RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KURTILAS KELAS 3 PEMBELAJARAN 1 TEMA 4 SUBTEMA 4


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :     SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester          :     III (Tiga) / 1
Tema 4                            :     Kewajiban dan Hakku
Sub Tema 4                   :     Kewajiban dan Hakku sebagai Warga Negara
Pembelajaran                :     1
Alokasi Waktu               :     1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan:    ..................... / ........................

A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
BAHASA INDONESIA
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.10Mencermati ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) dalam teks tulis.
3.10.1Mengidentifikasi ungkapan yang menyatakan masalah dan penyelesaiannya
2
4.10Memeragakan ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) sebagai bentuk ungkapan diri menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif yang dibuat sendiri
4.10.1Menuliskan masalah (sederhana) tentang lingkungan tempat tinggalnya dan saran penyelesaiannya
MATEMATIKA
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.3 Menyatakan suatu bilangan sebagai jumlah, selisih, hasil kali, atau hasil bagi dua bilangan cacah
3.3.1Menentukan dua bilangan cacah yang hasil baginya diketahui
2
4.3 Menilai apakah suatu bilangan dapat dinyatakan sebagai jumlah, selisih, hasil kali, atau hasil bagi dua bilangan cacah
4.3.1Membuat pembagian dua bilangan cacah yang hasilnya ditentukan sendiri
SBdP
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.4 Mengetahui teknik potong, lipat, dan sambung
3.4.1Mengidentifikasi teknik lipat dalam sebuah karya
2
4.4Membuat karya dengan teknik potong, lipat, dan sambung
4.4.1Membuat karya dengan tepat.lipat, siswa dapat

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Dengan membaca, siswa dapat mengidentifikasi ungkapan yang menyatakan masalah dan penyelesaiannya dengan tepat.
2.      Dengan mengamati teks tentang masalah lingkungan, siswa dapat menuliskan masalah (sederhana) tentang lingkungan tempat tinggalnya dan saran penyelesaiannya dengan tepat.
3.      Dengan mengamati masalah dalam cerita, siswa dapat menentukan dua bilangan cacah yang hasil baginya diketahui dengan tepat.
4.      Dengan mengamati contoh, siswa dapat membuat pembagian dua bilangan cacah yang hasilnya ditentukan sendiri dengan tepat.
5.      Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi teknik lipat dalam sebuah karya dengan tepat.
6.      Dengan mengenal teknik membuat karya dengan tepat.lipat, siswa dapat
7.      Dengan menyimpulkan apa yang telah mereka pelajari hari ini, siswa dapat bersyukur dan memiliki pemahaman akan keberadaannya sebagai makhluk Tuhan yang saling membutuhkan satu sama lain dan perlu memiliki sikap saling menghargai, peduli, jujur, santun, dan bertanggung jawab.

v   Karakter siswa yang diharapkan   :
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas

D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
¡  Guru membuka pembelajaran dengan berdoa bersama dan memberi kesempatan kepada siswa menyampaikan apa yang telah mereka pelajari sebelumnya. Religius
¡  Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Tanah Airku”. Nasionalis
¡  Siswa mengamati gambar dan teks yang terdapat pada halaman pembuka. Minta mereka memberikan pendapat mengenai gambar tersebut.
¡  Pembiasaan Membaca 15 menit. Literasi
¡  Guru menyampaikan bahwa dalam minggu ini mereka akan membahas beberapa permasalahan yang terkait dengan hidup bertetangga. Communication
10 menit
Inti
§  Satu siswa membaca teks dengan nyaring dan siswa yang lainnya menyimak.
§  Sekitar tiga orang siswa diberi kesempatan membaca teks secara bergantian. Gotong Royong
§  Siswa lain mengamati temannya membaca.
§  Guru memberi masukan tentang cara membaca teks, dan memberi contoh cara membaca teks yang baik.
§  Siswa kembali mengamati isi teks dan menemukan kalimat yang menyatakan masalah dan cara penyelesaiannya.
§  Siswa membaca teks pengantar kegiatan.
§  Siswa berdiskusi tentang masalah yang ada di lingkungannya. Siswa juga mendiskusikan cara menyelesaikan masalah yang ditemukannya. Dalam diskusi siswa dapat mengemukakan
beberapa masalah. Minta siswa mengambil satu
masalah saja. Minta siswa memberikan beberapa alternatif penyelesaian masalah yang dapat dilakukan, misalnya: jika masalahnya adalah lingkungan yang gersang atau banyak penebangan pohon, alternatifnya dapat berupa menanam pohon bersama, membuat program setiap siswa memiliki sekurang-kurangnya satu pohon di rumah/sekolah, memelihara pohon yang ada, tidak menebang pohon tanpa alasan kuat, dll. Critical Thinking and Problem Solving
§  Siswa menuliskan masalah dan beberapa saran penyelesaiannya. Ingatkan siswa untuk menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif. Minta mereka menuliskan sekurang-kurangnya tiga cara menyelesaikan masalah. Critical Thinking and Problem Solving
§  Mintalah siswa mengamati gambar pada buku. Tanyakan kegiatan apa saja yang mereka temukan pada gambar. Arahkan siswa agar dapat menjawab dengan kalimat membuat karya dengan teknik melipat. Siswa yang pernah melakukan kegiatan pada gambar berbagi pengalaman kepada teman-temannya.
§  Siswa mengamati urutan kegiatan dibantu dengan langkah-langkah kegiatan pada buku.
§  Mintalah siswa menyebutkan bahan apa saja yang dapat digunakan untuk melakukan kegiatan. Jawaban siswa antara lain kertas koran, kertas sampul buku, kertas kado, kain flanel, dan lain-lain.
§  Guru menyiapkan koran bekas atau bahan lain untuk membuat topi. Guru dapat menugaskan siswa membawa koran bekas di hari sebelumnya.
§  Siswa membaca teks pengantar kegiatan.
§  Minta mereka menyiapkan peralatan membuat topi.
§  Minta mereka berlatih membuat topi sesuai langkah-langkah pada buku siswa.
§  Mintalah mereka mengulang-ulang membuat topi sampai topi yang dihasilkan bagus dan sesuai dengan ukuran kepala mereka.
§  Siswa mengamati cerita berisi permasalahan berhubungan dengan pembagian pada buku. Tanyakan kepada siswa apakah mereka memahami maksud cerita? Ajak siswa berlatih terlebih dahulu dengan bilangan yang kecil. Misalnya :
-        Jika di kecamatan tersebut ada 4 kelurahan, tentukan banyaknya bibit pohon tersedia. Ambil bilangan yang dapat habis dibagi bilangan hasil pembagian (4), misalnya 40, 100, 120.
-        Jika banyaknya bibit pohon 100 maka setiap kelurahan akan mendapat 25 bibit pohon. 25 didapat dari 100 di bagi 4 (banyak kelurahan).
-        Jika banyak kelurahan adalah 5, maka tentukan banyaknya bibit dengan bilangan yang habis di bagi 5, dan seterusnya.
§  Setelah beberapa kali berlatih, minta siswa mengerjakan soal cerita pada buku.
§  Mintalah siswa mengamati kembali cerita. Lalu ajak mereka untuk membuat cerita seperti cerita tersebut dengan bilangan yang berbeda.
§  Siswa mengerjakan beberapa alternatif permasalahan. Critical Thinking and Problem Solving
§  Setelah selesai mengerjakan tugas, siswa diingatkan untuk banyak berlatih di rumah dan bisa membuat cerita sendiri
35 Menit X  30 JP
Penutup
¡  Kegiatan diakhiri dengan mengulas kembali apa yang sudah mereka lakukan sejak pagi dan ditutup dengan bersyukur kepada Tuhan dan menyimpulkan bahwa Tuhan menciptakan manusia untuk bekerja sama dan saling tolong-menolong dalam menjaga semua pemberian Tuhan. Apa yang diberikan Tuhan adalah milik bersama dan harus dijaga bersama-sama pula. Religius
15 menit

E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Pedoman Guru Tema : Kewajiban dan Hakku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡  Buku Siswa Tema : Kewajiban dan Hakku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡  Gambar jalan yang bersih hijau
¡  Gambar jalan yang kotor
¡  Kertas koran, gunting, lem
¡  Contoh topi dari kertas koran
¡  Benda-benda alam untuk menghias topi
¡  Buku teks






Mengetahui
Kepala Sekolah




...................................
…………, ………….2018
Guru Kelas III




........................................





Comments