RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KELAS 3 PEMBELAJARAN 3 TEMA 3 SUBTEMA 3


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan            :        SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester                :        III (Tiga) / 1
Tema 3                                  :        Benda di Sekitarku
Sub Tema 3                         :        Perubahan Wujud Benda
Pembelajaran                      :        3
Alokasi Waktu                     :        1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan      :        ..................... / ........................

A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4     :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.1 Menggali informasi tentang konsep perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
3.1.1 Mengidentifikasi perubahan wujud menguap.

2
4.1 Menyajikan hasil informasi tentang konsep perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari dalam bentuk lisan, tulis, dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
4.1.1 Mengidentifikasi pokok-pokok informasi yang berkaitan dengan perubahan wujud benda.


Matematika
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.7 Mendeskripsikan dan menentukan hubungan antar satuan baku untuk panjang, berat, dan waktu yang umumnya digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

1.7.1    Berlatih soal mengubah satuan kilogram ke gram
1.7.2    Mengenal konversi satuan berat baku dengan satuan berat lainnya.

2
4.7 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan hubungan antarsatuan baku untuk panjang, berat, dan waktu yang umumnya digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
4.7.1 Melakukan konversi satuan berat baku.


SBdP
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.1 Mengetahui unsur-unsur rupa dalam karya dekoratif.

3.1.1 Memahami karya dekoratif.
2
4.1 Membuat karya dekoratif.
4.1.1  Membuat karya dekoratif
4.1.2  Menggunakan garis dan campuran warna dengan bervariasi.


C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Dengan melakukan percobaan, siswa dapat mengidentifikasi perubahan wujud menguap.
2.    Dengan mengajukan pertanyaan, siswa dapat mengidentifikasi pokok-pokok informasi yang berkaitan dengan perubahan wujud benda dengan tepat.
3.    Dengan memasangkan kata dengan arti yang tepat, siswa dapat memahami kata/istilah khusus yang berikat dengan materi dengan tepat.
4.    Dengan membuat karya dekoratif, siswa dapat menggunakan garis dan campuran warna dengan bervariasi.
5.    Dengan berlatih soal mengubah satuan kilogram ke gram, siswa dapat mengenal konversi satuan berat baku dengan satuan berat lainnya dengan tepat.
6.    Dengan berlatih soal, siswa dapat melakukan konversi satuan berat baku dengan tepat.



v   Karakter siswa yang diharapkan   :
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
 
D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
¡   Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
¡   Siswa berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa. Religius
¡   Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Satu Nusa Satu Bangsa”. Nasionalis
¡   Pembiasaan Membaca 15 menit. Literasi
¡   Siswa mengamati sinar matahari yang bersinar di luar kelas. Siswa menyatakan pendapatnya, apa yang akan terjadi kalau matahari tidak terbit satu hari?
¡   Siswa menyebutkan apa guna matahari dalam kehidupan kita (baik sinar maupun panas matahari).
¡   Siswa menyimak penjelasan guru bahwa pada hari ini mereka akan mempelajari percobaan terkait dengan matahari.

10 menit
Inti
§  Siswa membentuk kelompok yang terdiri dari 3-4 orang. Siswa terlebih dahulu membaca pengarahan di Buku Siswa. Collaboration
§  Siswa menyiapkan alat dan bahan dan melakukan percobaan sesuai dengan instruksi di buku. Creativity and Innovation
§  Sambil menunggu proses percobaan yang memakan waktu tiga jam, siswa melanjutkan ke kegiatan selanjutnya.
§  Sambil menunggu percobaan, kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan menggambar dengan mengambil tema matahari.
§  Siswa mengamati gambar matahari yang ada di Buku Siswa.
§  Siswa menyebutkan unsur karya seni yang ada di Buku Siswa.
§  Siswa membuat gambar dekoratif dengan tema matahari. Siswa menyimak penjelasan guru bahwa siswa harus menggunakan semua unsur garis yang telah siswa rancang pada pertemuan sebelumnya. Communication
§  Siswa mengerjakan pada kertas gambar yang telah disediakan oleh guru.
§  Siswa melengkapi dengan mewarnai gambar, media dapat krayon, spidol, atau car air.
§  Setelah siswa menyelesaikan, siswa dapat mengumpulkan karyanya atau memajang karyanya di kelas. Mandiri
§  Selanjutnya guru memberikan pertanyaan tentang ikan asin. Apakah siswa pernah mencicipi ikan asin? Bagaimana rasa ikan asin? Tahukah proses pembuatan ikan asin? (Keterangan: Ikan asin dibuat dengan cara dikeringkan terlebih dahulu. Setelah kering, ikan asin digarami.)
§  Siswa memberikan tanggapan terhadap pertanyaan guru. Guru menyampaikan informasi bahwa perubahan wujud terjadi pada proses pembuatan ikan asin.
§  Berikan pertanyaan kepada siswa perubahan wujud apakah yang terjadi. (Perubahan wujud yang terjadi adalah penguapan.)
§  Siswa menyebutkan jenis makanan lain yang menggunakan proses pengeringan (contohnya kerupuk, ikan asin, manisan, dan lain-lain).
§  Siswa memerhatikan gambar timbangan yang ada di Buku Siswa. (Alternatif guru memperlihatkan timbangan sesungguhnya kepada siswa.) Siswa memerhatikan berat yang ditunjukkan oleh timbangan 1 kg 500 gram, atau dikenal dengan 1 kilogram lebih 500 gram.
§  Siswa menyimak penjelas an guru bagaimana mengubah konversi kilogram ke gram. Timbanglah benda seberat 1 kg, lihatlah tertera juga di titik yang sama berat 1000 gram, sehingga bisa disimpulkan bahwa Critical Thinking and Problem Solving
 
(Guru harus memastikan kemampuan siswa dalam hal pembagian. Khususnya pembagian ribuan.)
1. Kegiatan dilanjutkan dengan berlatih konversi, seperti
2000 kg = ... gram
4000 kg = ... gram
5500 kg = ... gram
2. Siswa melakukan kegiatan cepat tepat, dengan pertanyaan terkait dengan konversi. Kelompok yang paling cepat dan banyak menjawab itulah kelompok yang menang. 
§  Setelah kegiatan cepat-tepat, siswa mengerjakan latihan konversi satuan kg ke gram yang ada di Buku Siswa.
§  Guru berkeliling untuk memastikan siswa dapat mengerjakan konversi dengan tepat.
§  Setelah siswa mengerjakan, kegiatan dilanjutkan dengan memeriksa hasil pekerjaan.
§  Siswa mengajukan pertanyaan jika ada hal yang belum dipahami. Collaboration
§  Kegiatan selanjutnya adalah mengamati kembali percobaan yang dilakukan.
§  Siswa mengamati piring kecil yang diletakkan di ruang terbuka, di bawah terik matahari dan di ruang tertutup yang tidak terkena cahaya matahari. Creativity and Innovation
§  Siswa mengukur air yang ada di piring dengan menggunakan gelas ukur.
§  Bandingkan dengan hasil sebelumnya.
§  Siswa mencatat hasil pengamatan di Buku Siswa.
§  Setelah menuliskan hasil pengamatan di Buku Siswa, siswa menuliskan pertanyaan yang hendak ia ajukan dari percobaan tersebut di Buku Siswa. Critical Thinking and Problem Solving
§  Guru memberikan kesempatan untuk bertanya kepada siswa.
§  Setelah memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya, siswa membaca materi tentang penguapan yang ada di Buku Siswa. Communication
§  Siswa membuat kesimpulan, percobaan mereka dengan mengidentifikasikan berdasarkan pengamatan, apakah percobaan mereka merupakan peristiwa penguapan ataukah tidak. Critical Thinking and Problem Solving Siswa menuliskannya di Buku Siswa.
§  Setelah menyimpulkan hasil percobaan, siswa memasangkan kata dengan arti yang sesuai.
150 menit
Penutup
¡   Kegiatan diakhiri dengan merefleksikan kegiatan hari ini, apa saja yang telah
¡   dipelajari oleh siswa. Guru kembali mengulang apa yang dimaksud dengan
¡   proses penguapan. Apa saja peristiwa sehari-hari yang termasuk peristiwa
¡   penguapan?
¡   • Siswa menutup kegiatan hari ini dengan mengucapkan rasa syukur kepada
¡   Tuhan atas ilmu yang diperoleh pada hari ini dan doa bersama sesuai dengan
¡   agama dan kepercayaan masing-masing oleh petugas.
¡   Menyanyikan lagu daerah “Apuse
¡   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius
15 menit

E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Pedoman Guru Tema : Benda di Sekitarku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡  Buku Siswa Tema : Benda di Sekitarku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡  Piring kecil 2 buah
¡  Air
¡  Gelas ukur
¡  Kertas gambar




Mengetahui
Kepala Sekolah




........................................
…………, ………….2018
Guru Kelas III




.............................................



Comments