RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KURTILAS KELAS 3 TEMA 4 SUBTEMA 2


        RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan      :     SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester          :     III (Tiga) / 1
Tema 4                            :     Kewajiban dan Hakku
Sub Tema 2                   :     Kewajiban dan Hakku di Sekolah
Pembelajaran                :     3
Alokasi Waktu               :     1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan:    ..................... / ........................

A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
BAHASA INDONESIA
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.10Mencermati ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) dalam teks tulis.
3.10.1Menemukan ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) yang menyatakan permasalahan di sekolah
2
4.10Memeragakan ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) sebagai bentuk ungkapan diri menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif yang dibuat sendiri
4.10.1Menyatakan secara lisan ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) di sekolah

MATEMATIKA
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.3 Menyatakan suatu bilangan sebagai jumlah, selisih, hasil kali, atau hasil bagi dua bilangan cacah
3.3.1Menentukan dua bilangan yang selisihnya diketahui
2
4.3Menilai apakah suatu bilangan dapat dinyatakan sebagai jumlah, selisih, hasil kali, atau hasil bagi dua bilangan cacah
4.3.1Membuat pengurangan dua bilangan cacah yang hasilnya ditentukan sendiri

SBdB
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.3 Mengetahui dinamika gerak tari
3.3.1Mengidentifikasi gerak cepat kaki dalam suatu tari.
2
4.3 Meragakan dinamika gerak
4.3.1Memeragakan gerak cepat kaki dalam suatu tari.

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Dengan membaca soal cerita, siswa dapat menentukan dua bilangan yang selisihnya diketahui dengan tepat.
2.    Dengan mengamati contoh siswa dapat membuat pengurangan dua bilangan cacah yang hasilnya ditentukan sendiri dengan tepat.
3.    Dengan mengamati teks, siswa dapat menemukan ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) yang menyatakan permasalahan di sekolah dengan tepat.
4.    Dengan menemukan kalimat yang menunjukkan penyelesaian masalah, siswa dapat menyatakan secara lisan ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) di sekolah dengan percaya diri.
5.    Dengan mengamati gerakan kaki, siswa dapat mengidentifikasi gerak cepat kaki dalam suatu tari.
6.    Setelah mengamati gerak kaki, siswa dapat memeragakan gerak cepat kaki dalam suatu tari.
7.    Dengan menyimpulkan apa yang telah mereka pelajari hari ini, siswa dapat memiliki pemahaman akan keberadaannya sebagai makhluk Tuhan yang saling membutuhkan satu sama lain dan perlu memiliki sikap saling tolong menolong dan bertanggung jawab.




v   Karakter siswa yang diharapkan   :
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas

D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
¡  Guru membuka pembelajaran dengan memberi kesempatan kepada siswa menyampaikan apa yang telah mereka pelajari sebelumnya.
¡  Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Halo, Halo Bandung”. Nasionalis
¡  Guru menyampaikan bahwa hari ini mereka akan belajar tentang pentingnya menjaga kebersihan sekolah. Communication
¡  Pembiasaan Membaca 15 menit. Literasi
¡  Siswa mendapat kesempatan memberikan pendapatnya tentang tema yang akan dibahas.
10 menit
Inti
¡  Siswa mengamati gambar daun yang berguguran. Siswa memperkirakan berapa banyak daun yang berguguran setiap hari? Tentu banyak, bisa lebih dari 1000.
¡  Guru menyampaikan bahwa setiap hari daun di sapu dan dibuang di tempat sampah atau dibuat kompos. Namun selalu saja ada daun yang tertinggal di halaman sekolah. Ajak siswa memperkirakan berapa daun yang sudah tersapu, daun yang gugur, dan berapa daun yang masih tertinggal di halaman sekolah. Communication
¡  Buatlah perkiraan dari bilangan yang kecil. Andai daun tersisa 10 helai, berapa kemungkinan daun yang gurgur dan tersapau? Arahkan siswa menjawab dengaan proporsional. banyak daun tersisa pasti lebih sedikit dari banyak daun yang tersapu. Jawaban siswa bisa jadi 90 yang gugur dan 80 yang tersapu. Ajak siswa berlatih dengan angka yang berbeda.
¡  Siswa mengamati permasalahan pada buku dan mencoba memecahkan beberapa permasalahan yang ada. Critical Thinking and Problem Solving
¡  Dengan mengamati permasalahan pada kegiatan sebelumnya, siswa membuat contoh permasalahan lain sesuai dengan kreasinya. Biarkan siswa menentukan sendiri bilangan-bilangannya. Dapat dimulai dari bilangan yang sederhana hingga ribuan.
¡  Guru meminta siswa mengamati teks tulis pada buku. Siswa membaca teks dengan suara senyap.
¡  Sambil membaca mintalah siswa menandai kalimat yang menyatakan masalah, ungkapan penyelesaian masalah ataupun saran. Critical Thinking and Problem Solving
¡  Setelah mendapat kesempatan membaca dalam beberapa menit dan menemukan kalimat yang menunjukkan masalah dan cara penyelesaiannya, siswa menjawab pertanyaan pada teks secara lisan.
¡  Beri kesempatan kepada beberapa siswa untuk menyampaikan pendapatnya. Kemudian tutup dengan menyebutkan kalimat yang menunjukkan masalah pada teks dan cara penyelesaiannya. Communication
¡  Jika memungkinkan, minta siswa menyebutkan salah satu masalah di sekolah mereka yang berkaitan dengan keindahan sekolah. Minta mereka memberi saran penyelesaiannya. Critical Thinking and Problem Solving
¡  Guru bertanya apa yang dilakukan siswa saat memunguti daun di halaman sekolah. Siswa melakukan gerakan maju mundur, ke kiri dan kanan, gerakan yang indah jika diperagakan.
¡  Mintalah siswa mengingat kembali gerakan-gerakan tari yang sudah dipelajari sebelumnya.
¡  Mintalah siswa memeragakan beberapa gerakan tersebut. Gerakan kaki maju dan mundur, bergerak ke kiri dan ke kanan. Lakukan dengan pelan, dengan cepat, dengan tekanan. Lakukan juga untuk gerakan tangan dan kepala. Creativity and Innovation
¡  Mintalah siswa memeragakan gerakan yang bervariasi secara berulang-ulang.
¡  Setelah siswa dapat melakukan gerakan dengan lancar dan kompak, minta siswa membuat rangkaian gerakan kaki, tangan dan kepala sehingga membentuk satu rangkaian gerakan yang indah.
¡  Minta siswa terus berlatih sambil diiringi lagu daerah yang mereka sukai.
¡  Minta siswa terus berlatih sehingga gerakan dapat dilihat sebagai sebuah tarian kreasi yang indah.
¡  Jika memungkinkan mintalah siswa memeragakan tarian dengan kostum yang indah di depan teman-teman sekolahnya. Bisa juga dengan mengundang orang tua.
150 menit
Penutup
¡  Kegiatan diakhiri dengan mengulas kembali apa yang sudah mereka lakukan sejak pagi dan ditutup dengan bersyukur kepada Tuhan dan menyimpulkan bahwa Tuhan menciptakan manusia untuk bertanggung jawab atas segala karunia yang telah diberi, bekerja sama dan saling tolong menolong untuk memelihara semua karunia Tuhan. Religius
15 menit


E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Pedoman Guru Tema : Kewajiban dan Hakku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡  Buku Siswa Tema : Kewajiban dan Hakku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡  Selendang untuk menari
¡  Kaset lagu-lagu daerah
¡  Foto atau gambar kegiatan di waktu luang (bersepeda, olahraga, berkebun)
¡  Buku teks



Mengetahui
Kepala Sekolah




.........................................
…………, ………….2018
Guru Kelas III




......................................

Comments