RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KURTILAS KELAS 3 PEMBELAJARAN 5 TEMA 3 SUBTEMA 4


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :     SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester          :     III (Tiga) / 1
Tema 3                            :     Benda di Sekitarku
Sub Tema 4                   :     Keajaiban Perubahan Wujud di Sekitarku
Pembelajaran                :     5
Alokasi Waktu               :     1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan:    ..................... / ........................


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.1 Menggali informasi tentang konsep perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
3.1.1 Mengidentifikasi urutan proses terjadinya hujan.

2
4.1 Menyajikan hasil informasi tentang konsep perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari dalam bentuk lisan, tulis, dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
4.1.1 Menyusun informasi secara tertulis tentang perubahan wujud yang terjadi pada proses terjadinya hujan.
PPKn
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
1.4 Mensyukuri makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
1.4.1 Memahami pengalaman menolong
2
1.4   Menampilkan sikap kerja sama sebagai wujud bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar.


2.4.1 Mengerti pengalaman menolong orang.
3
3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman melalui penerapan kehidupan sehari-hari.
3.4.1 Menuliskan pengalaman menolong
4
4.4 Menceritakan perilaku sesuai dengan makna bersatu dalam keberagaman melalui penerapan kehidupan  sehari-hari dalam kehidupan sehari-hari.
4.4.1 Menceritakan pengalaman menolong orang.

Matematika
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.7 Mendeskripsikan dan menentukan hubungan antar satuan baku untuk panjang, berat, dan waktu yang umumnya digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

3.7.1 Menyatakan lama waktu kegiatan dalam satuan.

2
4.7 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan hubungan antarsatuan baku untuk panjang, berat, dan waktu yang umumnya digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
4.7.1 Melengkapi tabel kegiatan.





C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Dengan diskusi kelompok, siswa dapat menggali informasi proses terjadinya hujan dengan tepat.
2.    Dengan mengurutkan proses terjadinya hujan, siswa mengidentifikasi urutan proses terjadinya hujan dengan tepat.
3.    Dengan menuliskan proses terjadinya hujan, siswa dapat menyusun informasi secara tertulis tentang perubahan wujud yang terjadi pada proses terjadinya hujan dengan tepat.
4.    Dengan menyimak penjelasan guru, siswa dapat menyatakan lama waktu kegiatan dalam satuan dengan tepat.
5.    Dengan melengkapi tabel kegiatan, siswa dapat menyusun kegiatan yang lama waktunya diketahui dengan tepat.
6.    Dengan menuliskan pengalaman menolong, siswa dapat menceritakan pengalaman menolong orang dengan tepat.

v   Karakter siswa yang diharapkan   :
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas

D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
¡   Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
¡   Siswa berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa. Religius
¡   Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Maju Tak Gentar”. Nasionalis
¡   Guru membuka pelajaran dengan meminta siswa mengamati cuaca hari ini, apakah cuaca cerah? Berawan ataukah hujan?
¡   Pembiasaan Membaca 15 menit. Literasi
¡   Guru mengajukan pertanyaan, apa tanda-tanda jika akan turun hujan?
¡   Bagaimana perasaanmu saat hujan datang? Sampaikan bahwa hujan adalah anugerah, karena dengan turun hujan bumi mendapatkan limpahan air untuk kelangsungan mahkluk hidup.
¡   Menyanyikan bersama lagu bertema hujan.
10 menit
Inti
§  Siswa menyimak pertanyaan guru tentang “Bagaimana terjadinya hujan?”
§  Siswa dapat mengemukakan pendapatnya tentang proses terjadinya hujan.
§  Siswa diberi kesempatan untuk membaca Buku Siswa.
§  Siswa diperkenankan untuk mengajukan pertanyaan di kelas, siswa lain memberikan tanggapannya terhadap pertanyaan temannya yang lain. Communication
§  Guru memandu dan mengarahkan diskusi.
§  Siswa mendengarkan penjelasan dengan guru tentang siklus hujan.
§  Siswa mengurutkan proses hujan berdasarkan pengamatan terhadap gambar siklus dan juga berdasarkan proses tanya jawab yang dilakukan sebelumnya. Critical Thinking and Problem Solving
§  Siswa menandai pada urutan yang mana perubahan wujud terjadi pada proses terjadinya hujan? Setelah itu bersama-sama memeriksa urutan hujan.
 
§  Setelah selesai mengurutkan, siswa menjelaskan proses terjadinya hujan secara satu per satu. Mandiri
§  Siswa menuliskan secara singkat dan tepat di kotak yang disediakan lengkap dengan perubahan wujud yang terjadi.
§  Siswa mengerjakan hal tersebut secara individu. Guru berkeliling untuk memastikan siswa dapat mengerjakan dan memahami tugas yang diberikan. Creativity and Innovation
§  Kegiatan dilanjutkan dengan pertanyaan guru, “Apakah kamu punya pengalaman di mana hujan membuatmu harus menunda kegiatannya, seperti yang dialami oleh Siti?”
§  Siswa menyimak guru membacanya apa yang terjadi pada Siti. Siti menunggu hujan sejak pukul 07.15 sampai pukul 09.10, berapa lama Siti menunggu hujan reda? Mandiri
 
§  Guru memberikan contoh soal di mana siswa mencoba mencari jawabannya bersama-sama, misalkan Dayu pergi ke sekolah pukul 06.10, tiba di sekolah pukul 07.20. Berapa lama waktu yang ditempuh Dayu dari rumah ke sekolah? (Buatlah garis bilangannya.) Gotong Royong
§  Selanjutnya siswa diberikan contoh kedua yaitu pagi itu Udin pergi ke sekolah diantarkan oleh Ayah. Udin berangkat pada pukul 06.25. Perjalanan dari rumah ke sekolah butuh waktu 30 menit. Pukul berapa Udin sampai ke sekolah?
§  Siswa memberikan pendapat mereka tentang penyelesaian masalah tersebut, perwakilan siswa boleh mencoba untuk memberikan jawabannya dan memperlihatkan cara perhitungan.
§  Guru menjelaskan perhitungan seperti yang ada di Buku Siswa: (masih menggunakan garis waktu, hal ini dilakukan untuk memberi gambaran secara visual kepada siswa).
§  Guru menjelaskan kepada siswa bahwa cara menyelesaikan persamaan di atas adalah dengan menambahkan menit sehingga 06.25 + 30 menit = 06.55. Critical Thinking and Problem Solving
§  Guru memberikan beberapa soal untuk menguji pengetahuan siswa. Contoh pertanyaan lainnya adalah:
§  Ibu membuat es krim mulai pukul 10.00. Waktu yang dibutuhkan untuk membuat es krim adalah 35 menit. Pukul berapa Ibu selesai membuat es krim?
§  Kegiatan dilanjutkan dengan siswa berlatih menghitung durasi waktu dengan menyelesaikan latihan di Buku Siswa.
§  Siswa dapat mengerjakan hitungannya di kertas terpisah. Siswa dapat menggunakan dua cara perhitungan. Pertama dengan menggunakan garis waktu dan kedua dengan menggunakan operasi penjumlahan dan pengurangan. Mandiri
§  Siswa melengkapi jadwal kegiatan di hari ini, mulai dari jam pertama sampai pulang sekolah.
§  Guru memberikan contoh di papan tulis:
 
§  Setelah itu perwakilan siswa dapat membacakan rancangan kegiatan yang sudah ia kerjakan.
§  Kegiatan dilanjutkan dengan guru mengemukakan pertanyaan, apakah siswa-siswi pernah memerhatikan bagaimana kondisi sekolah ketika hujan?
§  Siswa memerhatikan apa yang terjadi pada Udin ketika musim hujan terjadi.
§  Siswa mengemukakan pendapatnya, apa yang terjadi pada Udin, apakah mereka pribadi pernah mengalami hal tersebut?
§  Siswa menuliskan pendapatnya apa yang akan dia lakukan sebagai teman.
§  Siswa membentuk kelompok kecil yang terdiri dari tiga sampai dengan empat anak. Dalam kelompok kecil siswa membagi pengalamannya saling menolong di sekolah yang pernah ia lakukan. Collaboration
§  Guru mengingatkan peraturan bahwa ketika satu orang berbicara maka teman yang lain wajib mendengarkan dan tidak memotong pembicaraan.
§  Siswa menuliskan ceritanya sendiri di kolom yang telah disediakan.

§  Setelah itu siswa memilih salah satu cerita temannya yang paling berkesan dan menuliskan pengalaman mereka di kolom yang telah disediakan. Mandiri
§  Terakhir siswa berdiskusi tentang pentingnya sikap saling tolong-menolong dan menuliskannya di Buku Siswa.
§  Siswa menyatakan pendapatnya masing-masing. Communication
150 menit
Penutup
¡   Kegiatan ditutup dengan guru menyampaikan pentingnya sikap saling tolong-menolong di antara kita. Setiap ajaran agama mengajarkan untuk saling menyayangi dan saling tolong antarmanusia. Saling menolonglah dalam kebaikan.
¡   Menyanyikan lagu daerah “Kicir-Kicir”
¡   Kegiatan kelas diakhiri dengan doa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing oleh petugas. Religius

15 menit

E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Pedoman Guru Tema : Benda di Sekitarku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡  Buku Siswa Tema : Benda di Sekitarku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡  Jam dinding




Mengetahui
Kepala Sekolah





...........................................
…………, ………….2018
Guru Kelas III





..........................................

Comments