RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KURTILAS KELAS 3 PEMBELAJARAN 4 TEMA 4 SUBTEMA 3


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan            :        SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester                :        III (Tiga) / 1
Tema 4                                  :        Kewajiban dan Hakku
Sub Tema 3                         :        Kewajiban dan Hakku dalam
  Bertetangga
Pembelajaran                      :        4
Alokasi Waktu                     :        1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan      :        ..................... / ........................

A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
BAHASA INDONESIA
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.10 Mencermati ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) dalam teks tulis.
3.10.1Menemukan kalimat yang menunjukkan masalah dan penyelesaiannya
2
4.10Memeragakan ungkapan atau   kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) sebagai bentuk ungkapan diri menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif yang dibuat sendiri
4.10.1Menyatakan masalah (sederhana) dan penyelesaiannya

PPKn
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
1.2Menghargai kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolah sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
1.2.1 Memahami kewajiban dan hak ketika bekerja sama dengan tetangga
2
2.2Melaksanakan kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolah
2.2.1 Melakukan pengalaman sehari-hari berkaitan dengan pelaksanaan kewajiban dan hak ketika bekerja sama dengan tetangga
3
3.2 Mengidentifikasi kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolah
3.2.1Mengidentifikasi kewajiban dan hak ketika bekerja sama dengan tetangga
4
4.2Menyajikan hasil identifikasi kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan wargasekolah
4.2.1Menceritakan pengalaman sehari-hari berkaitan dengan pelaksanaan kewajiban dan hak ketika bekerja sama dengan tetangga

PJOK
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.9 Memahami perlunya memilih makanan bergizi dan jajanan sehat untuk menjaga kesehatan tubuh
3.9.1Menjelaskan cara memilih makanan bergizi untuk menjaga kesehatan tubuh
2
4.9 Menceritakan perlunya memilih makanan bergizi dan jajanan sehat untuk menjaga kesehatan tubuh
4.9.1Menceritakan pengalaman memilih makanan untuk kesehatan tubuh

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Dengan membaca teks tulis, siswa dapat menemukan kalimat yang menunjukkan masalah dan penyelesaiannya dengan tepat
2.    Dengan berdiskusi siswa dapat menyatakan masalah (sederhana) dan penyelesaiannya dengan percaya diri
3.    Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi kewajiban dan hak ketika bekerja sama dengan tetangga dengan tepat
4.    Dengan mengetahui kewajiban dan hak, siswa dapat menceritakan pengalaman sehari-hari berkaitan dengan pelaksanaan kewajiban dan hak ketika bekerja sama dengan tetangga dengan percaya diri
5.    Dengan mengamati gambar siswa dapat menjelaskan cara memilih makanan bergizi untuk menjaga kesehatan tubuh dengan tepat
6.    Dengan memahami cara memilih makanan, siswa dapat menceritakan pengalaman memilih makanan untuk kesehatan tubuh dengan percaya diri
7.    Dengan menyimpulkan apa yang telah mereka pelajari hari ini, siswa dapat bersyukur kepada Tuhan dan memahami kewajibannya sebagai makhluk Tuhan, bersikap saling menghargai, peduli, jujur, santun, dan bertanggung jawab.

v   Karakter siswa yang diharapkan   :
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas

D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
¡  Guru membuka pembelajaran dengan berdoa bersama dan memberi kesempatan kepada siswa menyampaikan apa yang telah mereka pelajari sebelumnya. Religius
¡  Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Bagimu Negeri”. Nasionalis
¡  Guru menyampaikan bahwa hari ini mereka akan belajar tentang gaya hidup sehat mulai dari menjaga lingkungan rumah bersih, indah, aman, dan cara memilih makanan sehat. Communication
¡  Pembiasaan Membaca 15 menit. Literasi
¡  Siswa mendapat kesempatan berbagi pengalaman tentang lingkungan rumah mereka. Apakah bersih, indah, dan aman? Bagaimana membuat lingkungan tempat tinggal bersih, indah, dan aman.
10 menit
Inti
§  Siswa membaca teks ‘Aku ingin Lingkungan Bersih”. Guru selalu mengingatkan agar siswa membaca dengan suara keras sehingga terdengar semua teman di kelasnya. Siswa juga diminta membaca sesuai dengan tanda baca.
§  Guru mengingatkan siswa yang tidak mendapat giliran membaca agar menyimak dengan tertib sambil memberi tanda bagian yang ingin mereka tanyakan.
§  Siswa bertanya beberapa pernyataan atau kata yang belum dipahaminya. Guru mempersilakan siswa lain menjawab pertanyaan temannya. Kemudian guru menyimpulkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan siswa.
§  Siswa mengamati kembali teks dan mencari kalimat yang menunjukkan masalah dan cara penyelesaiannya. Critical Thinking and Problem Solving
§  Siswa menuliskan temuannya pada tempat tersedia di buku. Siswa juga dapat menuliskan hasil temuannya pada buku latihan mereka masing-masing.
§  Siswa mengamati teks penugasan pada buku.
§  Siswa membuat kelompok dengan anggota maksimal 5 siswa. Upayakan pembagian kelompok merata dan setiap siswa mendapat kesempatan bekerja sama dengan semua teman-temannya. Collaboration
§  Siswa berdiskusi dalam kelompok. Collaboration
Siswa membagi tugas dalam kelompok. Ada ketua kelompok yang mengatur jalannya diskusi; ada notulen yang mencatat hasil diskusi, ada juru bicara yang akan mempresentasikan hasil diskusi. Siswa membuat kesepakatan bahwa semua anggota kelompok harus terlibat aktif memberikan pendapat saat berdiskusi. Ada kalanya siswa memberi nama kelompoknya.
§  Setiap kelompok maju ke depan kelas untuk menyampaikan hasil diskusi kelompoknya. Juru bicara kelompok akan memulai pembicaraan dan anggota kelompok lain boleh menambahkan. Communication
Pada saat menyampaikan hasil diskusi, minta siswa utk melakukannya dengan serius. Semua menghadap teman-teman yang mendengarkan dan berdiri tegak. Awali dengan kami dari kelompok x dengan anggota a, b,c, d ingin menyampaikan hasil diskusi kelompok kami. Permasalahan yang kelompok kami ambil adalah....... Bentuk penyelesaiannya adalah..... Mungkin ada temanteman yang ingin menambahkan. Jika ada anggota kelompok ada yang ingin menambahkan, mereka akan memulainya dengan, “Saya akan tambahkan......”. Jika akan dibuka pertanyaan, juru bicara kelompok akan menyampaikan, “Ada
yang ingin ditanyakan?”
§  Kegiatan dapat dimulai dengan pembukaan sebagai berikut. Guru menawarkan kepada siswa siapa yang ingin memandu kegiatan. Salah satu siswa maju ke depan. Dengan bantuan guru siswa bertanya kepada teman-temannya, dan lingkungan rumah seperti apa yang teman-temannya inginkan. Siswa menjawab sesuai dengan pendapat mereka. Siswa pemandu bertanya lagi, apa yang seharusnya mereka lakukan? Siswa pun memberikan jawaban. Siswa pemandu menyampaikan, “Terima kasih teman-teman, sekarang kita kembali mengamati buku”. Kegiatan ini bertujuan melatih siswa memimpin suatu kegiatan dan menumbuhkan rasa percaya diri siswa.
§  Siswa kembali membaca teks pengantar dan petunjuk pelaksanaan kegiatan pada buku. Siswa bertanya kepada guru jika ada petunjuk yang belum mereka pahami. Guru menjelaskan hal yang belum dipahami siswa. Siswa melaksanakan kegiatan berdasarkan panduan di buku.
§  Guru meminta siswa membaca teks petunjuk kegiatan pada buku. Guru bertanya apakah ada yang belum jelas tentang petunjuk kegiatan pada buku.
§  Siswa mencermati kembali daftar kewajiban dan hak yang dibuatnya.
§  Siswa memilih salah satu kewajiban dan hak yang akan ia ceritakan kepada teman di sebelahnya.
§  Beberapa siswa mendapat kesempatan bercerita di depan kelas, guru mengingatkan dan membantu siswa untuk bercerita dengan suara terdengar seluruh kelas dan percaya diri. Mandiri
Catatan:
Setiap siswa mendapat giliran bercerita di depan kelas. Pada akhir semester,  sekurang-kurangnya setiap siswa pernah bercerita di depan kelas sebanyak 2-3 kali.
§  Guru mempersilakan siswa membaca teks pengantar kegiatan pada buku.
§  Siswa mengamati gambar pada buku dan berdiskusi dengan temannya tentang cara memilih makanan untuk kesehatan.
§  Setelah berdiskusi siswa menuliskan hasil diskusinya. Gotong Royong
Cara memilih makanan untuk kesehatan.
-   Makanan harus mengandung karbohidrat (beras, kentang)
-   Makanan harus mengandung protein (ikan, tempe, tahu, telur, daging)
-   Makanan harus mengandung vitamin (sayursayuran, buah-buahan)
-   Upayakan makanan lokal, makanan lokal sesuai dengan kondisi tubuh kita
-   Sayuran dan buah-buahan harus masih segar
-   Tidak busuk/basi
-   Dibungkus dengan baik
§  Guru mengarahkan siswa membaca teks petunjuk kegiatan.
§  Siswa membaca teks dengan teliti.
§  Siswa memikirkan cerita yang ingin disampaikan di depan kelas.
§  Guru mempersilakan beberapa siswa bercerita. Mungkin hanya 2 atau 3 siswa yang dapat bercerita. Upayakan dua di antaranya sesuai giliran dan satu  kesempatan ditujukan untuk siswa yang memang sangat ingin bercerita. Communication
35 Menit X  30 JP
Penutup
¡  Kegiatan diakhiri dengan mengulas kembali apa yang sudah mereka lakukan sejak pagi dan ditutup dengan bersyukur kepada Tuhan dan menyimpulkan bahwa Tuhan menciptakan manusia untuk saling menghargai dan bertanggung jawab atas kepentingan orang lain. Religius
15 menit
                                                             






E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Pedoman Guru Tema : Kewajiban dan Hakku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡  Buku Siswa Tema : Kewajiban dan Hakku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡  Gambar lingkungan rumah yang bersih
¡  Gambar sayur dan buah lokal
¡  Gambar makanan sehat dan tidak sehat
¡  Buku teks


Mengetahui
Kepala Sekolah 




......................................
…………, ………….2018
Guru Kelas III




..........................................













Comments