RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KELAS 3 PEMBELAJARAN 4 TEMA 3 SUBTEMA 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :  SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester          :  III (Tiga) / 1
Tema 3                            :  Benda di Sekitarku
Sub Tema 2                   :  Wujud Benda
Pembelajaran                :  4
Alokasi Waktu               :  ........... x 150 menit
Hari / Tgl Pelaksanaan: ..................... / ........................


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.1 Menggali informasi tentang konsep perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
3.1.1 Menceritakan hasil pengamatannya.

2
4.1 Menyajikan hasil informasi tentang konsep perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari dalam bentuk lisan, tulis, dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
4.1.1 Membaca langkah percobaan.
PPKn
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
1.1  Menerima arti bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas pada lambang negara “Garuda Pancasila” sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
1.1.1 Memahami kegiatan gotong royong di lingkungan sekitar dengan beragam.

2
2.1  Bersikap jujur, peduli, kasih sayang sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
2.1.1 Mengerti sikap sesuai dengan sila-sila pancasila dalam bercerita pengalaman kegiatan gotong royong yang telah dilaksanakan.
3
3.1 Memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.

3.1.1 Mengidentifikasi kegiatan gotong royong di lingkungan sekitar dengan beragam.

4
4.1 Menceritakan arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.
4.1.1 Bercerita pengalaman kegiatan gotong royong yang telah dilaksanakan.


PJOK
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.3 Memahami kombinasi gerak dasar manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.

3.3.1 Mengamati contoh yang diberikan oleh guru.
2
4.3 Mempraktikkan kombinasi gerak dasar manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.3.1 Menirukan gerakan melempar dan memantulkan bola.


C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Dengan mengisi lembar pengamatan percobaan, siswa dapat menceritakan hasil pengamatannya dengan tepat.
2.    Dengan membaca langkah percobaan, siswa dapat menemukan kosakata baru yang terkait dengan wujud padat.
3.    Mengamati contoh yang diberikan oleh guru, siswa dapat menirukan gerakan melempar dan memantulkan bola dengan tepat.
4.    Dengan kegiatan diskusi, siswa dapat mengidentifikasi kegiatan gotong royong di lingkungan sekitar dengan beragam.
5.    Dengan kegiatan bercerita, siswa dapat berbagi pengalaman kegiatan gotong royong yang telah dilaksanakan.


v   Karakter siswa yang diharapkan   :
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas

D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
¡   Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
¡   Siswa berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa. Religius
¡   Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Dari Sabang Sampai Merauke”. Nasionalis
¡   Siswa mengawali kegiatan dengan memerhatikan air yang berada di dalam gelas.
¡   Pembiasaan Membaca 15 menit. Literasi
¡   Siswa dibagi dalam kelompok yang terdiri dari 4 orang. Collaboration
¡   Siswa mendengarkan arahan guru tentang materi hari ini yaitu Air. Siswa berdiskusi tentang kegunaan air dalam kehidupan.
10 menit
Inti
§  Kegiatan dilanjutkan dengan siswa dibagi ke dalam beberapa kelompok.
§  Siswa menyimak penjelasan guru tentang langkah percobaan.
§  Langkah percobaan adalah sebagai berikut.
-       Masukkan air ke dalam ember, lalu pindahkan ke dalam gelas, dan terakhir masukkan ke dalam kantong plastik.
-       Lakukan hal yang sama dengan minyak goreng.
-       Catatlah hasil pengamatanmu dalam tabel.
§  Siswa mempelajari langkah percobaan, setelah itu melakukan percobaan.
§  Siswa mengamati perubahan bentuk yang terjadi pada cairan ketika ditempatkan di dalam wadah.
§  Siswa menyimpulkan hasil percobaan. 
§  Setelah itu siswa setiap perwakilan kelompok akan menyampaikan hasil percobaan tersebut. Collaboration
§  Siswa kelompok lain dapat mengajukan pertanyaan jika ada hasil yang berbeda.
§  Jika memungkinkan berikan kesempatan kepada siswa untuk menceritakan hasil percobaan serta manfaat benda cair dalam kehidupan. Communication
§  Jika waktu tidak memungkinkan berikan kesempatan bercerita dalam bentuk tertulis.
§  Di akhir kegiatan bersama siswa, guru menyimpulkan tentang sifat air bersama-sama, yaitu bentuknya berubah sesuai wadah, tidak dapat digenggam.
§  Kegiatan dilanjutkan di luar ruangan. Siswa berbaris membentuk lingkaran.
§  Guru menyampaikan bahwa 2/3 tubuh kita terdiri dari cairan. Kegiatan olahraga akan membuat tubuh kita kehilangan cairan karena berkeringat. Penting untuk mengganti cairan tubuh yang keluar dengan minum cukup. Critical Thinking and Problem Solving
§  Siswa menyimak penjelasan guru tentang tujuan pembelajaran hari ini yaitu teknik memantulkan dan menangkap bola. Communication
§  Kegiatan diawali dengan melakukan pemanasan dengan memantulkan bola kepada teman yang ada di seberangnya.
§  Setelah melakukan pemanasan, siswa melakukan kegiatan memindahkan bola dari satu titik ke titik lainnya.
§  Siswa mempraktikkan kegiatan mendribel bola, guru mengamati dan memberikan penilaiannya.
§  Setelah itu siswa melakukan kompetisi, yaitu berlomba untuk mendribel bola menuju ke satu titik tertentu. Siswa yang paling cepat, dia lah yang menang. Creativity and Innovation
§  Kegiatan dapat dilanjutkan dengan permainan bola basket, kelas dibagi ke dalam dua grup untuk melakukan permainan ini.
§  Setelah kegiatan berolahraga, siswa membaca cerita tentang kondisi warga di kampung Siti.
§  Siswa diminta untuk berbagi pengalaman bagaimana dengan kampung mereka?
Apakah warga sering melakukan kegiatan kerja bakti untuk kampung mereka?
§  Siswa berdiskusi dengan temannya tentang apa yang menyebabkan pekerjaan cepat selesai (terkait cerita di buku paket).
§  Setelah itu siswa menuliskan contoh kegiatan gotong royong yang terjadi di sekitar rumah (minimal 2 contoh), di lingkungan tempat tinggal (minimal 2 contoh) dan di lingkungan sekolah (minimal 2 contoh).
§  Siswa diberi kesempatan untuk menyampaikan contoh kegiatan gotong royong.
§  Setelah itu siswa menceritakan pengalaman mereka bergotong royong di depan kelas. Kegiatan boleh di rumah maupun di sekolah.
§  Jika waktu tidak mencukupi siswa dapat menuliskan pengalamannya.
150 menit
Penutup
¡   Kegiatan diakhiri dengan siswa melakukan refleksi terhadap apa yang telah mereka pelajari hari ini. Dan bersama-sama bersyukur atas karunia Tuhan bahwa di bumi persediaan air masih berlimpah. Di kota-kota besar air mulai sulit didapat, karena banyak lahan yang telah diubah menjadi bangunan sehingga tempat penyerapan air berkurang.
¡   Siswa diingatkan harus bijak dalam penggunaan air agar kelestarian air tetap terjaga.
¡   Menyanyikan lagu daerah “Manuk Dadali”
¡   Kegiatan kelas diakhiri dengan doa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing oleh petugas. Religius

15 menit

G.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Pedoman Guru Tema : Benda di Sekitarku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡  Buku Siswa Tema : Benda di Sekitarku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡  Air dan minyak goreng
¡  Ember
¡  Gelas
¡  Kantong plastik



Mengetahui
Kepala Sekolah




............................................

…………, ………….2018
Guru Kelas III




..............................................









Comments