RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester : III (Tiga) / 1
Tema 3 : Benda di Sekitarku
Sub Tema 2 : Wujud
Benda
Pembelajaran : 4
Alokasi Waktu : ........... x
150 menit
Hari / Tgl Pelaksanaan: ..................... / ........................
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.1 Menggali informasi tentang konsep perubahan wujud benda dalam
kehidupan sehari-hari yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual,
dan/atau eksplorasi lingkungan.
|
3.1.1
Menceritakan hasil pengamatannya.
|
2
|
4.1 Menyajikan hasil informasi tentang konsep perubahan wujud benda
dalam kehidupan sehari-hari dalam bentuk lisan, tulis, dan visual menggunakan
kosakata baku dan kalimat efektif.
|
4.1.1
Membaca langkah percobaan.
|
PPKn
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
1.1 Menerima arti bintang, rantai,
pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas pada lambang negara “Garuda Pancasila”
sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
|
1.1.1
Memahami kegiatan gotong royong di lingkungan sekitar dengan beragam.
|
2
|
2.1 Bersikap jujur, peduli,
kasih sayang sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda
Pancasila”.
|
2.1.1
Mengerti sikap sesuai dengan sila-sila pancasila dalam bercerita pengalaman
kegiatan gotong royong yang telah dilaksanakan.
|
3
|
3.1 Memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.
|
3.1.1
Mengidentifikasi kegiatan gotong royong di lingkungan sekitar dengan beragam.
|
4
|
4.1 Menceritakan arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.
|
4.1.1
Bercerita pengalaman kegiatan gotong royong yang telah dilaksanakan.
|
PJOK
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.3 Memahami
kombinasi gerak dasar manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha,
dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
|
3.3.1
Mengamati contoh yang diberikan oleh guru.
|
2
|
4.3 Mempraktikkan
kombinasi gerak dasar manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha,
dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
|
4.3.1
Menirukan gerakan melempar dan memantulkan bola.
|
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Dengan mengisi lembar pengamatan
percobaan, siswa dapat menceritakan hasil pengamatannya dengan tepat.
2.
Dengan membaca langkah percobaan,
siswa dapat menemukan kosakata baru yang terkait dengan wujud padat.
3.
Mengamati contoh yang diberikan oleh
guru, siswa dapat menirukan gerakan melempar dan memantulkan bola dengan tepat.
4.
Dengan kegiatan diskusi, siswa dapat
mengidentifikasi kegiatan gotong royong di lingkungan sekitar dengan beragam.
5.
Dengan kegiatan bercerita, siswa dapat
berbagi pengalaman kegiatan gotong royong yang telah dilaksanakan.
v Karakter siswa yang
diharapkan :
|
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
|
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡ Guru menyapa siswa, menanyakan
kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
¡ Siswa berdoa bersama sesuai dengan
agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa. Religius
¡ Menyanyikan
lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Dari Sabang
Sampai Merauke”. Nasionalis
¡ Siswa mengawali kegiatan dengan
memerhatikan air yang berada di dalam gelas.
¡ Pembiasaan
Membaca 15 menit. Literasi
¡ Siswa dibagi dalam kelompok yang
terdiri dari 4 orang. Collaboration
¡ Siswa mendengarkan arahan guru
tentang materi hari ini yaitu Air. Siswa berdiskusi tentang kegunaan air
dalam kehidupan.
|
10 menit
|
Inti
|
§
Kegiatan dilanjutkan dengan siswa dibagi ke dalam
beberapa kelompok.
§
Siswa menyimak penjelasan guru tentang langkah
percobaan.
§
Langkah percobaan adalah sebagai berikut.
- Masukkan air ke dalam
ember, lalu pindahkan ke dalam gelas, dan terakhir masukkan ke dalam kantong
plastik.
- Lakukan hal yang sama
dengan minyak goreng.
- Catatlah hasil pengamatanmu
dalam tabel.
§
Siswa mempelajari langkah percobaan, setelah itu
melakukan percobaan.
§
Siswa mengamati perubahan bentuk yang terjadi pada
cairan ketika ditempatkan di dalam wadah.
§
Siswa menyimpulkan hasil percobaan.
§
Setelah itu siswa setiap perwakilan kelompok akan
menyampaikan hasil percobaan tersebut. Collaboration
§
Siswa kelompok lain dapat mengajukan pertanyaan
jika ada hasil yang berbeda.
§
Jika memungkinkan berikan kesempatan kepada siswa
untuk menceritakan hasil percobaan serta manfaat benda cair dalam kehidupan. Communication
§
Jika waktu tidak memungkinkan berikan kesempatan
bercerita dalam bentuk tertulis.
§
Di akhir kegiatan bersama siswa, guru menyimpulkan
tentang sifat air bersama-sama, yaitu bentuknya berubah sesuai wadah, tidak
dapat digenggam.
§
Kegiatan dilanjutkan di luar ruangan. Siswa
berbaris membentuk lingkaran.
§
Guru menyampaikan bahwa 2/3 tubuh kita terdiri dari
cairan. Kegiatan olahraga akan membuat tubuh kita kehilangan cairan karena
berkeringat. Penting untuk mengganti cairan tubuh yang keluar dengan minum
cukup. Critical Thinking and Problem Solving
§
Siswa menyimak penjelasan guru tentang tujuan
pembelajaran hari ini yaitu teknik memantulkan dan menangkap bola. Communication
§
Kegiatan diawali dengan melakukan pemanasan dengan
memantulkan bola kepada teman yang ada di seberangnya.
§
Setelah melakukan pemanasan, siswa melakukan
kegiatan memindahkan bola dari satu titik ke titik lainnya.
§
Siswa mempraktikkan kegiatan mendribel bola, guru
mengamati dan memberikan penilaiannya.
§
Setelah itu siswa melakukan kompetisi, yaitu
berlomba untuk mendribel bola menuju ke satu titik tertentu. Siswa yang
paling cepat, dia lah yang menang. Creativity and
Innovation
§
Kegiatan dapat dilanjutkan dengan permainan bola
basket, kelas dibagi ke dalam dua grup untuk melakukan permainan ini.
§
Setelah kegiatan berolahraga, siswa membaca cerita
tentang kondisi warga di kampung Siti.
§
Siswa diminta untuk berbagi pengalaman bagaimana
dengan kampung mereka?
Apakah
warga sering melakukan kegiatan kerja bakti untuk kampung mereka?
§
Siswa berdiskusi dengan temannya tentang apa yang
menyebabkan pekerjaan cepat selesai (terkait cerita di buku paket).
§
Setelah itu siswa menuliskan contoh kegiatan gotong
royong yang terjadi di sekitar rumah (minimal 2 contoh), di lingkungan tempat
tinggal (minimal 2 contoh) dan di lingkungan sekolah (minimal 2 contoh).
§
Siswa diberi kesempatan untuk menyampaikan contoh
kegiatan gotong royong.
§
Setelah itu siswa menceritakan pengalaman mereka
bergotong royong di depan kelas. Kegiatan boleh di rumah maupun di sekolah.
§
Jika waktu tidak mencukupi siswa dapat menuliskan
pengalamannya.
|
150 menit
|
Penutup
|
¡ Kegiatan
diakhiri dengan siswa melakukan refleksi terhadap apa yang telah mereka pelajari
hari ini. Dan bersama-sama bersyukur atas karunia Tuhan bahwa di bumi
persediaan air masih berlimpah. Di kota-kota besar air mulai sulit didapat,
karena banyak lahan yang telah diubah menjadi bangunan sehingga tempat
penyerapan air berkurang.
¡ Siswa
diingatkan harus bijak dalam penggunaan air agar kelestarian air tetap terjaga.
¡ Menyanyikan lagu daerah “Manuk
Dadali”
¡ Kegiatan kelas
diakhiri dengan doa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan
masing-masing oleh petugas. Religius
|
15 menit
|
G. SUMBER DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Pedoman Guru Tema : Benda
di Sekitarku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum
2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡ Buku Siswa Tema : Benda di
Sekitarku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡
Air dan minyak goreng
¡
Ember
¡
Gelas
¡ Kantong plastik
Mengetahui
Kepala Sekolah
............................................
|
…………, ………….2018
Guru Kelas III
..............................................
|
Comments