RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN METODE DARING Kelas / Semester : 1 /1 Tema : Diriku (Tema 1) Sub Tema : Aku dan Teman Baru (Sub Tema 1) Pembelajaran ke : 5

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

METODE DARING

  

 

 

Satuan Pendidikan        : SDN SUKAHURIP 02

Kelas / Semester           :  1 /1

Tema                           :  Diriku (Tema 1)

Sub Tema                     :  Aku dan Teman Baru (Sub Tema 1)

Pembelajaran ke            :  5

Alokasi waktu                :  1 Hari

 

 

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN

1.     Dengan bermain kartu bilangan, siswa dapat mengidentifikasi bilangan 1 sampai dengan 10.

2.     Setelah bermain kartu bilangan dan berlatih, siswa dapat menulis bilangan 1 sampai dengan 10.

3.     Dengan bermain kartu huruf, siswa dapat megidentifikasi dan melafalkan huruf konsonan yang hilang dari nama temannya.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Pendahuluan

1.    Melakukan pembukaan dengan salam dan dilanjutkan dengan Membaca Doa dipandu melalui Group Whats Apps, Zoom, Google Meet, dan Aplikasi Daring laiinya (Orientasi)

2.    Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

3.    Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

    15

    menit

Kegiatan

Inti

(Sintak Model Discovery Learning)

A.    Ayo Berlatih

1.     Guru meminta siswa mengamati benda-benda di sekitar kelas, lalu minta siswa menghitungnya. Berapa banyak meja guru? Berapa banyak meja dan bangku siswa? Berapa banyak penghapus papan tulis? Dan seterusnya. Apakah kalian sudah bisa menghitung banyaknya benda di kelas? (Critical Thinking and Problem Solving).

2.     Guru menyampaikan bahwa siswa akan belajar konsep bilangan 1 sampai dengan 10 dan mengenal lambang bilangan sambil bermain kartu bilangan. (Communication)

3.     Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok mendapatkan satu set kartu lambang bilangan dari 1 sampai dengan 10. (Gotong Royong).

4.     Setiap kelompok mendapat giliran untuk memberi dan menjawab soal. Oleh karena itu setiap kelompok diminta untuk menyiapkan/membuat/merancang soal. (Creativity and Innovation)

5.     Untuk menguatkan siswa tentang konsep bilangan dan lambangnya, minta siswa mengerjakan latihan di halaman 24-25. (Critical Thinking and Problem Formulation).

6.     Untuk menguatkan siswa tentang huruf, minta siswa mengerjakan latihan di halaman 27.

C.    Ayo Mencoba (Penugasan Melalui Soal – Soal Daring)

1.     Aturan permainan sama dengan permainan tebak lambang bilangan, yaitu setiap kelompok akan mendapat giliran untuk memberi soal dan menjawab soal dengan cara diundi.

2.     Sebagai contoh, kelompok 1 mendapat giliran memberi soal, sedangkan kelompok 2 mendapat giliran menjawab soal. Kelompok 1 maju ke depan kelas. Kelompok 1 mengalungkan kartu nama yang sesuai kepada 3 siswa anggotanya.

3.     Kelompok 2 menyebutkan nama pemilik kartu, menebak huruf yang hilang, dan mengangkat kartu huruf sesuai huruf yang hilang dari kartu nama tersebut. (lihat buku siswa halaman 26)

    140

    menit

 

Kegiatan

Penutup

Peserta Didik :

Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru :                   

1.     Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.

    15

    menit

 

A.    ASSESMENT

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

………………………………

NIP. …………………………

…………………,    ...............

Guru Kelas 1  ,

 

 

 

………………………………

NIP………………………….

 

 

 

LAMPIRAN

 

1.     Penilaian Sikap: Observasi dan pencatatan sikap siswa selama kegiatan

1. a. Contoh Format Jurnal Sikap Spiritual

No

Tanggal

Nama Peserta didik

Catatan perilaku

Butir Sikap

1.

 

 

Menghormati teman yang sedang berpuasa

Toleransi dalam beribadah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1. b. Contoh Format Jurnal Sikap Sosial

No

Tanggal

Nama Peserta didik

Catatan perilaku

Butir Sikap

1.

 

 

Mengikuti aturan

permainan dengan tertib

Disiplin

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.c. Contoh Format Penilaian Diri Aspek Sikap:

 

2.     Penilaian pengetahuan:

  • Tes tertulis

(Guru bisa mengambil nilai tes tertulis dari latihan yang dikerjakan siswa di buku siswa halaman 24-25 dan 27)

 

Cara penilaian:

Skor penilaian: 0- 100

Penilaian : Skor yang diperoleh   x 100

Skor maksimal

 

Contoh:

Misalnya setiap jawaban benar akan mendapat nilai 2. Jadi, skor maksimalnya adalah 3 x 2 = 6.

Jika siswa hanya menjawab dengan benar dua soal, maka nilainya adalah sebagai berikut:

 

 

 

3.     Penilaian keterampilan:

  1. Penilaian Unjuk kerja: identifikasi lambang bilangan

No

Nama Siswa

Kriteria

Membilang banyak benda

Menyebutkan bilangan

Mengidentifikasi lambang bilangan dengan mengangkat kartu bilangannya

Mengikuti aturan permainan dengan tertib

Predikat

1

Dayu

-

Sangat baik

2

Udin

Baik

3

...

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Penilaian: Unjuk kerja: menebak huruf konsonan yang hilang dan mengidentifikasi huruf konsonan

No

Nama Siswa

Kriteria

Menyebutkan nama teman pemilik kartu nama

Menebak huruf yang hilang dari kartu nama teman

Mengidentifikasi huruf yang hilang dengan mengangkat kartu hurufnya

Mengikuti aturan permainan dengan tertib

Predikat

1

Dayu

Baik sekali

2

Udin

-

Baik

3

...

 

 

 

 

 

 

 

 

C.    SUMBER DAN  MEDIA

  • Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
  • Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
  • Software Pengajaran  kelas 1  SD/MI.
  • Gambar dari Google.com
  • Video dari youtobe.com.
  • Kalung angka dari karton bertuliskan nomor 1-5 beberapa set (sesuai jumlah kelompok yang mungkin terbentuk).

 

Refleski Guru

 

 

 

 

 

 

 

 

Catatan Guru

1. Masalah              :……….

2. Ide Baru              :………..

3. Momen Spesial   :………….

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

………………………………

NIP. …………………………

…………………,    ...............

Guru Kelas 1  ,

 

 

 

………………………………

NIP………………………….

 



Comments