RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KELAS 3 PEMBELAJARAN 5 TEMA 3 SUBTEMA 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :     SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester          :     III (Tiga) / 1
Tema 3                            :     Benda di Sekitarku
Sub Tema 1                   :     Aneka Benda di Sekitarku
Pembelajaran                :     5
Alokasi Waktu               :     1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan:    ..................... / ........................

A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.1 Menggali informasi tentang konsep perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
3.1.1  Mengindentifikasi informasi.

2
4.1 Menyajikan hasil informasi tentang konsep perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari dalam bentuk lisan, tulis, dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
4.1.1  Mengidentifikasi benda-benda yang terbuat dari bahan kaca, logam, dan karet.

PPKn
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
1.1  Menerima arti bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas pada lambang negara “Garuda Pancasila” sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.

3.1.1 Memahami informasi tentang benda-benda yang terbuat dari materi bahan kaca, logam, dan karet.

2
2.1  Bersikap jujur, peduli, kasih sayang sesuai dengan silasila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.

4.1.1 Mengerti cerita pengalaman melakukan musyawarah
3
3.1 Memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.

3.1.1 Menyusun informasi tentang benda-benda yang terbuat dari materi bahan kaca, logam, dan karet.

4
4.1 Menceritakan arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.
4.1.1 Menceritakan pengalamannya melakukan musyawarah

Matematika
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.7 Mendeskripsikan dan menentukan hubungan antar satuan baku untuk panjang, berat, dan waktu yang umumnya digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

3.7.1 Mengenal konvensi satuan berat.

2
4.7 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan hubungan antarsatuan baku untuk panjang, berat, dan waktu yang umumnya digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
4.7.1  Mempraktikkan pengukuran dengan tepat.

C.     TUJUAN PEMEBALAJARAN
1.    Dengan membaca wacana, siswa dapat mengindentifikasi informasi dengan tepat
2.    Dengan proses pengamatan, siswa dapat mengidentifikasi benda-benda yang terbuat dari bahan kaca, logam, dan karet dengan tepat.
3.    Dengan melengkapi tabel, siswa dapat menyusun informasi tentang benda-benda yang terbuat dari materi bahan kaca, logam, dan karet dengan tepat.
4.    Dengan melakukan musyawarah, siswa dapat menceritakan pengalamannya melakukan musyawarah
5.    Dengan melakukan konvensi satuan panjang, siswa dapat mengenal konvensi satuan berat.
6.    Dengan melakukan pengukuran, siswa dapat mempraktikkan pengukuran dengan tepat.

v   Karakter siswa yang diharapkan   :
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
¡   Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
¡   Siswa berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa. Religius
¡   Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Gugur Bunga”. Nasionalis
¡   Pembiasaan Membaca 15 menit. Literasi
¡   Guru membuka pelajaran dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk memberikan teka-teki terkait suatu benda.
¡   Siswa lain boleh diberi kesempatan untuk menebak. Siswa yang berhasil menebak boleh mengajukan teka-teki yang sama.
10 menit
Inti
§  Setelah memberikan teka-teki, siswa diberikan kesempatan untuk membaca wacana di Buku Siswa. Communication
§  Siswa diminta untuk mengajukan pertanyaan dari wacana tersebut. Mandiri
§  Setelah itu siswa mengamati benda-benda yang ada di sekitar mereka, dan mencatat nama benda tersebut, beserta bahan pembentuknya. Critical Thinking and Problem Solving
§  Siswa diminta untuk mencari benda yang mewakili bahan pembentuknya yaitu kaca, besi, dan karet.
§  Siswa melaporkan hasil pengamatannya dan membandingkan dengan temannya.
§  Guru memberi apresiasi untuk siswa yang menemukan banyak contoh benda.
§  Kegiatan dilanjutkan dengan siswa mengisi bagan yang tersedia di Buku Siswa. Mandiri
§  Siswa menunjukkan hasil pekerjaannya kepada guru.
§  Siswa memerhatikan tempat sampah yang ada di kelas.
§  Bersama guru siswa berdiskusi tentang bahan pembentuk tempat sampah. Collaboration
§  Mengapa tempat sampah harus terbuat dari plastik. Apakah ada bahan lain yang cocok dari tempat sampah?
§  Siswa mengamati, apakah jumlah tempat sampah di lingkungan kelas sudah mencukupi? Berikan alasannya.
§  Setelah itu siswa melakukan musyawarah tentang bagaimana cara meningkatkan kebersihan sekolah.
§  Siswa dapat membentuk kelompok kecil untuk memusyawarahkan hal tersebut.
§  Siswa menuliskan hasil musyawarah di Buku Siswa dan menjawab pertanyaan yang diberikan.
§  Guru memberikan tebakan benda apa yang digunakan untuk mengukur yang terbuat dari plastik, kayu, dan bahkan aluminium (lebih baik jika guru memberikan contohnya langsung di depan kelas, agar siswa dapat melihat perbedaan karakteristik bahan pembentuk penggaris tersebut). Creativity and Innovation
§  Siswa mengidentifikasi apa perbedaan penggaris yang terbuat dari plastik (lebih lentur, dapat mudah patah), kayu (kokoh, namun dapat patah juga), aluminium (lebih tahan lama, kaku, dan tidak gampang patah).
§  Siswa menjawab pertanyaan guru, mengapa kaca tidak digunakan sebagai bahan dasar pembuat penggaris?
§  Setelah itu siswa mengamati satuan yang ada di penggaris. Arahkan siswa untuk menemukan satuan panjang yang ada di penggaris dan bagaimana hubungan antara satuan. (Guru dapat mengajukan pertanyaan, apa satuan yang ada di penggaris, tunjukkan penggaris yang mempunyai panjang 1 meter, bagaimana hubungan antara satuan m dan cm).
§  Siswa diberi kesempatan untuk menemukan hubungan antara satuan m dan cm.
§  Perwakilan siswa dapat maju ke depan kelas untuk membuktikan hubungan antar satuan panjang tersebut.
§  Setelah membuktikan, guru kembali mengulang bahwa satuan panjang tidak hanya m dan cm, ada beragam satuan panjang. Yang akan fokus diajarkan hari ini adalah m dan cm.
§  Guru memberikan contoh soal seperti yang ada di buku paket, bagaimana soal konversi dari m ke cm.
§  Setelah itu guru memberikan contoh soal, siswa menyelesaikan soal konversi tersebut, guru mendampingi siswa dan memberikan arahan jika ada yang masih keliru.
§  Siswa menyelesaikan soal di Buku Siswa. Mandiri
§  Selesai mengerjakan, hasil pekerjaan dikoreksi bersama-sama.
§  Setelah mengoreksi pekerjaan, siswa diminta untuk memerhatikan gambar yang ada di Buku Siswa.
§  Siswa memerhatikan panduan melakukan aktivitas di Buku Siswa.
§  Siswa diminta untuk menebak terlebih dahulu prediksi panjang dan tinggi objek yang dimaksud. Setelah itu melakukan pengukuran dengan menggunakan penggaris.
§  Siswa menyelesaikan prediksi terlebih dahulu setelah itu baru melakukan pengukuran.
§  Siswa membandingkan hasil estimasinya dan hasil pengukuran. Guru memerhatikan apakah ada yang hasil estimasinya sesuai dengan pengukuran ataukah jauh dari sebenarnya. Critical Thinking and Problem Solving

150 menit
Penutup
¡   Kegiatan diakhiri dengan melakukan refleksi kegiatan hari ini. Apa yang sudah mereka pelajari pada hari ini. Mengingatkan siswa untuk memanfaatkan benda-benda di sekitar yang sudah tidak terpakai lagi, menjadi barang yang mempunyai manfaat apapun bahan pembentuknya.
¡   Menyanyikan lagu daerah “Cik-Cik Periuk”
¡   Kegiatan kelas diakhiri dengan doa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing oleh petugas. Religius
15 menit

E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡   Buku Pedoman Guru Tema : Benda di Sekitarku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡   Buku Siswa Tema : Benda di Sekitarku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡   Contoh benda-benda dari bahan kaca, logam, dan karet.
¡   Alat ukur panjang.

Mengetahui
Kepala Sekolah




..............................................

…………, ………….2018
Guru Kelas III




..............................................





Comments