RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester : III (Tiga) / 1
Tema 3 : Benda di Sekitarku
Sub Tema 1 : Aneka Benda di Sekitarku
Pembelajaran : 5
Alokasi Waktu : 1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan: ..................... / ........................
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.1 Menggali
informasi tentang konsep perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari yang
disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
|
3.1.1 Mengindentifikasi informasi.
|
2
|
4.1 Menyajikan
hasil informasi tentang konsep perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari
dalam bentuk lisan, tulis, dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
|
4.1.1 Mengidentifikasi benda-benda yang terbuat
dari bahan kaca, logam, dan karet.
|
PPKn
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
1.1 Menerima arti bintang,
rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas pada lambang negara
“Garuda Pancasila” sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
|
3.1.1
Memahami informasi tentang benda-benda yang terbuat dari materi bahan kaca,
logam, dan karet.
|
2
|
2.1 Bersikap jujur, peduli,
kasih sayang sesuai dengan silasila Pancasila dalam lambang negara “Garuda
Pancasila”.
|
4.1.1 Mengerti cerita pengalaman melakukan musyawarah
|
3
|
3.1 Memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.
|
3.1.1
Menyusun informasi tentang benda-benda yang terbuat dari materi bahan kaca,
logam, dan karet.
|
4
|
4.1 Menceritakan arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.
|
4.1.1 Menceritakan pengalamannya melakukan musyawarah
|
Matematika
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.7
Mendeskripsikan dan menentukan hubungan antar satuan baku untuk panjang, berat,
dan waktu yang umumnya digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
|
3.7.1
Mengenal konvensi satuan berat.
|
2
|
4.7 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan hubungan antarsatuan baku untuk panjang, berat,
dan waktu yang umumnya digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
|
4.7.1 Mempraktikkan pengukuran dengan tepat.
|
C. TUJUAN
PEMEBALAJARAN
1.
Dengan membaca wacana, siswa dapat
mengindentifikasi informasi dengan tepat
2.
Dengan proses pengamatan, siswa dapat
mengidentifikasi benda-benda yang terbuat dari bahan kaca, logam, dan karet
dengan tepat.
3.
Dengan melengkapi tabel, siswa dapat
menyusun informasi tentang benda-benda yang terbuat dari materi bahan kaca,
logam, dan karet dengan tepat.
4.
Dengan melakukan musyawarah, siswa
dapat menceritakan pengalamannya melakukan musyawarah
5.
Dengan melakukan konvensi satuan
panjang, siswa dapat mengenal konvensi satuan berat.
6.
Dengan melakukan pengukuran, siswa
dapat mempraktikkan pengukuran dengan tepat.
v Karakter siswa yang
diharapkan :
|
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
|
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡ Guru menyapa siswa, menanyakan
kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
¡ Siswa berdoa bersama sesuai dengan
agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa. Religius
¡
Menyanyikan lagu
“Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Gugur Bunga”. Nasionalis
¡ Pembiasaan
Membaca 15 menit. Literasi
¡ Guru membuka pelajaran dengan
memberikan kesempatan kepada siswa untuk memberikan teka-teki terkait suatu
benda.
¡ Siswa lain boleh diberi kesempatan
untuk menebak. Siswa yang berhasil menebak boleh mengajukan teka-teki yang
sama.
|
10 menit
|
Inti
|
§
Setelah memberikan teka-teki, siswa diberikan kesempatan
untuk membaca wacana di Buku Siswa. Communication
§
Siswa diminta untuk mengajukan pertanyaan dari wacana
tersebut. Mandiri
![]()
§
Setelah itu siswa mengamati benda-benda yang ada di sekitar
mereka, dan mencatat nama benda tersebut, beserta bahan pembentuknya. Critical
Thinking and Problem Solving
§
Siswa diminta untuk mencari benda yang mewakili bahan
pembentuknya yaitu kaca, besi, dan karet.
§
Siswa melaporkan hasil pengamatannya dan membandingkan
dengan temannya.
§
Guru memberi apresiasi untuk siswa yang menemukan banyak
contoh benda.
§
Kegiatan dilanjutkan dengan siswa mengisi bagan yang
tersedia di Buku Siswa. Mandiri
§
Siswa menunjukkan hasil pekerjaannya kepada guru.
§
Siswa memerhatikan tempat sampah yang ada di kelas.
§
Bersama guru siswa berdiskusi tentang bahan pembentuk tempat
sampah. Collaboration
§
Mengapa tempat sampah harus terbuat dari plastik. Apakah ada
bahan lain yang cocok dari tempat sampah?
§
Siswa mengamati, apakah jumlah tempat sampah di lingkungan
kelas sudah mencukupi? Berikan alasannya.
§
Setelah itu siswa melakukan musyawarah tentang bagaimana
cara meningkatkan kebersihan sekolah.
§
Siswa dapat membentuk kelompok kecil untuk memusyawarahkan
hal tersebut.
§
Siswa menuliskan hasil musyawarah di Buku Siswa dan menjawab
pertanyaan yang diberikan.
§
Guru memberikan tebakan benda apa yang digunakan untuk
mengukur yang terbuat dari plastik, kayu, dan bahkan aluminium (lebih baik jika
guru memberikan contohnya langsung di depan kelas, agar siswa dapat melihat perbedaan
karakteristik bahan pembentuk penggaris tersebut). Creativity
and Innovation
§
Siswa mengidentifikasi apa perbedaan penggaris yang terbuat
dari plastik (lebih lentur, dapat mudah patah), kayu (kokoh, namun dapat
patah juga), aluminium (lebih tahan lama, kaku, dan tidak gampang patah).
§
Siswa menjawab pertanyaan guru, mengapa kaca tidak digunakan
sebagai bahan dasar pembuat penggaris?
§
Setelah itu siswa mengamati satuan yang ada di penggaris.
Arahkan siswa untuk menemukan satuan panjang yang ada di penggaris dan
bagaimana hubungan antara satuan. (Guru dapat mengajukan pertanyaan, apa
satuan yang ada di penggaris, tunjukkan penggaris yang mempunyai panjang 1
meter, bagaimana hubungan antara satuan m dan cm).
§
Siswa diberi kesempatan untuk menemukan hubungan antara
satuan m dan cm.
§
Perwakilan siswa dapat maju ke depan kelas untuk membuktikan
hubungan antar satuan panjang tersebut.
§
Setelah membuktikan, guru kembali mengulang bahwa satuan
panjang tidak hanya m dan cm, ada beragam satuan panjang. Yang akan fokus
diajarkan hari ini adalah m dan cm.
§
Guru memberikan contoh soal seperti yang ada di buku paket,
bagaimana soal konversi dari m ke cm.
§
Setelah itu guru memberikan contoh soal, siswa menyelesaikan
soal konversi tersebut, guru mendampingi siswa dan memberikan arahan jika ada
yang masih keliru.
§
Siswa menyelesaikan soal di Buku Siswa. Mandiri
§
Selesai mengerjakan, hasil pekerjaan dikoreksi bersama-sama.
§
Setelah mengoreksi pekerjaan, siswa diminta untuk
memerhatikan gambar yang ada di Buku Siswa.
§
Siswa memerhatikan panduan melakukan aktivitas di Buku
Siswa.
§
Siswa diminta untuk menebak terlebih dahulu prediksi panjang
dan tinggi objek yang dimaksud. Setelah itu melakukan pengukuran dengan
menggunakan penggaris.
§
Siswa menyelesaikan prediksi terlebih dahulu setelah itu
baru melakukan pengukuran.
§
Siswa membandingkan hasil estimasinya dan hasil pengukuran.
Guru memerhatikan apakah ada yang hasil estimasinya sesuai dengan pengukuran ataukah
jauh dari sebenarnya. Critical Thinking and
Problem Solving
|
150 menit
|
Penutup
|
¡ Kegiatan
diakhiri dengan melakukan refleksi kegiatan hari ini. Apa yang sudah mereka pelajari
pada hari ini. Mengingatkan siswa untuk memanfaatkan benda-benda di sekitar yang
sudah tidak terpakai lagi, menjadi barang yang mempunyai manfaat apapun
bahan pembentuknya.
¡ Menyanyikan lagu daerah “Cik-Cik
Periuk”
¡ Kegiatan kelas
diakhiri dengan doa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan
masing-masing oleh petugas. Religius
|
15 menit
|
E. SUMBER DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Pedoman Guru Tema : Benda
di Sekitarku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum
2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡ Buku Siswa Tema : Benda di
Sekitarku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡ Contoh
benda-benda dari bahan kaca, logam, dan karet.
¡ Alat
ukur panjang.
Mengetahui
Kepala Sekolah
..............................................
|
…………, ………….2018
Guru Kelas III
..............................................
|
Comments