RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KURTILAS KELAS 3 PEMBELAJARAN 2 TEMA 4 SUBTEMA 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :     SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester          :     III (Tiga) / 1
Tema 4                            :     Kewajiban dan Hakku
Sub Tema 2                   :     Kewajiban dan Hakku di Sekolah
Pembelajaran                :     2
Alokasi Waktu               :     1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan:    ..................... / ........................


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
BAHASA INDONESIA
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.10Mencermati ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) dalam teks tulis.
3.10.1Mengidentifikasi ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) yang menyatakan permasalahan di sekolah.
2
4.10Memeragakan ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) sebagai bentuk ungkapan diri menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif yang dibuat sendiri
4.10.1Menuliskan ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) di sekolah

PPKn
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
1.2Menghargai kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolah sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
1.2.1 Memahami kewajiban dan hak sebagai warga sekolah dalam kehidupan sehari-hari
2
2.2Melaksanakan kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolah
2.2.1Mengerti pengalaman menerima hak dan melaksanakan kewajiban sebagai warga sekolah dalam kehidupan sehari-hari.
3
3.2Mengidentifikasi kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolah
3.2.1Mengidentifikasi kewajiban dan hak sebagai warga sekolah dalam kehidupan sehari-hari
4
4.2Menyajikan hasil identifikasi kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolah
4.2.1Menceritakan pengalaman menerima hak dan melaksanakan kewajiban sebagai warga sekolah dalam kehidupan sehari-hari.

PJOK
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.8Memahami bentuk dan manfaat istirahat dan pengisian waktu luang untuk menjaga kesehatan
3.8.1Menjelaskan bentuk aktivitas pengisian waktu luang untuk menjaga kesehatan.
2
4.8Menceritakan bentuk dan manfaat istirahat dan pengisian waktu luang untuk menjaga kesehatan
4.8.1Menceritakan bentuk aktivitas pengisian waktu luang untuk menjaga kesehatan.

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Dengan mendiskusikan gambar, siswa dapat mengidentifikasi kewajiban dan hak sebagai warga sekolah dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.
2.    Setelah mengidentifikasi kewajiban dan hak, siswa dapat menceritakan pengalaman menerima hak dan melaksanakan kewajiban sebagai warga sekolah dalam kehidupan sehari-hari.
3.    Dengan membaca teks, siswa dapt mengidentifikasi ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) yang menyatakan permasalahan di sekolah.
4.    Dengan mengamai teks,siswa dapat menuliskan ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) di sekolah dengan tepat.
5.    Dengan mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan bentuk aktivitas pengisian waktu luang untuk menjaga kesehatan.
6.    Setelah memahami bentuk aktivitas pengisi waktu luang, siswa dapat menceritakan bentuk aktivitas pengisian waktu luang untuk menjaga kesehatan.
7.    Dengan menyimpulkan apa yang telah mereka pelajari hari ini, siswa dapat memiliki pemahaman akan keberadaannya sebagai makhluk Tuhan yang saling membutuhkan satu sama lain dan perlu memiliki sikap saling menghargai, peduli, jujur, santun dan bertanggung jawab.

v   Karakter siswa yang diharapkan   :
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas

D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
¡  Guru membuka pelajaran dengan doa bersama dan memberi kesempatan kepada siswa untuk berbagi pengalaman belajarnya pada hari sebelumnya.Religius
¡  Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Ibu Kita Kartini”. Nasionalis
¡  Guru menyampaikan bahwa hari ini mereka akan belajar tentang pentingnya menjaga kebersihan sekolah. Communication
¡  Pembiasaan Membaca 15 menit. Literasi
¡  Siswa mendapat kesempatan berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang kebersihan sekolah.
10 menit
Inti
§  Kegiatan di awali dengan mengamati gambar sekolah yang bersih dan rapi. Siswa memberikan pendapatnya tentang sekolah pada gambar.
§  Siswa berdiskusi dengan kelompoknya. Pandu dengan kata tanya, apa, bagaimana, mengapa, siapa. Arahkan diskusi kepada kewajiban dan hak. Misalnya, bagaimana kondisi sekolah pada gambar? Siswa akan menjawab dengan kalimat, “Bersih, indah, dan tertata rapi”. Mengapa dapat demikian? Siapa yang membuat sekolah itu demikian? Apakah kamu memiliki hak mendapatkan sekolah bersih? Apa kewajibanmu agar sekolahmu bersih? Collaboration
§  Siswa menuliskan hasil diskusi mereka pada tabel yang tersedia.
§  Siswa membandingkan sekolahnya dengan sekolah pada gambar. Apa persamaannya dan apa perbedaannya.
§  Siswa diminta memberi gambaran tentang sekolah mereka saat ini. Bagamaina lantainya, temboknya, tamannya, halamannya, tempat sampahnya. Siswa selanjutnya menuliskan sekolah dan kelas impiannya.
§  Siswa menyebutkan taman sekolah seperti apa yang mereka inginkan dan apa yang sudah mereka lakukan untuk taman sekolah mereka. Apakah mereka ikut bertanam dan memelihara tanaman di sana? Apa yang akan mereka lakukan? Communication
§  Setelah selesai menyebutkan taman impiannya, siswa menuliskan cerita tentang taman sekolahnya, bagaimana kondisinya dan apa yang sudah dilakukan serta apa yang akan dilakukan pada buku tulismu.
§  Mintalah siswa mengamati gambar anak yang sedang merapikan tanaman. Minta mereka berpendapat tentang gambar tersebut.
§  Siswa mengamati gambar kelas. Beri kesempatan mereka berpendapatan tentang kelas mereka saat ini. Apa kelebihan dari kelas mereka, dan apa yang masih kurang dari kelas mereka. Sampaikan bahwa memiliki kelas indah dan rapi adalah hak anak-anak. Ingatkan juga bahwa setiap hak selalu diikuti dengan kewajiban, yaitu hal-hal yang harus dilakukan berkaitan dengan hak. Untuk menjaga hak mendapatkan sekolah dan kelas indah tetap terpenuhi, minta siswa menuliskan saran yang hrs dilakukan. Communication

§  Kegiatan dilanjutkan dengan membaca teks tentang sekolah yang indah dan rapi.
§  Siswa menuliskan saran-saran yang ingin diberikan untuk sekolahnya. Ingatkan siswa agar menulis dengan rapi.
§  Setelah kegiatan menulis saran selesai, siswa bertanya jawab tentang sekolah impian mereka. Sekolah seperti apa yang mereka impikan? Bagaimana tamannya? Bagaimana kelasnya? Mejanya? Kursinya? Lantai dan temboknya?
§  Siswa menuliskan daftar kondisi sekolah impiannya pada tabel.
§  Setelah selesai menuliskan daftar kondisi sekolah yang diinginkan, guru bertanya jawab kepada siswa tentang kewajiban apa yang harus mereka lakukan agar sekolah mereka seperti yang mereka inginkan.
§  Siswa menuliskan kewajiban-kewajiban yang harus dilakukan terkait hak memiliki sekolah yang nyaman.
§  Siswa mengamati daftar kewajiban/kegiatan yang baru saja dibuat. Apakah jika mereka melaksanakan kewajiban-kewajiban itu bisa membuat badan sehat? Siswa memberikan penjelasan tentang salah satu kegiatan yang dapat membuat badan mereka sehat secara lisan. Bantu siswa untuk menjelaskan dengan suara terdengar dan percaya diri dengan mata menatap teman-temannya. Communication
§  Siswa berbagi pengalaman tentang kegiatan yang biasa mereka lakukan saat mengisi waktu luang seperti saat liburan sekolah. Seorang siswa bisa membuat daftar kegiatan di papan tulis. Dari daftar kegiatan siswa menentukan mana yang dapat membuat badan sehat. Siswa menjelaskan alasannya.
§  Mintalah beberapa siswa menyampaikan kegiatan yang biasa mereka lakukan untuk mengisi waktu luang yang dapat membuat tubuh sehat, dan menyampaikan alasannya memilih kegiatan tersebut. Bagaimana kegiatan tersebut membuat badan sehat? Apakah karena banyak gerakan kaki? Atau banyak gerakan tangan? Communication
150 menit
Penutup
¡  Kegiatan diakhiri dengan mengulas kembali apa yang sudah mereka lakukan sejak pagi dan  itutup dengan bersyukur kepada Tuhan dan menyimpulkan bahwa Tuhan menciptakan manusia untuk bertanggung jawab atas segala karunia yang telah diberi, bekerja sama dan saling tolong menolong untuk memelihara semua karunia Tuhan. Religius
15 menit

E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Pedoman Guru Tema : Kewajiban dan Hakku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡  Buku Siswa Tema : Kewajiban dan Hakku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡  Gambar sekolah dan kelas yang nyaman
¡  Buku teks



Mengetahui
Kepala Sekolah




.......................................
…………, ………….2018
Guru Kelas III




.......................................







Comments