RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KURTILAS KELAS 3 PEMBELAJARAN 6 TEMA 3 SUBTEMA 4


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :     SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester          :     III (Tiga) / 1
Tema 3                            :     Benda di Sekitarku
Sub Tema 4                   :     Keajaiban Perubahan Wujud di Sekitarku
Pembelajaran                :     6
Alokasi Waktu               :     1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan:    ..................... / ........................


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.1 Menggali informasi tentang konsep perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
3.1.1 Menyusun informasi perubahan wujud benda .

2
4.1 Menyajikan hasil informasi tentang konsep perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari dalam bentuk lisan, tulis, dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
4.1.1 Menuliskan kalimat dari kata-kata yang terkait.

PPKn
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
1.4 Mensyukuri makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
1.4.1 Memahami berbagai kegiatan yang menunjukkan sikap bersatu di sekitar rumah.

2
1.4   Menampilkan sikap kerja sama sebagai wujud bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar.


1.4.1 Mengerti pengalaman saling menolong di lingkungan rumah.

3
3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman melalui penerapan kehidupan sehari-hari.
3.4.1 Mengidentifikasi berbagai kegiatan yang menunjukkan sikap bersatu di sekitar rumah.

4
4.4 Menceritakan perilaku sesuai dengan makna bersatu dalam keberagaman melalui penerapan kehidupan  sehari-hari dalam kehidupan sehari-hari.
4.4.1 Menceritakan pengalaman saling menolong di lingkungan rumah.


Matematika
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.7 Mendeskripsikan dan menentukan hubungan antar satuan baku untuk panjang, berat, dan waktu yang umumnya digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

3.7.1 Menuliskan jadwal kegiatan.
2
4.7 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan hubungan antarsatuan baku untuk panjang, berat, dan waktu yang umumnya digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
4.7.1 Merancang kegiatan yang lama waktunya diketahui.





C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Dengan menuliskan rangkuman peristiwa perubahan wujud, siswa dapat menyusun informasi perubahan wujud benda dengan tepat.
2.    Dengan menuliskan kalimat dari kata-kata yang terkait, siswa dapat menggunakan kata dalam kalimat dengan tepat.
3.    Dengan menuliskan jadwal kegiatan, siswa dapat merancang kegiatan yang lama waktunya diketahui dengan tepat.
4.    Dengan kegiatan memberi pendapat pada pernyataan sikap, siswa dapat mengidentifikasi berbagai kegiatan yang menunjukkan sikap bersatu di sekitar rumah dengan tepat.
5.    Dengan menuliskan pengalaman menolong orang lain, siswa dapat menceritakan pengalaman saling menolong di lingkungan rumah dengan tepat.

v   Karakter siswa yang diharapkan   :
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas

D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
¡   Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
¡   Siswa berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa. Religius
¡   Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Bendera Merah Putih”. Nasionalis
¡   Pembiasaan Membaca 15 menit. Literasi
¡   Kegitan dibuka dengan pertanyaan, apa yang terjadi jika tidak ada perubahan wujud di muka bumi? (Beri kesempatan siswa untuk menjawab semua alternatif jawaban, misalnya: Baju yang dijemur tidak akan kering, hujan tidak akan terjadi, dan sebagainya)
¡   Sampaikan kita harus mensyukuri perubahan wujud yang terjadi.

10 menit
Inti
§  Selanjutnya guru mengingatkan kembali topik yang telah dipelajari pada pembelajaran sebelumnya: Communication

-       Apa yang kita pelajari pada pembelajaran hari pertama? (Jawab: Cara membuat garam). Perubahan wujud apa yang terjadi pada saat pembuatan garam? (Jawab: Menguap)
-       Apa yang kita pelajari pada pembelajaran hari kedua? (Jawab: Membuat gulali). Perubahan wujud apa yang terjadi pada saat pembuatan Gulali? (Jawab: Mencair dan membeku)
§  Kegiatan dilanjutkan dengan merangkum pengetahuan tentang perubahan wujud di sekitar kita. Siswa menentukan jenis perubahan wujud yang terjadi disertai dengan penjelasannya.
§  Siswa melakukan mengerjakan tugas ini secara individu. Mandiri
§  Guru berkeliling memastikan semua siswa mampu mengerjakan tugas yang diberikan.
§  Setelah itu siswa kembali menyebutkan kata-kata yang terkait dengan perubahan wujud. Guru menuliskannya di papan tulis.
§  Siswa dapat menyebutkan juga menyebutkan arti kata tersebut.
§  Selanjutnya siswa membuat kalimat dari kata-kata yang berhubungan dengan perubahan wujud.
§  Setelah siswa mengerjakan kalimat, kegiatan selanjutnya adalah menanyakan kegiatan siswa sehari-hari. Pertanyaan bisa dimulai dari, jam berapa siswa bangun tidur? Apa yang dilakukan setelah bangun tidur? Communication
§  Perwakilan siswa maju ke depan untuk menceritakan aktivitas sehari-hari yang mereka lakukan. Siswa yang lain menyimak.
§  Setelah itu siswa membuat jadwal kegiatan mereka sendiri. Siswa diminta untuk menghitung durasi waktu setiap kegiatan mereka.
§  Siswa mengerjakan tugas membuat jadwal secara individu. Setelah itu siswa dapat mempresentasikan jadwal yang mereka buat masing-masing.
§  Kegiatan selanjutnya siswa membaca wacana tentang lingkungan rumah Siti.
§  Guru meminta umpan balik dari siswa dengan pertanyaan, bagaimana lingkungan rumah tempat tinggal mereka. Apakah mereka merasakan sikap persatuan terbentuk di rumah seputar tempat tinggal mereka? Apakah siswa mengenal tetangga yang tinggal di seputar rumah mereka? Critical Thinking and Problem Solving
§  Perwakilan siswa menceritakan tentang lingkungan tempat tinggal mereka. Communication
§  Setelah itu mereka mengamati pernyataan yang menggambarkan keadaan di suatu tempat. Siswa memberikan tanda centang (ΓΌ) keadaan yang menunjukkan sikap saling bersatu di lingkungan rumah.
§  Bersama guru membahas masing-masing keadaan, jika ada yang tidak sependapat dapat mengemukakan cerita siswa masing-masing. Critical Thinking and Problem Solving
§  Setelah bersama membahas pernyataan, masing-masing siswa menceritakan pengalaman mereka menolong tetangga.
§  Siswa menuliskan pengalaman mereka di kotak menulis yang telah disediakan.
§  Siswa berkeliling untuk memastikan siswa dapat menyelesaikan tugasnya.
§  Setelah itu siswa dapat menceritakan secara lisan pengalamannya menolong tetangga. (Jika waktu mencukupi) Mandiri

150 menit
Penutup
¡   Di akhir kegiatan, guru mengingatkan kembali pentingnya perubahan wujud dalam kehidupan kita. Selain itu sikap saling menolong juga perlu terus dipertahankan.
¡   Siswa diingatkan untuk memanfaatkan waktu dengan baik karena waktu tidak akan kembali.
¡   Kegiatan kelas diakhiri dengan doa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing oleh petugas. Religius
¡   Menyanyikan lagu daerah “Yamko Rambe Yamko”

15 menit




E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Pedoman Guru Tema : Benda di Sekitarku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡  Buku Siswa Tema : Benda di Sekitarku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡  Jadwal kegiatan.




Mengetahui
Kepala Sekolah




.......................................
…………, ………….2018
Guru Kelas III




........................................





Comments