.
7.    Dengan mempraktikkan gerakan lambat kaki dalam menari, siswa dapat memeragakan gerak lambat kaki dalam suatu tari dengan benar.



v   Karakter siswa yang diharapkan   :
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas

D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
¡   Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
¡   Siswa berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa. Religius
¡   Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Tanah Airku”. Nasionalis
¡   Kegiatan diawali dengan rencana kegiatan pembelajaran hari ini oleh guru.
¡   Pembiasaan Membaca 15 menit. Literasi
¡   Siswa diingatkan kembali dengan ketiga jenis wujud benda yang telah dipelajari sebelumnya.
¡   Siswa memberikan contoh masing-masing wujud benda.

10 menit
Inti
§  Siswa mengamati aneka benda padat di sekitar kelas.
§  Siswa diminta untuk mencermati sifat benda padat berdasarkan hasil pengamatan mereka, dan menuliskannya di Buku Siswa. Communication
§  Siswa mengajukan beberapa pertanyaan seputar benda padat.
§  Siswa telah menuliskan pendapatnya tentang sifat benda berdasarkan pengamatan. Sekarang saatnya siswa melakukan penyelidikan untuk membuktikan bahwa perkiraan atau tebakan mereka tentang sifat benda padat adalah benar adanya. Critical Thinking and Problem Solving
§  Siswa dalam kelompok yang terdiri dari 3-4 orang mengumpulkan benda-benda padat di sekitar mereka, serta membawa perlengkapan dari rumah. Collaboration

§  Siswa mulai melakukan percobaan dengan mengikuti langkah-langkah yang ada di Buku Siswa. Creativity and Innovation
§  Masukkan benda ke dalam ember, amati. Selanjutnya masukkan ke dalam gelas, amati. Terakhir masukkan ke dalam kantong plastik, amati kembali.
§  Siswa mencatat hasil pengamatannya di tabel pengamatan yang telah disediakan.
§  Setelah itu siswa menyimpulkan sifat benda padat hasil pengamatannya.
§  Siswa menutup percobaan dengan membandingkan prediksi yang awal mereka buat dengan hasil percobaan.
§  Guru membuka kesempatan untuk berdiskusi dengan siswa, jika kesimpulan ada hal yang berbeda dengan hasil percobaan siswa.
§  Setelah melakukan percobaan, siswa mengingat kembali kosakata baru dipelajarinya pada pembelajaran ini.
§  Siswa menuliskan kata-kata tersebut di tabel yang telah disediakan.
§  Siswa mencari artinya di kamus Bahasa Indonesia. Arahkan siswa jika kata yang dipilihnya bukanlah kata dasar.
§  Guru memberikan pertanyaan, alat ukur apa yang digunakan untuk mengukur jarak suatu tempat? Tahukah para siswa jarak dari rumah mereka ke sekolah?
§  Siswa memerhatikan Buku Siswa dan mencari jarak tempuh antara rumah Dayu menuju pasar.
§  Guru dapat mengajukan beberapa pertanyaan sebelum siswa mulai mengerjakan soal di Buku Siswa.
§  Setelah itu siswa mengerjakan latihan di Buku Siswa.
§  Bersama siswa menyanyikan lagu berikut ini:
 

§  Setelah bernyanyi siswa ditanya, apakah musik termasuk benda? Sampaikan apa alasannya.
§  Setelah itu siswa mengingat kembali gerakan kaki dengan dinamika lemah lembut.
§  Siswa menciptakan gerakan kaki yang disesuaikan oleh lagu tersebut atau lagu pilihan siswa sendiri. Mandiri
§  Guru mengamati dan memberi masukan, sebelum akhirnya dinilai.
§  Setiap siswa mencoba untuk menunjukkan gerakan yang mereka ciptakan di depan kelas.
§  Kelas diakhiri dengan menari bersama-sama dengan diiringi lagu Barisan Musik.
150 menit
Penutup
¡   Siswa diberikan kesempatan untuk menari sendiri.
¡   Siswa melakukan refleksi kegiatan hari ini. Siswa menberikan pendapatnya tentang kegiatan hari ini, siswa menyampaikan jika ada materi yang belum dipahami oleh siswa.
¡   Menyanyikan lagu daerah “Soleram”.
¡   Kegiatan kelas diakhiri dengan doa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing oleh petugas. Religius

15 menit

E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Pedoman Guru Tema : Benda di Sekitarku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡  Buku Siswa Tema : Benda di Sekitarku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡  Aneka benda padat di sekitar kita.

 
Mengetahui
Kepala Sekolah




.............................................

…………, ………….2018
Guru Kelas III




..............................................



Comments