RENCANA
PELAKSANAAN PENGAJARAN
Satuan
Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas /
Semester : IV (Empat) / 1
Tema 1 : Indahnya Kebersamaan
Sub Tema 2 : Kebersamaan dalam Keberagaman
Pembelajaran : 3
Alokasi Waktu : 1 X Pertemuan (1 x 150 menit)
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.1 Menunjukkan gagasan pokok dan
gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual.
3.2 Memetakan keterhubungan
antargagasan yang didapat dari teks lisan, tulis, atau visual.
4.1 Menata informasi yang didapat dari
teks berdasarkan keterhubungan antar gagasan ke dalam kerangka tulis.
4.2 Menyajikan hasil penataan
informasi sesuai dengan keterhubungan antar gagasan ke dalam tulisan.
Indikator:
3.1.1 Mengidentifikasi gagasan pokok
dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis.
4.1.1 Menyajikan gagasan utama dan
gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dalam bentuk peta pikiran.
IPA
3.6 Memahami sifat-sifat bunyi dan
keterkaitannya dengan indera pendengaran.
4.6 Menyajikan laporan hasil
pengamatan dan/atau percobaan tentang sifat-sifat bunyi.
Indikator:
3.6.2 Menjelaskan sifat-sifat bunyi
merambat
4.6.2 Menyajikan laporan hasil
percobaan tentang sifat-sifat bunyi merambat.
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Setelah percobaan, siswa mampu
menjelaskan fungsi sifat bunyi terkait telinga sebagai alat pendengaran dengan
lengkap.
2.
Setelah percobaan, siswa mampu
menyajikan laporan tentang sifat bunyi terkait telinga sebagai alat pendengaran
dan dengan sistematis.
3.
Setelah membaca teks tentang sikap
kerja sama, siswa mampu mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap
paragraf dari teks tulis dengan mandiri.
4.
Setelah membaca teks tentang sikap
kerja sama, siswa mampu menyajikan gagasan utama dan gagasan pendukung setiap
paragraf dari teks tulis dalam bentuk peta pikiran dengan tepat.
v
Karakter siswa yang diharapkan :
Ø Bahasa
Indonesia dan IPA : Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
DeskripsiKegiatan
|
AlokasiWaktu
|
Pendahuluan
|
¡
Gurumemberikansalamdanmengajaksemuasiswaberdo’amenurut agama dankeyakinanmasing-masing.Religius
¡
Guru mengecekkesiapandiridenganmengisilembarkehadirandanmemeriksakerapihanpakaian,
posisidantempatdudukdisesuaikandengankegiatanpembelajaran.
¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Indahnya
Kebersamaan”.Integritas
¡
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya,
mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
§ Siswa diingatkan kembali
pada pembelajaran sebelumnya tentang proses terjadinya bunyi dari sumber bunyi
hingga sampai ke indera pendengar.Communication
§ Guru mengajukan pertanyaan
sebagai kegiatan pembuka: (Menanya)
- Apa yang kamu ketahui
tentang fungsi dari setiap alat/organ dari indera pendengaran?
- Bagaimana cara merawat
telinga sebagai indera yang sangat penting bagi kita?
§ Siswa dibagi dalam beberapa
kelompok kecil dan diminta berdiskusi untuk menjawab pertanyaan yang tersedia
.Collaboration
§ Siswa bersama guru secara
klasikal kemudian menyimpulkan hasil diskusitentang pentingnya merawat indera
pendengaran.Critical Thinking and Problem Solving
§ Siswa mempraktikkan
permainan sumber bunyi di luar kelas. Sebelumnya,guru meminta mereka untuk
membaca aturan main. Apabila telah siap,guru dapat mengajak siswa keluar
untuk bermain.Creativity and Innovation
§ Siswa diingatkan kembali
tentang gagasan pokok dan gagasan pendukung yang telah dipelajari pada
pembelajaran sebelumnya.Communication
§ Siswa membaca senyap teks
berjudul “Tong Sampah Gotong Royong” yang terdapat pada pembelajaran
sebelumnya.Literasi
§ Siswa menemukan gagasan
pokok dan gagasan pendukung pada teks tersebut dan menuliskannya dalam peta
pikiran yang tersedia. Creativity and Innovation
|
150 menit
|
Penutup
|
¡ Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehariIntegritas
¡ Bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian
materi)
¡ Guru memberi
kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran
yang telah diikuti.
¡ Melakukanpenilaianhasilbelajar
¡ Mengajaksemuasiswaberdo’amenurut
agama dankeyakinanmasing-masing
(untukmengakhirikegiatanpembelajaran)Religius
|
15 menit
|
E. SUMBER DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Pedoman Guru Tema : Indahnya
Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013
Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡ Buku Siswa Tema : Indahnya
Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,
2013 Rev.2017).
Mengetahui
Kepala Sekolah,
.......................................
|
Sukahurip,30 Juli
2018
Guru Kelas
IV
......................................
|
Comments