RENCA NA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Selamatkan Makhluk Hidup (Tema 1) Sub Tema : Hewan Sahabatku (Sub Tema 2) Muatan Terpadu : PPkN, Bahasa Indonesia Pembelajaran ke : 6

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020


Satuan Pendidikan       : SD/MI NEGERI SUKAHURIP 02

Kelas / Semester           :  6 /1

Tema                            :  Selamatkan Makhluk Hidup (Tema 1)

Sub Tema                   : Hewan Sahabatku (Sub Tema 2)

Muatan Terpadu            : PPkN,  Bahasa Indonesia

Pembelajaran ke        :  6

Alokasi waktu             :  1 hari

 

 

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN

1.     Setelah mendengar teks laporan yang dibacakan, siswa mampu menemukan ide pokok dengan benar.

2.     Setelah berdiskusi, siswa mampu menyusun kesimpulan dari teks yang dibacakan berdasarkan ide pokok yang ditemukan.

3.     Setelah membaca teks, siswa mampu menemukan tiga contoh pelaksanaan sila kelima Pancasila terkait menjaga tumbuhan dengan tepat.

4.     Setelah berdiskusi, siswa mampu menerapkan dua kegiatan yang sesuai dengan sila kelima Pancasila terkait menjaga tumbuhan dengan detail.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan

Pendahuluan

1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

    15

    menit

Kegiatan

Inti

Langkah-langkah kegiatan pembelajaran

Ayo Membaca

·         Siswa melanjutkan kegiatan dengan membaca teks yang ada pada buku pelajaran. Siswa membaca teks dalam hati. Guru memberikan waktu sekitar 2 menit.

·         Pada kesempatan ini guru menyampaikan informasi kepada siswa bahwa mereka akan mendengarkan guru membaca teks laporan. Siswa harus menyimaknya dan membuat kesimpulan.

·         Sebelum membaca teks, guru mengingatkan siswa untuk menyimak dengan saksama. Guru memastikan bahwa semua siswa dapat mendengar suara guru dengan jelas. Teks dibaca perlahan.

 

 

·         Siswa kemudian mendiskusikan kesimpulannya dengan teman kelompoknya dan memperbaiki jawabannya apabila perlu. 

·         Secara klasikal siswa mendiskusikan hasilnya. Guru meminta satu atau dua siswa untuk membacakan kesimpulan dan membahasnya. Siswa diberi kesempatan untuk memperbaiki pekerjaannya.

·         Secara individu siswa menuliskan kesimpulan secara utuh.  Siswa diingatkan untuk menulis kesimpulan dengan menggunakan kosakata baku.

(Creativity and Innovation, Mandiri)

 

 Ayo Menulis

·         Guru dapat memulai kegiatan berikutnya dengan mengajak siswa untuk membaca teks bacaan dan menjawab pertanyaannya.

·         Guru memimpin berdiskusi secara klasikal dan meminta mereka untuk saling mengomentari pendapatnya.

·         Setiap siswa kemudian menulis terkait dengan rencana penerapan sila kelima dalam kehidupan sehari-hari. (Mandiri)   

·         Siswa menyampaikan hasilnya kepada teman kelompok. Setelah itu mereka menyampaikannya kepada guru.

 

    140

    menit

 

Kegiatan

Penutup

A.    Ayo Renungkan

·         Siswa melakukan perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam Buku Siswa.

·         Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran Buku Guru.

B.    dengan Orang Tua 

·         Siswa diminta mengamati lingkungan di sekitar tentang pengamalan sila kelima. Siswa mencatat hal baik apa yang dapat dicontoh.

·         Siswa menyampaikan hasilnya kepada guru.

C.    Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan Nasionalisme, Persatuan, dan Toleransi

D.    Salam dan doa penutup dipimpin oleh salah satu siswa (Religius)

    15

    menit

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

……………………….

NIP. …………………….

………………….

Guru Kelas 6

 

 

 

………………………………

NIP. ……………………..

 


LAMPIRAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

 

 

1.     Bahasa Indonesia

Tulisan siswa dinilai dengan menggunakan daftar periksa.

Indikator Penilaian

Ada dan Benar

Tidak Benar

Kesimpulan memuat seluruh  ide

pokok untuk setiap paragraf dengan

benar.

 

 

Tulisan memuat fakta bukan opin

Sebagian besar tulisan menggunakan kosakata baku

 

 

 

2.     PPKn

Produk dinilai dengan daftar periksa.

Indikator Penilaian

Ada dan Benar

Tidak Benar

Memberikan  3 contoh penerapan

sila kelima dalam kehidupan sehari-

hari

 

 

Menuliskan 2 contoh kegiatan/sikap

yang akan dilaksanakan

 

 

Menuliskan 2 contoh kegiatan/sikap

yang akan dilaksanakan

 

 

 

3.     Catatan anekdot untuk mencatat sikap (tanggung jawab)

(Contoh terlampir di lampiran  pada Buku Guru)

 

C.    Remedial dan Pengayaan

1.     Remedial

Siswa yang masih memiliki kesulitan dalam menemukan ide pokok dapat

melatihnya dengan guru.

Guru memilihkan paragraf yang sederhana kemudian bersama menemukan

ide pokoknya.

2.     Pengayaan

Siswa dapat menulis kesimpulan dari teks yang mereka temukan pada majalah anak atau buku.

 

D.    SUMBER DAN  MEDIA

1.     Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 6 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

2.     Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6

3.     Lingkungan sekitar

4.     kertas HVS dan alat tulis

 

 

 

 

Comments