RENCA NA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Selamatkan Makhluk Hidup (Tema 1) Sub Tema : Hewan Sahabatku (Sub Tema 2) Muatan Terpadu : PPkN, Bahasa Indonesia Pembelajaran ke : 6
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020
Satuan
Pendidikan : SD/MI NEGERI SUKAHURIP 02
Kelas / Semester :
6 /1
Tema : Selamatkan Makhluk
Hidup (Tema 1)
Sub Tema : Hewan Sahabatku (Sub Tema
2)
Muatan Terpadu :
PPkN, Bahasa Indonesia
Pembelajaran ke :
6
Alokasi waktu :
1 hari
A.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah mendengar teks laporan yang dibacakan, siswa
mampu menemukan ide pokok dengan benar.
2. Setelah berdiskusi, siswa mampu menyusun kesimpulan dari
teks yang dibacakan berdasarkan ide pokok yang ditemukan.
3. Setelah membaca teks, siswa mampu menemukan tiga contoh
pelaksanaan sila kelima Pancasila terkait menjaga tumbuhan dengan tepat.
4. Setelah berdiskusi, siswa mampu menerapkan dua kegiatan
yang sesuai dengan sila kelima Pancasila terkait menjaga tumbuhan dengan
detail.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan |
1.
Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) 2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari
dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
Kegiatan Inti |
Langkah-langkah kegiatan pembelajaran Ayo
Membaca ·
Siswa melanjutkan kegiatan dengan
membaca teks yang ada pada buku pelajaran. Siswa membaca teks dalam hati.
Guru memberikan waktu sekitar 2 menit. ·
Pada kesempatan ini guru menyampaikan
informasi kepada siswa bahwa mereka akan mendengarkan guru membaca teks
laporan. Siswa harus menyimaknya dan membuat kesimpulan. ·
Sebelum membaca teks, guru
mengingatkan siswa untuk menyimak dengan saksama. Guru memastikan bahwa semua
siswa dapat mendengar suara guru dengan jelas. Teks dibaca perlahan. ·
Siswa kemudian mendiskusikan
kesimpulannya dengan teman kelompoknya dan memperbaiki jawabannya apabila
perlu. ·
Secara klasikal siswa mendiskusikan
hasilnya. Guru meminta satu atau dua siswa untuk membacakan kesimpulan dan
membahasnya. Siswa diberi kesempatan untuk memperbaiki pekerjaannya. ·
Secara individu siswa menuliskan
kesimpulan secara utuh. Siswa
diingatkan untuk menulis kesimpulan dengan menggunakan kosakata baku. (Creativity
and Innovation, Mandiri) Ayo Menulis ·
Guru dapat memulai kegiatan berikutnya
dengan mengajak siswa untuk membaca teks bacaan dan menjawab pertanyaannya. ·
Guru memimpin berdiskusi secara
klasikal dan meminta mereka untuk saling mengomentari pendapatnya. ·
Setiap siswa kemudian menulis terkait
dengan rencana penerapan sila kelima dalam kehidupan sehari-hari. (Mandiri) ·
Siswa menyampaikan hasilnya kepada
teman kelompok. Setelah itu mereka menyampaikannya kepada guru. |
140
menit |
|
||
Kegiatan Penutup |
A. Ayo Renungkan ·
Siswa melakukan
perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam Buku Siswa. ·
Guru dapat menambahkan
pertanyaan perenungan berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran Buku
Guru. B.
dengan Orang Tua ·
Siswa diminta
mengamati lingkungan di sekitar tentang pengamalan sila kelima. Siswa
mencatat hal baik apa yang dapat dicontoh. ·
Siswa menyampaikan
hasilnya kepada guru. C.
Menyanyikan salah satu
lagu daerah untuk menumbuhkan Nasionalisme,
Persatuan, dan Toleransi D.
Salam dan doa penutup
dipimpin oleh salah satu siswa (Religius)
|
15
menit |
C.
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah, ………………………. NIP. ……………………. |
…………………. Guru Kelas 6 ……………………………… NIP. …………………….. |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil
pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi
peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan
kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap
materi ini dapat dilakukan sesuai
kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.
1. Bahasa Indonesia
Tulisan siswa dinilai dengan menggunakan
daftar periksa.
Indikator
Penilaian |
Ada
dan Benar |
Tidak
Benar |
Kesimpulan
memuat seluruh ide pokok
untuk setiap paragraf dengan benar. |
|
|
Tulisan
memuat fakta bukan opin Sebagian
besar tulisan menggunakan kosakata baku |
|
|
2.
PPKn
Produk dinilai dengan daftar periksa.
Indikator
Penilaian |
Ada
dan Benar |
Tidak
Benar |
Memberikan 3 contoh penerapan sila
kelima dalam kehidupan sehari- hari |
|
|
Menuliskan
2 contoh kegiatan/sikap yang
akan dilaksanakan |
|
|
Menuliskan
2 contoh kegiatan/sikap yang
akan dilaksanakan |
|
|
3.
Catatan
anekdot untuk mencatat sikap (tanggung jawab)
(Contoh terlampir di lampiran
pada Buku Guru)
C. Remedial dan Pengayaan
1. Remedial
Siswa yang masih memiliki kesulitan dalam menemukan ide pokok dapat
melatihnya dengan guru.
Guru memilihkan paragraf yang sederhana kemudian bersama menemukan
ide pokoknya.
2. Pengayaan
Siswa dapat menulis kesimpulan dari teks yang mereka temukan pada majalah
anak atau buku.
D. SUMBER DAN MEDIA
1.
Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 6
dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 6
(Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2018).
2.
Media
Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6
3.
Lingkungan
sekitar
4.
kertas
HVS
dan alat tulis
Comments