RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN METODE DARING Kelas / Semester : 1 /1 Tema : Diriku (Tema 1) Sub Tema : Aku dan Teman Baru (Sub Tema 1) Pembelajaran ke : 5
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
METODE DARING
Satuan Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester : 1 /1
Tema : Diriku
(Tema 1)
Sub Tema : Aku dan Teman Baru (Sub
Tema 1)
Pembelajaran ke : 5
Alokasi waktu : 1 Hari
A.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Dengan bermain kartu bilangan, siswa dapat mengidentifikasi bilangan 1
sampai dengan 10.
2.
Setelah bermain kartu bilangan dan berlatih, siswa dapat menulis bilangan
1 sampai dengan 10.
3.
Dengan bermain kartu huruf, siswa dapat megidentifikasi dan melafalkan
huruf konsonan yang hilang dari nama temannya.
B.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
1. Melakukan pembukaan dengan salam dan dilanjutkan dengan Membaca
Doa dipandu melalui Group Whats Apps, Zoom, Google Meet, dan Aplikasi Daring
laiinya (Orientasi) 2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari
dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
Kegiatan Inti |
(Sintak Model Discovery Learning) A. Ayo Berlatih 1.
Guru meminta siswa
mengamati benda-benda di sekitar kelas, lalu minta siswa menghitungnya.
Berapa banyak meja guru? Berapa banyak meja dan bangku siswa? Berapa banyak
penghapus papan tulis? Dan seterusnya. Apakah kalian sudah bisa menghitung
banyaknya benda di kelas? (Critical Thinking and Problem Solving). 2.
Guru menyampaikan
bahwa siswa akan belajar konsep bilangan 1 sampai dengan 10 dan mengenal
lambang bilangan sambil bermain kartu bilangan. (Communication) 3.
Guru membagi siswa
dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok mendapatkan satu set kartu lambang
bilangan dari 1 sampai dengan 10. (Gotong
Royong). 4.
Setiap kelompok
mendapat giliran untuk memberi dan menjawab soal. Oleh karena itu setiap
kelompok diminta untuk menyiapkan/membuat/merancang soal. (Creativity
and Innovation) 5.
Untuk menguatkan siswa
tentang konsep bilangan dan lambangnya, minta siswa mengerjakan latihan di
halaman 24-25. (Critical Thinking and Problem Formulation). 6.
Untuk menguatkan siswa
tentang huruf, minta siswa mengerjakan latihan di halaman 27. C. Ayo Mencoba (Penugasan Melalui Soal – Soal Daring) 1.
Aturan permainan sama
dengan permainan tebak lambang bilangan, yaitu setiap kelompok akan mendapat
giliran untuk memberi soal dan menjawab soal dengan cara diundi. 2.
Sebagai contoh,
kelompok 1 mendapat giliran memberi soal, sedangkan kelompok 2 mendapat
giliran menjawab soal. Kelompok 1 maju ke depan kelas. Kelompok 1
mengalungkan kartu nama yang sesuai kepada 3 siswa anggotanya. 3.
Kelompok 2 menyebutkan
nama pemilik kartu, menebak huruf yang hilang, dan mengangkat kartu huruf
sesuai huruf yang hilang dari kartu nama tersebut. (lihat buku siswa halaman
26) |
140
menit |
|
||
Kegiatan Penutup |
Peserta Didik : Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. Guru : 1.
Memeriksa pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa. |
15
menit |
A.
ASSESMENT
Penilaian terhadap materi ini dapat
dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu
dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
Mengetahui Kepala Sekolah, ……………………………… NIP. ………………………… |
…………………, ............... Guru Kelas 1 , ……………………………… NIP…………………………. |
LAMPIRAN
1. Penilaian
Sikap: Observasi dan pencatatan sikap siswa selama
kegiatan
1. a.
Contoh Format Jurnal Sikap Spiritual
No |
Tanggal |
Nama Peserta didik |
Catatan perilaku |
Butir Sikap |
1. |
|
|
Menghormati
teman yang sedang berpuasa |
Toleransi
dalam beribadah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1. b.
Contoh Format Jurnal Sikap Sosial
No |
Tanggal |
Nama Peserta didik |
Catatan perilaku |
Butir Sikap |
1. |
|
|
Mengikuti
aturan permainan
dengan tertib |
Disiplin |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.c.
Contoh Format Penilaian Diri Aspek Sikap:
2.
Penilaian pengetahuan:
- Tes tertulis
(Guru bisa mengambil
nilai tes tertulis dari latihan yang dikerjakan siswa di buku siswa halaman
24-25 dan 27)
Cara penilaian:
Skor penilaian: 0- 100
Penilaian : Skor yang
diperoleh x 100
Skor
maksimal
Contoh:
Misalnya setiap jawaban
benar akan mendapat nilai 2. Jadi, skor maksimalnya adalah 3 x 2 = 6.
Jika siswa hanya
menjawab dengan benar dua soal, maka nilainya adalah sebagai berikut:
3. Penilaian keterampilan:
- Penilaian Unjuk kerja: identifikasi lambang
bilangan
No |
Nama Siswa |
Kriteria |
||||
Membilang banyak benda |
Menyebutkan bilangan |
Mengidentifikasi lambang bilangan dengan mengangkat
kartu bilangannya |
Mengikuti aturan permainan dengan tertib |
Predikat |
||
1 |
Dayu |
√ |
√ |
- |
√ |
Sangat baik |
2 |
Udin |
√ |
√ |
√ |
√ |
Baik |
3 |
... |
|
|
|
|
|
- Penilaian: Unjuk kerja: menebak huruf
konsonan yang hilang dan mengidentifikasi huruf konsonan
No |
Nama Siswa |
Kriteria |
||||
Menyebutkan nama teman pemilik kartu nama |
Menebak huruf yang hilang dari kartu nama teman |
Mengidentifikasi huruf yang hilang dengan mengangkat
kartu hurufnya |
Mengikuti aturan permainan dengan tertib |
Predikat |
||
1 |
Dayu |
√ |
√ |
√ |
√ |
Baik sekali |
2 |
Udin |
√ |
√ |
√ |
- |
Baik |
3 |
... |
|
|
|
|
|
C. SUMBER DAN MEDIA
- Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan
sekolah.
- Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema
1 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan, 2013).
- Software Pengajaran
kelas 1 SD/MI.
- Gambar dari Google.com
- Video dari youtobe.com.
- Kalung angka dari karton bertuliskan nomor 1-5
beberapa set (sesuai jumlah kelompok yang mungkin terbentuk).
Refleski
Guru
Catatan Guru
1. Masalah :……….
2. Ide Baru :………..
3. Momen Spesial :………….
Mengetahui Kepala Sekolah, ……………………………… NIP. ………………………… |
…………………, ............... Guru Kelas 1 , ……………………………… NIP…………………………. |
Comments