RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KURTILAS 3 KELAS 3 PEMBELAJARAN 4 TEMA 4 SUBTEMA 2


                 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan      :     SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester          :     III (Tiga) / 1
Tema 4                            :     Kewajiban dan Hakku
Sub Tema 2                   :     Kewajiban dan Hakku di Sekolah
Pembelajaran                :     4
Alokasi Waktu               :     1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan:    ..................... / ........................


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia        
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.10 Mencermati ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) dalam teks tulis.
3.10.1Menemukan ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana)
2
4.10Memeragakan ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) sebagai bentuk ungkapan diri menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif yang dibuat sendiri
4.10.1Menemukan masalah yang ada dan menyampaikan saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana)
PPKn
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
1.2 Menghargai kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolah sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
1.2.1 Memahami kewajiban dan hak yang ada di sekolah
2
2.2 Melaksanakan kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolah
2.2.1Mengerti tentang pengalaman menerima hak dan melaksanakan kewajiban sebagai warga sekolah dalam kehidupan sehari-hari
3
3.2  Mengidentifikasi kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolah
3.2.1Menuliskan kewajiban dan hak yang ada di sekolah
4
4.2 Menyajikan hasil identifikasi kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolah
4.2.1Menceritakan tentang pengalaman menerima hak dan melaksanakan kewajiban sebagai warga sekolah dalam kehidupan sehari-hari

PJOK
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.8 Memahami bentuk dan manfaat istirahat dan pengisian waktu luang untuk menjaga kesehatan
3.8.1Menentukan satu kegiatan dan menuliskan manfaatnya bagi kesehatan tubuh.
2
4.8  Menceritakan bentuk dan manfaat istirahat dan pengisian waktu luang untuk menjaga kesehatan
4.8.1Menceritakan manfaat gerakan dalam kegiatan tersebut bagi kesehatan tubuh.

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Dengan mengamati teks, siswa dapat menemukan ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) dengan tepat.
2.    Setelah mengamati lingkungan sekolahnya, siswa dapat menemukan masalah yang ada dan menyampaikan saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) dengan percaya diri.
3.    Dengan menemukan masalah di lingkungan sekolah, siswa dapat menuliskan kewajiban dan hak yang ada di sekolah dengan tepat.
4.    Dengan memahami kewajiban dan hak di sekolah, siswa dapat bercerita tentang pengalaman menerima hak dan melaksanakan kewajiban sebagai warga sekolah dalam kehidupan sehari-hari dengan percaya diri.
5.    Dengan mengamati gambar kegiatan untuk mengisi waktu luang, siswa dapat menentukan satu kegiatan dan menuliskan manfaatnya bagi kesehatan tubuh.
6.    Dengan mengamati kegiatan pilihan, siswa dapat menceritakan manfaat gerakan dalam kegiatan tersebut bagi kesehatan tubuh.
7.    Dengan menyimpulkan apa yang telah mereka pelajari hari ini, siswa dapat bersyukur kepada Tuhan dan memahami kewajibannya sebagai makhluk Tuhan, bersikap saling menghargai, peduli, jujur, santun dan bertanggung jawab.

v   Karakter siswa yang diharapkan   :
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas

D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
¡  Guru membuka pembelajaran dengan doa dan memberi kesempatan kepada siswa menyampaikan apa yang telah mereka pelajari sebelumnya.Religius
¡  Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Garuda Pancasila”. Nasionalis
¡  Guru menyampaikan bahwa hari ini mereka akan belajar tentang pentingnya menjaga kebersihan sekolah. Communication
¡  Pembiasaan Membaca 15 menit. Literasi
¡  Siswa mendapat kesempatan memberikan pendapatnya tentang tema yangakan dibahas.
10 menit
Inti
§  Minta mereka mengamati wajah anak-anak pada gambar. Sedihkah? Bahagiakah? Sehatkah? Mengapa bisa demikian? Bagaimana kira-kira lingkungan sekolah mereka?
§  Setelah mengamati gambar, siswa diminta bertanya jawab dengan teman di sebelahnya. Tentang gambar. Siswa dapat bertanya dan menjawab secara bergantian salah satunya dengan menggunakan ide pertanyaan seperti disebutkan terdahulu. Biarkan siswa bertanya sesuai dengan kreatifitasnya. Collaboration
§  Setelah bertanya jawab beberapa siswa mendapat kesempatan membaca nyaring. Mintalah mereka membaca hingga terdengar semua teman di kelasnya. Membaca perlahan dengan pengucapan yang benar dan intonasi tepat. Siswa dapat membaca secara bergiliran. Misalnya setiap siswa cukup membaca satu paragraf.
§  Ingatkan siswa lain yang tidak mendapat giliran membaca, agar mendengarkan temannya membaca.
§  Setelah kegiatan membaca selesai, minta siswa menemukan kalimat masalah dan saran pada teks dan menyebutkannya secara bergantian.
§  Mintalah siswa mengamati lingkungan sekolahnya. Tanyakan apakah lingkungan sekolah mereka cukup sehat? Bagian mana yang kelihatan kurang mencerminkan sekolah sehat?
§  Setelah siswa memiliki ide tentang lingkungan sekolah mereka, buatlah kelompok diskusi dengan anggota sekitar lima siswa. Mintalah mereka berdiskusi di kelompoknya dan menuliskan hasil diskusi di kertas dengan rapi. Siswa bisa menghias kertas laporan diskusinya. Siswa dapat memajang hasil diskusinya di papan pajangan. Collaboration
§  Mintalah siswa menyebutkan kondisi sekolah yang seharusnya berdasarkan hasil diskusi mereka. Tanyakan kepada siswa kondisi seharusnya itu apakah merupakan hak atau kewajiban. Arahkan siswa untuk memahami bahwa kondisi seharusnya merupakan hak mereka.
§  Minta siswa menyebutkan saran-saran berdasarkan hasil diskusi mereka. Tanyakan kepada mereka, saran-saran itu apakah merupakan kewajiban atau hak. Arahkan mereka untuk memahami bahwa saran-saran itu adalah bagian dari kewajiban yang harus dilakukan untuk memperoleh hak.
§  Mintalah siswa menuliskan kewajiban dan hak berkaitan dengan sekolah sehat pada tempat tersedia. Siswa juga dapat menggunakan buku tulisnya. Mintalah siswa menulis dengan rapi.
§  Mintalah siswa mengamati daftar kewajiban dan hak yang telah ditulisnya dengan rapi. Biarkan siswa memilih salah satu kewajiban dan hak yang pernah dilaksanakan.
§  Beberapa siswa mendapat kesempatan menceritakan pengalamannya berkaitan dengan pelaksanaan kewajiban dan hak. Communication
§  Siswa menuliskan cerita pengalamannya melaksanakan kewajiban dan hak di sekolah berkaitan dengan kesehatan. Siswa menulis cerita di buku tulisnya. Selalu ingatkan siswa untuk menulis dengan rapi dan seindah mungkin. Mandiri
§  Ajaklah siswa mengemukakan pendapat tentang kegiatan-kegiatan yang biasa mereka lakukan di sekolah saat waktu-waktu luang, seperti sebelum bel masuk kelas, saat istirahat atau saat pulang sekolah.
§  Minta siswa mengamati gambar beberapa kegiatan yang dilakukan saat di luar jam pelajaran. Kegiatan mana yang pernah mereka lakukan?
§  Mintalah siswa memilih salah satu kegiatan yang dapat dilakukan saat waktu luang di sekolah. Kemudian, minta siswa menuliskan nama kegiatan tersebut dan manfaatnya bagi kesehatan pada tempat tersedia atau pada buku tulis siswa. Tulisan harus rapi dan mudah terbaca.
§  Mintalah siswa mengamati secara detil gerakan-gerakan yang ada pada kegiatan yang dipilih siswa. Bagian tubuh mana saja yang bergerak saat melakukan kegiatan tersebut?
§  Apakah gerakan tersebut berguna untuk kesehatan? Apa gunanya?
§  Mintalah beberapa siswa berbagi dengan bercerita di depan kelas tentang kegiatan pilihannya.
150 menit
Penutup
¡  Kegiatan diakhiri dengan mengulas kembali apa yang sudah mereka lakukan sejak pagi dan ditutup dengan bersyukur kepada Tuhan dan menyimpulkan bahwa Tuhan menciptakan manusia untuk saling menghargai dan bertanggung jawab atas kepentingan orang lain. Religius
15 menit

E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Pedoman Guru Tema : Kewajiban dan Hakku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡  Buku Siswa Tema : Kewajiban dan Hakku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡  Foto atau gambar beberapa potret lingkungan sekolah
¡  Foto atau kegiatan di waktu luang (bersepeda, olah raga, berkebun)
¡  Buku teks




Mengetahui
Kepala Sekolah




......................................
…………, ………….2018
Guru Kelas III




.......................................










Comments